cover
Contact Name
Mhd Subhan
Contact Email
mhd.subhan@uin-suska.ac.id
Phone
+6281378792840
Journal Mail Official
jete@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JETE : Journal of Education and Teaching
ISSN : 27459896     EISSN : 27459888     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.8395
Core Subject : Education, Social,
Journal Education and Teaching (JETE) Merupakan jurnal Penelitian dari berbagai multidisiplin ilmu di bidang pendidikan dan pengajaran yang melalui karya ilmiah dan pemikiran konseptual atau gagasan yang telah dicapai di bidang penelitian dan pengembangan dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di dalam pendidikan dan pengajaran tingkat pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Ciri khas dari jurnal ini adalah artikel-artikel yang dimuatnya merupakan hasil penelitian dan pengembangan di dunia pendidikan dan pengajaran yang berbasis penelitian tindakan kelas dan penelitian secara umumnya.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): Maret" : 13 Documents clear
THE CORRELATION BETWEEN LEARNING STYLES AND SELF-CONFIDENCE ON STUDENTS' MOTIVATION AT SMK PERIKANAN PROVINSI RIAU ELLA NOVI ANJANI
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.8396

Abstract

This research was aimed at finding out the correlation between learning styles and self-confidence on student’s motivation At SMK Perikanan Provinsi Riau. This research was a correlational study using quantitative method.  The subject of the research was all students of SMK Perikanan Provinsi Riau consisting 10 classes. The research sample was taken by using random sampling method from ten classes which each class has different number of students. The total population was 227, and the total sample was 114. The data was analyzed by using SPSS version 17. Based on the descriptive statistic of learning styles showed that group was the favorite styles who has chosen by student at Smk Perikanan Provinsi riau with mean score 18.64, another favorite styles was kinesthetic with means score 15.49. Furthermore, the total students who have high self-confidence were 80 persons and 34 students for average score. Additionally, students who have medium level were 69, 30 students for high level and 15 students for low level. The research findings showed that first; there was no significant correlation between learning styles and student’s motivation with score 0.18>0.05. Second, there was significant correlation between self-confidence and student’s motivation with score 0.00< 0.05. Third, there was significant correlation between learning styles and self-confidence on student’s motivation with score 0.00<0.05 at Smk Perikanan Provinsi Riau. Keyword : Learning Styles, Self-Confidence, Student’s Motivation
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI LAGU DAN PERMAINAN EDUKATIF PADA SISWA SD NEGERI NUSAMANGIR Resti Arfiana Atikoh Zulfa; Hastin Tri Utami
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.14512

Abstract

Mata pelajaran bahasa Inggris seringkali menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa karena Abstract : Bahasa Inggris bukanlah bahasa asli mereka. Bahasa inggris terkesan sulit dan tidak asyik bagi siswa karena tata bahasanya yang memiliki banyak rumus, ditambah cara penyampaian materinya yang kurang interaktif sehingga membuat mereka tidak tertarik dan mengantuk. Hal tersebut dibuktikan dari pengamatan guru SD Negeri Nusamangir terhadap siswa-siswanya saat kelas bahasa Inggris sedang berlangsung. Saking tidak tertarik dengan mata pelajarannya, mereka hanya bermain dengan teman lainnya saat guru sedang mengajar. Dari pengalaman tersebut, guru bahasa Inggris SD Negeri Nusamangir mencari ide agar siswa tertarik dengan mata pelajaran tersebut. Belajar bahasa Inggris membutuhkan praktik agar siswa lebih mudah memahami apa yang diajarkan. Oleh karena itu, guru Bahasa Inggris SD Negeri Nusamangir melakukan uji coba penerapan lagu dan permainan edukatif dalam menjelaskan materinya dengan harapan siswa menjadi aktif dalam belajar dan mudah untuk memahami materi. Setelah dilakukan uji coba pembelajaran dengan menggunakan lagu dan permainan, ternyata diperoleh peningkatan yang cukup baik dari tingkat kepahaman siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu dan permainan dapat mejadi upaya dalam meningkatkan pemahaman materi bahasa Inggris siswa kelas 6 SD Nusamangir
A COMPARATIVE STUDY BETWEEN THE USE OF VSS (VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY) AND SVES (STEPHENS VOCABULARY ELABORATION STRATEGY) ON STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SMPN I BANTAN IN BENGKALIS REGENCY Leni Nurpitasari Nurbi
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.8398

Abstract

The main purpose of this research was to find out the significant difference on students’ vocabulary mastery between using VSS (Vocabulary Self-Collection Strategy) and SVES (Stephens Vocabulary Elaboration Strategy) on students’ vocabulary mastery at SMPN I Bantan in Bengkalis Regency. The design of this research was a comparative study with a comparative quasi-experimental design. This research used multiple choice test and questionnaire. The data were analyzed by using Paired Sample T-test, Independent Sample T-test and Effect Size. The results of this research were; first, the significant effect of using VSS on students’ vocabulary mastery. The researcher found the significant 0.00 < 0.05. Second, the researcher also found the significant effect of using SVES on students’ vocabulary mastery. The researcher found the significant 0.00 < 0.05. Last, the researcher found the significant difference in vocabulary mastery between students taught by using VSS and SVES. The significant value was 0.022 < 0.05. In conclusion, VSS is more effective than SVES to improve students’ vocabulary mastery. The mean gain score of VSS was higher than the mean gain score of SVESS (18.48 > 15.87).      Key Word: VSS (Vocabulary Self-Collection Strategy), SVES (Stephens Vocabulary Elaboration Strategy), Vocabulary Mastery. 
SAINS BARAT MODERN ali wadansyah
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.14613

Abstract

Kemajuan sains dan tekhnologi telah banyak menjadikan aktifitas manusia menjadi lebih mudah. Seperti kemudahan dalam transportasi, komunikasi, industri, dan keamanan. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri pula bahwa banyak dampak negatif yang juga disebabkan oleh sains dan teknologi, diantaranya lingkungan hidup. Problematika yang semula ingin diselesaikan dengan sains dan teknologi ternyata justrukian membuat problem menjadi semakin pelik. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana karakteristik dan implikasi sains Barat modernK erhadap lingkungan hidupdalam tinjauan Teologi. Penelitian ini menggunakan metode abstraksi, holistika, dan lingkaran hermeunetik. karakteristik sains Barat modern bertumpu pada rasionalis, empiris, dan antroposentris. Sehingga berimplikasi buruk terhadap lingkungan, pola interaksi manusia dengan lingkungan menjadi destruktif dan eksploitatif terhadap alam.Keywords: Sains Barat, Lingkungan Hidup
KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS RENDAH MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (BIG BOOK) Sri Mahyuni
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.13682

Abstract

Membaca merupakan proses yang sangat kompleks. Dalam proses membaca, siswa berupaya memahami makna teks atau bacaan. Dalam kegiatan membaca siswa akan memperoleh informasi penting, yakni informasi visual yang berupa semua unsur tulisan yang ada dalam teks bacaan. Di samping itu, membaca merupakan suatu keterampilan yang memerlukan suatu latihan yang intensif, dan berkesinambungan. Siswa yang tidak mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam  mengikuti kegiatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran. Siswa akan mengalami kesulitan dalam menangkap dan memahami informasi yang disajikan dalam berbagai buku pelajaran, buku-buku bacaan penunjang dan sumber-sumber belajar tertulis yang lain. Siswa tersebut akan lamban sekali dalam menyerap pelajaran. Akibatnya, kemajuan belajarnya juga lamban jika dibandingkan dengan siswa yang tidak mengalami kesulitan dalam membaca. Untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah, Guru dapat menggunakan media Big Book. Manfaat dari media buku cerita bergambar (Big Book) adalah dapat membantu anak  dalam mengembangkan kemampuan bahasanya, dengan memiliki teks dan gambar yang berukuran besar dan penuh warna-warni yang sesuai dengan pemikiran secara simbolis, dapat membuat anak semakin tertarik untuk membaca dan mendengarkan cerita dari seorang guru Kata Kunci: Membaca di Kelas Rendah  dan Media Buku Cerita Bergambar 
THE INFLUENCE OF READING INTEREST AND SELF-EFFICACY ON READING COMPREHENSION OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT AS-SHOFA ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL PEKANBARU Muhammad Ramadhan Arif
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.8660

Abstract

This research was aimed to investigate the influence of reading interest and self-efficacy on reading comprehension of the tenth grade students at As-Shofa  Islamic Senior High School Pekanbaru. The data were collected through reading interest questionnaire, self-efficacy questionnaire and reading comprehension test. This research was correlational research design using quantitative method. The subject of the research was the tenth grade students of As-Shofa  Islamic Senior High School Pekanbaru consisting 5 classes. The research sample was taken by using proportional stratified random sampling method from 5 classes which each class had different number of students. The total population was 150 students and the total sample was 50 students. Pearson’s product moment and multiple regression formula were used to analyze the data. The research findings showed that first, there was no significant influence of reading interest on students’ reading comprehension with score 0.268 > 0.05. Second, there was significant influence of self-efficacy on students’ reading comprehension with score 0.012 < 0.05. Third, there was significant influence of reading interest and self-efficacy on students’ reading comprehension with score 0.034 < 0.05 at As-Shofa Islamic Senior High School.Keyword : Reading Interest, Self-Efficacy, Reading Comprehension    
THE INFLUENCE OF READING STRATEGY AND SELF-EFFICACY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION (A CORRELATIONAL STUDY AT A STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL IN PEKANBARU) Hildayanti - Witri
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.13767

Abstract

This research was aimed to investigate the influence of reading strategy and self-efficacy on students’ reading comprehension at State Islamic Senior High School 3 Pekanbaru. The sample was taken by using cluster random sampling technique and determined sample size by using the Slovin formula. The total population was 174 students in five classes and total sample was 70 students in two classes. Inferential analysis namely simple and multiple regressions were used to analyze the data by using SPSS 22 software program. The results showed that alternative hypotheses (Ha1, Ha2, and Ha3) were accepted and null hypotheses (Ho1, Ho2, and Ho3) were rejected. First, there was a significant influence of reading strategy use on students’ reading comprehension with score 0.000 < α = 0.05. It categorized into positive and moderate relationship level that contributed as much as 28.3% to reading comprehension. Second, there was a significant influence of self-efficacy on students’ reading comprehension with score 0.000 < α = 0.05. It categorized into positive and strong relationship level that contributed as much as 46.5% to reading comprehension. Third, there was a significant influence of reading strategy use and self-efficacy simultaneously on students’ reading comprehension with score 0.000 < α = 0.05. It categorized into positive and strong relationship level that contributed simultaneously as much as 50% to reading comprehension.
PENERAPAN E-LEARNING AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-FAKHRIYYAH JAKARTA BARAT Syaiful Ari Bahri
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.13854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengajaran Akidah Akhlak secara dalam jaringan (daring) di masa pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Al-Fakhriyyah, Jakarta Barat, tahun ajaran 2020/2021.Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung dan apa saja permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan proses tersebut menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa pengajaran sudah sesuai dengan regulasi-regulasi yang ada. Adapun implementasi pengajaran dilakukan menggunakan gawai seperti tablet, handphone, dan laptop. Sedangkan aplikasi yang digunakan adalah WhatsApp, Zoom Meeting, dan Google Classroom. Permasalahan yang ditemukan adalah keterbatasan kepemilikan media pada siswa, kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media sosial, dan keterbatasan fasilitas jaringan internet karena kondisi geografis.
PELAKSANAAN KONSELING CLIENT CENTER DENGAN MEDIA ONLINE DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL ISLAM INDRAGIRI HULU M. Fahli Zatrahadi; Mudjiran Mudjiran; Herman Nirwana; Yeni Karneli
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.15275

Abstract

Someone client center counseling-centered because the counselor and client are in a psychological contact relationship. The purpose of the study was to describe the implementation of client center counseling with online media. The research is qualitative with the following stages: determining questions, collecting informant data, getting data, and reporting. The informants comprised one teacher of counseling and guidance and five students of private MTs Nurul Islam. The results of the research based on Nvivo coding that the client center counseling has a core theme that supports the reception in counseling, client center and direction. The results of coding Nvivo online counseling develop a supporting theme, namely counseling constraints. Based on this, implementing client center counseling with online media can run even though the major obstacle is internet signal and the media used is WhatsApp with the videocall feature. The application of online counseling at MTs Swasta Nurul Islam fosters independence, emotional management, and making the right decisions for the students’ future.
EFEKTIVITAS PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MTsN 1 PELALAWAN Bakri Bakri
Journal of Education and Teaching Vol 3, No 1 (2022): Maret
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v3i1.14868

Abstract

Pengawasan kepala sekolah merupakan fungsi manajemen kepemimpinan, dan pengawasan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti berharap dapat melihat proses supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan disiplin mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan guru, untuk mengetahui bagaimana proses melaksanakan supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan mengajar, serta menemukan kendala dan solusi utama untuk meningkatkan kedisiplinan mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, tiga orang guru dan dua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut hubermen dilakukan dengan cara reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, sebagian besar guru menerapkan disiplin sesuai dengan peraturan sekolah yang berlaku; kedua, dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah beserta dosen dan staf telah membentuk lingkungan yang hangat, dekat dan terbuka, sehingga pelaksanaan supervisi berjalan efektif dan efektif. disiplin, yaitu kekhawatiran kepala sekolah terhadap guru tidak dapat menerima rencana perbaikan dan perbaikan yang akan diajukan kepala sekolah.

Page 1 of 2 | Total Record : 13