cover
Contact Name
Dedy Asmaroni
Contact Email
rekayasa.unira@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rekayasa.unira@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik – Universitas Madura Jl. Raya Panglegur KM. 3,5 Pamekasan 69317 Telp. (0324) 322231 psw 114 Fax (0324) 327418
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil
  • jurnal_rekayasa_teknik_sipil
  • Website
Published by Universitas Madura
ISSN : 25275542     EISSN : 27756017     DOI : https://doi.org/10.53712/rjrs
Core Subject : Engineering,
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, ISSN: 2527-5542 (cetak), ISSN: 2775-6017 (elektronik) adalah media publikasi karya ilmiah di bidang teknik sipil yang diterbitkan oleh Universitas Madura. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang Teknik Sipil dalam arti dapat memberikan pencerahan berpikir bagi yang ikut berpartisipasi aktif di dalamnya. Berbagai informasi hasil penelitian dan kajian mahasiswa dan dosen, serta akademisi bidang Teknik Sipil diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan. Cakupan Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi hasil penelitian eksperimental, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan serta kajian ilmiah berupa studi literatur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan membangun inovasi dalam bidang Teknik Sipil. Fokus dalam Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi: Struktur Manajemen Konstruksi Transportasi Sumber daya air Geoteknik Rekayasa Jurnal Teknik Sipil terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil" : 10 Documents clear
Penerapan Metode Barchart, CPM, PERT dan Crashing Project dalam Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung G Universitas Muhammadiyah Jember Amri Gunasti; Ach. Rofiqi; Pujo Priyono
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui percepatan serta membandingkan masing-masing metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Barchat perhitungan awal dan perhitungan akhir dengan lama pengerjaan selama 44 minggu, metode CPM juga selama 44 minggu, metode CPM tidak bisa mengetahui jumlah anggaran dan hanya bisa mengetahui litasan kritis dengan metode perhitungan maju dan mundur. Metode PERT dengan meneliti  24% kegiatan, selesai dengan 42 minggu. Untuk 99,11%  pekerjaan selesai dengan durasi 52 minggu  dan 99,93% pekerjaan selesai dengan durasi 62 minggu. Setelah dilakukan Crashing Project,  durasi yang awalnya selama 44 minggu dengan jumlah hari 1320 hari mengalami percepatan sampai 1140 hari atau 38 minggu dengan selisih waktu 6 bulan dan jumlah anggaran yang harus di tambah adalah Rp. 2.390.418.814 dan dana keseluruhan yang harus di keluarkan  adalah Rp. 7.217.353.814,29.
ANALISIS PERKUATAN STRUKTUR GEDUNG PASCA KEBAKARAN DENGAN PENAMBAHAN PROFIL SIKU SEBAGAI PERKUATAN STRUKTUR BALOK Yanisfa Septiarsilia; Jaka Propika
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.623

Abstract

Beton yang mengalami kebakaran pada suhu diatas 200°C dapat menyebabkan mutu beton mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan penurunan kekuatan struktur. Masalah ini dapat diselesaikan dengan perkuatan struktur yaitu dengan penambahan profil untuk perkuatan struktur balok pasca kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kekuatan struktur balok pasca kebakaran dengan penambahan profil siku. Hasil analisis yang dilakukan bahwa nilai momen nominal balok pasca kebakaran pada suhu 900°C dengan durasi 3 jam pada beton dan 2 jam pada baja tulangan sebelum penambahan profil siku menunjukan nilai momen nominal Mn = 7161,7 Kg.m  Mu = 8231 kg.m pada balok 1 (ekterior) dan Mn = 7891,8Kg.m  Mu = 8096,41 kg.m pada balok 1 (interior). Setelah penambahan profil siku dengan dimensi profil L65x65x7 pada balok pasca kebakaran menunjukan nilai momen nominal mengalami kenaikan dengan Mn = 24927,03 kg.m  Mu = 8096,41.kg.m pada balok 1 (interior) dan Mn = 16449,5 kg.m   Mu = 8231 kg.m pada balok 1 (eksterior).
Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Universitas Madura
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.608

Abstract

Jurnal Rekayas Teknik Sipil Universitas Madura
Modifikasi Jembatan Mataraman II Malang Menggunakan Struktur Gelagar Beton Bertulang Dita Kamarul Fitriyah
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.613

Abstract

Jembatan Mataraman II yang terletak di Kabupaten Malang memiliki panjang ± 40,8 m dengan lebar ± 11m. Jembatan ini semula didesain dengan standar bangunan atas tipe precast concrete I girder, metode girder precast, metode ini direkomendasikan pada jembatan Mataraman II, karena ekonomis, memperpendek waktu konstruksi dan workability. Jembatan eksisting ini didesain dengan tinggi I girder 1700 mm yang memiliki mutu beton precast concrete I girder K-500 (f’c 415 kg/cm2). Metode jembatan beton bertulang direkomendasikan pada jembatan ini, karena kriteria jembatan Mataraman II ini merupakan jembatan bentang pendek, sehingga jembatan beton bertulang cocok diterapkan dalam kasus ini. Selain itu juga, material yang digunakan memiliki sifat tahan lama, lebih ekonomis, dan mudah pemeliharaannya. Jembatan ini didesain dengan membangun abutment baru yang berjarak ± 2m dari abutment lama dikarenakan agar tidak mengganggu lebar mulut sungai, sehingga panjang jembatan menjadi 44,80m. Dikarenakan panjang jembatan > 25m maka kurang efektif dalam penggunaan gelagar beton bertulang, oleh karena itu direncanakan pilar yang berjarak ± 10m dari rencana abutment baru. Perencanaan abutment direncanakan dengan didukung pondasi sumuran, dikarenakan pada kedalaman 4 m - 5 m harga N-SPT didapatkan N > 50 ( tanah keras ).
Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Dewan Redaksi Jurnal Rekayasa
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.609

Abstract

Dewan Redaksi Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Universitas Madura
Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Umum Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang Mutiara Firdausi
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.614

Abstract

Rencana pemerintah merubah sistem Bandara Abdulrachman Saleh Malang dari domestik menjadi internasional tentunya memerlukan pengembangan kualitas pelayan serta fasilitas umum yang memadai. Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang sebaiknya melakukan evaluasi terhadap tingkat kepuasan pengunjung. Populasi pengunjung dalam 5 tahun terakhir 2013-2017 mencapai 765.804 orang per tahun. Sampel pada penelitian ini adalah penumpang yang menunggu jadwal keberangkatan di ruang tunggu, jumlah responden dihitung dengan rumus Slovin sebanyak 121 responden, pengumpulan sampel menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling. Metode pada penelitian ini adalah CSI untuk mengukur tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas umum di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang adalah 77,43 % masuk dalam kategori Puas. Ketidakpuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan dan fasilitas menunjukkan 23,57% responden yang menyatakan tidak puas terhadap kehandalan peralatan dan fasilitas seperti, AC, Televisi dan lainnya, kemudahan mendapatkan inter-moda seperti, taksi, bis, dan lainnya, serta acara khusus yang diadakan pihak bandara seperti, promo tiket di waktu tertentu.
Daftar Isi Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Daftar Isi Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.610

Abstract

Daftar Isi Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Universitas Madura
ANALISIS STRATEGI PENAWARAN PROYEK KONSTRUKSI PADA CV. BEW Felicia T. Nuciferani; Nanda Estu Jh
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.616

Abstract

Sektor konstruksi mengalami peningkatan signifikan, ditandai dengan banyaknya perusahaan jasa konstruksi. Jasa Konstruksi khususnya kontraktor yang semakin bertambah jumlahnya diikuti oleh keunggulan serta benefit yang ditawarkan membuat persaingan semakin kompetitif, maka penetapan dalam melakukan harga penawaran merupakan faktor permasalahan yang utama bagi kontraktor. Pembahasan penelitian strategi penawaran dengan menggunakan model friedman dan model gates pada CV.BEW dengan periode penawaran tahun 2013 – 2016 serta nilai proyek konstruksi di Surabaya berkisar antara 300 juta sampai 2 miliar rupiah. Implementasi strategi penawaran guna mencari besaran nilai mark-up  dan probabilitas keuntungan serta harapan untuk menang pada proyek-proyek konstruksi di Surabaya dengan mengetahui besarnya mark-up guna penambahan estimasi biaya sehingga dapat digunakan sebagai harga penawaran. Hasil penelitian pada CV. BEW untuk proyek di Surabaya adalah model Friedman menghasilkan mark-up 6% dengan expected profit 4.7477% dan model Gates menghasilkan mark-up 7% dengan expected profit 4.8217%.
PERBANDINGAN NILAI INDEX PEMAMPATAN BERDASARKAN RUMUSAN EMPIRIS DAN PENGUJIAN KONSOLIDASI Putu Tantri K. Sari; Yudhi Lastiasih
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.611

Abstract

ABSTRAK: Pengujian konsolidasi di laboratorium untuk mendapatkan nilai index pemampatan (Cc) membutuhkan waktu yang sangat lama dan harganya relative mahal, sehingga perumusan empiris lebih disukai dalam penerapan untuk perencanaan. Rumusan empiris untuk memperoleh Cc sudah dikembangkan sejak tahun 1940an di berbagai negara, namun masih sedikit rumusan empiris yang berasal dari tanah lempung lunak di Indonesia padahal karakteristik antara tanah di Indonesia dengan tanah di negara lain belum tentu sama. Perencana di Indonesia umumnya menggunakan rumusan-rumusan empiris yang telah ada dengan tujuan untuk mempersingkat waktu perencanaan padahal rumusan empiris tersebut belum tentu sesuai dengan kondisi di lapangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan nilai Cc dari rumusan empiris dan dari pengujian di laboratorium dengan melakukan perbandingan nilai Cc hasil pengujian yang telah ada yaitu sebanyak 466 sampel data tanah dari 77 titik bore hole pada 25 lokasi yang tersebar di wilayah Surabaya, Indonesia. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa nilai Cc dari 28 rumusan empiris yang telah dikembangkan sebelumnya memiliki tingkat kesamaan yang relative kecil yaitu kurang dari 70% dari nilai Cc hasil pengujian di laboratorium. Rumusan empiris nilai Cc dari data yang digunakan dalam penelitian ini juga telah didapatkan tetapi dengan variasi yang banyak karena rentang perbedaan nilai Cc yang relative besar. 
Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Universitas Madura Jurnal Rekayasa Teknik Sipil full
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.620

Abstract

Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Unira Volume 4 Nomer 1 2019

Page 1 of 1 | Total Record : 10