cover
Contact Name
Dedy Asmaroni
Contact Email
rekayasa.unira@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
rekayasa.unira@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Teknik – Universitas Madura Jl. Raya Panglegur KM. 3,5 Pamekasan 69317 Telp. (0324) 322231 psw 114 Fax (0324) 327418
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil
  • jurnal_rekayasa_teknik_sipil
  • Website
Published by Universitas Madura
ISSN : 25275542     EISSN : 27756017     DOI : https://doi.org/10.53712/rjrs
Core Subject : Engineering,
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, ISSN: 2527-5542 (cetak), ISSN: 2775-6017 (elektronik) adalah media publikasi karya ilmiah di bidang teknik sipil yang diterbitkan oleh Universitas Madura. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang Teknik Sipil dalam arti dapat memberikan pencerahan berpikir bagi yang ikut berpartisipasi aktif di dalamnya. Berbagai informasi hasil penelitian dan kajian mahasiswa dan dosen, serta akademisi bidang Teknik Sipil diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan. Cakupan Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi hasil penelitian eksperimental, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan serta kajian ilmiah berupa studi literatur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan membangun inovasi dalam bidang Teknik Sipil. Fokus dalam Rekayasa Jurnal Teknik Sipil meliputi: Struktur Manajemen Konstruksi Transportasi Sumber daya air Geoteknik Rekayasa Jurnal Teknik Sipil terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan Juni dan Desember.
Articles 102 Documents
Evaluasi Kinerja Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pada Proyek Attic Showroom dan East Coast Center 2 Di Surabaya Juliandres Unitly; Feri Harianto; Dian Listyaningsih
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v5i1.855

Abstract

A BSTRA K : Sektor konstruksi adalah salah satu sektor yang paling beresiko terhadap kecelakaan tenaga kerja, kerugian jiwa, material, uang, dan waktu merupakan hasil-tentu saja yang akan dipindahkan secara langsung pada saat menjalankan proyek konstruksi. Untuk mencegah kecelakaan pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi diwajibkan untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lokasi kerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Aplikasi Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan perbedaan kinerja pada proyek konstruksi yang ada di kota surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Fisher Exact Probabilitydengan mengambil data yang dilakukan melalui kuesioner yang telah dibagikan kepada masing-masing responden sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan pada proyek yang disetujui. Hasil dari penelitian ini berdasarkan Peraturan Mentri Tenaga Kerja (permenaker) no.5 tahun 1996, untuk Proyek Attic Showroom Dharmahusada nilai rata-rata memenangkan 76,74% dengan predikat baik, dan Proyek East Coast Center 2 nilai rata-rata hasil 84, 92 % dengan predikat memuaskan. Sementara itu, penilaian yang dilakukan menunjukkan perbedaan signifikan antara 12 kriteria audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) menurut permenaker no.50 tahun 1996 terkait 8 item yang memiliki perberbedaan yang signifikan dan 4 item pada poin Pembangunan dan Pemeliharaan Komitmen,
Pengembangan Penjadwalan Model Integrasi Antara Angkutan Intermoda Trans Jogja Dengan Jadwal Penerbangan di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta Mutiara Firdausi
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2016): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v1i2.184

Abstract

Bandara udara merupakan salah satu simpul transportasi yang memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan transportasi intermoda. Khususnya antara moda udara, moda jalan dan moda rel. Untuk meningkatkan pelayanan operasional suatu bandara perlu didukung oleh sarana angkutan umum yang handal dan berkualitas. Salah satu angkutan intermoda yang terdapat di Bandara Internasional Adisucipto adalah Trans Jogja. Pelayanan angkutan intermoda di Bandara Internasional Adi Sucipto tidak digunakan secara maksimal oleh penumpang angkutan udara, untuk mengatasi pemasalahan ini adalah dengan cara mengintegrasikan jadwal penerbangan dengan jadwal Trans Jogja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah membagikan kuesioner kepada penumpang angkutan udara di Bandara Internasional Adisucipto dan survei travel time Trans Jogja. Keberangkatan Trans Jogja pertama dari halte Stasiun Tugu sekitar 03.05 dengan waktu tempuh 1 jam 50 menit maka kendaraan akan tiba di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sekitar jam 04.45 WIB. Sehingga dapat mengakomudir keberangkatan pesawat yang jam 05.55 WIB, 06.00 WIB, 06.25 WIB, dan 06.50 WIB, karena masih ada waktu 1 jam yang bisa dipergunakan untuk waktu check in
JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL DEWAN REDAKSI JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2020): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v5i2.1018

Abstract

JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Nilai Rasio Antara Kekuatan dan Berat untuk Beberapa Jenis Konfigurasi Jembatan Rangka Kayu Handika Setya Wijaya
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2017): JURNAL REKAYASA TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v2i1.189

Abstract

  Jembatan merupakan infrastruktur vital di Indonesia. Salah satu jenis jembatan adalah jembatan kayu. Jembatan kayu adalah jembatan dengan material yang dapat diperbaharui yaitu kayu. Tujuan penulisan artikel adalah memberikan informasi mengenai perhitungan rasio antara kekuatan dan berat jembatan dari beberapa jenis rangka pada jembatan kayu. Dengan adanya perhitungan rasio ini akan didapat struktur jembatan rangka kayu yang kuat dan ekonomis. Dimensi keseluruhan batang dari beberapa jenis rangka sama yaitu berdimensi 40 x 40 mm. Analisis struktur jembatan menggunakan software Staad Pro 2004 untuk memperoleh gaya-gaya dalam pada struktur jembatan. Beban maksimal yang dikenakan adalah 250 kg. Dalam penelitian ini, rangka yang akan dibandingkan adalah rangka Baltimore, Howe, Pratt, Warren, dan K-Truss. Dari segi kekuatan yang diwakili oleh lendutan, dapat dilihat bahwa lendutan terbesar adalah pada tipe rangka Howe dengan 1.294 mm, sedangkan lendutan terkecil pada rangka K-Truss dengan 0.925 mm. Dari segi berat jembatan, dapat dilihat bahwa berat terbesar terdapat pada tipe rangka Baltimore dengan 60.92 kg, sedangkan berat terkecil terdapat pada tipe rangka Howe, Partt dan Warren dengan 50.64kg. selanjutnya didapatkan rasio antara kekuatan dan berat jembatan yang hasilnya menunjukkan menunjukkan bahwa K-Truss mempunyai rasio kekuatan dan berat jembatan yang paling kecil jika dibandingan rangka lain dengan rasio 52.7. 
PENGGUNAAN BUIS BETON SEBAGAI DINDING PENAHAN TANAH PADA PEMBANGUNAN REKLAMASI PANTAI (STUDI KASUS DESA SLABAYAN KEC. CAMPLONG KAB. SAMPANG) Moch Hazin Mukti dkk
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2017): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v2i2.352

Abstract

ABSTRAK: Analisis dalam tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui aman atau tidaknya dinding penahan tanah yang menggunakan buis beton terhadap stabilitas daya dukung tanah, geser dan guling dengan pengaruh tinggiurugan 1m. 2 m dan 3 m terhadap dinding penahan dan studi ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya longsor pada dinding penahan tanah dengan menggunakan perangkat lunak (Software) Structural Analisis Program plaxis. Hasil yang didapatkan berdasarkan perhitungan manual yang dilakukan adalah sebagai berikut: stabilitasterhadap geser pada tinggi urugan di atas 1 m aman terhadap geser, sedangkan untuk stabilitas daya dukung tanah diatas tinggi urugan 2 meter di nyatakan aman dan untuk guling dinyatakan aman mulai tinggi urugan 1 m, 2 m dan 3 m.sedangkan hasil analisis menggunakan program plaxis pada output data menggambarkan hasil nyata dalam ketidakamanan pada struktur akibat adanya gaya horizontal yang mendorong dinding penahan sehingga mengakibatkanterjadinya longsor baik pada tinggi urugan 1 m, 2 m dan 3 m. 
PEMANFAATAN FIBER POLYPROPYLENE PADA BETON DENGAN PENAMBAHAN NAPTHOPLAST (PRODUKSI PT.VARIA USAHA) DI TINJAU TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR Bambang Sujatmiko; Saifuddin .
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 3, No 1 (2018): Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v3i1.420

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi gaya tarik yang menyebabkan keretakan pada struktur beton aspal., dengan menambahkan fiber polypropylen produksi PT.Sika. Dalam penelitian ini dilakukan 2 jenis percobaan yaitu pengujian kuat tekan dan kuat lentur beton pada umur 7,14, dan 28 hari. Dalam penelitian ini material yang digunakan sebagai  bahan pengisi agregat kasar (kerikil) agregat halus pasir lumajang, bahan pengikat Semen Gresik, dimana keempat bahan ini akan diteliti untuk diketahui karakteristiknya dalam campuran beton. Untuk memperbaikinya sifat dari keempat bahan diperlukan bahan tambahan kimia berupa Superplasticizer type F yang digunakan adalah napthoplast produksi PT.Varia Usaha Beton. Metode penelitian eksperimen dilaboratorium dengan konsentrasi Variable berupa perbandingan antara serat fiber polypropylen, dimana jumlah kadar serat sebesar 0%, 1%, dan 2%. Berdasarkan hasil dan analisa penelitian dapat direkomendasikan bahwa dengan penambahan fiber polypropylene sampai dengan 1% kuat tekan dan kuat lentur meningkat dibandingkan tidak menggunakan serat tersebut, sedangkan pada penambahan serat fiber polypropylene 2% kuat tekan menurun dibandingkan dengan dengan serat fiber 1% tetapi kuat lenturnya meningkat, sedangkan  napthoplast produksi PT.Varia Usaha Beton terbukti bahan tersebut  dapat mengurangi air dalam jumlah besar sehingga menyebabkan faktor air semen yang rendah. Saran perlu di kaji ulang terkait variasi kadar air.
PEMBUATAN SIMULASI/PROGRAM GRANULASI TANAH BERBUTIR HALUS MENJADI TANAH BERBUTIR KASAR DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MATLAB Akmad maliki, Siswoyo
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 3, No 2 (2018): REKAYASA JURNAL TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v3i2.486

Abstract

ABSTRAK: Lumpur Sidoarjo (LuSi) merupakan semburan lumpur panas yang berasal dari dalam perut bumi.Komponen matarial yang dimuntahkan oleh LuSi sebagian besar berupa lempung. Jika dilihat dari sifat fisik LuSi yangberbentuk lempengan lebar, plastisitas dan penyusutan yang tinggi menyebabkan LuSi sulit untukdipindahkan/diangkut. Agar dapat dengan mudah untuk mengangkutnya dan dapat digunakan untuk tanah uruganreklamasi yang tidak perlu lagi mengambil material urugan di daerah quarry, maka ukuran butiran LuSi harusdibesarkan melalui proses granular yang menggunakan drum granulator berputar. Tujuan dari penelitian ini adalahmembuat program dan simulasi granulasi LuSi dalam drum granulator, agar didapatkan ukuran butiran yang bergradasibaik (well graded). Penelitian yang akan dilakukan yaitu pembuatan program dan simulasi mengenai pembesaranpartikel LuSi dengan menggunakan program Matlab. Dari hasil pemodelan dan simulasi akan didapatkan ukuran butiranyang bergradasi baik, variabel bebas yang memberikan distribusi ukuran butiran bergradasi baik adalah kecepatan putradrum 9 rpm dan sudut kemiringan drum 5 derajat dengan variable tetep yaitu diameter drum 0,4 m dan Panjang drum2m; sesuai dengan syarat Unified Soil Classification System (USCS) nilai Cu = 5,61 dan Cc = 2,1 berdasarkan nilai tersebut distribusi ukuran butiran didominasi oleh tanah pasir kasar dan pasir halus.
Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Universitas Madura Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 3, No 2 (2018): REKAYASA JURNAL TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v3i2.558

Abstract

Rekayasa Jurnal Teknik Sipil Universitas Madura Volume 3 Nomer 2 Desember 2018
Penerapan Metode Barchart, CPM, PERT dan Crashing Project dalam Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung G Universitas Muhammadiyah Jember Amri Gunasti; Ach. Rofiqi; Pujo Priyono
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui percepatan serta membandingkan masing-masing metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Barchat perhitungan awal dan perhitungan akhir dengan lama pengerjaan selama 44 minggu, metode CPM juga selama 44 minggu, metode CPM tidak bisa mengetahui jumlah anggaran dan hanya bisa mengetahui litasan kritis dengan metode perhitungan maju dan mundur. Metode PERT dengan meneliti  24% kegiatan, selesai dengan 42 minggu. Untuk 99,11%  pekerjaan selesai dengan durasi 52 minggu  dan 99,93% pekerjaan selesai dengan durasi 62 minggu. Setelah dilakukan Crashing Project,  durasi yang awalnya selama 44 minggu dengan jumlah hari 1320 hari mengalami percepatan sampai 1140 hari atau 38 minggu dengan selisih waktu 6 bulan dan jumlah anggaran yang harus di tambah adalah Rp. 2.390.418.814 dan dana keseluruhan yang harus di keluarkan  adalah Rp. 7.217.353.814,29.
ANALISIS PERKUATAN STRUKTUR GEDUNG PASCA KEBAKARAN DENGAN PENAMBAHAN PROFIL SIKU SEBAGAI PERKUATAN STRUKTUR BALOK Yanisfa Septiarsilia; Jaka Propika
Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Teknik Sipil
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53712/rjrs.v4i1.623

Abstract

Beton yang mengalami kebakaran pada suhu diatas 200°C dapat menyebabkan mutu beton mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan penurunan kekuatan struktur. Masalah ini dapat diselesaikan dengan perkuatan struktur yaitu dengan penambahan profil untuk perkuatan struktur balok pasca kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kekuatan struktur balok pasca kebakaran dengan penambahan profil siku. Hasil analisis yang dilakukan bahwa nilai momen nominal balok pasca kebakaran pada suhu 900°C dengan durasi 3 jam pada beton dan 2 jam pada baja tulangan sebelum penambahan profil siku menunjukan nilai momen nominal Mn = 7161,7 Kg.m  Mu = 8231 kg.m pada balok 1 (ekterior) dan Mn = 7891,8Kg.m  Mu = 8096,41 kg.m pada balok 1 (interior). Setelah penambahan profil siku dengan dimensi profil L65x65x7 pada balok pasca kebakaran menunjukan nilai momen nominal mengalami kenaikan dengan Mn = 24927,03 kg.m  Mu = 8096,41.kg.m pada balok 1 (interior) dan Mn = 16449,5 kg.m   Mu = 8231 kg.m pada balok 1 (eksterior).

Page 1 of 11 | Total Record : 102