cover
Contact Name
Heru Mulyanto
Contact Email
jespb12345@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jespb12345@gmail.com
Editorial Address
JESPB, LPPM Universitas Pelita Bangsa Gd. B Universitas Pelita Bangsa Lt. 2 Jl. Inspeksi Kalimalang, Tegal Danas Cikarang Bekasi
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa
ISSN : 25280244     EISSN : 27457621     DOI : https://doi.org/10.37366/jespb
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa is a peer review of national journals published by Sharia Economics Study Program, Faculty of Islamic Religion, University of Pelita Bangsa, Bekasi. Editors appreciately welcome all public especially academics, researchers, and educators to donate their intellectual dedication in the form of articles to be published in this journal which is original and has not been published in any media. The articles may be written in Indonesian, Arabic, or English.
Articles 81 Documents
PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS DAN RENTABILITAS TERHADAP KECUKUPAN MODAL Agus Mustopo; Mardiansyah Mardiansyah
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 01 (2020): JESPB Edisi April 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i01.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh likuiditas yang diukur dengan Financing to Deposit Ratio (FDR) dan rentabilitas yang diukur dengan Return On Asset (ROA) terhadap kecukupan modal yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) pada PT. Bank Panin Syariah Tbk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan keuangan triwulan PT. Bank Panin Syariah Tbk. periode 2011 – 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, lengkap dengan uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heteroskedasitas, dan autokorelasi). Hipotesis diuji menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji parsial menggunakan uji t, diketahui bahwa tingkat likuiditas berpengaruh signifikan positif terhadap kecukupan modal. Sedangkan, tingkat rentabilitas berpengaruh signifikan negatif terhadap kecukupan modal. Secara simultan, likuiditas dan rentabilitas berpengaruh signifikan terhadap kecukupan modal, yaitu sebesar 54.1%, sedangkan sisanya 45.9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP KESEJAHTERAAN NASABAH Ali Ahmad; Siti Nurrohmah
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 01 (2020): JESPB Edisi April 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i01.83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah pembiayaan murabahah berpengaruh pada kesejahteraan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah hanya mempengaruhi 0,8% terhadap kesejahteraan nasabah dan 99,2% dipengaruhi dari faktor lain. Pembiayaan murabahah yang diberikan tidak mempengaruhi kesejahteraan nasabah dikarenakan adanya faktor penyalahgunaan akad yaitu nasabah menggunakan pembiayaan murabahah tidak untuk modal usaha melainkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti biaya sekolah, belanja dapur dan kebutuhan lainya. Penyalahgunaan akad berpengaruh negatif terhadap pembiayaan murabahah yang diberikan. Sehingga pembiayaan murabahah tidak dapat mempengaruhi kesejahteraan nasabah
PRESTASI KERJA : PENILAIAN KERJA KARYAWAN DAN KEPUASAN KERJA Erina Rulianti
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 01 (2020): JESPB Edisi April 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i01.84

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh penilaian kinerja karyawan dan kepuasan kerja terhadap prestasi kerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di PT. Mitrapak Eramandiri Cabang Cikarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Mitrapak Eramandiri Cabang Cikarang yang berjumlah 134 karyawan dengan sampel 57 karyawan. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis linier regresi berganda, koefisien determinasi (r2) dan uji hipotesis. Berdasarkan data analisis, persamaan regresi yang diperoleh adalah sebagai berikut: Y = 0,759 + 0,463 (X1) + 0,274 ( X2). Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji t (parsial) bahwa penilaian kinerja karyawan serta kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Hasil uji f (simultan) menunjukan bahwa penilaian kinerja karyawan dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Nilai adjust R square sebesar adalah 0,384 atau sebesar 38,4%. Sedangkan sisanya sebesar 61,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan atau tidak dibahas dalam penelitian ini.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEENGGANAN MENABUNG DI BANK SYARIAH Listian Achmad; Dewi Purwanti
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 01 (2020): JESPB Edisi April 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i01.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi keengganan masyarakat cikarang selatan untuk menabung di bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keengganan masyarakat dalam menabung di Bank Syariah di kecamatan Cikarang Selatan yaitu: faktor performa; faktor produk; faktor pelayanan; dan faktor pemasaran. Hasil penelitian tersebut berdasarkan hasil olah data dari tujuh desa yang ada di kecamatan Cikarang Selatan.
PENGARUH INFLASI DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA PERIODE 2010 – 2016 Nani Hartati
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 01 (2020): JESPB Edisi April 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i01.86

Abstract

Makro ekonomi adalah studi tentang kegiatan ekonomi di suatu negara. Indikator ekonomi makro adalah inflasi, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Faktor-faktor ini meliputi inflasi dan tingkat pengangguran. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan data per semester pada periode 2010 - 2016. Dengan uji parsial inflasi tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara signifikan, sedangkan tingkat pengangguran berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan regresi linier berganda simultan terbukti tidak ada pengaruh yang signifikan antara inflasi dan tingkat pengangguran terhadap pertumbuhan ekonomi yang terjadi, hal ini juga ditunjukkan dengan koefisien yang bernilai rendah.
PENGARUH PERSEPSI NASABAH TENTANG PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH Sakum Sakum; Hidaya Iftia
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 01 (2020): JESPB Edisi April 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i01.87

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari adakah pengaruh antara persepsi nasabah tentang promosi dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap minat menabung, di BJB syariah. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara persepsi nasabah tentang promosi dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap minat menabung di BJB syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara persepsi nasabah tentang promosi dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan terhadap minat menabung di BJB. Kualitas pelayanan, dalam penelitian ini, lebih mempengaruhi minat menabung dari pada persepsi nasabah tentang promosi.
Pengaruh Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Bumi dan Bangunan, dan Pajak Resto Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Kabupaten Malang 2017-2019) Arif Hakim; Dinda Arifiana; Mochamad Rifa'i; Muhammad Ainulyaqin
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 02 (2020): JESPB EDISI OKTOBER 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i02.112

Abstract

Local taxes are an important source of local revenue which is useful for financing regional government administration. BPHTB, PBB, and Resto Tax are local taxes that have an effect in every region, as well as in Malang Regency. The contribution of local taxes in each region varies. This study aims to analyze the influence of BPHTB, PBB, and Resto Tax on PAD Malang Regency in the 2017-2019 period from an Islamic economic perspective. This type of research uses quantitative methods. The results of this study indicate that BPHTB has a positive effect on PAD, while PBB and Resto Tax have a negative effect on PAD in Malang Regency. This research is in line with the opinion of the Islamic figure Abu Yusuf who argues that kharaj (land tax) is allowed with the aim of applying taxes as state revenue to bring benefits to the community.
Laporan Tahunan Berbasis Maqasid Syariah Bernad Hananto; Iin Masriah
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 02 (2020): JESPB EDISI OKTOBER 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i02.114

Abstract

By revealing the Maqasid Sharia into the annual report, it can be understood that the entity has sharia principles. This study intends to describe the Maqasid Sharia to be an items that is relevant to the business aspects of the Islamic business entity. In this study it was found that the five principles of maqasid sharia can be translated into more detailed items, the principle of guarding religion (hifzh al diin) is how entities play a role in syiar, the spread of religion, sodaqoh / helping fellow human beings and how the mission of the entity is explained in accordance with maqasid sharia, the principle of safeguarding the soul (hifzh al nafs) is where the role of the entity can provide a sense of fairness, comfort, security and fairness and the development of personality, the principle of safeguarding intelect (hifzh al aql) is to play a role in the development of human resources, the principle of safeguarding posterity (hifzh al nasl) is to maintain health, a decent life, preserve human beings also means maintaining the preservation of the environment or ecosystem, so as to ensure the resources of all time, the principle of safeguarding wealth (hifzh al mal) is the principle of how the wealth is acquired / developed and how the wealth is distributed.
ANALISIS PENGARUH MODAL DAN RISIKO TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK MUAMALAT INDONESIA (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk) Listian Ahmad; Riana Puspitasari
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 02 (2020): JESPB EDISI OKTOBER 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i02.115

Abstract

This study examines the collapse of net profit and the increase in non-performing financing or “Non-Performing Financing” due to the wrong funding target carried out by Bank Muamalat Indonesia. This study aims to determine the effect of capital and operational risk on the financial performance of Bank Muamalat Indonesia. Data collection methods in this study are secondary data analysis and literature study. The subjects in this study were Bank Muamalat Indonesia with a total sample size of 30 financial reports. Methods of data analysis in this study using multiple linear regression analysis and classical assumption test. Hypothesis testing is done by using the coefficient of determination (R and R square), simultaneous significance test (F test), and partial significance test (t test). The results of the analysis show that capital has a positive regression coefficient value of 0.239 and a significance value of 0.001 (less than 0.05). While the risk has a negative regression coefficient value of -0.087 and a significance value of 0.002 (less than 0.05). Capital has a positive and significant effect on financial performance. The greater the capital a bank has, it shows that the bank is getting stronger and the bank's financial performance will increase. Risk is said to have a negative and significant effect on financial performance. The smaller the risk value faced, the bank's financial performance will increase
ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NO. 101 TENTANG LAPORAN KEUANGAN SYARI’AH (Studi Kasus KSPPS BTM BINA MASYARAKAT UTAMA (BiMU)) Sukron Mamun; Erlinda Sismona
Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa Vol. 5 No. 02 (2020): JESPB EDISI OKTOBER 2020
Publisher : LPPM Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37366/jespb.v5i02.116

Abstract

This research was conducted at KSPPS BTM BiMU. The purpose of this research is to find out whether the financial reporting of KSPPS BTM BiMU is in accordance with the applicable Financial Accounting Standards. This research method uses a qualitative approach with descriptive methods, namely methods that characterize the actual situation. Which means there is no intervention from of the researcher in the form of reducing or adding the data. While the data retrieval technique is by observation, direct interview with KSPPS BTM BiMU manager related to the financial report, and documentation in the form of the 2017 KSPPS BTM BiMU annual report.From the results of this research which was conducted on KSPPS BTM BiMU there are several problems that were found, among others: in the financial statements presented, temporary syirkah funds is still combined with liability posts on the balance sheet KSPPS BTM BiMU. KSPPS BTM BiMU was found does not make several reports such as reports on changes in tied investment funds, income reconciliation reports and profit sharing, reports on sources and uses of zakat funds and reports on sources and uses of benevolent funds.The results showed that the financial statements of KSPPS BTM BiMU had not been fully compliant with PSAK 101 because it was incorrecty structured and several reports were incomplete. This study can be a reference material for education and Sharia Cooperative practitioners