cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
laba.jayanta@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lessonandlearningstudies@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116 Telp. +62362-22928
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal for Lesson and Learning Studies
ISSN : 26156148     EISSN : 26157330     DOI : https://doi.org/10.23887/jlls
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, learning environment, teacher education, educational technology, educational development.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2020): October" : 12 Documents clear
Pengembangan Media Permainan Kooperatif Merancang Gambar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Adonis, Fenty
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29433

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pengembangan sosial siswa, maka diperlukan media dan metode yang dapat memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media permainan kooperatif merancang gambar untuk meningkatkan perkembangan sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Reseacrh & Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah validitas media permainan kooperatif merancang gambar untuk meningkatkan perkembangan sosial anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-tes yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan 6 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh nilai dari validator pakar materi sebesar 82,00%, validator pakar media sebesar 94,00%, hasil perepsi pemakaian produk dari enam orang guru TK sebesar 93,00%. Simpulan penelitian ini adalah media merancang gambar pada permainan kooperatif yang dibuat dinyatakan layak untuk digunakan di taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. Implikasi penelitian ini adalah melatih keberanian, menarik perhatian anak untuk membuat suasana kelas menjadi hidup, anak dapat menghayati suatu peristiwa, anak dilatih untuk menyusun pikirannya dengan teratur, dan mendorong minat anak untuk belajar.
Media Magic Book Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Dewi, Ni Putu Saras
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29411

Abstract

Rendahnya kemampuan bekerjasama pada anak usia dini disebabkan karena proses pembelajaran lebih sering diberikan kegiatan individu. Selain itu, kurangnya media pembelajaran inovatif membuat siswa kurang tertarik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media magic book untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Pada penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media sebagai validator. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelompok B. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil validator ahli materi mendapatkan kualifikasi baik (80%), hasil validator ahli media pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik (93%), dan hasil uji coba penggunaan produk dari guru mendapatkan kualifikasi sangat baik (93%). Berdasarkan hasil uji coba tersebut maka dinyatakan bahwa media magic book yang telah dikembangkan layak dan dapat digunakan dan diterapkan di TK sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak.
Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Tri Hita Karana Berkontribusi Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Pada Tema 7 Ratnada, I Kadek; Arini, Ni Wayan; Mahadewi, Luh Putu Putrini
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.28454

Abstract

Kurangnya moral dan sikap sosial pada siswa sekolah dasar menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasisi Tri Hita Karana pada Tema 7 terhadap sikap sosial siswa. Jenis penelitian ini tergolong quasi experiment atau penelitian semu dengan menggunakan desain non-equivalent post test only control group design. Populasi dari penelitian ini berjumlah 180 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD berjumlah 38 siswa dan kelas V SD berjumlah 37 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data skor sikap sosial dikumpulkan menggunakan metode nontes berupa lembar kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan rumus  uji–t. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 12,715 dan ttabel = 1,993 (pada taraf signifikansi 5%). Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis uji-t tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis Tri Hita Karana sesuai untuk diterapkan karena model ini dapat melatih siswa untuk aktif dalam menyelesaikan permasalahan serta siswa juga belajar mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Hita Karana dan mengimplementasikannya dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Keefektifan Model Reciprokal Teaching dan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Passing Bawah Bola Voli Ridwan, Muhammad; Royana, Ibnu Fatkhu; Setyawan, Danang Aji
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.28339

Abstract

Keresahan tentang masalah rendahnya hasil belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa penjasorkes materi bola voli yang kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keefektifan Model Pembelajaran Reciprokal Teaching Dan Teams Games Tournament Terhadap  Hasil Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas VIII. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design tipe two group pretest posttest-group (tes awal-tes akhir dua kelompok). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMPNegeri 3 Sayung Demak yang berjumlah 60 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Data yang diperoleh yaitu rata-rata nilai posttest analisis uji t di peroleh t hitung> t tabel yaitu 6,594>2,001 sehingga H0 di tolak dan Ha diterima, dari pengujian ketuntasan belajar individu nilai diatas KKM (75.00) peserta didik berjumlah 37 siswa lulus KKM dengan nilai tuntas dari KKM, dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil passing bawah peserta didik secara keseluruhan mencapai persentase 62%. Meningkatnya hasil passing bawah peserta didik sebelum dan sesudah di beri perlakuan berupa pemberian model Reciprokal Teaching dan Teams Games Tournament yang ditunjukan dengan hasil nilai rata-rata posttest yang meningkat. 
Pengembangan Media Permainan Utangra untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Noli, Maria Anita
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29430

Abstract

Kurangnya media pembelajaran inovatif menyebabkan motivasi siswa dalam belajar menjadi rendah dan kecerdasan kinestetik anak belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Utangra untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak, dan menganalisis kelayakan media untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari 6 tahapan pengembangan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan uji coba produk. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Dalam penelitian ini dilibatkan ahli materi dan ahli media sebagai validator. Subyek dari penelitian ini adalah 6 orang guru kelompok B. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil uji coba media permainan Utangra terhadap validator ahli materi dengan persentase skor 97,50%, (sangat baik). Hasil uji coba oleh validator ahli media dengan persentase skor 98,57% (sangat baik). Hasil uji coba produk memperoleh skor 89,39%, (sangat baik). Berdasarkan hasil ujicoba tersebut maka dinyatakan bahwa media permainan Utangra yang telah dikembangkan layak diterapkan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. implikasi penelitian ini akan mempermudah guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak.
Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Partisipasi Belajar Anak Putri, A. A. Ayu Vira Widya
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29412

Abstract

Rendahnya tingkat partisipasi anak dalam belajar disebabkan karena pembelajaran hanya terpusat pada guru dan kurangnya media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh project-based learning menggunakan audio visual terhadap partisipasi belajar anak. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen (pre-eksperimental) dengan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 anak. Sampel penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B1 TK.  Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 13,52, dengan taraf signifikansi 5%, t hitung 2,024, maka t hitung 13,52 > t tabel 2,024. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata sebelum diadakannya perlakuan (pretest) adalah 44,11 dan nilai rata-rata sesudah diadakannya perlakuan (posttest) adalah 97,54. Berdasarkan hasil uji coba maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project-based learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan partisipasi belajar anak. Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran yang dipadukan media audio visual ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar, membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saitifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statis Kelas IV Sekolah Dasar Agatha, Gede Radipa Surya; Renda, Ndara Tanggu; Jayanta, I Nyoman Laba
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.28455

Abstract

Banyak guru mengalami kesulitan dalam menyusu perangkat pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah sehingga mempengruhi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Subyek penelitian ini adalah guru-guru kelas IV SD. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis validitas isi dan analisis reliabilitas instrumen. Hasil penelitian ini yaitu validitas isi instrumen sebesar 1 yakni pada kategori validitas sangat tinggi, dan uji reliabilitas instrumen sebesar 0.80 pada kategori kuat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statik diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statik dapat diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Implementasi Video Jasuir pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Puspitaningrum, Arta; Purnamasari, Iin; Purnamasari, Veryliana
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29856

Abstract

Guru belum menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran tidak menarik dan cepat membuat siswa merasa bosan. Selain itu, masih banyak guru yang belum mampu memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi video jasuir pada tema lingkungan sahabat kita dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan dalam memahami materi pelajaran dilihat dari angket motivasi siswa mendapatkan nilai mean dari variabel Motivasi belajar sebesar 95,63, nilai rata-rata hasil nilai pretest sebesar 63,5 dan rata-rata hasil nilai postets sebesar 77,1, keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mencapai nilai rata-rata pada pembelajaran menggunakan video jasuir mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan video jasuir, minat belajar siswa kelas V mengalami peningkatan dalam memahami materi pelajaran dan keterampilan berpikir kritis siswa terutama dalam memahami materi tentang lingkungan hidup juga meningkat.
Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia pada Siswa Sekolah Dasar Afifah, Nur Laila; Murtono, Murtono; Santoso, Santoso
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29774

Abstract

Kurangnya minat belajar siswa khususnya pada pembelajaran tematik mengenai materi organ gerak hewan dan manusia dikarenakan buku ajar tematik tidak terfokusnya pada suatu materi dan penggunaan media yang kurang tepat, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk buku saku berbasis literasi sains untuk meningkatkan minat belajar tema organ gerak hewan dan manusia pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah buku saku berbasis literasi sains, sedangkan objek penelitian ini adalah minat belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,33 dengan persentase 83% dan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,40 dengan 85%, serta data angket minat belajar diperoleh 89% atau sebanyak 16 siswa pada kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa buku saku berbasis literasi sains yang layak dan efektif digunakan sebagai pendamping dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi penelitian pengembangan buku saku berbasis literasi sains ini adalah memotivasi siswa untuk aktif didalam proses pembelajaran sehingga berdampak baik pada hasil belajar siswa.
Pelaksanaan Program PAUD Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus di RA Anak Emas Hastari, Yashinta Nova; Sujana, I Wayan
Journal for Lesson and Learning Studies Vol 3, No 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29419

Abstract

Pendidikan inklusi sebaiknya diterapkan sejak di PAUD tetapi belum semua PAUD mampu menjadi penyelenggara pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial yang terjadi antara siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus, serta bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang terjadi pada PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berupa narasumber yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah mengamati secara mendalam aktivitas pembelajaran, interaksi sosial orang-orang atau peserta didik yang berada di TK inklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kurikulum 2013 digunakan untuk siswa reguler dan anak berkebutuhan khusus, perencanaan pembelajaran dilakukan tidak bersamaan, pelaksanaan pembelajaran menerapkan kegiatan pembuka, inti dan penutup, pendalaman materi agama dikaitkan dengan ajaran aqidah, akhlak dan fiqih, evaluasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus menggunakan metode observasi, catatan anekdot dan percakapan, sosialisasi peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus berjalan baik, sosialisasi peserta didik berkebutuhan khusus dan guru berjalan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Program PAUD inklusi berbasis pendidikan Islam (menerapkan perencanaan pembelajaran berupa program tahunan, rencana pembelajaran bulanan, rencana pembelajaran mingguan dan rencana pembelajaran harian.

Page 1 of 2 | Total Record : 12