cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
snip@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Jl. Kepodang No. 67 A Panjer Kebumen
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23389400     EISSN : 28082621     DOI : https://doi.org/10.20961
Core Subject : Education,
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, evaluasi pendidikan, dan pendidikan guru.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 26 Documents clear
PENERAPAN MODEL MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP TEMA 7 SUBTEMA 2 PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SOBAYAN TAHUN AJARAN 2019/2020 Karenina Shalshal Agsari; Rokhmaniyah Rokhmaniyah; Muhammad Chamdani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.496 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.44396

Abstract

Penerapan Model Multiple Intelligences  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Tema 7 Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV  SDN 3 Sobayan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SBdP tema indahnya keberagaman di negeriku dengan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020. Teknik dalam pengumpulan data terdiri nontes dan tes. Validitas data diuji menggunakan strategi triangulasi sumber data dan metode. Analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Multiple Intelligences dapat meningkatakan hasil belajar SBdP tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu 56% dan 72%, dan untuk siklus II dan III tidak dilaksanakan dikarenakan Covid-19. Jadi, penerapan model Multiple Intelligences dapat meningkatkan pembelajaran SBdP pada tema 7 subtema 2 siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020.
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TENTANG SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS V SDN 5 PANJER TAHUN AJARAN 2019/2020 Zauhjatun Solikhah; Rokhmaniyah Rokhmaniyah; Kartika Chrysti Suryandari
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.215 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.43780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning serta untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 5 Panjer tahun 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan proses sains pada siswa kelas VA SDN 5 Panjer tahun 2019/2020. Hasil  kreativitas siswa siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 80,1%. Hasil keterampilan proses sains siklus I sebesar 77,4% dan siklus II sebesar 83,7%. Hal ini menunjukkan bahwa, model project based learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan proses sains pada siswa kelas VA SDN 5 Panjer tahun 2019/2020. Hal ini sejalan dengan penelitian Surya, Relmasira & Hardini (2018) yang menyatakan bahwa model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga Tahun ajaran 2018/2019.
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SISTEM FULL DAY SCHOOL DAN SISTEM REGULER KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2019/2020 DI KECAMATAN KEBUMEN afrida conniestia ikhsani; Suhartono Suhartono; Ratna Hidayah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.612 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.45639

Abstract

The education system in Indonesia is divided into two types, namely the education full-day school system and the regular system. These two systems have differences in the length of study time, the emotional level of students, and the fatigue of students. The fatigue will greatly affect students in terms of learning which will also affect the level of student achievement during school. The study aimed to explain the differences between full-day school system and regular system on student learning achievement to fourth grade of elementary school. It used comparative quantitative research methods. Data collection techniques were observation and tests. Data analysis used test Independent Sample T-test. The result of the research indicated that there were differences between full-day school system and regular system on student learning achievement to fourth grade of elementary school in Kebumen sub-districts in academic year of 2019/2020. The Sig value on the independent sample t-test was 0.034. It meant that Sig value was 0.000
KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP KARYA ORIGAMI KELAS III SD GUGUS RUJAKBELING KECAMATAN KEBUMEN. Irma Kumala Sari; Rokhmaniyah Rokhmaniyah; Tri Saptuti Susiani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.804 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.43517

Abstract

The Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) model is one of innovative learning models. It needs to accomplish learning purposes. The study aimed to examine the effectiveness of SAVI model on third grade origami project learning outcomes. The research was a quasi-experimental research in the form of Nonequivalent Control Group Design. The population was all third grade students of elementary schools in Rujakbeling cluster, Kebumen sub-district in academic year of 2019/2020. The sampling technique used cluster random sampling. Data collection techniques included t-test, n-gain test and effect size test. The result showed the value between the experimental class and the control class.  The t-test was 0.000<0.05, N-Gain was 0.4550>0.2747, and effect size was 2.123>1.291. It concludes that the Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) model is more effective in improving third grade origami project learning outcomes of elementary schools in Rujakbeling cluster, Kebumen sub-district.
Penerapan Model TGT dengan Multimedia untuk Meningkatka Hasil Belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SDN 5 Bumirejo Tahun 2019/2020 Listiyani Listiyani; Muh. Chamdani; Ratna Hidayah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.268 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.45214

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model TGT dengan multimedia; (2) meningkatkan hasil belajar IPS, dan (3) menganalisis kendala dan solusi penerapan model TGT dengan multimedia. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 5 Bumirejo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) langkah-langkah model TGT dengan multimedia yaitu: a) presentasi kelas, b) belajar tim, c) games/turnament, dan d) rekognisi tim; (2) Penerapan model TGT dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan peningkatan rata-rata persentase ketuntasan yaitu 79,27 % pada siklus I, dan 85,37% pada siklus II. (3) kendala penelitian ini yaitu: a) siswa belum berani menanyakan materi; b) siswa kurang berkerja sama saat mengerjakan LKS; dan c) siswa memerlukan waktu lama saat berdiskusi. Adapun solusi yaitu guru merangsang siswa untuk bertanya, guru memberikan motivasi kepada siswa dalam diskusi, dan guru mengarahkan siswa agar bekerja sama dalam kelompok. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model TGT dengan multimedia yang diterapkan sesuai dengan skenario dapat meningkatkan hasil belajar IPS tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SDN 5 Bumirejo tahun 2019/2020. Bu
THE EFFECT OF PARENTAL ATTENTION ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES TO FIFTH GRADE STUDENTS OF PUBLIC ELEMENTARY SCHOOLS IN KEBUMEN SUB-DISTRICT IN ACADEMIC YEAR OF 2019/2020 Noviyanto Masruron; Ngatman Ngatman; Joharman Joharman
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.835 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.44435

Abstract

The study aimed to determine the effect of parental attention on student mathematics learning outcomes and to determine the contribution of parental attention on mathematics learning outcomes to fifth grade students of public elementary schools in Kebumen sub-districts in academic year of 2019/2020. It was quantitative correlational method. The prerequisite analysis test used normality and linearity. Data analysis used simple correlation test and significance level. The result showed that there was positive and significant correlation between parental attention and mathematics learning outcomes. The correlation level was moderate (0.248). Parental attention contributed 8.1% on mathematics learning outcomes. It concludes that there is positive and significant correlation between parental attention and mathematics learning outcomes to fifth grade students of public elementary schools in Kebumen sub-district in academic year of 2019/2020.
Analisis Faktor-Faktor Penyebab Siswa yang Tidak Mengerjakan Tugas Sekolah dan Solusi Guru pada Kelas IV Di SD Negeri 2 Sanden Tahun Ajaran 2019/2020 Mayang Kusumaning Rahady; Rokhmaniyah Rokhmaniyah; Muhamad Chamdani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.632 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.43884

Abstract

Abstract: Analysis of the Factors Causing Students Not Doing School Tasks and Teacher Solutions in Class IV at SD Negeri 2 Sanden Academic Year 2019/2020. The objectives of this study are: (1) to analyze the factors that cause students not to do individual schoolwork in grade IV SD Negeri 2 Sanden 2019/2020; (2) identifying the existence of teacher guidance efforts for students with learning difficulties who do not do school work; and (3) analyzing the types of student learning difficulties. This study used a qualitative research method with the research subjects being fourth grade students. The results showed that: (1) The factors that caused students not to do the school assignments that were given individually were strongly influenced by the standard factors of learning above the student's ability (100%), the relationship between teachers and students (95.8%), interest students (87.5%), teaching methods (84,37%), and health (81.25%). Several factors that do not and are less influencing, namely talents, friends, understanding parents, and how to educate children. (2) The teacher has been looking for solutions in providing guidance to student learning difficulties, namely: (a) the teacher uses varied, innovative and interactive teaching methods; (b) The teacher approaches students by building interpersonal communication; (c) The teacher adapts the material to the students' abilities. (3) The most common type of difficulty is memory disorder, in which students are less able to remember what they heard, saw or experienced. The conclusion of this study is the factors that cause students not to do assignments due to internal and external factors, where the teacher has tried to cope with good learning methods, but students experience learning difficulties called memory disorder. Abstrak: Analisis Faktor-faktor Penyebab Siswa yang Tidak Mengerjakan Tugas Sekolah dan Solusi Guru Pada Kelas IV di SD Negeri 2 Sanden Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis adanya faktor-faktor penyebab siswa yang tidak mengerjakan tugas sekolah individu pada kelas IV SD Negeri 2 Sanden 2019/2020; (2) mengidentifikasikan adanya upaya bimbingan guru terhadap siswa berkesulitan belajar yang tidak mengerjakan tugas sekolah; dan (3) menganalisis apa saja jenis kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa tidak mengerjakan tugas sekolah yang diberikan secara individu sangat dipengaruhi oleh faktor standar pelajaran di atas ukuran kemampuan siswa (100%), relasi guru dengan siswa (95,8%), minat siswa (87,5%), metode mengajar (84,37%), dan kesehatan (81,25%). Beberapa faktor yang tidak dan kurang memengaruhi, yaitu bakat, teman bergaul, pengertian orang tua, dan cara mendidik anak. (2) Guru sudah mencari solusi dalam memberikan bimbingan terhadap kesulitan belajar siswa, yaitu: (a) guru menggunakan metode mengajar yang variatif, inovatif, dan interaktif; (b) Guru melakukan pendekatan terhadap siswa dengan cara membangun komunikasi interpersonal; (c) Guru menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa. (3) Jenis kesulitan yang paling banyak ditemui adalah memory disorder, dimana siswa kurang mampu mengingat apa yang didengar dan dilihat ataupun dialami. Kesimpulan penelitian ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan siswa tidak mengerjakan tugas karena faktor internal dan eksternal, di mana guru sudah berupaya mengatasi dengan metode pembelajaran yang baik, tetapi siswa mengalami kesulitan belajar yang disebut memory disorder.
Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Panjer Tahun Pelajaran 2019/2020 Chalista, Amalia; Suhartono, Suhartono; Ngatman, Ngatman
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.43605

Abstract

Abstrak: Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 1 Panjer. Ditemukannya permasalahan kedisiplinan belajar di SD Negeri 1 Panjer menarik peneliti untuk menganalisis kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Panjer. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran kedisiplinan belajar beserta faktor-faktornya, mendeskripsikan upaya dan kendala penanaman kedisiplinan belajar serta pelaksanaan kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Panjer. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Panjer berjalan dengan kurang baik karena masih ditemukan pelanggaran kedisiplinan belajar. Faktor utamanya adalah faktor keluarga. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberi tahu siswa untuk menaati tata tertib sekolah. Kendala utamanya yaitu peraturan yang dibuat dilanggar siswa. Simpulan penelitian ini yaitu kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Panjer belum berjalan dengan baik karena ditemukannya pelanggaran kedisiplinan belajar yang disebabkan oleh beberapa faktor, pihak sekolah telah mengupayakan penanaman kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi walaupun masih ada kendala yang dialami.Kata kunci: disiplin, belajar, siswa kelas tinggi
ANALISIS IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKn (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 SUROTRUNAN TAHUN AJARAN 2019/2020) Wibowo, Nadya Vera; Rokhmaniyah, Rokhmaniyah; Suryandari, Kartika Christy
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.45477

Abstract

It is crucial to implement student character values from early age. The application of character education has been implemented at S D N 1 Surotrunan. To determine the of student character values, the researcher was interested in evaluating the implementation of strengthening character education at S D N 1 Surotrunan. The study aimed to describe the implementation of strengthening character education in Pancasila and Civic Education and to analyze the factors that affected strengthening character education in Pancasila and Civic Education at S D N 1 Surotrunan. The data were narration about research subjects obtained through data collection techniques included observation, interviews, and document study. The participants were students, class teachers, and principal. The data validity test techniques were source triangulation and technique triangulation. Data analysis techniques were data reduction, data presentation, and verification. (1) The student character values that can be observed in SD Negeri 1 Surotrunan are: (a) religious; (b) honest; (c) tolerance; (d) discipline; (e) care for the environment; (f) social care; (g) and responsibilities. Overall, the students' character values have been optimal, there are only a few values that have not been fulfilled optimally. Values that are not optimal in instilling character values are tolerance, environmental care, and social care; (2) factors affecting the strengthening character education in Pancasila and Civic Education were internal and external factors. Internal factors included: (a) feeling, (b) habit, (c) willingness, (d) mood, and (e) offspring. External factors included education and environment.
PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn TEMA 5 PADA SISWA KELAS III SDN 5 PANJER TAHUN 2019/2020 Herlina, Herlina; Chamdani, Muhamad; Susiani, Tri Saptuti
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.42832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model auditory intell e ctually repetition , (2) meningkatkan hasil belajar PPKn tema 5 melalui penerapan model auditory intell e ctually repetition , (3) mencari solusi dan solusi menggunakan model auditory intell e ctually pengulangan untuk meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Kelas III SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 5 Panjer.Teknik pengumpulan data terdiri dari tes dan nontes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data percakapan menggunakan strategi triangulasi sumber dan metode. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Penelitian Penyanyi bahwa menunjukkan: (1) Model penerapan pendengaran intell e ctually pengulangan, dilaksanakan DENGAN Langkah-Langkah: (a) penyampian materi ( pendengaran) ; (B) diskusi kelompok ; (c) penyampaian hasil diskusi kelompok ( auditori); (d) pengulangan materi (pengulangan) (2) penerapan Modelpendengaran intellctually pengulangan DAPAT meningkatkan hasil temuan Temuan Temuan belajar PPKn tema 5, dibuktikan DENGAN peningkatan hasil temuan Temuan Temuan belajar Siswa DENGAN penerapan Model pendengaran intell e ctually pengulangan Oleh guru PADA SIKLUS I-III, Yaitu: 52,08%, 85,42%, 95 , 83%, (3) Terdapat kendala Dan Solusi penerapan Model pendengaran iNTELL e ctually pengulangan , menantang yang di Alami Oleh Siswa Yaitu: (a) Siswa Belum menantang Pertanyaan ditunjukan ditunjukan kepada guru; (B) siswa belum mampu berdiskusi dengan baik; (c) siswa kurang percaya diri pada saat presentasi; (d) siswa tidak memperhatikan teman yang sedang presentasi. Solusi untuk mengatasi tantangan tersebut, yaitu: (a) guru memotivasi dan memberikan hadiah kepada siswa yang dapat mengajukan pertanyaan; (B) guru membimbing diskusi kelompok; (c) guru memberikan bimbingan dan motivasi agar siswa mempercayai presentasi; (d) guru memberikan persetujuan yang sedang sibuk akan diberi tanggung jawab atau hukuman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model auditory dengan intelektual pengulangan dapat meningkatkan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Kelas III SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2019/2020.

Page 1 of 3 | Total Record : 26