cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
snip@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Jl. Kepodang No. 67 A Panjer Kebumen
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23389400     EISSN : 28082621     DOI : https://doi.org/10.20961
Core Subject : Education,
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, evaluasi pendidikan, dan pendidikan guru.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 30 Documents clear
ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOGEDE TAHUN AJARAN 2020/2021 Naenul Muna; Muhamad Chamdani; Wahyudi Wahyudi
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.082 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.55178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Sidogede. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknis pembelajaran online tergolong rendah ditunjukkan dengan adanya sarana dan prasarana yang digunakan dalam melakukan pembelajaran online dan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Teknis pembelajaran online tergolong rendah yang meliputi pembuatan jadwal pembelajaran online mata pelajaran matematika, menyusun RPP online, dan menyiapkan bahan/media/sumber belajar daring. Evaluasi pembelajaran tergolong rendah dalam melaksanakan pembelajaran online mata pelajaran matematika kelas V SD seperti inisiatif belajar mandiri untuk mengetahui lebih jauh materi yang disampaikan oleh guru, sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, sikap disiplin terhadap tugas yang diberikan guru, dan keterampilan dalam memecahkan masalah matematika pada pembelajaran daring. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Sidogede tergolong rendah dalam indikator yang telah ditetapkan.
Penerapan Model Quantum Teaching dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn tentang Bersatu dalam Keberagaman pada Siswa Kelas III SD Negeri Jatimalang Tahun Ajaran 2021/2022 Rizky Eka Oktavia; Wahyudi Wahyudi; Tri Saptuti Susiani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.289 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.60542

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PPKn tentang bersatu dalam keberagaman pada siswa kelas III melalui penerapan model Quantum Teaching dengan multimedia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas III SDN Jatimalang. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran PPKn tentang bersatu dalam keberagaman dengan model Quantum Teaching dengan multimedia, persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 86,96%, pada siklus II  sebesar 89,13%, dan pada siklus III sebesar 95,65%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar PPKn tentang bersatu dalam keberagaman pada siswa kelas III SDN Jatimalang tahun ajaran 2021/2022.
PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN BULUSPESANTREN TAHUN AJARAN 2020/2021 Kuni Aminati; Rokhmaniyah Rokhmaniyah; Muhamad Chamdani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.175 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.55033

Abstract

Prestasi akademik adalah hasil akhir untuk mengukur pencapaian yang diperoleh siswa dari aktivitas belajar yang diwujudkan dalam bentuk angka setelah melewati proses penilaian yang telah ditentukan. Prestasi akademik dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Keterlibatan orang tua merupakan salah satu faktor eksternal dalam pemerolehan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh positif keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik siswa, (2) menganalisis seberapa besar sumbangan keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei serta menggunakan analisis korelasi, regresi linear sederhana, uji t, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) keterlibatan orang tua berpengaruh positif dan siginifikan terhadap prestasi akademik siswa dengan thitung (8,791)  > ttabel (1,968), (2) keterlibatan orang tua memberikan sumbangan sebesar 21,5% terhadap prestasi akademik siswa  Dengan demikian, keterlibatan orang tua memberikan pengaruh positif terhadap prestasi akademik siswa sebesar 21,5%.
Analisis Komunikasi Interpersonal Guru untuk Memotivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Sidototo pada Era Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2021/2022 Rahmat Ardianto; Rokhmaniyah Rokhmaniyah; Ngatman Ngatman
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.014 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.59760

Abstract

AbstractThe motivation in learning of each student is different. It is influenced by the teacher’s interpersonal communication. The study aimed to analyze: (1) the interpersonal communication between teachers and students in motivating the learning at fifth grade of SDN Sidototo, (2) the teacher’s obstacles in motivating the learning to fifth grade students through interpersonal communication at SDN Sidototo, and (3) the teacher’s efforts to overcome the obstacles in motivating the learning to fifth grade students through interpersonal communication at SDN Sidototo. It was qualitative approach with case study method. The subject were teachers and students of fifth consisted of open-minded, empathy, encouragment, positive attitude, and equality. The student’s learning motivation implied the desire to succeed, the encouragement in learning, the hopes and dreams in the future, the appreciation in learning, the interesting activities in learning, the conducive environment in learning, and the energy to carry out learning activities. The teacher’s obstacles in motivating the learning were the students were shy to express difficulties to the teacher, the teacher’s voice was unclear for students sitting in the back row, the blackboard was bright because of the sunshine so that the students were not comfortable, the students did not pay attention when the teacher gave motivation in learning, the teacher spoke fast in providing motivation in learning to the students, all students could not use the facilities and infrastructures at the school at the same time, and the students had limited tools, limited quota, and internet network to support online learning. The teacher made appropriate efforts to overcome the obstacles.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA TENTANG MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2020/2021 Rumiati Rumiati; Wahyudi Wahyudi; Ngatman Ngatman
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.36 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.54344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis kesulitan belajar IPA, (2) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar IPA, (3) mendeskripsikan alternatif solusi pada kesulitan belajar IPA materi sumber energi alternatif pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Bumirejo tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan menginterpretasi (interpreting) sebesar 45,0%, mencontohkan (exemplifying) sebesar 19,45%, mengklasifikasikan (classifying) sebesar 34,1%, inferensi (inferring) sebesar 24,8%, dan menjelaskan (explaining) sebesar 39,5%, (2) Faktor penyebabnya yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dan (3) alternatif solusi bagi siswa yaitu berlatih untuk belajar dan menjelaskan materi dengan bahasanya sendiri, membiasakan diri untuk belajar secara teratur, membiasakan diri untuk meringkas materi dan bagi guru yaitu mengadakan bimbingan bagi siswa yang kesulitan, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dan menggunakan media pembelajaran peta konsep dalam pembelajaran.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika materi Pengukuran Sudut Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN Bandung Tahun Ajaran 2020/2021 Pulung Ardiyanto; Wahyudi Wahyudi; Suhartono Suhartono
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.572 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.59008

Abstract

AbstractLearning outcomes are crucial as the indication if learning process is succeed or failure.  The study aimed to improve the mathematics learning outcomes about Angle Measurement through the Problem Based Learning (PBL). It was collaborative classroom action research (CAR) conducted in three cycles. The subjects were teachers and 18 fourth grade students of SDN Bandung. Data collection techniques used non-test techniques including observation, interviews, documents, and test. The data validity used triangulation of techniques and triangulation of sources. Data analysis techniques included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results indicated that the students’ mathematics learning outcomes increased after applying Problem Based Learning (PBL). It concludes that the application of Problem Based Learning (PBL) improves the mathematics learning outcomes about angle measurement.
ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI Bimby Haly Irrawan; Wahyudi Wahyudi; Ngatman Ngatman
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.017 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.55272

Abstract

AbstractThis study aims to describe the use of information and communication technology in learning mathematics in class V SD Negeri 2 Kebumen. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The results of this study are as follows. First, the use of information and communication technology in mathematics learning has been carried out well, the process of using information and communication technology focuses on the use of whatsapp groups as a medium for delivering material in online learning. Second, there are several advantages of using information and communication technology in learning mathematics in the era of the covid-19 pandemic. Third, in learning mathematics using information and communication technology during the COVID-19 pandemic, there are several obstacles that need to be considered by teachers, principals, students, and guardians of fifth grade students at SD Negeri 2 Kebumen during the learning process. The conclusion obtained from the results of this study is that the use of information and communication technology in learning mathematics in class V SD Negeri 2 Kebumen has been implemented properly using online media such as whatsapp groups which have advantages and have obstacles and efforts have been made to handle it by all parties. Keywords: use of information and communication technology, online learning  AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. Pertama, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika sudah terlaksana dengan baik, proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berfokus pada penggunaan whatsapp grup sebagai media penyampaian materi pada pembelajaran daring. Kedua, terdapat beberapa faktor kelebihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di era pandemi covid-19. Ketiga, pada pembelajaran matematika menggunakan teknologi informasi dan komunikasi selama masa pandemi covid-19 terdapat beberapa kendala yang perlu di perhatikan oleh guru, kepala sekolah, siswa, dan wali siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen selama proses pembelajaran.  Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 2 Kebumen sudah terlakasana dengan baik menggunakan media online seperti whatsapp grup yang memiliki kelebihan serta memiliki kendala dan telah dilakukan upaya penanganan oleh semua pihak. Kata Kunci: penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran daring
APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ CREATIVITY IN THEME 7 “THE BEAUTY OF DIVERSITY IN MY COUNTRY” TO FOURTH GRADE STUDENTS OF SDN 1 KUTOSARI IN ACADEMIC YEAR OF 2021/2022 Rida Nuriyah Phasa; Ngatman Ngatman; Rokhmaniyah Rokhmaniyah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.114 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.60908

Abstract

The study aimed to improve students’ creativity in social science learning about Theme 7 “The Beauty of Diversity in My Country through Project Based Learning. The classroom action research was carried out in two cycles. The subjects were teachers and fourth grade students of SDN 1 Kutosari. The data were qualitative and quantitative data. Data collection techniques used observation, interviews, documentation and tests. The data validity used triangulation of sources and triangulation of techniques. Data analysis was carried out through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results indicated that the application of Project-Based Learning improved students’ creativity about “The Beauty of Diversity in My Country. The percentages of students’ creativity were 74.99% in the first cycle and 85.98% in the second cycle. It concludes that the application of Project Based Learning improves students’ creativity in social science learning about Theme 7 “The Beauty of Diversity in My Country to fourth grade students at SDN 1 Kutosari in academic year of 2021/2022.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SEKECAMATAN KUTOARJO TAHUN AJARAN 2020/2021 Lia Mei Saputri; Suhartono Suhartono; Wahyudi Wahyudi
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.096 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.55074

Abstract

AbstrakHasil belajar merupakan proses untuk melihat sejauh mana siswa menguasai pembelajaran setelah mengikuti proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor eksternal yang dimaksud adalah pola asuh orang tua. Peneltian ini bertujuan untuk (1) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis terhadap hasil belajar maematika, (2) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh otoriter terhadap hasil belajar maematika, (3) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh permisif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi dan pengujian hipotesis menggunakan analisis varian satu jalur. Populasi penelitian ini berjumlah 794 siswa dengan jumlah sampel 270 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kutoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pola asuh demokratis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 83,1% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, (2) Pola asuh otoriter berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 23% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, (3)  Pola asuh permisif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 65,6% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.
Analisis Implementasi Nilai Karakter Melalui Layanan Home Visit pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan Siswa Kelas V SDN Sidototo Tahun Ajaran 2021/2022 Siti Kamsiyatun; Ngatman Ngatman; Rokhmaniyah Rokhmaniyah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.637 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v10i1.59759

Abstract

Abstract The study aimed to describe: the implementation of character values through home visit services, the obstacles, and the effort to deal with obstacles in implementing character values through home visit services in the theme of Fresh Air for Health to fifth grade students of SD Negeri Sidototo. It was qualitative method. The subjects were teachers and students of fifth grade. The results indicated that character values consisted of tolerance, disipline, honest, responsibility, environmental concern, curiosity, hard work, communication, cooperation, and perseverance. The home visit service applied the following aspects such as volunteerism, open-minded, activity, independence, dynamics, cohesiveness, normativity, and contemporary. The obstacles in implementing character values through home visit were the student’houses were far from the place for home visit activities, the students did not go to the home visit to study for various reasons, the students were jealous since their houses were not used as a place for home visit, the students had limited transportation, the learning facilities at the home visit were limited, and the students were pivky in making friends. The teachers made appropriate efforts to overcome the obstacles in implementing character values through home visit services.

Page 1 of 3 | Total Record : 30