cover
Contact Name
Henri Gunawan Pratama
Contact Email
henrigunawan92@gmail.com
Phone
+6285536888554
Journal Mail Official
penjaga@stkippgritrenggalek.ac.id
Editorial Address
Jl. Supriyadi 22 Trenggalek Jawa Timur – Indonesia Kode Pos 66319
Location
Kab. trenggalek,
Jawa timur
INDONESIA
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Published by STKIP PGRI TRENGGALEK
ISSN : -     EISSN : 27743721     DOI : -
PENJAGA : Pendidikan Jasmani & Olahraga particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows: 1. Physical Education 2. Sports 3. Development 4. Sports Biomechanics 5. Traditional Sports
Articles 29 Documents
Pengembangan Model Permainan Sepakbola Gagali Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola Rudi Septa Pratama; Muhammad Soleh Fudin
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2020): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dan analisis kebutuhan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan khususnya pembelajaran sepak bola. Permasalahannya diantaranya terdapat gawang tetapi rusak dan tidak bisa digunakan dan juga belum adanya modifikasi pembelajaran dalam bentuk model permainan serta SDN 1 Karangsoko dalam pembelajaran sepak bola membutuhkan model permainan yang baru atau yang belum pernah ada di sekolah tersebut. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model permainan sepak bola gagali sebagai alternatif model pembelajaran sepak bola. Spesifikasi produk yang dikembangkan dalam permainan sepak bola gagali yaitu : (1) lapangan, alat dan fasilitas yang digunakan dalam permainan (2) peraturan permainan (3) cara bermain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan, evaluasi. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Karangsoko yang berjumlah 29 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner semi terbuka dan tertutup. Produk awal divalidasi oleh satu orang ahli pendidikan jasmani dan dua orang ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data dari uji lapangan mendapatkan persentase 87% yang menunjukan kriteria baik dan bisa digunakan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan sepak bola gagali dapat digunakan dan diterapkan sebagai alternatif dalam pembelajaran sepak bola.
Pelatihan Hanging Leg Raise Terhadap Kekuatan Otot Perut Putu Dapid Piyana; Maryoto Subekti; I Gusti Putu Ngurah Adi Santika
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2020): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan atas observasi yang dilakukan di SMP Ganesha Denpasar yang bertepatan pada saat itu didampingi oleh guru olahraga menyaksikan secara langsung kemampuan otot perut siswa putra yang masih berada pada level kurang. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti merumuskan judul penelitian “Pelatihan Hanging Leg Raise Terhadap Kekuatan Otot Perut”. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari dilaksanakan penelitian pelatihan hanging leg raise ini terhadap kekuatan otot perut siswa putra kelas VIII SMP Ganesha Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP Ganesha Denpasar tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 70 orang. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkanbahwa pelatihan hanging leg raise memberikan pengaruh terhadap peningkatan kekuatan otot perut dengan peningkatan 20,61%.
Pengembangan Permainan Hadang Motorik untuk Materi Keterampilan Gerak Dasar di MI Yapendawa Bendorejo Ahmad Syamsul Anam; Vega Mareta Scesiarriya
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2020): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keadaan sarana dan prasarana yang ada disekolah yang kurang standart dan siswa kurang tertarik dengan pembelajaran keterampilan gerak dasar, sehingga membuat siswa tidak semangat dan bosan dengan materi keterampilan gerak dasar. Maka dibutuhkan pengembangan permainan untuk menambah rasa senang dan ketertarikan siswa-siswi akan adanya pengembangan permainan hadang motorik yang bisa digunakan ditempat yang tidak terlalu luas, aman, nyaman dan tingkat bahaya yang rendah. Penelitian ini bertujuan membantu materi keterampilan gerak dasar dengan pengembangan permainan hadang motorik. Penelitian ini menggunakan model ADDI. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa permainan hadang motorik digunakan untuk panduan dalam proses pembelajaran materi Keterampilan gerak dasar. Dibuktikan dengan hasil validasi yang dilakukan kepada ahli pembelajaran dengan hasil 77% dan ahli permainan dengan hasil 88% yang sudah disetujui. Dan juga hasil dua kali uji coba yang dilakukan dengan hasil penilaian dengan persentase 85,7% untuk uji coba kelompok kecil dan 87,5% untuk uji coba kelompok besar. Kedua uji coba mendapat nilai kategori baik dan bisa digunakan. Dengan hasil tersebut, disimpulkan bahwa permainan hadang motorik dapat digunakan dan sebagai pedoman guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran padamateri keterampilan gerak dasar di MI Yapendawa Bendorejo.
Pengaruh Latihan Drilling Umpan Lempar Terhadap Pukulan Lob Forehand Peserta Didik Pada Pembelajaran Bulutangkis Kelas IV MI Jayan Karangan Ahmad Muhtadis; Khamim Hariyadi; Bayu Nugraha Murdiyansah
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2020): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latihan drilling umpan lempar adalah latihan teknik pukulan lob forehand yang dilakukan dengan cara memberikan umpan lemparan shuttlecock ke atas depan kepala peserta didik secara berulang-ulang. Pukulan lob forehand merupakan pukulan yang dilakukan dengan melambungkan shuttlecock setinggi mungkin ke daerah belakang lapangan lawan sebagai usaha bertahan maupun menyerang dengan menggunakan pegangan forehand dan dalam posisi pukulan yang dominan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh dari metode latihan drilling umpan lempar tehadap hasil pukulan lob forehand peserta didik pada pembelajaran bulutangkis. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model pre-experimental design dengan desain one grub pretest-posttest design dan memberikan treatment untuk mengetahui hasil peningkatan yang dihasilkan peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 12 siswa. Data diperoleh melalui kegiatan pretest dan posttest yang dilakukan kepada peserta didik kelas IV MI Jayan Karangan. Hasil analisis data diketahui bahwa uji normalitas pretest 0,522 > 0,05 dan posttest 0,182 < 0,05), uji homogenitas nilai p (sig.) 0,678 > 0,05 dan hasil uji t menunjukkan bahwa t 5,758 > t = 2,228, dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa Ha(12) diterima atau proses treatment memberikan pengaruh yang signifikan sebesar 56,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian treatment latihan drilling umpan lempar berpengaruh tehadap hasil pukulan lob forehand peserta didik padapembelajaran bulutangkis kelas IV MI Jayan Karangan. Dan memberikan pengaruh sebesar 56,15% dibandingkan sebelum dilakukan treatment. Mengingat pentingnya pendidikan jasmani sebagai sarana untuk untuk meningkatkan keterampilan dan semangat belajar, maka pihak terkait diharapkan lebih memberikan fasilitas agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran penjasorkes.
Pengembangan Media Peluru Karkas (Karet Bekas) Dalam Pembelajaran Tolak Peluru di SDN 1 Kelutan Hendra Ariyanto; Khamim Hariyadi
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1 (2020): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti, guna memperoleh gambaran sejauh mana penggunaan sarana dan prasarana yang ada disekolah, utamanya dalam praktek tolak peluru. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media peluru agar mempermudah proses pembelajaran di lapangan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. (1) melakukan analisis produk yang akan di kembangkan dari hasil analisis kebutuhan. (2) perencanan pembuatan produk sesuai dengan permasalahan yang ada di lapangan. (3) mengembangkan produk sesuai apa yang sudah direncanakan dalam tahap desain. (4) menerapakan pengembangan media peluru kedalam uji coba kelompok kecil (10 siswa) dan uji coba kelompok besar (31 siswa) dengan mengunakan kuesioner tertutup. (5) membuat kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pengembangan media peluru karkas (karet bekas). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (ahli media pembelajaran dan ahli pembelajaran pendidikan jasmani), uji coba awal (10 siswa), dan uji coba utama (31 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap kelayakan pengembangan media peluru karrkas dalam pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V di SDN 1 Kelutan. Hasil dari validasi ahli media I 68% (Kuat), validasi ahli media II 89% (sangat kuat), validasi ahli media III 95% (sangat kuat), dan Validasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani 95% (sangat Kuat). Dilakukan uji coba awal jumlah 10 siswa memperoleh prosentase 80% (kuat), uji coba utama dengan 31 siswa memperoleh presentase 81% (sangat kuat). Sehingga pengembangan media peluru karkas layak digunakan dalam pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V di SDN 1 Kelutan.
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Pendukung Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sepak Sila Cabang Olahraga Takraw Bitdah Sulistyo; Vega Mareta Sceisarriya
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 2 (2021): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55933/pjga.v1i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila dalam pembelajaran sepak takraw serta untuk mengetahui hasil analisis faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila dalam pembelajaran sepak takraw.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Hasil analisis data, paparan data, dan tamuan data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor-faktor pendukung pmbelajaran terhadap hasil belajar sepak sila mencakup permasalahan, persamaan, perbedaan, pandangan peneliti, dan hasil penelitian dalam beberapa artikel yang berjudul (1) pengaruh modifikasi bola takraw terhadap hasil belajar sepak sila, (2) hubungan koordinasi mata kaki terhadap keterampilan sepak sila permainan sepak takraw, (3) hubungan keseimbangan dan kelincahan terhadap keterampilan sepak sila, (4)  pembelajaran kontrol berpasangan terhadap hasil sepak sila, (5) hubungan keseimbangan terhadap kterampilan sepak sila. Berdasarkan penelitian analisis pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak takraw dapat disimpulkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar sepak takraw berdasarkan paparan data beberapa artikel yang sudah direview.
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bermain Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Besuki Edy Atmoko; Widhas Yudha Pradana
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 2 (2021): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55933/pjga.v1i2.100

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kebugaran jasmani yang dimiliki oleh peserta didik kelas atas Sekolah Dasar Negeri 2 Besuki Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2019/2020. Mengingat masih ada beberapa anak yang belum mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) maka perlu adanya metode pembelajaran bermain untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yang berbentuk model pre test-post test design. Sampel yang digunakan adalah populasi sample yaitu siswa Kelas atas SD Negeri 2 Besuki yang berjumlah 47 siswa yang terdiri dari kelas IV, V, dan VI. Sebelum dan sesudah diberi perlakuan dilakukan tes awal dan tes akhir dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Dari hasil penelitian diperoleh nilai t hitung = 13,39> t tabel = 2,01 artinya ada pengaruh Pembelajaran bermain terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada siswa . Kesimpulan bahwa Pembelajaran bermain berpengaruh terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas Sekolah Dasar Negeri 2 Besuki Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Tahun ajaran 2019/2020, dan dapat dikatakan bahwa menggunakan metode pendekatan pembelajaran bermain berhasil dengan kriteria sangat baik.
Minat Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang Terhadap Perkuliahan Secara Daring Pada Masa New Normal Arnaz Anggoro Saputro
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 2 (2021): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55933/pjga.v1i2.136

Abstract

Perkuliahan mengalami perubahan selama periode  selama pandemi Covid 19 dan pada masa New Normal, sehingga menjadi penting untuk  mengetahui minat mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan pada masa New Normal Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat mahasiswa terhadap perkuliahan daring pada Masa New Normal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket yang diberikan kepada mahasiswa, dari beberapa pernyataan yang akan diisi oleh mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 jurusan S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang yang terdiri dari 264 mahasiswa. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak 15% dari setiap angkatan dan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel berjumlah 40 orang mahasiswa. Untuk mengukur variabel minat mahasiswa maka digunakan instrumen penelitian berupa angket, sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini mengkungkapkan bahwa minat mahasiswa terhadap perkuliahan secara daring pada masa New Normal di STKIP PGRI Jombang termasuk ke dalam klasifikasi baik dengan persentase minat perkuliahan 76%. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat mahasiswa dalam penelitian ini berada dalam kategori baik.
Survei Kondisi Kebugaran Wasit Sepakbola Di Kabupaten Magetan Tahun 2021 Tri Zaim Uchrowi Reshadi; Waluyo Waluyo; Pomo Warih Adi
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 2 (2021): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55933/pjga.v1i2.137

Abstract

Kondisi kebugaran wasit sepakbola di Kabupaten Magetan yang belum pernah diketahui dan dalam satu tahun terakhir ini tidak adanya kompetisi sepakbola di tingkat nasional maupun regional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Peneilitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana apa adanya tentang sesuatu variabel, gejala atau keadaan tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel lain yang diteliti. Subyek dalam penelitian ini adalah wasit sepakbola di Kabupaten Magetan yang berjumlah orang 22 wasit. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang masih aktif memimpin pertandingan berjumlah 16 wasit. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen FIFA fitnest test yang sering dilakukan dalam kursus wasit sepakbola. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat kecepatan lari yang dimiliki wasit sepakbola Kabupaten Magetan 5,64 tergolong kriteria baik dan rata- rata tingkat daya tahan yang dimiliki wasit sepakbola Kabupaten Magetan 4 putaran dan start/finis jumlah 15 tergolongkan kriteria kurang sekali.
Pengaruh Model Pelatihan Hexagon Drill Terhadap Kelincahan Pada Pemain Jombang Basketball Club (JBC) Yudi Dwi Saputra; Nurdian Ahmad
PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 2 (2021): PENJAGA : Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55933/pjga.v1i2.143

Abstract

Permainan bolabasket menjadi sarat berbagai kemampuan dan keterampilan gerak yang komplek. Dimana seorang pemain harus melakukan gerakan-gerakan seperti lari cepat, berhenti secara cepat lalu segera bergerak lagi, gerak meloncat, menjangkau, dan memutar badan dengan cepat. Seorang pemain bolabasket untuk mendapatkan suatu kondisi fisik yang prima tentunya harus berlatih dengan benar. Apalagi pada zaman sekarang ini karakteristik permainan bolabasket telah mengalami perubahan, dari permainan gaya ortodok (lama) beralih pada permainan bolabasket modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hexagon drill dalam meningkatkan kelincahan pada pemain bolabasket di klub JBC. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan subjek penelitian yaitu pemain JBC yang aktif mengikuti latihan berjumlah  48 pemain. Semua pemain   diberi model latihan hexagon drill. Hasil Paired Sample T-test menunjukkan hexagon drill nilai signifikansi 0,00, kurang dari nilai alpha (0,05) sehingga H0 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian dinyatakan sig>alpha, dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara pre-test dan post-test. Model pelatihan hexagon drill dapat meningkatkan kelincahan pada permainan bolabasket di klub bolabasket JBC Jombang.

Page 1 of 3 | Total Record : 29