cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
nurjanah3434@yahoo.com
Phone
+6281281217150
Journal Mail Official
jurnalpkmunindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
ISSN : 2614574X     EISSN : 26154749     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, and social sciences.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat" : 15 Documents clear
Peningkatan Proses Pembelajaran Menggunakan Google Classroom SD Negeri Mangunan 2 Kabuh, Jombang Arvin Claudy Frobenius
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.8525

Abstract

Penggunaan teknologi merupakan hal yang penting untuk menunjang proses belajar – mengajar. Dengan adaanya wabah COVID-19 pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang belajar- mengajar melalui pembelajaran interaktif atau daring. Seluruh sekolah diharuskan mengadopsi proses pembelajaran dengan metode blended learning. Namun, hal tersebut belum ditunjang kesiapan guru SD Negeri Mangunan 2 Kabuh yang hanya dapat mengandalkan penggunaan platform chat whatsapp. Hal tersebut mengakibatkan dampak penurunan pada kinerja smartphone dan efektifitas pengajaran. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan learning management system dengan platform google classroom dengan metode problem-based learning dan pendampingan service learning. Terdapat lima tahap yaitu: persiapan, pre-test, pembekalan materi, penugasan, monitoring, post-test dan evaluasi. Dari hasil pelatihan peningkatan proses pembelajaran menggunakan google classroom pada guru SD Negeri Mangunan 2 Kabuh menunjukan bahwa pre-test guru mendapatkan nilai   91% tidak mengetahui dan tidak dapat mengoperasikan google classroom. Pada post-test menghasilkan 100% guru telah mengetahui dan dapat mengoperasikan google classroom
Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Kolaboratif di MA Nurul Islam Silo Jember Bea Hana Siswati; Suratno Suratno; Slamet Hariyadi
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.13885

Abstract

Menjadi seorang guru memiliki kewajiban memiliki 4 kompetensi guru, diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi, kompetensi professional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.Salah satu kompetensi yang berperan dalam pengelolaan kelas adalam kompetensi pedagogik. Sebagai seorang guru hendaknya selalu update ilmu pengetahuan dan bagaimana pengelolaan kelas masa kini. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan serta update ilmu terkait jenis-jenis pembelajaran yang up to date, yang dapat diterapkan selama proses pembelajaran. Adapun metode dalam kegiatan ini adalah Diskusi presentasi dan simulasi pembelajaran kolaboratif melalui video pembelajaran. Evaluasi keberhasilan dari program pengabdian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner setelah dilakukannya kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya respon positif yang diberikan guru-guru terhadap kegiatan penelitian dan kemampuan guru yang bertambah dengan adanya pelatihan pembelajaran kolaboratif.
Smart Parenting melalui Pemanfaatan Teknologi Pendidikan bagi Anggota PKK Rw 06 Pancoran Repita Wulansari; Tiara Nurul Maulinda; Ahmad Afandi; Nopira Aulia Rahmah; Kristian Kristian; Erna Megawati
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.14453

Abstract

Kegitan literasi digital ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan tentang ibu cerdas bersama teknologi di daerah Pancoran, Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman menegenai pentingnya pendampingan orang tua pada bagi anak dalam mengakses teknologi, memberikan wawasan mengenai dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi, khususnya informasi yang beredar di dunia maya, memberikan pengetahuan mengenai sikap antisipatif terhadap beragam dampak negatif yang ditimbulkan oleh media internet dan media sosial lainnya, memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya komunikasi keluarga sebagai bekal pengasuhan dan pendampingan orang tua pada anak. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah tahap persiapan, observasi, kordinasi dengan mitra, sosialisasi tentang pentingnya penguasaan teknologi dan pengenalan aplikasi pembelajaran daring, pelatihan, pengkaderan, monitoring dan evaluasi, penyusunan laporan. Penyuluhan penting dilakukan khususnya kepada kelompok sasaran yaitu para orang tua. Karena orang tua memegang peran penting dalam interaksi dalam keluarga. Pola pengasuhan dan pendampingan orang tua, diharapkan mampu mengurangi dampak negatif penggunaan internet yang kurang sehat. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman orang tua mengenai teknologi pembelajaran.
Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan untuk Kepuasan Pelanggan Gama UI Cabang Pondok Labu Adik Ahmad Unggul Nugeroho; Surya Perdana; Zeny Fatimah Hunusalela
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.14934

Abstract

Kesetiaan konsumen adalah dampak nyata dari konsumen yang merasa terpuaskan dari yang diperoleh perusahaan. Hal ini pengusaha yang bergerak di bidang jasa diminta untuk memenuhi kualitas pelayanan dengan baik, perusahaan untuk membangun citra yang positif untuk konsumennya, dalam hal ini nama baik perusahaan menjadi salah satu landasan untuk pelanggan dalam menentuan tahap berikutnya dan Pelayanan yang diberikan dapat memenuhi atau bahkan melebihi dari harapan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Definisi kepuasan pelanggan ialah kondisi dimana keinginan, kebutuhan, dan harapan pelanggan dapat tercapai melalui produk ataupun jasa yang didapatkan oleh pelanggan. Permasalahan yang dihadapi Karyawan dan pengajar yaitu Belum adanya pemahaman dari karyawan Bimbingan Belajar GAMA UI Pondok Labu mengenai Peningkatan Kualitas Layanan Untuk Kepuasan Pelanggan. Perlu adanya pelatihan untuk menambah wawasan dan kemampuan karyawan dalam melaksanakan pelayanan pada konsumen dengan mempertimbangkan faktor dimensi kualitas. Sehingga tujuan dilakukan kegiatan PkM ini untuk memberikan suatu pemahaman kepada karyawan dan Bimbingan Belajar GAMA UI Pondok Labu mengenai Peningkatan Kualitas pelayanan.
Perencanaan Karier melalui Pendekatan Layanan Penguasaan Konten Djoni Aminudin; Lutfi Lutfi
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.16045

Abstract

Tujuan Pengabdian masyarakat ini untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa atau peserta didik di SMA FATAHILLAH jakarta selatan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan pendekatan penguasaan konten yakni para siswa diberikan informasi atau materi-materi terkait perencanaan karier dan juga mengaplikasikan perencanaan karier mereka masing-masing dengan bimbingan dari pemateri. Hasil pengabdian masyarakat tersebut para siswa yang mengikuti kegiatan ini yakni kelas X IPA dan kelas X IPS sebagian besar menjadi tahu dan memahami terkait informasi atau materi perencanaan karier, selain itu mereka juga mampu membuat perencanaan kariernya untuk masa depannya.
Kampanye tentang Bullying dan Hate Speech di SMK Kartini Batam Erlina Erlina; Julyanto Julyanto; Leo Francisco; Olive Beckam; Wenseslaus Harley Hardiwinata; Winsherly Tan
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.9682

Abstract

Penindasan adalah tindakan agresif yang berhubungan dengan kekerasan fisik maupun psikis yang umum terjadi di lingkungan sekolah. Tindakan ini dilakukan secara berulang kali oleh seseorang ataupun sekelompok orang untuk mengintimidasi sasaran/korban yang terlihat lebih lemah dari pelaku. Dampak yang dapat ditimbulkan dari perilaku tersebut yaitu gangguan mental maupun sosial dan kecacatan fisik Sedangkan, ujaran kebencian merupakan perilaku negatif yang dapat dilakukan secara tertulis maupun tidak dan juga langsung atau tidak. Perilaku ini tidak mencerminkan karakter bangsa Indonesia yang dapat menyebabkan terjadinya tindakan kekerasan dan intoleransi. Oleh karena itu, diadakan kegiatan ini dengan sasaran siswa/siswi SMK Kartini Batam, yang bertujuan (1) Untuk memberikan informasi tentang bahaya penindasan dan ujaran kebencian di lingkungan sekolah dan (2) Untuk meningkatkan kesadaran diri siswa/siswi sebelum melakukan perbuatan buruk seperti penindasan dan ujaran kebencian. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan melalui kampanye dengan menayangkan video dan poster secara daring. Setelah kegiatan tersebut, dilaksanakan evaluasi yang didapat dari kuesioner berupa umpan balik dari siswa/siswi untuk mengetahui respon terhadap video dan poster. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan baik dan dapat menambah wawasan baru. Materi yang diberikan juga dapat secara mudah dipahami dan jelas.
Sosialisasi Pentingnya Komitmen Organisasi kepada para Pengajar PB Tirta Club Badminton Fibria Anggraini Puji Lestari; Iis Dewi Lestari
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.13926

Abstract

PB Tirta Badminton merupakan sebuah organisasi dibidang olahraga dengan jumlah siswa yang semakin bertambah tentunya memerlukan pengajar yang selalu berkomitmen.Hal ini perlu dibina dan dipupuk agar tetap menjalankan komitmennya, secara kualitas maupun integritas untuk memajukan dan mengembangkan organisasi agar bermanfaat untuk masyarakat.Berdasar hal tersebut,kami tergerak melakukan sosialisasi kepada pengajar PB Tirta Badminton tentang pentingnya komitmen didalam organisasi yang berisikan unsur kesetiaan, kesediaan dan kerja keras serta keinginan untuk terus berada didalam organisasi guna mewujudkan misi visi bersama.Metode pelaksanaan  yaitu dengan mengadakan observasi ke pengurus, pengajar dan siswa dan juga kegiatan yang diadakan oleh PB Tirta Badminton.Adapun hasilnya masih terdapat beberapa pengajar yang belum sepenuhnya memiliki komitmen. Hal ini terlihat dari tidak dipatuhinya beberapa kebijakan yang dilanggar oleh sebagian pengajar.Setelah diadakan sosialisasi kepada semua pengajar diharapkan seluruh pengajar paham untuk mematuhi dan menjalankan komitmen tersebut dengan integritas yang tinggi.
Pelatihan Dasar Penggunaan Microsoft Powerpoint di MTS Asyafi’iyah 04 Jakarta Olipa Sarta Matilda Purba; Arie Gunawan; Endah Tri Esthi Handayani
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.15558

Abstract

Tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi suatu negara tidak diragukan lagi tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan sistem pendidikannya dari waktu ke waktu. Tahapan perubahan diantisipasi untuk mendorong negara maju lebih cepat. Pendidikan nonformal dapat membantu siswa mencapai tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sama dengan pendidikan formal. Salah satu prakarsa Tri Darma Perguruan Tinggi di Universitas Nasional Jakarta adalah pengabdian masyarakat yang pelaksanaannya diawasi oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat di sana. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini juga bertujuan untuk mengedukasi siswa MTS Asyafi'iyah 04 Cilangkap Jakarta Timur tentang bagaimana menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi yang menarik. Setelah dilakukan pelatihan PowerPoint, para peserta mengalami peningkatan pemahaman, seperti yang sebelumnya belum memahami tools PowerPoint, memasukkan teks, gambar, suara dan video serta mengatur effect dan background kini sudah meningkat di atas 60%.
Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur, Bangka Fransiskus Panca Juniawan; Melati Suci Mayasari; Harrizki Arie Pradana; Lukas Tommy; Dwi Yuny Sylfania
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.8649

Abstract

Digital Marketing menjadi salah satu solusi bagi para pelaku usaha khususnya di Desa Kace Timur, Bangka yang memerlukan inovasi dalam mengatasi lesunya perekonomian. Namun tantangan yang ada bahwa mereka belum menguasai penggunaan dan penerapan Digital Marketing dalam usaha mereka. Untuk itu diadakanlah kegiatan pelatihan oleh Perangkat Desa Kace Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan skill dan kompetensi pelaku usaha Desa Kace Timur dalam menerapkan Digital Marketing untuk produk mereka. Selain itu untuk menambah pilihan media penjualan produk mereka. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian diawali dari tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pendampingan. Materi yang diberikan adalah Digital Marketing dengan memanfaatkan sosial media Instagram, Whatsapp, dan TikTok sebagai media pemasarannya. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dari awal hingga akhir kegiatan yang menandakan tingginya minat dan ketertarikan mereka. Hasil dari kegiatan adalah seluruh peserta mampu membuat dan memasarkan produk mereka dari sosial media tersebut. Selain itu dari hasil evaluasi diketahui bahwa pengetahuan dan skill peserta menjadi meningkat setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini.
Pelatihan Penggunaan Trello Sebagai Tools Kolaborasi Kerja Pada SCC Learning Centre Suwaebatul Aslamiyah; Amaliasyifa Agustina; Agung Ferdinan Sandy
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i1.12134

Abstract

Indonesia menduduki posisi ke-9 (sembilan) negara dengan angka kematian COVID-19 tertinggi di dunia. Oleh karena itu maka pemerintah mengeluarkan dan pemperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Salah satu kebijakan yang diberlakukan adalah bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). WFH yang dianjurkan pemerintah mengharuskan karyawan melakukan kolaborasi kerja dengan memanfaatkan media digital. Mitra kami SCC Learning Center, sudah memanfaatkan beberapa media digital seperti E-mail, WhatsApp, Zoom dan Google Meet dan email sebagai media diskusi, sharing knowledge dan sharing dokumen. Tim Abdimas kami memutuskan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang tools yang dapat digunakan untuk menunjang WFH yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang di alami oleh para pekerja dari rumah. Aplikasi yang akan diperkenalkan kepada mitra adalah Trello. Trello adalah sebuah aplikasi yang mampu memudahkan Anda dalam melakukan task management pekerjaan. Aplikasi ini juga akan mengingatkan Anda tentang tugas, deadline, dan mampu memantau progress proyek kolaborasi yang sedang dikerjakan secara realtime. Hasil dari kegiatan ini adalah sebanyak 75% dari peserta kegiatan merasakan manfaat dari aplikasi Trello serta mengimplementasikannya dalam dunia kerja.  

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 4 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 6 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 5 (2022): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 4 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 3 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 6 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 5 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 4 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 2 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 4 (2020): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 03 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 02 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 01 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 03 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 02 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat More Issue