cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 PRAYA TENGAH M Hongki Pratama; Endah Resnandari Puji Astuti; Hadi Gunawan Sakti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i3.89

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia telah banyak digunakan metode dan pendekatan untuk meningkatkan hasil. Salah satunya adalah membentuk siswa ke dalam kelompok diskusi yang sangat banyak keuntungannya bagi siswa. Permasalahan yang terjadi yaitu guru cendrung terbatas pada penyampaian ceramah, pemberian contoh soal, latihan dan dikhiri dengan pemberian tugas untuk dikerjakan dirumah. Guru masih menggunakan pendekatan konvensional sehingga proses pembelajaran hanya berlangsung satu arah dimana guru menerangkan dan siswa mendengar atau mencatat, sehingga sering ditemui adanya kecendrungan meminimalkan keterlibtan siswa. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pemebelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII Di SMPN 3 Praya Tengah. Model pegambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, sebagai metode pelengkap. Teknik analisis diperoleh nilai T hitung sebesar 4,882 dan nilai T hitung pada taraf signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 30-1 = 29 lebih besar dari padaniali T pada table (4,882>2,045), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah: ada pengaruh Model Pembelajaran Imajinatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 3 Praya Tengah, sehingga dapat di simpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 8 MATARAM Nadia Nadia; Hastuti Diah Ikawati; Wiwien Kurniawati
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i3.90

Abstract

Permasalahan pembelajaran PKN di SMP Negeri 8 Mataram yaitu teknik pengajar yang masih relative monoton yang hanya menggunakan metode ceramah. Hal ini akan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Inquiry.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana dalam penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperimen jenis One Group Preetest-Post Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 245 orang dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah Tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik menggunakan rumus T-test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai thitung adalah 5,816 dan ttabel adalah 2,041. Dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu (5,816 > 2,041). Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada Efektivitas Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 8 Mataram di terima yang artinya hasil penelitian ini adalah signifikan dengan nilai thitung 5,816.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 4 PRAYA TIMUR Bq. Aprilia Renti Iswani; M. Arif Rizka; Farida Fitriani
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i3.91

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Lesson Study Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMPN 4 Praya Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode exsprimen, dengan rancangan one-group pre-tes- pos-tes design, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Praya Timur, sampel yang digunakkan adalah kelas VII-1 sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian yang t hitung dengan derajat kebebasan (N-1) yakni (15-1) =14. Dalam taraf siginifikan 5% atau 0,05 dan (d.b) 14 ternyata besarnya angka batasan penolakan hipontesis Nol (Ho) pada tabel “t” adalah 2.131. Dengan demikian nilai t hitung yang diproleh dalam penelitian sebesar 0,848. Telah berada diatas angka batas yang sebesrnya 2.131 atau dengan kata lain bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel (0,848 < 2,131), pada tarif signifikan 5% sehingga, penelitian ini dapat dinyatakan “signifikan”. Hal ini menujukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Lesson Study Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Praya Timur”.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS II DI SMP NURUL HIKMAH Melly Vusfitasari; Hadi Gunawan Sakti; Muzakkir Muzakkir
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i3.92

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas II di SMP Nurul Hikmah Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas II di SMP Nurul Hikmah Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dengan jumlah 51 orang siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik menggunakan rumus t-test post-test varians. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi pada ranah kognitif. Rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick yaitu 80 sedangkan untuk pembelajaran konvensional yaitu 64,16. Terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 5,35 > 1,672. Hal ini berarti hipotesis diterima maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas II di SMP Nurul Hikmah.
VALIDASI MEDIA POP-UP BOOK MATERI MENGENAL ANATOMI TUBUH MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP Endah Resnandari Puji Astuti; Muh Husein Baysha
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i3.93

Abstract

Media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam manjaga mutu pendidikan. Penggunaan dan pemanfaatan media dalam pembelajaran sering kali belum dilakukan oleh guru karena beberapa alasan dan problematika yang dihadapi di lapangan. Oleh sebab itu, para pengembang media pendidikan salah satunya mahasiswa dari Program Studi Teknologi Pendidikan Univeristas Pendidikan Mandalika melakukan pengembangan media pembelajaran pop-up book untuk mata pelajaran IPA kelas VII materi mengenal anatomi tubuh manusia. Sebelum media tersebut diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas, perlu adanya validasi terhadap media pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat validasi dari ahli media dan ahli materi terhadap media pop-up book yang dikembangkan oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan. Validitas merupakan derajat ketepatan antara data yang terjadi pada objek penelitian dengan data yang dilaporkan oleh peneliti. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif, dimana data-data yang diperoleh berupa angka-angka yang didapat dari hasil validitas media pembelajaran. Untuk memperoleh data dalam menghitung validitas media pop-up book diperlukan beberapa validator yang merupakan pakar ahli media dan ahli materi pembelajaran. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket validasi media dan validasi materi. Hasil penelitian ini mengenai validasi media pop-up book materi mengenal anatomi tubuh manusia pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP menunjukkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat ditinjau dari rata-rata validasi dari ahli media yaitu sebesar 82.06% dengan kriteria sangat layak. Begitu pula penilaian dari ahli materi dengan rata-rata prosentase sebesar 82.24% dengan kriteria sangat layak.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PENGUKURAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS 5 SD HADI SAKTI Baiq Sarlita Kartiani
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i3.94

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil dan aktivitas belajar siswa, diantaranya adalah metode yang digunakan oleh guru masih bersifat monoton dimana guru menjelaskan sementara siswa mencatat, kurangnya interaksi timbal balik antara siswa dengan guru maupun antara siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peningkatan hasil yang menjadi tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas 5 SD Hadi Sakti setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refeksi, Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis. Hasil penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SD Hadi Sakti pada materi pengukuran tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini sesuai dengan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 75% dikategorikan dengan cukup baik sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 83% dikategorikan dengan baik.
Cover, Daftar isi, Dewan Redaksi E. Editor
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 3 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cover, Daftar isi, Dewan Redaksi

Page 1 of 1 | Total Record : 7