cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnal.P4I@gmail.com
Phone
+6289681071805
Journal Mail Official
jurnal.P4I@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra
ISSN : 28072316     EISSN : 28071670     DOI : https://doi.org/10.51878/language.v1i2.659
Core Subject : Education, Social,
LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Innovation contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Language and Literature Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 78 Documents
PENERAPAN METODE MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII A MTs NEGERI 2 PURBALINGGA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SIS NUR MUHAMMAD FAUZI
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.582 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis Karangan Narasi siswa kelas VIII A MTsN 2 Purbalingga dengan menerapkan model pembelajaran mengubah teks wawancara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif serta partisipatoris melalui tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTsN 2 Purbalingga dengan jumlah 38 siswa. Obyek penelitian ini mencakup proses dan hasil. Obyek penelitian yang berupa proses adalah pelaksanaan proses penulisan karangan Narasi dengan menerapkan model pembelajaran mengubah teks wawancara di kelas VIII A MTsN 2 Purbalingga. Obyek yang berupa hasil adalah hasil tulisan siswa berupa karangan narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non test. Teknik test digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi siswa sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal perorangan dan ketuntasan kalsikal. Teknik non test digunakan untuk mengetahui suasana dan proses pembelajaran yang dilaksanakan, berupa observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi gambar. Validitas yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah validitas demokratik, proses, dialogik dan triangulasi. Penelitin ini akan menggunakan teknik analisis naratif. Hasil Penelitian tindakan kelas ini disimpulkan bahwa pembelajaran menulis melalui model pembelajaran mengubah teks wawancara dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VIII A MTsN 2 Purbalingga. Peningkatan keterampilan menulis narasi berbahasa Inggris siswa ditandai : (1) hasil belajar peserta didik telah tercapai, ditunjukkan dengan nilai daya serap perorangan peserta didik pada prasiklus sebesar 63,5 meningkat pada siklus I sebesar 68,4 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 69,8 dan pada siklus III menjadi 75,2 melebihi target KKM yang ditentukan, yaitu 75 dan daya serap klasikal (kelas siswa pada prasiklus sebesar 28,6% meningkat pada siklus I sebesar 40% meningkat lagi pada siklus II 60% dan pada siklus III meningkat mencapai 87%. Target klasikal juga sudah melampaui krena tuntas klasikal sudah mencapai 85%. (2) Situasi belajarmengajar pada siklus I, siklus II maupun siklus III meningkat dalam aktivitas belajar mengajar yang aktif dan menyenangkan yang ditandai dengan meningkatnya respon, perhatian, partisipasi siswa dan aktivitas guru dalam proses pembelajaran menulis narasi.
IMPLEMENTASI EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS NURYANTI NURYANTI
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.485 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.361

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar dalam memahami isi teks bahasa Inggris siswa XII IPA 1 SMAN 1 Purwanegara semester l tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran Examples Non Examples telah meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dari hasil observasi siswa dengan kategori tinggi disiklus I sejumlah 13 siswa (62%) dan meningkat lagi di siklus II menjadi 18 siswa (85,7%). Hal ini berdampak pula pada prestasi belajar siswa juga meningkat, disiklus I nilai rata-rata 72,7 dengan ketuntasan belajar 57,2% dan disiklus II mencapai nilai rata-rata 80,7 sehingga memenuhi ketuntasan belajar klasikal 80,9%. Dengan demikian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar dalam memahami isi teks bahasa Inggris siswa XII IPA 1 SMAN 1 Purwanegara semester 1 tahun pelajaran 2018/2019.
MODEL JIGSAW SEBAGAI ALTERNIATIF PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS RESENSI KELAS XI MIA 2 MAN 3 BLITAR MUFARROCHAH MUFARROCHAH
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.891 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.362

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Model Jigsaw dan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi teks resensi siswa kelas XI MIA 2 MAN 3 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus yang setiap siklus terdiri atas empat tahapan. Siklus 1 dan siklus 2 masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Dari hasil yang telah diperoleh aktivitas guru pada siklus 1 ketuntasan aktivitas guru mendapatkan rata-rata persentase sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik. Pada siklus 2 ketuntasan aktivitas guru mendapatkan rata-rata persentase sebesar 97% dengan kualifikasi sangat baik. Pada siklus 1 aktivitas siswa memperoleh presentase rata-rata sebesar 65%. Pada siklus 2 aktivitas siswa memperoleh presentase rata-rata sebesar 90%. Hasil belajar materi teks presensi melalui model Jigsaw diperoleh dari hasil penelitian melalui rata-rata nilai akhir pada siklus 1 pertemuan 1 dengan persentase 76%. Pada siklus 1 pertemuan kedua dengan persentase77% dengan rata-rata persentase 76,5%. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 dengan persentase79% dan untuk siklus 2 pertemuan keduadengan persentase 84% dengan rata-rata persentase 81,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa model Jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks resensi di kelas XI MIA 2 MAN 3 Blitar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS SEDERHANA SRI MULYANI
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.658 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi peningkatan hasil belajar siswa pada materi teks Prosedur kelas IX di MTs Negeri 3 Kayong Utara setelah menerapkan metode pembelajaran Eksperimen sains sederhana yang merupakan pengembangan dari model pembelajaran Demonstrasi pada pembelajaran bahasa Inggris. Metode Eksperimen sains sederhana ini diterapkan selain untuk meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mengintegrasikan antara pembelajaran bahasa Inggris dengan sains. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk : (1) Tes, (2) Observasi, (3) angket. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dilihat dari perbandingan hasil tes antar siklus. Penerapan metode Eksperimen sains sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Procedure text atau teks Prosedur. Hasil pelaksanaan siklus I dengan menerapkan metode ceramah diperoleh tingkat ketuntasan 44,5% sedangkan pelaksanaan siklus II dengan menerapkan metode Eksperimen sains sederhana diperoleh ketuntasan klasikal 88,9%. Aktifitas pembelajaran dengan menggunakan metode Eksperimen sains sederhana berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks Prosedur. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI CAPTION MENGGUNAKAN MEDIA INSTAGRAM SISWA KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021 YKE ROSMANAH
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.709 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.379

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Instagram. Penelitian ini menggunakan subyek siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Dawarblandong, Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/2021 dan obyek dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 (dua) siklus yang setiap siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada siklus pertama didapatkan hasil rata – rata motivasi belajar siswa baru mencapai 67%, sedangkan hasil belajar siswa baru 74% siswa yang tuntas belajar. Pada siklus kedua hasil rata-rata motivasi belajar siswa meningkat hingga 82%, sedangkan hasil belajar siswa 100% telah mencapai ?67. Dengan demikian penggunaan Instagram dalam materi Caption pada pembelajaran Bahasa Inggris bisa meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPA 4 SMAN 1 Dawarblandong tahun pelajaran 2020/2021
PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK PADA MATERI NEWS ITEM TEXT SELAMA PEMBELAJARAN DARING DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DI SMAN 1 MALINAU ZAIDAH ZAIDAH
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.028 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.428

Abstract

Best Practice ini disusun untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 1 Malinau selama masa Pandemi Covid-19. Best Practice ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yaitu bulan Juli-Agustus 2020. Best Practice ini menggambarkan tentang proses pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning melalui media pembelajaran antara lain: Google Meet dan Google Classroom. Diharapkan siswa dapat memahami materi News ItemText berdasarkan generic structure, language feature dari teks tersebut. Dengan menggunakan metode dan media pembelajaran tersebut ternyata peserta didik sangat tertarik. Dari tidak tahu menjadi tahu dari tidak mengerti menjadi paham tentang materi News Item Text.
PENERAPAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI.IPS.2 SMAN 4 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018-2019 PRISKA SIMBOLON
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.998 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.438

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI.IPS.2 SMA Negeri 4 Muaro Jambi pada pokok bahasan menulis naskah drama melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI.IPS.2 SMA Negeri 4 Muaro Jambi yang berjumlah 29 orang siswa. Data hasil observasi dan tanggapan siswa dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menggambarkan hasil tes siswa mengalami peningkatan prestasi belajar setelah diberikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). pokok bahasan menulis naskah drama, siswa kelas XI.IPS.2 SMA Negeri 4 Muaro Jambi melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)yang ditandai dengan tercapai ketuntasan belajar secara individu dan kelompok, yakni pada siklus I sebanyak 4 orang atau 13,8% dan pada siklus II 29 orang atau 100%. Hasil tersebut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI.IPS.2 SMA Negeri 4 Muaro Jambi.
PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X.IIS.2 SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TOMBANG ARIUS BERTUA SINAGA
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.884 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.439

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan metode Discovery Learning. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas X.IIS.2 SMA Negeri 3 Muaro Jambi dengan fokus pada siswa Berprestasi Rendah (LA) dan Berprestasi Tinggi (HA). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 Siklus. Prosedur penelitian meliputi tahap refleksi, perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi. Behavioral Engagement (BE) Data diperoleh melalui observasi, data lain berupa Psychologycal Engagement (PE) dan Cognitive Engagement (CE) diperoleh melalui angket student engagement berdasarkan Student engagement Instrument (SEI). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada materi Past Tense vs Present Perfect Tense. Persentase rata-rata semua aspek BE yang diamati pada siswa LA sebelum diberikan perlakuan. Siklus I dan Siklus II masing-masing sebesar 13,7%, 35, 24%, 48,26% dan 64,24%. Sedangkan hasil BE siswa HA sebelum perlakuan diberikan. Siklus Idan Siklus II, masing-masing sebesar 22,2%, 48,97%, 56,6% dan 64,76%. Hasil PE siswa HA sebelum diberikan perlakuan siklus II meningkat dari 3,75%, hasil LA siswa meningkat sebelum diberikan perlakuan terhadap siklus II yaitu 2,94% sedangkan pada siswa HA meningkat 2,95. %.
IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN READING AND WRITING BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XII.IPA.2 SMAN 6 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 ACENDRA ACENDRA
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.891 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.440

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris, terutama keterampilan reading dan writing kelas XII.IPA.2 SMAN 6 Kota Jambi yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan melakukan 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus I dan II masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa instrumen yaitu lembar observasi, catatan lapangan, kuisioner dan penilaian akhir siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa keterampilan reading dan writing diperoleh nilai dari tindakan dalam siklus menunjukkan bahwa secara umum terjadi kenaikan dari siklus I ke siklus II. Nilai tertinggi naik dari 85 menjadi 90. Nilai terendah naik dari 65 menjadi 70. Nilai rata-rata kelas naik dari 76,5% menjadi 80,4%. Presentase ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II telah memenuhi ketuntasan klasikal minimal 75% dengan KKM 75 yang merupakan salah satu kriteria keberhasilan PTK dan terjadi kenaikan dari 80,63% menjadi 81%.
STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD TEACHER’S TALK IN EFL CLASSROOM OF INDONESIA SENIOR HIGH SCHOOL: A CASE STUDY ERLY MULFIAS YULI
LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.034 KB) | DOI: 10.51878/language.v1i1.451

Abstract

This study is a case study to investigate students’ perceptions toward teacher’s talk in EFL (English as a Foreign Language) classrooms. It is conducted for two months on a single entity as the research subject, ie on 35 Eleventh-graders with varying English language skills and an English teacher. Since it focuses only on a certain entity, the results of the study cannot be generalized to the broader context. This study uses a qualitative approach by showing data from the results of questionnaires, observations and interviews with research samples. The study focuses on a research question on how Eleventh graders' perception on a teacher’s talk in EFL classrooms. Regarding to the research question, it aims to determine the thoughts of students on teacher’s talk, so that the teacher can organize and modify the class based on the perceptions that can implicate the learning process by reducing students’ anxiety. It provides students opportunities to be able to process information or lessons learned more comfortably, thus it reduces obstacles in learning. The findings of the study show that the majority of students of Eleventh-grade want to fully use English although they still have difficulties in understanding and feel less confident in using English.