cover
Contact Name
Chavid Moyo Jaladri
Contact Email
lppmstiekop@gmail.com
Phone
+6285235260662
Journal Mail Official
jurnalkomastie@gmail.com
Editorial Address
Jl. W.R. Supratman No.9, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal Koperasi Dan Manajemen
ISSN : 27226123     EISSN : 28091213     DOI : https://doi.org/10.52838/komastie.v2i02
Core Subject : Economy,
Journal Koperasi dan Manajemen (KOMASTIE) bertujuan untuk menjadi media penyebarluasan hasil penelitian dan pertukaran karya ilmiah bidang Ekonomi, Manajemen, dan Koperasi di kalangan akademisi lingkungan STIEKOP, Prektisi internasional, praktisi, pengatur kebijakan, dan untuk kalangan umum. KOMASTIE diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan April, dan Oktober. KOMASTIE adalah jurnal ilmiah tentang bidang Ekonomi, Manajemen, Dan Koperasi yang Saat ini berupaya untuk mendapatkan akreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, selanjutnya, KOMASTIE juga berupaya untuk mendapatkan terindeks di EBSCO, EconLit (American Economic Association), ProQuest, dan Scopus dan lain-lainnya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN" : 7 Documents clear
IMPLIKASI DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PEGAWAI TELKOM BAGIANMARKETING SPEEDYKOTA MALANG Budi Iriani Yudaningrum; Indah Datin Nadliroh
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.18 KB)

Abstract

Purpose–Dengan latarbelakang tersebut maka peneliti ingin mengetahui pengaruh hubungan disiplin kerja dengan produktifitas dari pegawai telkom malang khususnya bagian marketingspeedy, dan ingin mengetahui tingkat pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas dari pegawai telkom malang khususnya bagian marketing speedy. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk acuan dalam perbaikan manajemen yang ada di PT Telkom Malang khususnya bagian marketing speedy.Design/methodology/approach–Dalam Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kuantitatif. Dan jenis dari penelitian kuantitatif ini adalah asosiatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian ini juga melalui pengujian hipotesis yang selanjutnya dilakukan uji statistik. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah disiplin kerja (X1), dan lingkungan kerja (X2). Dan Variabel dpenden disebut sebagai variabel output, criteria, konsekuen atau disebut variabel terikat adalah Produktivitas Kerja Pegawai.Findings –Adanya perngaruh yang sangat tinggi antara disiplin kerja dengan produktivitas kerja dan Terdapat perngaruh yang sangat besar dalam pengelolaan lingkungan kerja yang baik dengan produktivitaskerja, hal ini dilihat dari analisa yang di dapatkan berdasarkan hasil olah data yang dilakukan peneliti.Research limitations/implications –Analisis kuantitatif merupakan salah satu teknik yang hanya mengandalkan hasil kuisioner, hal ini membutuhkan pengetahuan decision-making untuk pemilihan metodologi yang akan digunakan. Studi kasus seperti ini berasal dari sektor publik perusahaan, beroperasi di wilayah malang. kesimpulan / temuan tidak diberlakukan secara universal Originality/value–Penelitian ini dilakukan pada marketing external yang manjadi tenaga marketing PT Telkkom , metode penelitian ini menggunakan metode asosiasi dengan menggabungkan wawancara secara lisan dan juga penambahan kuisioer dan juga hasil dari perkembangan yang terlah dilakukan. Sehingga lebih reliable dan menggambarkan kondisi riil. Dan saya berharap ada yang lebih mendalam tentang hal ini karena di khususkan dengan dua variable yang paling mencolok dankeliahatan.
PROYEKSI BEP, RC RATIO DAN R/L RATIO TERHADAP KELAYAKAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA TAOGE DI DESA WONOAGUNG, TIRTOYUDO, KABUPATEN MALANG) Arief Yuswanto Nugroho; Anudiyan Amir Mas'ud
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.395 KB)

Abstract

Purpose – pada latar belakang peneltiian ini adalah untuk mengetahui proyeksi kelayakan usaha terhadap usaha Taoge di desa Wonoagung Tirtoyudo Kabupaten Malang, dengan menggunakan proyeksi BEP, RC Ratio dan R/L Ratio. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui usaha taoge layak untuk di jalankan dan digunakan dalam rangka meningkatkan pendapatan dan peningktan perekonomian keluarga. Design/methodology/approach–Dalam Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian ini juga melalui pengujian hipotesis yang selanjutnya dilakukan uji statistik. Variabel yang di ukur adalah dengan menggunakan analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio sehingga mampu mewakili bahwa usaha tersebut bisa dan layah untuk dilanjutkan warga desa. Findings – Analisis analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio dianggap mampu untuk merepresentasikan bahwa usaha tersebut mampu dan layak untuk dikerjakan lebih lenjut. Data yang diperoleh dijadikan rujukan untuk kelayakan usaha dalam memaksimalkan pendapatan keluarga desa Wonoagung Tirotyudo Kabupaten Malang. Research limitations/implications –Analisis kuantitatif merupakan salah satu teknik yang hanya mengandalkan hasil kuisioner dan data di lapangan, hal ini membutuhkan pengetahuan decision-making untuk pemilihan metodologi yang akan digunakan. Studi kasus seperti ini berasal dari pelaksanaan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga untuk menggeneralisasi di daerah lain perlu untuk dilakukan penelitian lainya lebih lanjut. Analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio merupakan analisa dasar sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa menambahkan analisa lainya untuk memperoleh hasil kelayakan usaha pada usaha Taoge Originality/value – Penelitian melakukan analisa usaha yang di anggap mampu dan mudah dalam mengaplikasikannya. Dengan studi analisis kelayakan usaha ini diharapkan mampu memberikan gambaran bahwa usaha layak untuk dilanjutkan karena menggunakan modal yang kecil, dan mendapatkan keuntungan setiap melakukan kegiatan produksi. Dalam pelaksanaan metode yang di gunakan adalah analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio adalah analisa dasar yang di gunakan untuk mengetahui kelayakan sebuah usaha.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN ATM DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KCP “BANK BRI MALANG” Agus Wiastono; Ferra Eka Ramadhani
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.164 KB)

Abstract

Purpose–Mengukur kepuasan pelanggan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam rangka mengevaluasi posisi perusahaan saat ini dibandingkan dengan pesaing dan pengguna akhir, serta menemukan bagian mana yang membutuhkan peningkatan. Pengertian kepuasan atau ketidakpuasan konsumen merupakan hasil dari adanya harapan atau tingkat kepentingan konsumen dengan kinerja yang dirasakan setelah mengkonsumsi suatu barang atau jasa.Design/methodology/approach –Adapun metode analisa data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dan di kombinasikan dengan analisa jalur sehingga mengetahui bagian mana yang menunjukan pengaruh yang lebih kuat.Findings – ditemutkan bahwa Kualitas layanan mampu meningkatkan loyalitas nasabah sehingga nasabah bisa melakukan pembelian ulang kepada produk yang di tawarkan.Research limitations/implications–penelitian ini hanya berpusat pada penelitian yang menggunakan vaariable kualitas dan kepuasan saja sehingga perlu adalanya uji lebih lanjut untukmendapatkan pengaruh otensial dari loyalitas nasabah, sehingga implikasinya mampu meningkatkan kemampuan perusahaan dalam meningkatkan keuntungan dari loyalitas nasabahOriginality/value–penelitian ini menggunakan metode path sehingga nilai eror yang di munculkan bisa menggambarkan nilai pangaruh yang paling signifikan antara kualitas layanan dan kepuasan nasabah
ANALISIS TINGKAT PENDAPATAN PETANI COKLAT (CACAO) DI KAMPUNG WEMBY DISTRIK ARSO TIMUR KABUPATEN KEEROM Daniel A. Dawan
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.742 KB)

Abstract

Purpose– Tujuan Penelitian adalah Untuk mengetahui tingkat pendapatan petani coklat di dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat pendapatan petani coklat Kampung Wemby Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom. Design/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan metode Studi Lapangan (field study). Study pustaka (libraryresearch) untuk mendapatkan hasil dari tujuan penelitian ini. Sehingga Hasil Penelitian menunjukan bahwaDenganmenggunakan laporan laba rugi,analisis R/C Ratio dan BEP untuk mengetahui tingkat pendapatan petani coklat. Findings – ditemutkan bahwa Dari perhitungan laba rugi responden ke-1 mendapatkan laba bersih sebesar Rp.3.525.000,-.Sedangkan untuk perhitungan R/C Ratio responden ke-1 mendapat Rp.3,0,-dan untuk BEP petani responden ke1 sebesar Rp.89.552,2. Serta Faktor-faktor yang mempengaruhi usaha tani perkebunan Coklat di Kampung Wemby adalah 1) Tenaga Kerja 2) Bibit 3) Lahan 4) Harga jual. Research limitations/implications – penelitian ini hanya bersifat lokal sehingga perlu diperluas objek penelitian sehingga mampu penggeneralisasi hasil penelitian tersebut. Originality/value – dalam penelitian ini menunjukan faktor-faktor yang mempengaruhi dalampengembangan usaha tani petani coklat di Kampung Wemby Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom.
ANALISIS KONSEP PEMBIAYAAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DAN PERSEPSI NASABAH TENTANG BMT UNTUK MEMBANGUN SYSTEM EKONOMI YANG ISLAMI Zaki Bahrun Ni’am; Abdul Haris P; Chavid Moyo Jaladri
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.784 KB)

Abstract

Purpose – Sebagai sebuah alternatif, bank (lembaga keuangan) syariah telah memformulasikan sistem interaksi kerja yang dapat menghindari aspek-aspek negatif dari sistem kerja bank konvensional, yaitu dengan menerapkan beberapa sistem, dimana harus diciptakan bank (lembaga keuangan) syariah yang tidak bekerja atas dasar bunga melainkan atas sistem bagi hasil, antara lain yang dikenal dalamfiqh mu’amalahsebagai transaksi mudharabahatauqiradh.Design/methodology/approach – Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara obyektif. Analisis kualitatif pada penelitian ini dilakukan secara induktif yakni pengambilan kesimpulan umum berdasarkanhasil observasi yang khusus. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis bivariat yaitu analisis yang dilakukan terhadap dua variabel yaitu variabel terikat dan variabel bebasFindings–Pada waktu melakukan akad tidak semua nasabah memahami maksud pembiayaan mudharabah dan nisbah bagi hasilnya. Ketidakpahaman nasabah mengenai maksud dan prosedur dalam akad pembiayaan mudharabah ini menurut peneliti bisamenimbulkan sengketa antara pihak BMT dengan nasabah. Tidak semua nasabah mengerti mengenai prosedur penyelesaianapabila terjadi sengketa antara pihak BMT dengan nasabah. Sebagian nasabah tidak memahami bahwa akad yang dilakukan menimbulkan hak dan kewajiban yang mempunyai akibat hukum bagi kedua belah pihak.Research limitations/implications – penelitian ini hanya dalam pembahasan dengan objek penelitian BMT Al Rifa’ïe perlu adanya pengembangan penelitian dengan menambahkan objek penelitian yang sama yaitu BMT-BMT yang ada di sekitar untuk menggeneralisasi teori yang di munculkan.Originality/value–dalam penelitian ini penekanan terhadap penyelesaian masalah konflik yang terjadi dalam sengeketa transaksi diperjelas dengan memunculkan kasus yang sesuai dengan teori yang ada, sehingga menghasilkan penyelesaian sengeketa yang terjadi
NALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJADAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (PadaPT.Wiratanu Persada TamaCabang Malang2014) Wiwit Setyo Wardani; Dita Rachmawati
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.025 KB)

Abstract

Purpose – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Wiratanu Persada Tama Cabang Malang, Jawa Timur.Design/methodology/approach – penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif denganSampel penelitian ini sebanyak 24 orang karyawan.Dan dalam penelitian ini menggunakan analisisAnalisis Regresi dengan mengukur dominasi dari masing masing variable atau faktor.Findings – Hasil analisis membuktikan motivasi kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang sifnifikan terhadap kinerja karyawan secara simultan. Motivasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, sementara lingkungan kerja dan kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial. Motivasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, sementara lingkungan kerja dan kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan secara Dominan.Research limitations/implications–keterbatasasn dalam penelitian ini adalah fokus objek penelitian hanya kepada kinerja perusahaanPT. Wiratanu Persada Tama Cabang Malang, Jawa Timur. Sehingga belum bisa dijadikan generalisasi dalam sebuah teori yang kuat dan perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan metode yang berbeda dan variable yang berbeda sehingga mampu menggeneralisasi teori yang ada.Originality/value– dalampenelitian ini diungkapkan bahwa lingkungan kerja dan kepuasan kerja tidak signifikan sehingga bisa dijadikan acuan untuk melakukan penelitian lanjutanapakah variabel kepuasan dan lingkungan kerja tidak signifikan dengan kinerja karyawan.
FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM DI IAIN TULUNGAGUNG Ninda Rachmawati; Riska Afifah
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.464 KB)

Abstract

Purpose – kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan menentukan kegiatan- kegiatan tertentu sehingga mampu menjadi tolak ukur untuk perusahaan dalam merencanakan inovasi produk dan pengembangan produk. Design/methodology/approach – Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisa faktor dari data deskriptif yang di peroleh menggunakan angket dan kuisioner. Data diolah dengan menggunakan SPSS 16 dan minitab 17. Findings – Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah terdapat 4 faktor utama Faktor budaya, Faktor social, Faktor kepribadian, dan Faktor psikologis Dari ke empat faktor yang terbentuk dalam penelitian ini faktor yang paling dipertimbangkan dalam memilih produk kosmetik pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah di IAIN Tulungagung ialah faktor budaya. Research limitations/implications – dalam penelitian ini objek penelitian merupakan mahasiswa yang ada di jurusan ekonomi syariah di IAIN Tulungagung hal ini bisa menjadisebuah acuan untuk penelitian selanjutnya yang mampu menggeneralisasi faktor-faktor yang lain dengan objek penelitian yang berbeda. Originality/value – dalam penelitian ini yang di gunakan adalah menggunakan metode faktor sehingga mampu mengeliminasi faktor-faktor yang dianggap tidak mampu untuk berkontribusi dalam ruang lingkup pemilihan produk kosmetik. Data diolah dengan menggunakan SPSS 16 dan minitab 17. Sehingga menghasilkan akurasi data yang lebih tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7