cover
Contact Name
M. Ikhwanul Hakim
Contact Email
paiiaihnwlotim2021@gmail.com
Phone
+6281805503485
Journal Mail Official
nahdlah@iaihnw-lotim.ac.id
Editorial Address
Jln. Utama Mataram-Lb. Lombok Anjani Kec. Suralaga Kab. Lombok Timur
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28076958     EISSN : 28075412     DOI : 10.51806
Core Subject : Religion, Education,
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus on: Models, Strategies, Methods, and Learning Techniques for Islamic Religious Education Development of Islamic Religious Learning Media Evaluation of Islamic Religious Education Learning Implementation and Development of Islamic Education Curriculum Management of Islamic Education Institutions and Teaching
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2022): Januari-April" : 6 Documents clear
Tafsir Kontekstual Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Muhammad Ilham Thayyibi
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2022): Januari-April
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i3.24

Abstract

Abstract : The purpose of this research is to know contextual interpretation and learning in education . This study uses a library research method, namely research analyzing written literature in the form of books and scientific journals as the main source, Contextual interpretation, namely the method used to study the Koran not only from the text, but also from language, historical background , sociology, and amtropology in accordance with the life and developments prevailing in the Arab nation and various approaches through it. The paradigm of contextual interpretation is the thoughts of Fazul Rahman, Abdullah Saeed, and Sahiron Samsudin. The implication of the interpretation of the Koran in the realm of education is the relationship or linkage of contestual interpretations in the realm of education, one of which is contextual learning. Learners to understand social conditions and then contextualize knowledge with social conditions. If in the Qur'an using contextual interpretation, in the field of education when learning uses contextual learning.
PENDIDIKAN ISLAM TRANFSORMATIF PERSPEKTIF AZYUMARDI AZRA (PEMIKIRAN MODERNISASI DAN REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM) Lalu Abdurrahman Wahid
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2022): Januari-April
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i3.25

Abstract

Modernisasi Pendidikan Islam merupakan keniscayaan sejarah yang penuh dengan perubahan. Modernisasi pendidikan Islam merupakan refleksi dari respon positif para pembaharu muslim atas keterbelakangan umat Islam dari progresivitas di kalangan Barat modern. Tujuan penelitian ini adalah mencoba menghadirkan wacana gagasan modernisasi dalam ruang lingkup sistem pendidikan Islam perspektif Azyumardi Azra, sebagaimana ungkapan Azra bahwa pendidikan Islam harus memiliki kontribusi dalam kemajuan bangsa. Penelitian ini merupakan kajian kualitatif berbasis library research. Hasil kajian ini adalah dalam perspektif Azyumardi Azra yang memiliki pemikiran modernis-progresif menyatakan modernisasi di lembaga pendidikan Islam merupakan hal yang niscaya mempertahankan sistem tradisional hanyalah memperpanjang nestapa ketidakberdayaan pendidikan dalam menghadapi kemajuan zaman. Gagasan-gagasan modernisasi pendidikan Islam yang beliau rekomendasikan yaitu modernisasi pendidikan Islam dan demokratisasi pendidikan Islam. karakter Pemikiran Azyumardi Azra yang modern progresif ini direfleksikan dengan gagasan-gagasan rekonstruksi dalam wilayah pendidikan Islam yang beliau gagas diantaranya adalah Epistemologi keilmuan Islam dan Transformasi kelembagaan, Pembelajaran emansipatoris, dan Misi profetis dan pengembangan sumber daya manusia. Namun sebagai sebuah produk ijtihad pemikiran maka pemikiran tersebut tidak terlepas dari kelebihan dan kelemahan dari beberapa aspek.
Kebijakan Kepala MTs NW Samawa Dalam Menyikapi Problematika Pendidikan Islam di Sumbawa Adet Tamula Anugrah
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2022): Januari-April
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i3.27

Abstract

The problems of Islamic education today are very complex. These problems concern teachers, students, and all people involved in educational institutions. From the many problems faced, it is demanded that there be a solution in the form of policies from the head of madrasah in order to maintain the existence and quality of Islamic educational institutions. This research aims to understand how the formulation, implementation, and policy barriers made by the head of MTs NW Samawa in addressing the challenges and problems faced by Islamic education. This research is a qualitative research with data collection through interviews, observation, and documentation. The results of this study revealed that the birth of the policy set by the head of MTs NW Samawa because of the many challenges and problems faced by MTs NW Samawa. The implementation of these policies leads to improving the quality of teachers, education staff, students, guardians of students, and even the general public. Obstacles faced in implementing the policy include a lack of interest in student learning, limited budget to carry out intense training and research for the development of madrasah, and limited time to take a personal approach to provide education to the community.
GERAKAN MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Maulanasysyaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Tentang Pendidikan Islam di Lombok) Suparman
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2022): Januari-April
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i3.28

Abstract

Menyikapi realitas pendidikan sekarang, Maulanasysyaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid tampil memodernisasikan pendidikan Islam. Usaha ini dimaksudkan untuk menemukan format pendidikan ideal sebagai sistem pendidikan alternatif masyarakat Lombok masa depan. Kelebihan dan keunggulan lembaga pendidikan masa lampau dijadikan sebagai kerangka acuan untuk merekonstruksi konsep pendidikan yang dimaksudkan. Sedangkan berbagai bentuk sistem pendidikan lama yang tidak relevan lagi untuk ruang dan waktu, akan ditinggalkan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Oleh karena itu, sumber data penelitian ini terdiri dari dua macam. Pertama, sumber data primer yang diperoleh melalui penelusuran dan pengkajian terhadap berbagai literatur yang berkaitan dengan objek kajian ini, yaitu gerakan modernisasi pendidikan Islam. Kedua, sumber data skunder yang diperoleh melalui bahan bacaan; karya ilmiah, jurnal ilmiah yang isinya mendukung data-data yang ada.
DAMPAK TEKNOLOGI SMARTPHONE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP PERILAKU SISWA Muh Zulkifli; Wina Amniatul Wahida; Sendi
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2022): Januari-April
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i3.29

Abstract

Hasil dari kecanggihan teknologi era revolusi industri 4.0 salah satunya ialah munculnya smartphone. Dengan smartphone, setiap orang (pengguna) dapat mengakses dunia maya tanpa batas. Padahal jika dilihat dunia maya (internet) yang tanpa batas memiliki dua sisi yang berbeda, selain dampak positif dampak negatif juga menyertai. Dampak penggunaan smartphone sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait dampak teknologi smartphone di era revolusi industri 4.0 terhadap perilaku siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone terhadap siswa kelas XI MA NW Bagik Payung lebih banyak membawa dampak negatif dari pada dampak positif. Dampak negatif dari penggunaan teknologi smartphone diantaranya: (1) Lebih banyak menghabiskan waktu bermain smartphone dari pada belajar. (2) Tidak disiplin ketika berlangsungnya KBM. (3) Tidak jujur ketika ulangan. (4) Datang terlambat ke sekolah setiap harinya. (5) Tidak bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Adapun dampak positif dari smartphone diantaranya: (1) Sebagai media komunikasi. (2) Sebagai media informasi. (3) Sebagai media pembelajaran. (4) sebagai media hiburan. (5) Pada aspek keagamaan.
STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMEN TERHADAP MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK Hakkul Yakin; Muhammad Wildan; Muhammad Mikdad
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2022): Januari-April
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i3.30

Abstract

: Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Penerapan punishment berupa: teguran, Hafalan, pemberian tugas dan membersihkan lingkungan sekolah, pemanggilan orang tua kesekolah. Penerapan reward berupa: pujian dan nilai tambahan dari guru, hadiah, penghargaan, Pemberian reward berupa gambar jempolatau bintang. 2) Kelebihan: Peserta didik menjadi termotivasi dan lebih menaati tatatertib, peserta didik akan berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, peserta didikakan lebih berhati-hati dalam bertindak, peserta didik dapat meningkatkan semangat belajarnya, pemberian punishment akan memberikan efek jera pada siswa. Kekurangan: Peserta didik yang memiliki keterbatasan sulit untuk mengejar, peserta didik yang mendapat reward merasa sombong cepat merasa puas, peserta didik merasa minder. 3) Hasil implementasi: Perilaku anak menjadi lebih baik, perhatian terhadap pembelajaran meningkat, meningkatnya kedisiplinan peserta didik,meningkatnya nilai akademik pesertadidik

Page 1 of 1 | Total Record : 6