cover
Contact Name
Ahmad Fitriansyah
Contact Email
ahmad.fitriansyah@swadharma.ac.id
Phone
+6287870716976
Journal Mail Official
jurnal.jris@swadharma.ac.id
Editorial Address
Kampus 1 Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma Jl. Malaka No.3, Tambora, Jakarta Barat 11230
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL REKAYASA INFORMASI SWADHARMA (JRIS)
ISSN : 27745759     EISSN : 27745732     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM ITB Swadharma. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dengan topik Big Data, Sistem Informasi Berbasis Komputer, Data Mining, Data Scientists, Enterprise Architecture, Enterprise Resource Planning (ERP), Tata Kelola Teknologi, Information Retrieval System, Audit Sistem Informasi, Manajemen Pengetahuan Berbasis Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Proyek, Proses Bisnis, Smart City, Sosial Media, Sistem Penunjang Keputusan, Kecerdasan Bisnis.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023" : 10 Documents clear
PENGOLAHAN DATA BERBASIS WEB DENGAN SISTEM BARCODE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL 8 Prasetyo Adi Nugroho; Indra Hiswara; Ridho Hanif Hariadi
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.316

Abstract

This study aims to create a computerized web-based barcode system so that the process of obtaining code information on barcodes becomes more effective and produces reports that are more practical and facilitate work processes at PT Yoji Technology Indonesia. The research method used is observation, interviews, and literature study. The results of this study indicate that the process of classifying a code on a barcode is still done manually, so it takes quite a long time and is inefficient. Therefore, by designing a web-based barcode system, it is hoped that it will make it easier to get information about a code on a barcode. Thus minimizing the errors that occur.Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem barcode berbasis web yang sudah terkomputerisasi sehingga proses mendapatkan informasi kode pada barcode menjadi lebih efektif serta menghasilkan laporan yang lebih praktis dan memudahkan proses kerja pada PT Yoji Tekhnologi Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses mengklasivikasi sebuah kode pada barcode masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak efisien. Oleh karna itu, dengan perancangan sistem barcode berbasis web, diharapkan dapat mempermudah dalam mendapatkan informasi sebuah kode pada barcode. Sehingga meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi.
PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALES (POS) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER DI KAFE ELANGSTA Andy Dharmalau; Nur Sucahyo; Indra Mukti
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.326

Abstract

Elangsta Cafe is one of the businesses engaged in the culinary field, recording many sales transactions every day. The application system used is still limited to a menu ordering system and does not yet have a sales report recapitulation system. Kafe owners experience difficulties when recapitulating data because they have to enter proof of sales one by one in an Excel file every day. So that becomes the formulation of the problem in this research, how to design a point of sales application system that can control cafe operations. Aims this research is to develop a point-of-sales application using the Flutter Framework. The test results show better results, the application is made following what is designed and runs well.Kafe Elangsta merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner, setiap harinya mencatat banyak transaksi penjualan. Sistem operasional yang digunakan masih sebatas sistem pemesanan menu saja belum memiliki sistem rekapitulasi laporan penjualan. Pemilik Kafe mengalami kesulitan saat rekapitulasi data karena harus memasukan bukti penjualan satu persatu dalam file excel setiap harinya. Sehingga menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana merancang sistem aplikasi point of sales yang bisa mengontrol operasional kafe. Tujuan penelitian ini untuk merancang aplikasi point of sale menggunakan Framework Flutter. Hasil uji menunjukan hasil yang baik, aplikasi yang dibuat sesuai dengan apa yang diracang dan berjalan dengan baik.
RANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE PENILAIAN 360 DEGREE FEEDBACK BERBASIS WEB PADA PT. INDONESIA MARINE TRANSPORTATION Septiana Ningtyas; Taufiqurrochman Taufiqurrochman; Rhema Arief Rahman
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.323

Abstract

PT. Indonesia Marine Transportation is a company engaged in shipping services via sea. This company has several problems in human resource management, one of which is employee assessment. The employee appraisal process is still subjective and manual, so determining the best employee takes time. The formulation of the problem discussed is: how to design the best employee appraisal decision support system application using the 360 degrees feedback assessment method. This method is a multi-source assessment that involves appraisals from managers, subordinates, co-workers, oneself, and even customers. The purpose of this study is to design a decision support system application for evaluating the best employees by applying the 360-degree feedback assessment method.Untuk menghindari komplain dan kesalahan dalam penghitungan nilai terhadap pemilihan karyawan perlu dibangun sebuah sistem penunjang keputusan. Sistem ini dibangun dengan menerapkan metode penilaian 360 Degrees Feedback. Metode ini adalah penilaian multisumber yang melibatkan penilaian dari manajer, bawahan, rekan kerja, diri sendiri, bahkan pelanggan. PT. Indonesia Marine Transportation, perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pengiriman via laut.  Perusahaan ini memiliki beberapa masalah dalam manajemen sumber daya manusia salah satunya penilaian karyawan. Proses penilaian karyawan masih bersifat subjektifitas dan manual sehingga untuk menentukan karyawan terbaik membutuhkan waktu. Rumusan masalah yang dibahas yaitu: bagaimana merancang aplikasi sistem penunjang keputusan penilaian karyawan terbaik dengan metode. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang aplikasi sistem penunjang keputusan penilaian karyawan terbaik dengan menerapkan metode penilaian 360degree feedback yang dapat membantu menentukan karyawan terbaik.
PERANCANGAN APLIKASI KAS BERBASIS DEKSTOP DENGAN METODE SCRAPING PADA RUMAH YATIM SUNTER MUARA Yogasetya Suhanda; Ristasari Dwi Septiana; Muhammad Sutrisno
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.351

Abstract

The treasurer or finance department is a crucial part of the organization. The task of the treasurer is to receive, record and make financial reports of the organization. Financial information must be detailed and transparent so that the financial information conveyed is clear to address interested parties regarding the amount of cash reported each month. At the Sunter Muara Orphanage, the financial reports still use a manual system where each income and expenditure of cash funds is recorded in the ledger, which can cause mistakes and errors in preparing financial statements. This study aims to create a computerized cash application using web scraping methods. The research method used is field research with data collection techniques in the form of observation and interviews. The results are in the form of an application prototype that helps the processing of financial cash receipts and disbursements data at orphanages to be faster and more effective and to produce financial reports that are easier and more structured.Bendahara atau bagian keuangan merupakan bagian penting dalam organisasi. Tugas bendahara untuk menerima, mencatat dan membuat laporan keuangan organisasi. Laporan keuangan harus rinci dan transparan sehingga informasi keuangan yang disampaikan jelas untuk ditujukan kepada pihak yang berkepentingan terkait jumlah kas yang dilaporkan setiap bulan. Pada rumah yatim sunter muara laporan keuangannya masih menggunakan sistem manual dimana tiap pemasukan dan pengeluaran dana kas masih dicatat di dalam buku besar, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kekeliruan dan kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi kas yang yang sudah terkomputerisasi dengan metode web scraping. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan interview. Hasil Penelitian berupa purwarupa aplikasi yang membantu proses pengolahan data penerimaan dan pengeluaran kas keuangan di rumah yatim akan menjadi lebih cepat dan efektif, serta menghasilkan laporan keuangan yang lebih mudah dan terstruktur
PENERAPAN E-CRM DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI EKSPEDISI BARANG PADA PT. CAHAYA CEMERLANG Indra Hiswara; Abdul Aziz Effendy; Hansel Jethro
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.320

Abstract

PT Cahaya Cemerlang is engaged in the delivery of goods and documents to all corners of Indonesia. Increasing competition in the business world, makes companies think of an appropriate strategy, in order to win the competition. One of them is by creating a close relationship between companies and consumers by providing a fast and precise administrative service system. We need a system that can handle this problem by creating a website-based application using E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). The formulation of the problem is how to design a system to improve its performance so that this expedition system can be superior. The purpose of this research is to design the delivery of goods so that it is more organized and can run well by using E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). The result is an application that is made according to plan, which can be accessed by both the company and the customer.PT Cahaya Cemerlang yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang dan dokumen ke seluruh pelosok Indonesia. Meningkatnya kompetisi di dalam dunia bisnis, membuat perusahaan memikirkan sebuah strategi yang tepat, agar dapat memenangkan kompetisi tersebut. Salah satunya dengan membuat hubungan yang dekat antar perusahaan dengan konsumen dengan memberikan sistem pelayanan yang cepat dan tepat administrasi.  Dibutuhkan suatu sistem yang dapat menangani masalah tersebut dengan membuat aplikasi berbasis website dengan menggunakan E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). Tujuan penelitan adalah untuk merancang suatu sistem pengiriman barang guna meningkatkan kinerja sistem sehingga sistem ekspedisi ini dapat lebih unggul.  Hasilnya sebuah aplikasi yang dibuat sesuai dengan rencana yaitu dapat diakses baik oleh perusahaan dan customer
RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PENJUALAN BARANG DI TOKO MAINAN LOVELLA TOYS Agustinus Rio Trilaksono; Tati Sukmawati; Dwi Siswati
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.376

Abstract

Companies that master technology and information will be able to master and become leaders in their field of business. By utilizing information technology, companies can run business processes more quickly and can process data more accurately. Lovella Toys Toy Store is a company engaged in selling toys for hobbies. Recording of sales that still uses Manual Notes for proof of transactions every day, and then at the end of the sale will be input into a Microsoft Excel file. It can make the data inaccurate because can be an input error that causes the transaction not input correctly in the Sales Data Format. A web-based computerized system is needed so that every piece of information provides added value to the process of quality management, decision-making, and problem-solving along with a competitive advantage that is useful for sales activities. This study uses qualitative research methods using field research approaches and library research in its data collection methods. The results are in the form of a web-based monitoring data processing system prototype which is expected to minimize and even solve current problems.Dengan memanfaatkan teknologi informasi, perusahaan dapat menjalankan proses bisnis dengan lebih cepat dan dapat mengolah data dengan lebih akurat. Toko Mainan Lovella Toys merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk berupa mainan untuk hobi. Pencatatan penjualan yang masih menggunakan Nota Manual untuk tanda bukti transaksi setiap harinya, dan kemudian pada saat akhir penjualan akan di masukan kedalam file Microsoft Excel. Hal ini dapat membuat data bisa dikatakan tidak akurat, karena adanya salah penginputan yang menyebabkan transaksi tidak terinput secara benmar di Format Data Penjualan. Dibutuhkan sistem yang terkomputerisasi berbasis web agar setiap informasi memberikan nilai tambah terhadap proses kualitas manajemen, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah serta keunggulan kompetitif yang berguna bagi kegiatan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dalam metode pengumpulan datanya. Hasil penelitian berupa purwarupa sistem pengolahan data monitoring berbasis web yang diharapkan dapat meminimalisir bahkan menyelesaikan masalah – masalah yang terjadi saat ini.
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG ALAT TULIS KANTOR (ATK) BERBASIS WEB PADA PT SUMBER NIAGA PRATAMA Jelman Nasri; Rahmad Fitri; Jamasto Kurniawan Adi
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.322

Abstract

One of the pieces of information needed by the company is inventory information. The warehouse department must record every time a transaction occurs, both incoming and outgoing goods and stock of goods. This requires accuracy from the warehouse department so that there are no errors in the stock request report which will be a problem for the company. PT. Sumber Niaga Pratama is a company engaged in trading office stationery. Currently often experience error information in its inventory system. These information errors resulted in delays in preparing stock reports, usage, and ordering of goods. The purpose of this research is to design a web-based inventory information system (ATK). The research method used is field research, with data collection techniques through observation and interviews. The results of the research are in the form of a prototype of a web-based inventory information system that can be applied at PT Sumber Niaga Pratama..Salah satu informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yaitu informasi mengenai persediaan barang. Bagian gudang harus mencatat setiap kali terjadi transaksi baik barang yang masuk ataupun barang yang keluar serta stok barang. Hal ini membutuhkan ketelitian dari bagian gudang agar tidak terjadi kesalahan dalam laporan permintaan stok yang akan menjadi masalah bagi perusahaan. PT. Sumber Niaga Pratama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan alat tulis kantor. Saat ini sering mengalami kesalahan informasi dalam sistem persediaannya. Kesalahan-kesalahan informasi tersebut, mengakibatkan lambatnya pembuatan laporan stok, pemakaian dan pemesanan barang. Tujuan Penelitian ini adalah merancang sistem informasi persediaan barang (ATK) berbasis web. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian berupa purwarupa sistem informasi persediaan barang berbasis web yang dapat diimplementasikan di PT Sumber Niaga Pratama
RANCANGAN SISTEM INFORMASI LAPORAN HASIL PENGUJIAN QUALITY CONTROL BERBASIS WEB Harun Ar-Rasyid; Rizky Tri Asmono; Arif Rismanto
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.324

Abstract

Quality control (QC) is one of the most dynamic activities and one that is needed to provide good product quality. PT. You currently have a place or place to check product quality called Quality Control. Where for each food ingredient make product, the QC Admin takes a few samples to check the quality of the food. Then it is made into a report to the Auditor as a supervisory body and analysis the feasibility of food to consumed healthily. The process of making a report on the results of this test still uses records in the form of book documents and formats in the data collection process. So in the delivery process, it often experiences many delays not according to the report target. The purpose of this research is to design a web-based quality control test report information system to make it easier to make reports so that they are faster and more precise. This research conducted using qualitative methods by conducting field studies. The collection technique used was observation and interviews. The results of the research are in the form of web-based application prototypes so that Admins or users can make data input in the form of material data, media data, retrieval data, and testing data that have been carried out as a result of products that have been tested properly, by making input reports as real data in a report which will be given to the head of QC as the person in charge. Reports given to the Head of QC include request data, data collection, and product testing data that has been input by the admin.Quality control (QC) merupakan salah satu kegiatan yang paling dinamis dan salah satu yang dibutuhkan untuk memberikan kualitas mutu produk yang baik. PT. Saudara pada saat ini memiliki sebuah tempat atau wadah untuk mengecek kualitas produk yang disebut Quality Control.  Dimana setiap bahan pangan untuk membuat produk, maka Admin QC mengambil sedikit sampel guna mengecek kualitas bahan pangan tersebut. Selanjutnya dijadikan menjadi sebuah laporan kepada Auditor sebagai badan pengawasan dan pengecekan kelayakan pangan untuk di konsumsi secara sehat. Proses pembuatan laporan hasil pengujian ini masih menggunakan pencatatan berupa dokumen buku dan form pada proses pendataannya. Sehingga dalam proses penyampaiannya sering mengalami banyak keterlambatan tidak sesuai target laporan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi laporan pengujian quality control berbasis web guna memudahkan dalam pembuatan laporan agar lebih cepat dan tepat. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan melakukan studi lapangan. Teknik pengumpulan yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa purwarupa aplikasi berbasis web agar Admin atau user dapat membuat penginputan data berupa data material, data media, data pengambilan, data pengujian yang telah di lakukan sebagai dari hasil produk yang telah diuji baik, dengan membuat laporan penginputan sebagai data real dalam sebuah laporan yang akan di berikan kepada kepala QC sebagai penanggung jawab. Laporan yang diberikan kepada Kepala QC antara lain data permintaan, data pengambilan dan data pengujian hasil produk yang telah di input oleh admin
RANCANGAN APLIKASI KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) PENILAIAN KINERJA PURCHASING Dartono Dartono; Dhila Franzely Dhimas Putra; Sumarno Situmeang
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.350

Abstract

Every company has goals, plans, and dreams about the future of the company. This vision and mission can be achieved if there is a measurement strategy as a measuring tool for achieving the company's vision and mission. Purchasing KPI is assessed from the results of the assignment performance given starting from the assignment of purchase requests, and purchase orders to warehouse receipts put together in one report. This assessment is required regularly, be it annually, every six months, or every three months every month. The goal of this research is to design purchasing performance appraisal applications as a basis for assessing and evaluating performance target achievements. The research method uses qualitative research by collecting data using observation techniques, interviews, and literature study. The results are in the form of a prototype of a performance appraisal application that makes it possible to monitor employee performance. The results of monitoring and assessment will be able to improve employee performance.Setiap perusahaan mempunyai  tujuan (goal), rencana (planning) dan impian (dream) tentang masa depan perusahaannya. Visi dan misi ini dapat dilakukan jika adanya strategi pengukuran sebagai alat ukur tercapainya visi dan misi perusahaan. KPI bagian purchasing dinilai dari hasil kinerja penugasan yang diberikan apakah tepat waktu mulai dari penugasan purchase request, purchase order sampai  warehouse receipt dijadikan dalam satu report. Penilaian ini dilakukan secara berkala, baik itu per tahun, per enam bulan, per tiga bulan hingga per bulan. Tujuan penelelitian adalah merancang aplikasi penilaian kinerja purchasing sebagai dasar dalam menilai dan mengevaluasi capaian target kinerja. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian berupa purwarupa aplikasi penilaian kinerja yang memungkinkan untuk memantau kinerja pengawai dan hasil pemantauan dan penilaian tersebut akan dapat meningkatkan kinerja karyawan.
RANCANGAN WEBSITE SISTEM E-GOVERNMENT PELAYANAN DAN PERMOHONAN SURAT ONLINE “SIPADU” RC Esti Nursumaryanti; Luluk Harjanto; Nofa Riski Adriansyah
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 2 (2023): JURNAL JRIS EDISI JULI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no2.352

Abstract

Public service is the fulfillment of the desires and needs of society by state administrators. Public service activities at RW 04 Kapuk Poglar West Jakarta include citizen data collection, monitoring, community services, and activity information. Until now, the process of public services implementation still uses records through books and paper, so that the information provided is not conveyed to all residents of RW 04. A website-based information system is required to meet these needs. The application of e-government plays a critical role in improving the quality of public services and can overcome existing problems. The purpose of this study was to design a website-based service information system and application letter "sipadu" at RW 04 Kapuk Poglar. The type of research used is qualitative research, while data collection is carried out by field studies using observational data collection techniques, interviews, and literature study. The result is a system that can simplify and speed up the process of making letters and processing community administrations.Pelayanan publik merupakan pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh penyelenggara negara. Kegiatan pelayanan publik di RW 04 Kapuk Poglar Jakarta Barat diantaranya kegiatan pendataan warga, pemantauan dan pelayanan masyarakat serta informasi kegiatan. Hingga saat ini proses pelayanan publik yang dilakukan masih menggunakan pencatatan melalui buku dan kertas, sehingga informasi yang diberikan ada yang tidak tersampaikan ke seluruh warga RW 04.  Dibutuhkan sistem informasi berbasis website yang dapat memenuhi kebutuhan kebutuhan tersebut. Penerapan e-government pada sektor pemerintahan sangat berperan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan dapat mengatasi masalah yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi pelayanan dan permohonan surat online “sipadu” di RW 04 kapuk poglar berbasis website. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan menggunakan teknik pengumpulan data pengamatan, wawancara dan studi pustaka. Hasilnya berupa sistem yang dapat mempermudah dan mempercepat proses pelayanan pembuatan surat maupun pengolahan administrasi kependudukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10