cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
ainarajiepp@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
ainarajiepp@gmail.com
Editorial Address
Ainara Press, Jln. Lintas Sumbawa, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
ISSN : 27757854     EISSN : 27757854     DOI : https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2
JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Desain sistem Pembelajaran, serta Makalah Ilmiah Hasil Penelitian bidang Ilmu Pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)" : 5 Documents clear
Kajian Konseptual Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Cintia Rinjani; Fauza Izza Wahdini; Elvira Mulia; Supratman Zakir; Siska Amelia
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.186 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.102

Abstract

Pada artikel ini memaparkan kajian isi jurnal dari beberapa hasil penelitian yang difokuskan pada model pembelajaran wors square. Hasil jurnal penelitian yang dianalisis berdasarkan hasil penelurusuran database jurnal online. Pada artikel ini jurnal yang dikaji berjumlah kurang lebih 10 jurnal nasional yang berfokus pada model pembelajaran word square. Hasil dari kajian konsep dari beberapa jurnal bahwa model word square merupakan pengembangan dari model pembelajaran ceramah. Peserta didik diharapkan bisa selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai dengan dirinya. Guru hanya berfungsi sebagai mediator, fasilitor dan teman yang membuat situasi yang kondusif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan pada diri peserta didik. Word Square ini akan memperkuat metode pembelajaran  ceramah. Selain itu hasil kajian pada jurnal dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil penelitian word square juga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar.
Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Matakuliah Apresiasi Sastra Taufik Taufik; M. Nur Imansyah; Eka Yulianti
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.698 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.104

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul efektivitas penggunaan buku ajar sastra lisan suku Mbojo untuk matakuliah apresiasi sastra. Tujuan penelitian ini yakni untuk menilai keefektivan sebuah buku ajar yang memandukan budaya lokal yang berfokus pada sebuah model pembelajaran yang kooperatif. Metode yang digunakan pada penelian ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D Models (4-D). Hasil penilaian kelayakan oleh validator isi sebesar 80.72% (sangatlayak) dan validator media pembelajaran sebesar 91.51% (sangat layak). Uji efektivitas menunjukkan bahwa buku ajar tersebut efektif meningkatkan hasil belajar dibanding dengan buku ajar lain.
Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa SMK M. Nur Imansyah
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (913.968 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.105

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Variabel X pengaruh penggunaan media edmodo sebagai variabel bebas dan Variabel Y hasil belajar siswa sebagai variabel terikat, adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X TKJ yang berjumlah 36 orang, sehingga dalam penelitian ini menggunakan “teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu”, Berdasarkan uraian dan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media edmodo terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Dompu dengan uraian 1) Terdapat pengaruh penggunaan media edmodo yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) Dengan hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 8,519 dan nilai ttabel sebesar 1,690 dengan angka signifikansi 0,05% yang berarti pengaruh penggunaan media edmodo terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Dompu, sehingga hipotesis yang diajukan Diterima.
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation Enung Nurhasanah
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.496 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.106

Abstract

Objek kajian adalah ini media flashcard. Masalah yang dijawab dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran flashcard huruf hijaiyah terhadap hasil belajar santri kelas iqro satu The Gold Generation”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media flashcard huruf hijaiyah terhadap hasil belajar santri kelas iqro satu The Gold Generation. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan one shot case study, bentuk penelitian ini menggunakan satu kelompok dan diberikan perlakuan, kelompok yang diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan penggunaan media flashcard. Adapun tehnik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket, dan tes, serta tehnik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis, dan fokus penyajian dalam penelitian ini adalah (1) penggunaan media flashcard, (2) pemberian tes di iqro satu huruf hijaiyah. Data tersebut dianalisis dengan mengunakan metode statistik yaitu dengan perhitungan uji normalitas dengan nilai X2 hitung 135,659 > X2 tabel 11,070 dari hasil chi kuadrat hitung lebih besar dari chi kuadrat tabel maka data berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian dilakukan menggunakan uji hipotesis atau t-tes yaitu dapat melihat pengaruh penggunaan media flashcard huruf hijaiyah, pernyataan tersebut ditandai dengan nilai thitung 10,610> tabel 1,711 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan taraf 0,05 atau 5% pada penggunaan media flashcard huruf hijaiyah terhadap hasil belajar santri iqro satu The Gold Generation tahun pembelajaran 2021.
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah Asmedy Asmedy
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.039 KB) | DOI: 10.54371/jiepp.v1i2.107

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran possing problem berkelompok dan metode ceramah. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Donggo semester ganjil pokok bahasan sistem persamaan linier tahun pelajaran 2021/2022 yang diajar menggunakan model pembelajaran possing problem berkelompok dan metode ceramah. Merupakan penelitian eksperimen. Hasil penilaian bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel dengan taraf signifikansi 5% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesisnya berbunyi “Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Donggo semester ganjil pokok bahasan sistem persamaan linier tahun pelajaran 2021/2022 yang diajar menggunakan model pembelajaran possing problem berkelompok dan metode ceramah”.

Page 1 of 1 | Total Record : 5