cover
Contact Name
Tantri Puspita Yazid
Contact Email
tantri.yazid@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6281363205292
Journal Mail Official
jkms@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Kampus Bina Widya, Jl. H.R. Subrantas KM. 12,5 Simp. Baru Pekanbaru-Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Riau
ISSN : 2252665x     EISSN : 27161889     DOI : https://dx.doi.org/10.35967/jkms
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication Communication Strategy in Libraries Educational Communication Communication development Health Communication Environmental Communication Media Law Media and Cultural Studies Media and Community Networks Media Technology Media Influence Visual Communication Media Literacy Communications and Policy Other applied Media and Communication fields
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
PERUBAHAN DARI MEDIA LAMA KE MEDIA BARU: TELAAH TRANSFORMASI PLATFORM MULTIMEDIA Melvia Meifitri; Elik Susanto
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v9i1.7390

Abstract

Tulisan ini membahas tentang tren perubahan platform media lama yakni TV dan Koran ke media baru seperti sosial media. Dimana hampir semua media massa kini menerapkan sistem multimedia atau media yang mencakup banyak tipe. Kini media tidak bisa hanya mengandalkan satu jenis basis atau bentuk, tapi harus mengikuti perkembangan zaman dengan bertransformasi ke beberapa bentuk (multi-platform). Perkembangan teknologi, ditambah dengan semakin mudahnya mendapatkan koneksi Internet dan mewabahnya penggunaan telepon genggam serta sosial media, menjadikan perubahan bagi media sebagai suatu keniscayaan. Perubahan dan perluasan bentuk media ini juga berkaitan dengan alasan ekonomi dan jangkauan sosial. Ekspansi bisnis menjadi salah satu motif dalam perluasan bentuk media.
GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENERAPKAN FUNGSI DAN PERAN PUBLIC RELATIONS DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU Muammar Revnu Ohara; Noor Efni Salam; Nurjanah Nurjanah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v9i1.7395

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan dalam menerapkan peran dan fungsi public relations di lingkungan Universtas Lancang Kuning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dari penelitian ini terdiri dari 8 orang yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan Staff Humas Unilak dengan menggunakan teknik pemilihan informan purposive sampling,  sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan fungsi dan peran public relations di lingkungan Unilak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam mencapai keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pimpinan Universitas Lancang Kuning yaitu Rektor memiliki gaya kepemimpinan yang cenderung mengarah kepada Teori Y yang menganggap bahwasanya memandang manusia sebagai organisme biologis yang tumbuh, berkembang dan melakukan pengendalian terhadap diri sendiri.
KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PETUGAS LAPAS DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS II A PEKANBARU Zefa Destiana; Muhammad Firdaus; Anuar Rasyid
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v9i1.7391

Abstract

Komunikasi Antarpribadi, Pembinaan, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan Pendekatan Komunikasi antarpribadi Petugas Lapas dan Pola komunikasi petugas lapas dalam Pembinaan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pekanbaru. Melalui metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teori Interactional View menunjukkan bahwa setiap individu tidak bisa tidak berinteraksi, Interaksi komunikasi yang terjalin antara petugas dengan narapidana berjalan dengan baik. komunikasi tidak dapat dihindari dan pasti terjadi. Komunikasi yang terjadi di dalam Lapas berpusat pada area pekerjaan dan kegiatan narapidana. Pendekatan komunikasi interpersonal petugas dan narapidana dalam pembinaan dengan pendekatan teknik komunikasi informative untuk menyampaikan  informasi: Seputar kegiatan Pembinaan, penyuluhan serta kegiatan-kegiatan lainnya. Teknik komunikasi persuasive untuk mengajak dan membujuk narapidana dalam mengikuti kegiatan antaranya:  Pembinaan kerohanian, dan teknik komunikasi instruktif pembinaan kemandirian. Pendekatan menggunakan metode AIDDA (attention, interest, desire, decision, action). Pola komunikasi petugas lapas dengan narapidana adalah pola komunikasi sekunder, yaitu menggunakan komunikasi media: surat, papan pengumuman, audio.
MANAJEMEN KOMUNIKASI COMMUNITY DEVELOPMENT PT. RIAU ANDALAN PULP AND PAPER DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI PADA PROGRAM SISTEM PERTANIAN TERPADU DAN PROGRAM USAHA KECIL MENENGAH) Della Oktavinoarti; Welly Wirman; Anuar Rasyid
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v9i1.7396

Abstract

Manajemen komunikasi yang efektif dan efisien diperlukan dalam program community development untuk pencapaian pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses komunikasi dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program CD PT. RAPP dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan dari penellitian ini terdiri dari 13 orang, sedangkan objek dari penelitian ini adalah Manajemen Komunikasi Community Development PT. RAPP Dalam Pemberdayaan Ekonomi Mayarakat (Studi Pada Program Sistem Pertanian Terpadu dan Program Usaha Kecil Menengah). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses komunikasi dalam perencanaan CD PT. RAPP dimulai dari mereview kegiatan tahun lalu, membuat draft perencanaan selanjutnya, rembuk desa. Komunikasi dalam pelaksanaan CD PT. RAPP melakukan survei, pembuatan proposal, administrasi, memberikan pelatihan dan bantuan kepada masyarakat. Komunikasi dalam pengawasan CCD PT. RAPP dilakukan setiap tahun oleh tim auditor dan evaluasi dapat dilihat melalui community statifaction surveys (CSS) yang dilakukan oleh pihak ketiga program CD setiap dua tahun sekali.
INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PT INDOSAT DALAM MENSOSIALISASIKAN PERUBAHAN CORPORATE IDENTITY KEPADA PUBLIK Annisarizki Annisarizki; Tselvina Utamy
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v9i1.7392

Abstract

Corporate Identity merupakan suatu elemen perusahaan yang harus diketahui oleh khalayak sebagai tanda pengenal yang memungkinkan perusahaan dikenal atau dibedakan dari perusahaan yang lainnya. Dalam hal ini, Indosat telah bertransformasi dengan melakukan rebranding Indosat menjadi Indosat Ooredoo sehingga perlu merancang dan mengorganisasi informasi terkait rebranding melalui sebuah konsep Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam sosialisasi perubahan corporate identity yang dilakukan oleh marketing communication Indosat Ooredoo untuk memberikan kesadaran dan pengetahuan akan merek melalui Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu advertising melalui media above the line (ATL) dan below the line (BTL), direct marketing dan pemasaran interaktif melalui gerai dan mitra outlet, sales promotion melalui promo internet, personal selling melalui penjualan di outlet dan public relations melalui launching, publisitas, gathering dan event.
STRATEGI KOMUNIKASI KOMISIONER KOMISI INFORMASI PROVINSI RIAU DALAM MENYELESAIKAN KASUS SENGKETA INFORMASI Urai Sri Martina; Belli Nasution; Suyanto Suyanto
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v9i1.7397

Abstract

Tulisan ini bertujuan Untuk mengungkapkan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi komisioner komisi informasi Provinsi Riau dalam menyelesaikan sengketa informasi dan untuk mendeskripsikan model komunikasi yang digunakan komisioner komisi informasi provinsi riau dalam menyelesaikan sengketa informasi publik. Hasil Penelitian menunjukkan pada Perencanaan Strategi Komisioner: melakukan Sosialisasi UU keterbukaan informasi kepada Masyarakat, Mempelajari Bahan sengketa. Pelaksanaan Strategi ada 4 hal: Pendaftaran, Pemeriksaan awal (Legal standing pemohon, termohon, waktu pelaksanaan dan kewenangan KI Provinsi Riau), Mediasi dan Ajudikasi Non Litigasi. Evaluasi Strategi: sosialisasi dan memeriksa PPID setiap Badan Publik dan agenda tahunan KI Award. Model Komunikasi Komisioner dalam menyelesaikan Sengketa Informasi menggunakan Teori Komunikasi Sirkuler Osgood dan Schramm saat mediasi atau Ajudikasi Non litigasi.
OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM #2019GANTIPRESIDEN VS #2019TETAPJOKOWI Raja Hendra Muhammad; Belli Nasution; Suyanto Suyanto
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v9i1.7388

Abstract

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, tau koran dibutuhkan modal besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial dimana seorang user bisa mengakses dengan jaringan internet tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri. Pengguna media sosial bebas mengedit,menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya. Mencermati lebih jauh, media sosial telah menjelma menjadi jenis komunikasi baru dalam tataran komunikasi massa yang paling banyak digunakan secara universal. Konsep media sosial tersebut pada dasarnya telah dipaparkan dalam artikel di Universitas Harvard pada Tahun 1966 atau 51 tahun yang lalu oleh seorang peneliti yang melakukan studi komunikasi persuasif yaitu ernest dichter, yang ternyata ada hubungannya dengan trend media sosial saat ini. Secara umum adaempat hal penting ditemukan oleh Ernest Dichter mengenai motivasi seseorang mengkomunikasikan sebuah hal baru (yang dapat diartikansebagai sebuah brand, yaitu : Pertama, publik senang membicarakan sebuah brand karena pengaruh produk itu sendiri (33% dari total populasi); Kedua, pengaruh dalam diri sendiri (24%); Ketiga, pengaruh diluar diri sendiri (20%); Keempat, Isi pesan itu sendiri (20%) (detik.com).
STRATEGI HUMAS DALAM MEMPROMOSIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU Muhammad Untung Surapati; Anuar Rasyid; Nurjanah Nurjanah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v9i1.7393

Abstract

Strategi humas, bentuk promosi dan kendala humas dalam promosi.Pendidikan merupakan aspek terpenting dari proses pembangunan nasional yang ikut menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara serta investasi yang memiliki manfaat ekonomi dan sosial jangka panjang bagi individu, masyarakat luas maupun bagi negara. Berdasarkan Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Pasal 31 ayat (1), bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal. Untuk mencapai tujuan tersebut, Negara wajib menyediakan layanan pendidikan bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama dan gender.Menurut Cutlip, proses PR (public relations) mengacu kepada pendekatan manajerial. Proses perencanaan strategis dalam public relations ini terdiri dari: Fact Finding, Planning, communication, dan evaluation. Kasali mengadaptasinya menjadi: Pengumpulan fakta, definisi permasalahan, perencanaan dan progam, aksi dan komunikasi serta evaluasi. Promosi adalah salah satu elemen bauran pemasaran yang menggunakan prinsip komunikasi yang terencana dalam mempengaruhi pembeli.

Page 1 of 1 | Total Record : 8