cover
Contact Name
Salman Alfarizi
Contact Email
salman.slz@bsi.ac.id
Phone
+62212121231170
Journal Mail Official
jurnal.simpatik@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No 98, Senen, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Simpatik: Jurnal sistem Informasi dan Informatika
ISSN : -     EISSN : 27771024     DOI : https://doi.org/10.31294/simpatik
Core Subject : Science,
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika adalah Jurnal Ilmu Komputer yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kabupaten Karawang. Nomor ISSN (Elektronik): 2777-1024 yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Awal terbit tahun 2021. Periode Penerbitan dua kali dalam setahun Juni dan Desember. Jurnal ini di publikasikan secara nasional dengan menggunakan Open Journal System (OJS). Redaksi menerima naskah berupa artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Sistem Informasi, Data Mining, Sistem Pakar, Web Programming, Teknologi Komputer, Mobile Programming.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022" : 8 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Restoran Burger King Lotte Shopping Avenye Jakarta Wibby Sujana
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/simpatik.v2i1.1068

Abstract

Persediaan barang, baik bahan jadi maupun bahan baku merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan. Burger King merupakan salah satu restoran cepat saji yang tidak hanya menjual burger saja, tetapi juga makanan ataupun minuman lainnya. Tentunya pencatatan maupun pengelolaan persediaannya menjadi pokok dalam menjalankan kegiatan penjualan sehari-harinya.Diperlukan sistem informasi yang dapat memudahkan pencatatan persediaan tersebut. Dalam hal ini, sistem berbasis Web cukup tepat sebagai pilihan yang digunakan. Web merupakan media yang saat ini cukup erat dalam setiap aktivitas sebuah bidang usaha. Hanya dengan bermodalkan internet, sistem informasi berbasis Web dapat diakses dengan mudah tanpa diperlukannya installasi yang terkadang memiliki beberapa kesulitan dan kendala terkait spesifikasi perangkat keras yang digunakan. Oleh karena itu, penulis bertujuan merancang suatu Sistem Informasi berbasis Web, supaya Admin selaku orang yang melakukan pembukuan arus transaksi dalam pengelolaan persediaan dapat melakukan pekerjaannya lebih efektif dan efisien. Dan diharapkan juga dari sisi setiap pihak terkait persediaan bisa mengakses dan melihat mutasi persediaan yang tercatat dalam kegiatannya.
Implementasi Teknologi Cloud Computing Pada PT Zurich Topas Life Jakarta Yusroni; Anton
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/simpatik.v2i1.1110

Abstract

Pandemi Covid 19 menuntut pelaku bisnis bergerak cepat untuk menyesuaikan lini bisnis dengan keadaan yang terjadi. Pembatasan regulasi kehadiran karyawan dalam Gedung perkantoran mengharuskan Perusahaan menerapkan flexible working, bekerja dari kantor dan bekerja dari rumah untuk karyawannya. Cloud Computing merupakan Jawaban tepat atas kebutuhan itu. Cloud Computing adalah model Infrastruktur jaringan yang efektif, efisien dan mengutamakan keamanan Jaringan menjadi hal wajib di era sekarang ini (Rumetna, 2018). Karyawan tidak harus datang ke kantor untuk bekerja, namun bisa mengerjakan pekerjaan dari rumah. Dengan menerapkan cloud computing, maka perbedaan bekerja di kantor dan di rumah tidak lagi menjadi suatu hambatan. Analisis Infrastruktur Jaringan yg digunakan oleh ZTL untuk mendukung karyawan yg dalam menerapkan flexible working, mengetahui apakah Infrastruktur yang digunakan sudah tepat dengan kebutuhan pengguna, serta apa saja yang bisa ditingkatkan, mengetahui solusi dari Permasalahan Infrastruktur Jaringan yang digunakan. Pembahasan Internet breakout di kantor ZTL untuk keperluan optimalisasi bandwith data yang digunakan. Bagaimana teknologi VPN yang digunakan oleh karyawan ZTLdapat membantu agar data karyawan tetap aman selama bekerja, serta model cloud yang cocok untuk karyawan yang diterapkan perusahaan
Analisa dan Evaluasi Kepuasan Guru Sebagai Pengguna NataKelas Menggunakan PIECES Framework Aryo Tunjung Kusumo
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/simpatik.v2i1.1178

Abstract

Adanya penerapan pembelajaran jarak jauh di sekolah selama pandemi covid mengharuskan sekolah menggunakan media pembelajaran secara daring. Salah satu media pembelajaran daring yaitu NataKelas. NataKelas menjadi wadah bagi para guru, siswa serta orangtua siswa untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh.  Penelitian ini menerapkan PIECES Framework untuk mencari tingkat kepuasan serta tingkat kepentingan selama menggunakan NataKelas. PIECES framework menerapkan enam aspek berupa performances, informations, economy, control, efficiency and service.  Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan metode PIECES framework dalam mengevaluasi NataKelas memperoleh tingkat nilai kepuasan dari keenam aspek. Dari aspek Performance mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,37 dengan predikat sangat puas,  aspek Informations mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,41 dengan predikat sangat puas, aspek Economics mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,49 dengan predikat sangat puas, aspek Controls mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,41 dengan predikat sangat puas, aspek Efficiency mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,55 dengan predikat sangat puas dan aspek Service mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,45 dengan predikat sangat puas
Implementasi Fitur Ynr-D Pada Sistem Informasi Penyewaan Bus Berbasis Web Pada Pt.Andalas Galuh Praja Herlan Sutisna; Tyo Maulana Sidik; Haerul Fatah
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/simpatik.v2i1.1202

Abstract

PT. Andalas Galuh Pradja adalah perusahaan yang bergerak dibidang transportasi umum, termasuk salah satunya di bidang pariwisata. Banyaknya persaingan dengan penggunaan teknologi informasi saat ini cenderung meningkat, dari tahap penyewaan hingga kelebihan dari apa yang perusahaan berikan kepada Client. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan metode observasi, penelitian, wawancara dan studi kepustakaan, penelitian ini pun menggunakan metode waterfall. Hasil dan manfaat dari sistem informasi sewa bus dengan penambahan fitur terbaru ini, diharapkan dapat membantu client dalam penyewaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi lebih efisien karena sudah terkomputerisasi, selain itu perusahaan PT. Andalas Galuh Pradja juga menyediakan fitur informasi kendaraan yang disewa oleh Client sebagai informasi tambahan agar Client merasa lebih aman dan nyaman serta meminimalisir resiko kecelakaan kerja baik yang disebabkan oleh human error hingga kesalahan pada mesin yang digunakan. Semua itu dibutuhkan baik oleh Client untuk mempermudah dan perusahaan untuk mengoptimalkan layanan.
Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Muhammad Faittullah Akbar; Ahmad Fauzi
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/simpatik.v2i1.1207

Abstract

Penerimaan siswa baru merupakan sebuah proses yang yang berguna untuk menyaring calon siswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh sekolah tersebut untuk menjadi siswa didiknya. Pada umumnya proses penerimaan siswa baru melalui tahapan pendaftaran, tes seleksi, dan pengumuman penerimaan siswa. Penelitian ini tertuju pada salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tegal yang selama ini masih menggunakan Microsoft Office Excel, yang memungkinkan masih banyak kekurangan data, penghitungan nilai tes secara manual yang memungkinkan terjadinya kesalahan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu dalam proses penerimaan siswa baru. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu membangun sistem informasi penerimaan siswa baru di Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tegal yang dapat menyajikan informasi yang akurat serta efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu program sistem aplikasi. Manfaat dari pembuatan sistem informasi ini adalah memberikan kemudahan bagi Sekolah maupun siswa itu sendiri. Metode  yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, wawancara, analisis, perancangan, uji coba dan implementasi. Hasil kesimpulannya diharapkan dapat terbangunnya sistem informasi penerimaan siswa baru yang berbasis web.
Penerapan Metode Proses Analitik Hirarki (AHP) Dalam Menentukan Jasa Ekspedisi Pada Market Place Heru Purwanto; Riswandi Ishak
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/simpatik.v2i1.1251

Abstract

Sejak pandemi covid 19 market place menjadi peluang altenatif bagi pelaku usaha untuk dapat tetap bertahan dan bersaing dalam melakukan bisnis. Pengiriman barang menjadi bagian penting.dimana upaya penjual dalam mengirimkan paket pesanan sampai kepada konsumen dan menjadi sebuah kepuasan bagi konsumen untuk dapat berbelaja kembali. Dalam pengambilan keputusan sering kali dihadapkan dengan banyaknya pilihan yang membingungkan,terutama dalam pemilihan jasa ekspedisi. Pemilihan jasa ekpedisi menjadi point utama dalam mendukung proses bisnis. Penelitan dilakukan pada Toko Saburohojo sebuah usaha asesoris untuk kendaraan bermotor yang beralamat di jl. Raya Hankam No 54 Pondok gede. Ada tiga ekspedisi yang digunakan yaitu Sicepat, JNE dan J&T .Tujuan dari penelitian ini memberikan kriteria yang lebih penting untuk menentukan alternatif jasa ekspedisi. Penelitian ini menggunakan metode Proses Analitik Hirarki (AHP). Level tingkat kepentingan menggunakan data kuesioner dari data yang dibandingkan secara berpasangan . Kriteria Harga menjadi kriteria paling tinggi dalam penelitian ini dibandingakan dengan kriteria lokasi, layanan dan tanggapan.Sedangkan kriteria tanggapan yang memiliki sub kriteria klaim barang lebih penting dari sub kriteria pesanan dan tracking barang sedangkan kriteria layanan dimana barang hilang memiliki level lebih penting dari barang rusak dan kecepatan pengiriman untuk masing-masing subkriteria . Kriteria- kriteria ini digunakan untuk menentukan pilihan terbaik dari jasa ekspedisi sehingga dari hasil perhitungan tiga alternative didapatkan peringkat teratas adalah Ekspedisi Sicepat dengan perolehan nilai 0,546933
Perancangan Sistem Informasi Monitoring Capaian Kinerja Pegawai Di Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya Kiki Ridwan Ardiansyah; Nicodias Palasara
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/simpatik.v2i1.1311

Abstract

Pusat Statistik ialah lembaga pemerintah non departemen yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Tubuh Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satunya. BPS Kab. Tasikmalaya sendiri telah melaksanakan pencatatan serta pengolahan informasi mulai dari informasi kependudukan, pertanian sampai sosial. Pengolahan informasi ialah aktivitas yang tidak hendak terpisahkan dari pekerjaan BPS, namun dalam pengolahan tersebut masih kerap terjalin keterlambatan pengumpulan tugas itu diakibatkan sebagian aspek, salah satunya merupakan kinerja dari pegawai. Memperhitungkan pekerjaan pegawai ialah perihal yang butuh dicermati oleh suatu lembaga paling utama didalam melaksanakan tugas. Seseorang pegawai wajib bertanggungjawab terhadap pekerjaanya. di BPS Kab. Tasikmalaya sendiri masih terjalin permasalahan keterlamabatan dalam pengumpulan informasi, pengolahan informasi ataupun pembagian anggaran. Tujuan dari Penelitian merupakan membuat aplikasi simpel buat bisa membongkar permasalahan. Pada Penelitian ini penyusun membuat suatu sistem monitoring kinerja pegawai serta anggaran berbasis website memakai model pengembangan waterfall serta bahasa pemograman PHP dengan database MySQL. Hasil sistem monitoring kinerja pegawai berbasis website ini pegawai dapat memandang sepanjang mana pekerjaan yang telah mereka kerjakan sehingga nanti dapat nampak progress pekerjaanya, serta pula sistem ini dapat mengenali jumlah anggaran sesuatu aktivitas yang nantinya dapat dialokasikan kepada petugas ataupun mitra BPS cocok dengan beban kerjanya.
Sistem Informasi Pengelolaan Zakat dan Infaq Berbasis Website Pada Baznas Karawang Dini Sri Haryati; Dede Firmansyah
Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/simpatik.v2i1.1315

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun islam yang memiliki banyak manfaat baik bagi masyarakat. Terbentuknya lembaga atau badan pengelola ZIS(Zakat, Infaq dan Sodaqoh sesuai UUD yaitu BAZNAS(Badan Amil Zakat Nasional), dalam hal ini pengelolaan ZIS disetiap BAZNAS. Pada BAZNAS Kab. Karawang kegiatan pengelolaan ZIS masih menggunakan cara yang konvensional atau manual dari tiap lembaran bukti penerimaan dan pengeluaran ZIS. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi , Wawancara dan Studi Pustaka. Untuk mengatasi permasalahan dari sistem berjalan yang ada pada Baznas Karawang, penulis menyarankan untuk proses penerimaan dan pengeluaran ZIS dilakukan dengan menggunakan sistem yang sudah terkomputerisasi berupa sebuah sistem berbasis web yang di bangun dengan bahasa pemrograman HTML, CSS, Boostrap dan PHP serta untuk database nya  menggunakan MySQL serta web service  menggunakan Local Server Apache. Sistem ini dibangun untuk memudahkan pengelolahan data muzakki, data mustahik dan pengelolaan transaksi, Sistem dirancang dapat melakukan  pengolahan data yang mudah dan akurat, Pembagian kerja antar amil lebih professional dan efektif karena sistem ini bersifat server dan client server, Data yang telah disimpan dapat dipergunakan untuk jenjang waktu yang lama, serta laporan ZIS dapat digunakan sebagai bukti penerimaan dan pengeluaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8