cover
Contact Name
Agus Boriri
Contact Email
agusboriri@gmail.com
Phone
+6281245473038
Journal Mail Official
agusboriri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kampus STKIP Kie Raha, Kelurahan Sasa-Jambula, Kecamatan Ternate Selatan
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by STKIP Kie Raha Ternate
ISSN : -     EISSN : 27769976     DOI : 10.1234
Jurnal KOHERENSI adalah terbitan berkala ilmiah (ISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, KOHERENSI menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Dengan menggunakan Open Journal System (OJS), KOHERENSI dapat diakses secara luas dan para peneliti dapat men-submit hasil-hasil penelitian yang dikemas dalam bentuk artikel dengan mengikuti panduan-panduan yang telah disediakan oleh KOHERENSI. KOHERENSI menerbitkan artikel-artikel ilmiah baik yang berbasis penelitian maupun yang berbasis kajian kepustakaan dengan fokus dan lingkup sebagai berikut: 1. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Kajian Sastra Indonesia 3. Kajian Bahasa Daerah 4. Kajian Sastra dan Budaya Daerah Meskipun demikian, KOHERENSI masih mempertimbangkan artikel-artikel yang mungkin tidak berkenaan secara langsung fokus yang disebutkan di atas namun masih relevan dengan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): Koherensi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 7 Documents clear
PEMAKAIAN KOMPOSISI PADA PEMBERITAAN KORAN MALUT POS EDISI NOVEMBER 2020 Reni Kailul; Idrus Ahmad
KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Koherensi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.728 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemakaian komposisi pada pemberitaan koran Malut Pos Edisi November 2020. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan cara menganalisis pemakaian komposisi pada pemberitaan Malut Pos. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi berupa naskah berita. Hasil penelitian ditemukan adanya pemakaian komposisi internal dan eksternal. Kedua komposisi itu adalah: komposisi internal v+v, n+n, adj+adj, adv+adv dan komposisi eksternal yaitu: v+n, n+v, v+adj, adj+v, n+adj, adj+n, adj+adv, dan adv+adj. Temuan komposisi atau pemajemukan dalam pemberitaan di atas adalah bagian dari proses morfologi di mana dua kata atau lebih yang menjadi satu dengn lainya erat sekali dan menunjukan atau menimbulkan pengertian baru. Dan bentuk unsur kata majemuk berupa satu kata dan satu pokok kata.
ANALISIS MAKNA NONVERBAL UPACARA ADAT HOGO JAKO DI KELURHAN SOADARA KOTA TIDORE KEPULAUAN Syafira Wahid; Agus Boriri; Idwan Djais
KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Koherensi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.552 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) Mendeskripsikan prosesi upacara adat hogo jako. 2) Mendeskripsikan makna nonverbal upacara Adat hogo jako. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, rekaman, terjemahan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, diskusi teman sejawat, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Soadara Kota Tidore karena di daerah ini masih melaksanakan ritual tersebut. Sumber dalam penelitian ini adalah sumber langsung (primer) dan sumber tidak langsung (sekunder). Hasil penelitian membuktikan bahwa upacara adat hogojako merupakan upacara adat yang dipercayai sebagai bentuk ikhtiar agar tidak tejadi hal-hal buruk yang menimpah calon pengantin saat berlangsungnya acara pernikahan sampai acara pernikahan selesai, juga sebagai pembuka jalan bagi kedua calon pengantin agar keduanya dapat membangun keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa 1) Prosesi upacara adat hogo jako atau mandi/bersih ini dipandu oleh 2 orang yaya se goa yang mengusapkan dimai (bahan ritual: pinang, sirih, uang logam dan pisang) ke tubuh calon pengantin yang dipangku saudara masing-masing dimulai dari kepala hingga telapak kaki diulang sebanyak 3 kali, kemudian salah satu pria dewasa membaca salawat Nabi, seiring dengan salawat Nabi dibacakan maka yaya se goa menyapukan jako, kemudian menapukan mayang pinang yang dinyalakan sumbunya, menyirami daun pandan yang berisi sumbu yang telah dinyalakan, dan berakhir pada siraman air bambu oleh yaya se goa. 2) Makna nonverbal pada upacara adat hogo jako dimulai dari alat hingga gerakan serta bacaan yang digunakan adalah sebagai pembersih diri serta ikhtiar juga permohonan kepada Allah SWT agar senantiasa memberikan petunjuk, keselamatan dan kebahagian sesuai ajaran Islam dan Sunah Rasul Muhammad SAW kepada calon pengantin dalam membina rumah tangga hingga pada keturunan mereka.
ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT DANAU KABAU DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA Pipit Aprilia Susanti
KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Koherensi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.448 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang nilai budaya yang ada pada cerita rakyat Danau Kabau yang ada di Kabupaten Kepulauan Sula. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan dskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah orang yang dapat memberikan informasi secara lengkap dan akurat berkaitan dengan data penelitian. Nilai Budaya yang diperoleh setelah analisis data dilakukan yaitu, terdapat nilai budaya yang mencakup persoalan hidup seperti hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan dirinya sendiri.
PRINSIP KESATUAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DI KELAS XI SMA NEGERI 4 TIDORE KEPULAUAN Lisna Sambaki
KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Koherensi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.789 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan prinsip kesantunan berbahasa pada siswa kelas XI saat interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia disekolah SMA Negeri 4 Tidore Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah interaksi guru dan siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak, libat cakap, observasi, wawancara, merekam, mencatat, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada penerapan pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa berdasarkan empat indikator kesantunan berbahasa dari maksim leech namun dalam penelitian ini hanya menggunakan dua maksim pada interaksi belajar mengajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tidore Kepulauan yakni maksim kebijaksanaan (Meminimalkan kerugian pada orang lain dan memaksimalkan kerugian pada diri sendiri) dan maksim kedermmawaan (memaksimalkan rasa hormat kepada orang lain dan meminimalkan rasa tidak hormat kepada orang lain.
ANALISIS NILAI BUDAYA TARIAN LALAYON OLEH MASYARAKAT DESA SAGEA KEC. WEDA UTARA (Tinjauan Sosiologi Sastra) Agus Hi Jamal
KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Koherensi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang nilai budaya yang terkandung dalam Analisis Nilai Budaya pada Tarian Lalayon oleh Masyarakat Sagea Weda Utara. Sumber data ini berasal dari peneliti dan akan dihasilkan data primer. Teknik pengumpulan data adalah studi pustaka, observasi, partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai budaya Sumber cerita rakyat, atau ungkapan-ungkapan serta syair-syair tradisional berasal dari orang-orang tua yang sebagian besar telah meninggal, belum tentu mereka mewariskannya kepada anak-cucu. Kenyataan di lapangan membuktikan bahwa ada cerita yang versinya berbeda-beda dalam satu desa.namun perbedaan itu hanya model ceritanya akan tetapi maknanya sama dan dengan perbedaan itu memberikan satu nilai positif untuk tetap menjaga dan memelihara nilai-nilai budaya yang terkandung dalam syair-syair yang tersaji. Pada prinsipnya bahwa tarian lalayon dalam penelitian ini berdasarkan ingatan yang masih tertanam dan terus dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut dapat diketahui dengan berbagai macam penelitian, baik wawancara maupun data yang bersumber dari referensi yang terpercaya dan fakta. Kekokohan dan keutuhan tarian akan terus terjaga dengan mempertahankannya di setiap Regenerasi dalam kehidupan sehari-hari. Tarian tersebut sangat berdampak positif terhadap nilai-nilai budaya, sosial, bahkan lingkungan yang mencerminkan warisan para leluhur atau pendahulu di daerah setempat. Simpulan penelitian ini dapat memberikan ilmu pengetahuan dan informasi untuk tetap menjaga nilai budaya yang terkandung dalam tarian lalayon sebagai salah satu budaya di Maluku Utara dan Indonesia pada umumnya.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IX MTS. AL-MUNAUWARAH LOLEOJAYA TAHUN AJARAN 2021 Fatri Mumin
KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Koherensi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.046 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IX Mts. Al-Munauwarah Loleojaya Tahun Ajaran 2021 Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan motivasi siswa yang didapatkan melalui angket, kemudian dibandingkan dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IX MTs Al- Munauwara terhadap hasil belajar. Motivasi siswa terlihat dari jawaban angket sebanyak 69% siswa menyatakan bahwa pelajaran bahasa Indonesia perlu untuk dipelajari, 74% mengatakan bahwa bahasa Indonesia penting untuk dikuasai, dan sebanyak 69% ingin menguasai empat keterampilan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.
Tradisi Lelean Pernikahan Suku Galela dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di SMA Negeri 5 Pulau Morotai Nurfani Manyila; Idrus Ahmad; Agus Boriri
KOHERENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Koherensi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Kie Raha Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.666 KB)

Abstract

Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna tradisi Lelean pada masyarakat Suku Galela di Desa Sabatai Tua Pulau Morotai. 2) untuk mendeskripsikan implementasi tradisi Lelean sebagai bahan ajar di SMA Negeri 5 Pulau Morotai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian membuktikan bahwa tradisi lelean Bilango dilakukan sebagai bentuk menghargai keluarga mertua hal tersebut bertujuan untuk menjalin tali persaudaraan anatara kedua bela pihak. bentuk tradisi Lelean Bilango terbagi menjadi tiga bagian yaitu (1) bingkisan waji, (2) bingkisan gohoru ma buruhu/cucur gula merah, (3) bingkisan jumutu/tikar rajut. Implementasi tradisi sebagai bahan ajar di SMA Negeri 5 Pulau Morotai dapat dilaksanakan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia, pembelajaran berbasis kearifan lokal dan dapat dijadikan sebagai pembelajaran karakter bagi peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7