cover
Contact Name
Fahmi Yahya
Contact Email
fyahyaadam@gmail.com
Phone
+6281703766888
Journal Mail Official
karyajpm.unsa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Semongkat, Sumbawa, NTB
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Universitas Samawa
ISSN : 27982076     EISSN : 27981827     DOI : -
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk pemberdayaan, pelatihan, pendampingan, bimbingan teknis, dan jenis kegiatan lain yang relevan. Jurnal ini merupakan Open Access Journal terbit perdana mulai Juni 2021. Dalam 1 (satu) tahun terbit 2 kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Seluruh artikel dapat diakses dan didownload secara bebas oleh pihak yang membutuhkan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 71 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat" : 71 Documents clear
SOSIALISASI BIOPESTISIDA “FOBIO” PADA PETANI DESA CLAKET, KABUPATEN MOJOKERTO Safira Masdaramsa Ramada; Mirza Andrian Syah
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sosialiasi biopestisida FOBIO merupakan puncak acara dari kegiatan magang  matching fund mahasiswa berjudul “Agroindustri FOBIO untuk Meningkatkan Ketersediaan Pestisida Organik” oleh Prodi Agroteknologi, UPN “Veteran” Jawa Timur. Kegiatan sosisialisasi biopestisida FOBIO bertujuan untuk mengajak petani mengurangi penggunaan pestisida kimia dengan beralih secara bertahap ke pestisida organik. Hal tersebut dikarenakan rata-rata petani di daerah ini masih menerapkan pertanian konvensional dengan pupuk dan pestisida kimia. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Desember 2022 di Balai Desa Claket, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap perencanaan dan pelaksanaan. Tahap perencanaan meliputi survei lokasi, pemilihan tamu undangan,  perizinan, penyebaran undangan dan teknis lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan acara. Metode penyampaian materi adalah ceramah dengan media presentasi berupa power point yang ditampilkan dengan proyektor.. Tahap pelaksanaan merupakan kegiatan sosialisasi berupa pemaparan materi dan diskusi. Kegiatan ini berhasil membuat petani Desa Claket sadar akan penggunaan pestisida kimia dalam jangka panjang.  Beberapa petani sudah mulai tertarik untuk mengurangi penggunaan pestisida kimia secara bertahap dengan menggunakan pestisida organik bersamaan dengan pestisida kimia yang biasa mereka gunakan. Ketertarikan petani terlihat dari antusiasme mereka saat sesi diskusi dan tanya jawab seputar pengendalian OPT secara organik dan pembelian produk FOBIO sebelum dan setelah acara diadakan.
PENINGKATAN NILAI TAMBAH SISA SORTIR SAYUR DAN BUAH MELALUI DIVERSFIKASI BERBAGAI OLAHAN MAKANAN Alvin Maulidiah; Mirza Andrian Syah
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Twelve’s Organic yang terletak di Jl. Mawar, Dusun Sembong, Claket, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto merupakan tempat 4 kelompok tani dalam mengandalkan mata pencaharian. Hasil panen biasanya dibayar sesuai dengan perolehan panen yang telah disortir sesuai spesifikasi yang ditetapkan perusahaan. Perlunya diverisifikasi berbagai olahan makanan untuk meningkatkan nilat tambah sayuran yang tidak lolos sortir. Dalam pelaksanaan kegiatan ini terdapat beberapa tahapan antara lain adalah: 1) Perencanaan, 2) Pembuatan Produk, 3) Uji produk, 4) Peluncuran dan evaluasi produk. Kegiatan dirancang untuk meningkatkan nilai tambah terhadap sayuran sisa hasil sortir yang masih layak untuk dikonsumsi. Olahan produk dilakukan oleh 5 tim, masing - masing tim membuat olahan yang berbeda diantara lain terdapat komoditas ketela, wortel, labu siam, lobak, serta labu kuning. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan peluang guna menambah pendapatan kelompok tani dan perusahaan dengan begitu sayuran dan buah yang tidak terjual dan tidak lolos sortir dapat diolah kembali dan menjadi nilai jual. Inovasi yang diperoleh diharapkan dapat menjadi peluang usaha yang bersifat keberlanjutan sehingga dapat meningkatkan pendapatan baik dari kelompok tani maupun perusahaan.
PENYULUHAN DAN PELATIHAN HIDROPONIK DI KELOMPOK WANITA TANI MELATI KELURAHAN KEPANJEN KIDUL KOTA BLITAR Kevin Ridho Azizih Hidayat; Lucky Suryo Atmojo; Maulidina Naafilah; Mirza Andrian Syah; Dewi Puspa Arum
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelompok wanita tani (KWT) adalah perempuan yang menekuni usaha berwirausaha di bidang pertanian, yang membedakannya dengan kelompok penyamak kulit tradisional. Jenis kegiatan ini, yang dikenal sebagai KWT, bertujuan untuk memberdayakan perempuan pedesaan dengan memberi mereka akses ke sumber daya pertanian dan suara dalam proses pengambilan keputusan. Kelompok Wanita Tani Melati adalah salah satu Kelompok Wanita Tani dari 4 Kelompok Wanita Tani yang di Kelurahan Kepanjen Kidul, KWT Melati mulai berdiri pada tahun 2003 dan masih aktif dalam kegiatan pertanian hingga saat ini. Pelatihan Hidroponik NFT pada Kelompok Wanita Tani Melati bermanfaat agar anggota dan warga sekitar lingkungan KWT mampu membudidayakan tanaman di lingkungan yang kurang lahan tanam. Hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman yang tanpa menggunakan media tanah melainkan menggunakan air sebagai media tanamnya, tanaman hidroponik lebih ditekankan menggunakan nutrisi yang terlarut dalam air, dan hidroponik merupakan budidaya menanam tanpa menggunakan tanah melainkan dengan media rockwool, sekam padi, kapas, dan lain-lain. Materi penyuluhan kali ini menggunakan sistem NFT,adalah konsep yang cukup sederhana dimana tanaman,dalam pot jarring ditempatkan di lubang pipa hidroponik, Karena prinsip Sistem Nutrient Film Technique NFT ini sederhana dan cukup mudah dikembangkan bagi pemula,maka sangat cocok diberikan bagi ibu-ibu Kelompok Wanita Tani, pelatihan budidaya sayuran bagi ibu-ibu KWT Melati dengan sistem NFT ini menggunakan tanaman kangkung dan sawi. Prinsip kerja yang sederhana dan simpel dari sistem NFT dapat mudah disampaikan ke Kelompok Wanita Tani, Selain itu sistem hidroponik nutrient film technique NFT dapat dibuat dalam skala rumah tangga yang dapat memudahkan ibu-ibu untuk membuatnya sendiri di rumah masing masing.
PENGOPTIMALAN MANFAAT PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI PT. VICTORY INTERNATIONAL FUTURES CABANG SPAZIO SURABAYA (STUDI PADA PT. VICTORY INTERNATIONAL FUTURES KOTA SURABAYA) Putri Aisyah; Ardianita Ardianita; Nuruni Ika Kusuma Wardhani
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran sebuah produk atau jasa, melalui bantuan teknologi digital. Saat ini, pemasaran digital sudah mulai berkembang, dengan menyatukan platform dan teknologi digital dengan jaringan internet. Banyak sektor industri yang memanfaatkan peran internet dalam setiap pelaksanaannya. Ketika pandemi covid-19 mulai menyerang seluruh penjuru bumi, penggunaan media sosial dengan berbagai platform mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan adanya perubahan aktivitas pemasaran yang biasanya dilakukan secara offline harus beralih menjadi online. Dari kecenderungan masyarakat untuk menggunakan media sosial sebagai saluran komunikasi untuk memperoleh berbagai informasi dimasa pandemi covid-19 menjadi tantangan bagi perusahaan untuk melakukan pemasaran melalui media digital untuk tetap bisa menjangkau masyarakat secara luas. PT Victory International Futures adalah perusahaan di bidang jasa keuangan yang mengkuti perkembangan zaman melalui pemasaran digital. Adapun rumusan masalah yang dikaji yaitu pemanfaatan pemasaran digital melalui media sosial pada PT Victory International Futures. Tujuannya untuk mengetahui manfaat pemasaran digital dalam keberlangsungan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subyek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pimpinan cabang perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa karena belakangan ini banyak opini publik mengenai modus penipuan investasi dan trading yang membuat publik sangat berhati-hati dalam mereka memilih perusahaan untuk menginvestasikan uang mereka, menjadi ancaman bagi PT. Victory International Futures cabang Spazio Surabaya yang menyebabkan turunnya citra positif dari perusahaan. Maka dari kejadian itu, PT. Victory International Futures cabang Spazio Surabaya dituntut untuk melakukan strategi baru untuk tetap bertahan dan bersaing dalam kondisi seperti ini PT. Victory International Futures cabang Spazio Surabaya memilih tiktok sebagai media untuk mereka melakukan strategi komunikasi pemasaran.
OPTIMALISASI PENJUALAN MELALUI PASAR EKSPOR PADA UD. ASRI FOOD, WONOSALAM, JOMBANG Atsal Amar Bani Rachmad; Januari Pratama Nurratri Trisnaningtyas
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ekspor merupakan kontributor besar bagi pertumbuhan ekonomi negara Indonesia. Pelaku Ekspor tidak terbatas pada Industri dengan skala produksi besar dan menengah, akan tetapu juga pelaku UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu persiapan pelaku UMKM dalam perluasan peluang pasar dengan pemanfaatan On-Boarding Marketplace sebagai sarana penjualan. Tim pengabdian masyarakat menggunakan skema tahapan kegiatan yaitu: 1) Survei; 2) Tahapan pengembangan produk; 3) Tahapan Desain dan On- boarding marketplace. Program pengabdian masyarakat yang dijalankan menjadi jemabatan bagi para pelaku UMKM khususnya di Kampung Adat Segunung untuk difisilitasi oleh tim pengabdian masyarakat menjangkau pasar Ekspor.
PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK PEMBUATAN KONTEN GAMBAR SEBAGAI UPAYA PROMOSI PRODUK UMKM DI MEDIA SOSIAL Gita Larasati; Ida Syamsu Roidah
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan sekaligus pelatihan kepada pelaku UMKM di kecamatan Widodaren, terutama dalam memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi produk. Penggunaan Canva dilakukan supaya konten promosi tidak hanya sebatas posting foto produk, namun bagaimana cara meningkatkan nilai tawarnya dengan mengemas konten produk menjadi lebih menarik. Adapun permasalahan yang sering dihadapi oleh pelaku UMKM dalam mempromosikan produk diantaranya adalah minimnya pengetahuan mengenai teknologi aplikasi dan sulitnya membuat konten yang menarik. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memperkenalkan pada aplikasi yang terbilang mudah untuk dijalankan, yaitu aplikasi Canva. Canva memberikan kemudahan bagi para penggunanya karena menawarkan banyak template-template gratis dan tentunya menarik dalam pembuatan konten. Template tersebut berupa poster, logo, kemasan produk, thumbnail youtube, newsletter, dan tentunya konten media sosial. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan dengan metode diskusi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana permasalahan pelaku UMKM dalam pembuatan konten promosi di media sosial serta penggunaan Canva, sekaligus memberikan pendampingan dan pelatihan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kegiatan pendampingan diikuti perwakilan pelaku UMKM di kecamatan Widodaren. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM mempunyai pengetahuan sekaligus gambaran penggunaan aplikasi Canva untuk konten promosi di media sosial.
EDUKASI PENTINGNYA PEMILAHAN SAMPAH DI KANTOR PT. JASA PENGANGKUTAN PETIKEMAS GUNA PENGELOLAAN SAMPAH YANG OPTIMAL DAN SESUAI PERATURAN DAERAH Fajar Tegar Ramadhani; Muhammad Abdus Salam Jawwad
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemilahan sampah merupakan instrumen pertama yang tak terpisahkan dari proses penanganan sampah. Selain pemilahan sampah, instrumen lain yang harus dilakukan untuk penanganan sampah yakni pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, pemrosesan akhir sampah. Pemilahan sampah dilaksanakan dengan menggunakan kegiatan pengelompokkan sampah. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi di lapangan. Hasil dari observasi yang dilaksanakan adalah didapatkan pengelompokan jenis sampah dan karakteristik sampah serta tentang operasional pemilahan sampah yang kurang optimal di kawasan komersial perkantoran PT. Jasa Pengangkutan Petikemas. Kurang optimalnya pemilahan sampah yang terjadi yakni seperti adanya sarana yang tidak sesuai dengan jumlah karakteristik sampah di dalam kawasan kerja perkantoran maupun di tempat penyimpanan sementara (TPS). Dampaknya adalah tidak optimalnya proses pendistribusian yang sesuai dengan jenis maupun karakteristik sampah, ketika sampah sudah dalam tahap pengangkutan.
EDUKASI TENTANG PEMANFAATAN LIMBAH MINYAK JELANTA KANTIN DI SEBUAH PERUSAHAAN Dean Arya Mahendra; Muhammad Abdus Salam Jawwad
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Limbah adalah sisa dari suatu usaha maupun kegiatan yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang karena sifat, konsetrasi dan jumlahnya. Bahan yang sering ditemukan dalam limbah antara lain senyawa organik yang dapat terbiodegrasi, senyawa organik yang mudah meguap, senyawa organik yang sulit terurai, logam berat yang toksik, padatan tersuspensi, nutrien, mikroba pathogen dan parasit. limbah yang dibuang berupa limbah cair yang mengandung zat-zat yang merugikan seperti halnya limbah minyak jelanta. Minyak jelantah adalah minyak goreng yang telah digunakan berulang kali sehingga karakteristik dan komposisi didalam minyak goreng sudah berubah. Minyak goreng mempunyai kandungan asam lemak yang sangat banyak. Hasil dari obeservasi yang dilakukan adalah pengecekan dalam tempat penyimpanan limbah minyak yang kurang optimal di perusahaan, kurang optimalnya adalah kurang perhatiannya dalam pengangkutan limbah minyak jelanta ini sehingga limbah minyak jelanta menumpuk, yang mengakibatkan kerusakan saluran dan membahayakan kesehatan lingkungan sekitar.
DIVERSIFIKASI LOGO DAN KEMASAN PRODUK SEBAGAI STRATEGI BRANDING UMKM KERIPIK SINGKONG DUA BERSAUDARA Dona Wahyuning Laily; Hendro Tri Prabowo; Naura Firdausy; Adinda Dwi Ulfah Maharani
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Diversifikasi horizontal produk yang dilakukan dapat dimanfaatkan oleh UMKM Dua Bersaudara untuk branding produk olahannya. Diversifikasi produk adalah suatu kegiatan untuk menganekaragamkan suatu produk agar memiliki banyak varian atau macam. UMKM Dua Bersaudara adalah salah satu UMKM yang berada di Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Tujuan diversifikasi produk adalah untuk mengejar pertumbuhan, meningkatkan penjualan, meningkatkan profitabilitas, dan meningkatkan fleksibilitas suatu produk. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan Learning by Doing. Hasil dari kegiatan diversifikasi logo dan kemasan ini adalah logo dan kemasan baru untuk UMKM Dua Bersaudara
ANALISIS KELAYAKAN PRODUK JAHE KELOR PADA UMKM OMAH KELOR ANUGERAH BLITAR Ika Sari Tondang; Dzurrotun Nasichah; Dwi Kusuma Wati; Nur Azizah Azzahra; Azizah Niken Anggraini; Erika Triana Dewi
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis kelayakan bisnis Omah Kelor Anugerah di Kota Blitar dengan berdasarkan perencanaan. Penyusunan rencana bisnis Omah Kelor Anugerah terdiri dari beberapa aspek yaitu aspek eksternal dan aspek internal. Aspek eksternal terdiri dari aspek industri. Selain itu, aspek internal terdiri dari aspek pemasaran, aspek manajemen, aspek sumber daya manusia, aspek keuangan dengan analisis biaya produksi. Objek dalam penelitian ini merupakan usaha bisnis Omah Kelor Anugerah yang berada di Kota Blitar. Peneliti ingin menyusun suatu perencanaan bisnis yang berkaitan dengan usaha Omah Kelor Anugerah di Kota Blitar. Penyusunan perencanaan bisnis ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan bisnis Omah Kelor Anugerah layak atau tidak untuk dijalankan. Kesimpulan yang dapat diambil dari berbagai aspek dalam penelitian ini yaitu usaha Omah Kelor Anugerah layak untuk dijalankan. Dari perhitungan BEP, dapat dilihat nilai produksi lebih besar dari BEP produk dan BEP harga maka dapat dikatakan usaha ini menguntungkan. Dari perhitungan ROI, dapat dilihat keuntungan yang diperoleh Rp 38,46 dalam setiap Rp. 100 biaya yang diinvestasikan. Selain itu, dari perhitungan R/C didapatkan R/C 1,38 > 1 yang artinya usaha ini layak untuk diusahakan.