cover
Contact Name
Muhamad Sabri
Contact Email
manajemenkebudayaan@gmail.com
Phone
+6287812820632
Journal Mail Official
manajemenkebudayaan@gmail.com
Editorial Address
https://journal.staidk.ac.id/index.php/manajemenbudaya/about/editorialTeam
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Budaya
ISSN : 27751643     EISSN : 27746704     DOI : https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i1
Jurnal ini mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian konseptual yang memenuhi prosedur metode ilmiah di bidang manajemen dan budaya. Jurnal Manajemen dan budaya menerima artikel penelitian dalam lingkup kajian manajemen, kepemimpinan dan nilai budaya. Manajemen organisasi/lembaga Kepemimpinan, sistem / perencanaan strategis Manajemen adat istiadat. Interaksi dan transformasi sosial; dinamika sosial di perkotaan, pedesaan, dan daerah perbatasan; norma, nilai, dan hukum di masyarakat. Sistem kepercayaan, bahasa, sejarah, seni, etnisitas, dan filsafat
Articles 41 Documents
Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI NW 1 Kembang Kerang Isnaini, Nurul; Yahya, Fizian; Sabri, Muhammad
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 1 (2021): Manajemen dan Budaya
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.777 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i1.76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI NW 1 Kembang Kerang. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dewan guru dan waka sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pengadaan sarana dan prasarana dengan melihat kebutuhan yang ada, baik kebutuhan kantor maupun kebutuhan belajar mengajar. (2) Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan oleh semua warga sekolah, baik petugas khusus, kepala sekolah, guru-guru dan murid-murid bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan wajib menjaga sarana dan prasarana yang ada di sekolah. (3) Inventaris sarana dan prasarana kegiatan inventaris dilakukan setiap tahun ajaran baru, untuk pencatatan, pembelian sarana dan prasarana selalu melibatkan waka sarana dan prasarana dan kepala sekolah. (4) Penghapusan sarana dan prasarana melalui tahapan dengan memilih barang yang rusak/tidak layak pakai dan sebelum dihapus dilakukan perbaikan kalau masih bisa diperbaiki akan diperbaiki sebaliknya kalau tidak bisa diperbaiki ditaruh di gudang dan di hapus dari daftar inventaris. (5) Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana meliputi: Perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventaris dan penghapusan
Peran Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Lombok Timur Noviantiani, Rian; Harmonika, Sri
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 1 (2021): Manajemen dan Budaya
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.964 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i1.105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 2 Lombok Timur.Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif, subyek peneliti kepala sekolah,wakasek kehumasan dan guru-guru bidang study lainnya. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data peneliti ini menggunakan Teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran humas dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 2 Lombok Timur di laksanakan sesuai prosedur yang ditetapkan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya belum dapat dilakukan secara terstruktur, hal ini dapat dilihat dari beberapa peran humas yaitu: peran humas sebagai komunikator, peran humas sebagai Pembina hubungan, dan peran humas sebagai pembentuk peningkatan mutu sekolah. Media humas yang digunakan MAN 2 Lombok Timur masih dalam bentuk kalimat yang sifatnya informatif saja dan belum adanya unsur persuasive yang terdapat pada brosur MAN 2 Lombok Timur. Kemudian kendala yang dihadapi humas dalam menigkatkan mutu Pendidikan adalah 1. Peran humas belum berfungsi secara maksimal karna pengurus umas mempunyai fungsi ganda yaitu merangkap sebagai guru mata pelajaran. 2. Terbatasnya waktu yang dimiliki pengurus humas yang kadang tidak dapat melayani publik eksternal secara maksimal. 3. Ketidakpuasan publik internal dengan hasil kerja humas . sasaran hubungan masyarakat adalah publik internal yaitu seluruh warga sekolah yang meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, siswa-siswi MAN 2 Lombok Timur. Publik eksternal meliputi masyarakat. Upaya humas untuk mengatasi kendala tersebut adalah pembuatan agenda pada setiap pengurus humas dapat menjalankan dengan baik tugas sebagai humas dan peran sebagai guru
Upaya Kepala Sekolah dalam Menunjang Profesionalisme Guru di MTs NW 02 Kembang Kerang Hidayat, Nur Anwar; Mashun, Mashun; Munir, Muhammad
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 1 (2021): Manajemen dan Budaya
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.767 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i1.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Kepala Sekolah dalam Menunjang Profesionalisme Guru di MTs NW 02 Kembang Kerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan : Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Staf Tata Usaha dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu : (1) Sudah ada Upaya Kepala Sekolah dalam Menunjang Profesionalisme Guru di MTs NW 02 Kembang Kerang dengan mengirimkan guru untuk mengikuti pelatihan, memnerikan surat tugas dan sertifikat pendidikan (2) Sudah ada Langkah-langkah Kepala Sekolah dalam Menunjang Profesionalisme Guru di MTs NW 02 Kembang Kerang dengan membimbing, membina, bekerja sama, dan supervisi dalam Upaya Kepala Sekolah dalam Menunjang Profesionalisme Guru di MTs NW 02 Kembang Kerang (3) sudah ada usaha Kepala Sekolah untuk penyelsaian Kendala-kendala dalam Menunjang Profesionalisme Guru di MTs NW 02 Kembang Kerang.
PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SDN 03 KEMBANG KERANG DAYA KECAMATAN AIKMEL LOMBOK TIMUR Ulfa, Maria; Ismail, H.; Ariani, Sri Shanti
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 1 (2021): Manajemen dan Budaya
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.398 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i1.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan Sarana dan prasarana Pendidikan, 2) Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan, 3) Inventarisasi Sarana dan Prasarana Pendidikan, 4) Pendistribusian Sarana dan Prasarana Pendidikan, 5) Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan, 6) Penghapusan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penitian ini menunjukan bahwa: 1) Pereancanaan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan di SDN 03 Kembang Kerang  sudah dikelola dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan sekolah;  2) Pengadaan tentunya  sesuai dengan keputusan dari kepala sekolah; 3) kegiatan  Inventarisasi  dilakukan setiap tahun sekali dan melakukan pengecekan; 4) pendistribusian Sarana dan Prasarana Pendidikan melakukan sejenis tanda tangan sebagai bukti penyaluran barang; 5) Pemeliharaan  Sarana dan Prasarana dilakukan setiap 3 sampai 6 bulan sekali; 7) Penghapusan Sarana dan Prasarana dilakukan dengan cara melihat kondisi barang apabila barang tidak layak pakai akan segera dihapus atau dihilangkan ; 8) Pengevaluasian dilakukan setiap satu semester dan petugas pengevaluasian adalah bagian waka sarana dan prasarana
Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mi Nw 02 Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Lombok Timur Yulianti, Yuni; Harmonika, Sri; yahya, fizian
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 1 (2021): Manajemen dan Budaya
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.986 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i1.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang serta faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan untuk mengungkapkan berbagai gejala yang muncul dari berbagai pola kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain; metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis data deskriptif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang telah melakukan beberapa upaya, antara lain; a. menanamkan sikap disiplin, b. pembinaan dan supervisi, c. meningkatkan sumber daya dan profesionalisme guru, d. memberikan motivasi, dan e. menyediakan fasilitas yang memadai bagi guru. 2) Faktor pendukung kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang, meliputi; a. hubungan yang harmonis antara kepal madrasah dan guru, b. adanya motivasi yang kuat dari guru, dan c. tingkat pendidikan yang memadai. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat bagi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang meliputi; a. kurangnya sarana dan prasarana belajar, dan b. tempat tinggal guru dan siswa yang jauh dari madrasah
Manajemen Lemabaga Pendidikan Berorientasi Mutu Di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta Safinah, Safinah
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 2 (2021): Kepemimpinan, Pengendalian dan Pengelolaan
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.775 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i2.218

Abstract

Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran ini merupakan lembaga pendidikan yang sangat dikenal baik di Yogyakarta maupun Luar Yogyakarta. Selain itu, MA Sunan Pandanaran mempunyai beberapa program layanan pendidikan dan kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan. Dengan kemampuan MA Sunan ini menunjukkan bahwa Manajemen Mutu di lembaga pendidikan tersebut dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lembaga pendidikan Islam yang berorientasi pada Mutu Pendidikan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mencoba menganalisis pengelolaan lembaga Pendidikan Islam yang berorientasi pada mutu pendidikan pesantren. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan Observasi (pengamatan), Interview (wawancara), dan Dokumentasi Gabungan ketiganya. Sistem pengendalian mutu MA sunan pandanaran dilakukan melalui Sumber Daya Manusia dengan mengadakan Teaching training center dan ada beberapa kegiatan yang di lakukan dalam sistem pengendalian mutu, yaitu: Mengadakan breffing pagi sebelum masuk ke kelas jam pertama, Setiap akhir bulan mengadakan evaluasi kurikulum pembelajaran, Wali kelas, tenaga pendidik, guru mapel melakukan evaluasi sikap dan pengetahuan peserta didik. Sistem evaluasi MA Sunan pandanaran yaitu ada beberapa mekanisme yang dilakukan yaitu dari program monitoring dan evaluasi yang menyangkut: penyusunan rencana monitoring untuk setiap kegiatan, Melaksanakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan, Menyusun Laporan, Tindak Lanjut Monitoring dan Evaluasi.
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AS-SHOLIHIYAH Kaharudin, Kaharudin; Hannah, Baiq
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 2 (2021): Kepemimpinan, Pengendalian dan Pengelolaan
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.868 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i2.219

Abstract

Kepala madrasah dalam kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerja sama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Dalam hal ini meningkatkan kinerja guru merupakan salah satu bentuk peran dari kepala madrasah untuk meningkatkan kualitas kerja tenaga pendidik. Sehingga Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah As Sholihiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, alasan pemilihan metode ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan gejala, peristiwa, kejadian-kejadian yang terjadi pada masa sekarang. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah As Sholihiyah dan beberapa guru Madrasah Tsanawiyah As Sholihiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan Hasil penelitian menyatakan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah As Sholihiyah. adalah kepala madrasah sebagai pendidik yaitu mengikutsertakan guru-guru dalam penataran. Kepala madrasah sebagai supervisi adanya kunjungan kelas. Kepala madrasah sebagai pemimpin yaitu kemampuan mengambil keputusan. Kepala madrasah sebagai manajer dan administrator yaitu dalam bekerja sama, berkoordinasi dan perencanaan. Sebagai motivasi yaitu memberi penghargaan serta kepala madrasah sebagai inovasi yaitu berupa kedisiplinan. Hambatan-hambatan yang di hadapi dalam meningkatkan kinerja guru yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen waktu, kesulitan dalam memahami sifat dan perilaku guru, serta supervisi pendidikan (bimbingan profesional)
MANAJEMEN PERENCANAAN KEMAHASISWAAN DI STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB Sunardi, Sunardi
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 2 (2021): Kepemimpinan, Pengendalian dan Pengelolaan
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.398 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i2.221

Abstract

Kemahasiswaan merupakan bagian unsur terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan di STAI Darul Kamal. Mahasiswa sebagai pelanggan primer dapat memberikan warna tersendiri bagi sebuah kampus. Tinggi rendahnya animo calon mahasiswa yang mendaftar dapat dijadikan bagian indikator penting yang memberikan kesan bahwa perguruan tinggi tersebut memiliki nilai dan daya saing. Oleh karena itu, manajemen perencanaan kemahasiswaan perlu dirancang dan diimplementasikan secara baik dan sistematis mulai dari tahap sosialisasi, masa pendaftaran (rekrutmen), tes masuk, hingga pada tahap orientasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang  peneliti gunakan adalah analisis non statistik (statistik deskriptif), karena data yang diperoleh dalam penelitian ini bersifat kualitatif, sehingga bisa disusun dan langsung ditafsirkan untuk menyusun kesimpulan penelitian berdasarkan masalah-masalah yang dirumuskan sebelumnya melalui pendekatan induktif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara umum manajemen perencanaan kemahasiswaan telah dilakukan dengan baik sekalipun belum menunjukkan hasil yang maksimal. Usaha-usaha yang telah dilakukan menunjukkan adanya upaya peningkatan ke arah yang lebih baik.
Korelasi Intensitas Bimbingan Pembimbing Akademik Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa di STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang Musabbihin, Musabbihin; Yamin, Muhammad; Sadaruddin, Muhammad; Sauri, Saupian
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 2 (2021): Kepemimpinan, Pengendalian dan Pengelolaan
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.039 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i2.222

Abstract

Pembimbing akademik berperan memberikan nasihat, arahan dan masukan kepada mahasiswa bimbingannya terkait proses perkuliahan. Bimbingan yang diberikan dosen pembimbing diharapkan dapat membantu mahasiswa menyelesaikan proses perkuliahan secara maksimal. Sehingga dapat berdampak positif pada prestasi akademik (Nilai Indek Prestasi) mahasiswa, karena dihipotesiskan bahwa terdapat hubungan positif Antara intensitas bimbingan pembimbing akademik dengan nilai Indeks Prestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara intensitas bimbingan dosen pembimbing akademik dengan prestasi akademik mahasiswa. penelitian dilakukan dengan memberikan angket kepada mahasiswa STAI darul kamal yang dijadikan sampel. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan didapatkan 30 mahasiswa sebagai sampel penelitian. analisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai koefisien korelasi atau r hitung sebesar 0,46827 lebih besar dari nilai r tabel dengan N=30 dan taraf signifikansi 5% yaitu 0,349 sehingga dapat disimpulkan  bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas bimbingan pembimbing akademik dengan nilai Indeks Prestasi mahasiswa. Ini berarti semakin intensif bimbingan yang diberikan maka nilai indeks prestasi mahasiswa semakin baik.
Komparasi Keaktifan Mahasiswa Dalam Pembelajara Daring Dengan Pembelajaran Luring di STAI Darul Kamal Nw Lombok Timur NTB Mardiana, Lina; Pani, Rahmayatul; Ermawati, Eli; Riskawati, Riskawati
Jurnal Manajemen dan Budaya Vol 1 No 2 (2021): Kepemimpinan, Pengendalian dan Pengelolaan
Publisher : STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.802 KB) | DOI: 10.51700/manajemen.v1i2.223

Abstract

Model pembelajaran yang berbeda membuat suasana dalam proses pembelajran yang berbeda pula. Seperti halnya pembelajran daring dan pembelajran luring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat komparasi keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran daring dengan pembelajaran luring di STAI darul kamal NW kembang kerang Lombok Timur. Peneliti ingin mengetahui apakah model pembelajaran daring dan luring berdampak pada keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif yaitu membandingkan keaktifan mahasiswa pada saat daring dan luring. Keaktifan mahasiswa diukur menggunakan angket yang diberikan kepada 30 orang sampel penelitian. Pemilihan sampel dilakukan dengan perpousif random sampling dimana sampel yang dipilih adalah mahasiswa yang mengikuti perkulihan daring dan luring. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis uji komparasi atau uji t. Hasil analisis menunjukkan p value uji t (0,000487418) lebih kecil dari taraf signifikansi (0,05), dengan demikian H0 diterima. Ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran daring ataupun pembelajaran luring