cover
Contact Name
Fariz Nizar
Contact Email
fariz.nizar.lukman@gmail.com
Phone
+6285156340961
Journal Mail Official
fariz.nizar.lukman@gmail.com
Editorial Address
Dusun Cimangu RT 09 RW 03 Desa Pamanukan Hilir Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang Jawa Barat
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
Merdeka Indonesia Jurnal International
  • MerdekaIndonesiaJournalInternati
  • Website
ISSN : -     EISSN : 27979326     DOI : -
Merdeka Indonesia Journal International (MIJI) is a journal with a scientific family in the general field, the scope of this journal is not limited to any scientific family, you can submit journals to the Independent Indonesia Journal International, for publications in June - July 2021, you will get a cost cut to upload to the journal. Merdeka Indonesia Journal International (MIJI). Journal Copyright Protected By Merdeka Indonesia Institute, Journal is Open Access.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 33 Documents
KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR DAN GREEN DESIGN PADA BANGUNAN MASJID SALMAN ITB Adi Sasmito; Fariz Nizar
urn:nbn:de:00001miji.v1i11
Publisher : Merdeka Indonesia Journal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.947 KB)

Abstract

Dalam proses merancang sebuah bangunan arsitek memakai konsep dan jenis yang berbeda-beda karena arsitek biasanya juga memiliki konsep dalam melakukan perancangan bangunannya. Hal ini membuktikan bahwa dalam mendesain tentu memiliki konsep konsep tersendiri. Konsep dan jenis itu berupa proses oleh seorang arsitek. Untuk itu dalam setiap proses pastinya memiliki kesamaan atau bahkan perbedaan antar arsitek. Namun hal tersebut bukanlah sebuah masalah, melainkan sebuah inovasi dari setiap arsitek dalam mengerjakan setiap project nya. Dalam membuat konsep yang dipakai setiap arsitek didalamnya tertuang ide dan gagasan yang tentunya akan menjadi sebuah desain yang sudah direncanakan oleh si arsitek. Dalam penelitian saya menggunakan metode deskrptif dalam menganalisa bangunan yang dibuat oleh achmad noeman yaitu desain masjid salman ITB, melalui refferensi yang telah telah saya baca, dengan menggunakan kaidah kaidah pada sesuai dengan jenis jenis konsep dalam arsitektur.
PENGARUH WAKTU TINGGAL TERHADAP EFEKTIFITAS SISTEM FILTRASI PENCUCIAN KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN MEDIA FILTER BATANG PISANG Sri Subekti; Yustika Kusumawardani; Denny Wira Pratama
urn:nbn:de:00001miji.v1i11
Publisher : Merdeka Indonesia Journal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.986 KB)

Abstract

Laju transportasi sangat diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan, hal ini menyebabkan peningkatan penggunaan kendaraan bermotor. Adanya peningkatan kendaraan bermotor tersebut diikuti pula dengan banyaknya jasa pencucian kendaraan bermotor. Larian dari air limbah kendaran bermotor langsung di buang ke saluran drainase tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu, sehingga dapat mencemari badan air dan lingkungan, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu tinggal terhadap efektifitas dengan sistem filtrasi menggunakan media filter batang pisang. Penelitian ini menggunakan air buangan dari cucian kendaraan bermotor dan batang pisang tebal 50 cm sebagai filtrasi dengan perlakuan perendaman selama tiga hari. Dengan sampling tersebut dipakai untuk menganalis terhadap pH, TDS, suhu. Hasil uji menunjukan bahwa batang pisang dapat mengolah air limbah cucian kendaraan bermotor. Hasil waktu tinggal pH di waktu kontinyu yaitu 7,26 dengan penurunan 31%, waktu tinggal TDS menunjukan 35 Mg/L waktu tinggal pada suhu yaitu 27,2°C.
PENGARUH SETTING RUANG TERHADAP PERILAKU PENGGUNA DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL MAPPING Fariz Nizar; Adi Sasmito
urn:nbn:de:00001miji.v1i11
Publisher : Merdeka Indonesia Journal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.108 KB)

Abstract

Café adalah salah satu tempat favorit anak muda pada saat ini, setting ruang adalah aspek yang paling mempengaruhi pengunjung ketika berkunjung agar tidak merasa bosan dan jenuh pada saat berada di café tersebut, oleh karena itu penulis mengambil tema penelitian tentang pengaruh setting ruang terhadap perilaku pengguna dengan pendekatan behaviour mapping,dengan menggunakan metode behavior mapping penulis bisa mengetahui tempat mana saja yang sering disinggahi oleh para pengguna atau pengujung di dialo coffe, metode penelitian pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif metode ini adalah metode yang paling tepat karena menceritakan Susana pada objek secara langsung, dan kesimpulan pada penelitian ini akan ditemukan keterkaitan setting ruang terhadap perilaku pengguna di Diallo Cofee Semarang.
POLA AKTIVITAS DAN PEMANFAATAN RUANG TERBUKA PUBLIK DATARAN ENGKU PUTRI BATAM Fariz Nizar; Erni Setyowati
urn:nbn:de:00001miji.v1i11
Publisher : Merdeka Indonesia Journal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.45 KB)

Abstract

Dataran Engku Putri adalah ruang terbuka yang berada ditengah kota Batam, dataran ini digunakan untuk interaksi orang disekitar dataran maupun orang diluar dataran (umum). Pada ruang publik hanya mempunyai kawasan terbatas, maka agar dapat berjalan baik behaviour setting harus dikontrol atau dikendalikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola aktivitas dan pemanfaatan ruang terbuka publik pada dataran Engku Putri Batam dengan cara mengkaitkan ruang aktivitas, waktu, dan pelaku aktivitas. Hasil dari penelitian ini bisa dipakai untuk pengembangan dataran Engku Putri pada masa yang akan datang, supaya perubahannya tepat sasaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara melakukan pengamatan pada ruang yang berada di dataran engku putri pada pagi, siang, dan malam yang bertepatan dengan hari kerja, waktu beribadah, dan pada hari libur. Dengan itu bisa didapati pola aktivitas dan pemanfaatan ruang terbuka publik pada dataran Engku Putri yang menjadi bahan dasar untuk menjelaskan keterikatan diantara ruang aktivitas, waktu dan pelaku aktivitas pada dataran engku putri.
KAJIAN INFRASTURKTUR PADA RUANG TERBUKA PUBLIK (STUDI KASUS DATARAN ENGKU PUTRI BATAM CENTRE) Naufal Kresna Diwangkara
urn:nbn:de:00001miji.v2i027
Publisher : Merdeka Indonesia Jurnal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (814.413 KB)

Abstract

Infrastruktur adalah suatu system fisik yang menyediakan transportasi, pengairan drainase, bangunan gedung, dan fasilitas public lainnya, yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam memenuhi kehidupan sosial dan ekonominya, pada penelitian bertujuan untuk mengidentifikasikan saran dan prasarana infrastruktur yang ada didataran engku putri, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan meneliti langsung pada lokasi yang akan diteliti, penelitian ini menghasilkan kajian dari kelengkapan sarana dan prasarana di dataran engku putri batam centre.
PEMANFAATAN EKSTRAK LENGKUAS (Alpinia galanga) SEBAGAI PENGAWET ALAMI IKAN NILA DENGAN UJI ORGANOLEPTIK Eny Apriyanti; Sri Subekti; Sukaryo
urn:nbn:de:00001miji.v1i28
Publisher : Merdeka Indonesia Jurnal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.71 KB)

Abstract

Ikan merupakan sumber protein hewani yang bernilai gizi tinggi tetapi mudah rusak dan mengalami penurunan kualitas daging ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan ekstrak lengkuas (Alpinia galanga) yang mengandung senyawa fenol (C6H5OH) terhadap ikan nila dengan uji organoleptik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ikan nila segar dan ekstrak rimpang lengkuas (Alpinia galanga). Ekstrak lengkuas didapatkan dengan melakukan ekstraksi maserasi selama 5 hari. Untuk pengujian, ikan direndam ekstrak lengkuas dengan komposisi 0% (tanpa penambahan ekstrak lengkuas), 20% (20ml ekstrak dan 80ml aquadest), 30% (30ml ekstrak dan 70ml aquadest), 40% (40ml ekstrak dan 60ml aquadest) dengan waktu aging (perendaman) yang digunakan dalam penelitian 1 hari, 3 hari, 5 hari dan 7 hari. Hasil dari 4 panelis menunjukkan bahwa ikan nila dapat diawetkan menggunakan ekstrak lengkuas dengan konsentrasi 40% dan daya simpan 3 hari pada suhu ruang
POLA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MASYARAKAT PLAMONGANSARI PEDURUNGAN KIDUL DI ERA PANDEMI COVID 19 Sri Subekti; Rita Andini; Sinta Petri Lestari
urn:nbn:de:00001miji.v1i28
Publisher : Merdeka Indonesia Jurnal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.953 KB)

Abstract

Perilaku Hidup Bersih Sehat adalah perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan di masyarakat. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan merupakan keharusan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Kegiatan dilakukan untuk menambah pengetahuan, menyadarkan masyarakat, merubah perilaku dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan perilaku hidup bersih. Metode yang dilakukan penyuluhan dan sosialisasi mengenai tata cara perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga. Hasil dari kegiatan masih perlunya sosialisasi, pelatihan mengenai Pola Perilaku Hidup Bersih Sehat, penyampaian materi dengan model menarik, materi selama pandemic dapat melalui video singkat dan dibagikan ke grup PKK. Saran dari kegiatan pengabdian ini adalah masih perlu penyuluhan secara rutin untuk warga masyarakat terhadap pola hidup bersih dan sehat, kerja sama antara pihak Kelurahan Plamongasari Pedurungan Kidul dengan Perguruan Tinggi, sosialisasi dimulai dari pendidian dasar yaitu SD sampai SMU, penerapan pembelajaran dengan menggunakan E-Learning.
PENENTUAN STATUS MUTU AIR PADA DAERAH HULU DAN HILIR SUNGAI PESANGGRAHAN DI WILAYAH DKI JAKARTA (MUSIM HUJAN – MUSIM KEMARAU TAHUN 2020) Atipa Muji
urn:nbn:de:00001miji.v1i28
Publisher : Merdeka Indonesia Jurnal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada 2018 melakukan pemantauan di 90 titik pantau sungai di wilayah DKI Jakarta dan didapatkan 92 % dalam konsisi “cemar berat”. Dengan kondisi tersebut diperlukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencemaran yang khusus terjadi pada Sungai Pesanggrahan. Penentuan status mutu air menggunakan metode STORET. Segmen penelitian mengacu pada 2 titik sampling, yaitu area hulu dan hilir. Sampling dilakukan tiap bulan selama tahun 2020. Parameter kualitas air sungai yang diuji meliputi parameter fisika: residu terlarut; parameter kimia: derajat keasaman (pH), COD, Ammonia Total, Kromium Valensi 6 (Cr6+), Sianida (CN), Fluorida (F), Nitrit (sebagai N), Tembaga (Cu), dan Seng (Zn); parameter mikrobiologi: Fecal Coliform dan Total Colifrom. Data hasil pengujian dibandingakan dengan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2001 kemudian diolah dan dikonversi menjadi skor mutu STORET dan dianalisis beda nyata antara status mutu air daerah hulu dan hilir pada segmen wilayah DKI Jakarta, selain itu juga kemungkinan pengaruh musim hujan dan musim kemarau. Hasil penelitian diketahui status mutu air Sungai Pesanggrahan dalam kondisi “cemar berat”, tidak ada perbedaan secara nyata mutu air di daerah hulu dan hilir serta pada musim hujan dan musim kemarau.
PENINGKATAN PERAN MASYARAKAT KELURAHAN SENDANGMULYO TANGGAP BAHAYA PENYALAHGUNAAN BAHAN TAMBAHAN MAKANAN (BTM) PENGAWET DAN PEWARNA NON PANGAN Ricka Prasdiantika; Niyar Candra Agustin; Shintawati Dyah Purwaningrum
urn:nbn:de:00001miji.v1i11
Publisher : Merdeka Indonesia Journal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, informasi, keterampilan, dan pemahaman kepada masyarakat di Kelurahan Sendangmulyo tentang bahan tambahan makanan (BTM), ciri-ciri makanan yang mengandung BTM non pangan, macam-macam BTM sintesis yang diijinkan penggunaannya oleh BPOM RI, dan BTM alami sebagai pengganti BTM sintesis. Metode kegiatan yang diterapkan adalah dengan pendekatan langsung ke warga yang dimulai dari survei lapangan, pembuatan proposal kegiatan, mengumpulkan warga untuk diberikan sosialisasi, penyuluhan, bimtek penyalahgunaan BTM non pangan, praktek pembuatan BTM alami, dan diakhiri dengan kegiatan pemantauan hasil kegiatan serta pembuatan laporan kegiatan. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini yaitu produk olahan makanan yang dibuat oleh Ibu-Ibu peserta pengabdian. Pemantauan dari hasil kegiatan yaitu penggunaan BTM alami dan BTM sintesis pangan untuk mengolah makanan sesuai dosis. Implikasi dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat Kelurahan Sendangmulyo lebih bijaksana dalam menggunakan BTM untuk mengolah makanan dan masyarakat mampu membedakan makanan yang menggunakan BTM non pangan.
IDENTIFIKASI PENYEDIAAN SARANA DAN PRASARANA KEBUTUHAN AIR MINUM KABUPATEN JEPARA Sri Subekti; Ricka Prasdiantika; Shintawati Dyah Purwaningrum; Niyar Chandra Agustin; Fariz Nizar
urn:nbn:de:00001miji.v2i11
Publisher : Merdeka Indonesia Jurnal International

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyediaan air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar dan hak sosial ekonomi masyarakat yang harus dipenuhi oleh Pemerintah, baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Ketersediaan air minum merupakan salah satu penentu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kesimpulannya yaitu meningkatkan cakupan pelayanan khususnya di daerah perkotaan, menurunkan tingkat kehilangan air, khususnya kehilangan air yang disebabkan oleh adanya pipa distribusi yang rusak dan adanya meter pelanggan yang tidak secara rutin diganti atau diperbaiki, menambah kapasitas produksi, yang hingga saat ini hampir seluruh kapasitas produksi terpasang sudah termanfaatkan untuk melayani pelanggan yang ada, melakukan penyesuaian tarif air minum, melakukan penyelamatan lingkungan pada daerah tangkapan air, dengan cara penghijauan kembali pada kawasan lindung yang mengalami penurunan kualitas lingkungan, sosialisasi kondisi PDAM kepada seluruh stakeholder termasuk masyarakat pelanggan dan non-pelanggan.

Page 1 of 4 | Total Record : 33


Filter by Year

2021 2023


Filter By Issues
All Issue