cover
Contact Name
Stralen Pratasik
Contact Email
stralente@unima.ac.id
Phone
+628114354343
Journal Mail Official
edutik@unima.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Sel., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 2798141X     EISSN : 2798141X     DOI : -
Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bidang Teknik Informatika dengan ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Jaringan dan Keamanan Komputer, Sistem Pendukung Keputusan, Pendidikan TIK, E-Learning, E-Government dan Aplikasi Mobile.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022" : 15 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual Terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK Syaiful Mokoginta; Jimmy Waworuntu; Verry Ronny Palilingan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.429 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media simulasi Virtual terhadap hasil belajar teknologi layanan WAN siswa TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu, penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI TKJ SMK Muhammadiyah Kotamobagu dengan banyak 50 siswa kemudian diperoleh sampel kelas eksperimen yaitu kelas XI TKJ A dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas kontrol yaitu XI TKJ B dengan jumlah siswa 25 orang. Data diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas control. Data yang ada kemudian diolah menggunakan uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS version 26. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan pada uji-t adalah 0,00 < 0,05 dengan nilai kelas eksperimen 86,72 dan kelas kontrol sebesar 75,24 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar pada pembelajaran menggunakan media simulasi virtual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai media Pembelajaran Jaringan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Norvan Leki; Arje Cerullo Djamen; Marthinus Maxi Mintjelungan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.613 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3319

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan strategi atau metode pembelajaran efektif di kelas, memperdayakan siswa serta memanfaatkan sumber yang ada di lingkungan sekolah. Aktifitas siswa dalam kegiatan mengajar tersebut ditandai dengan pertisipasi siswa dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan aktifitas dan belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI TKJ di SMK Percis Halmahera. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 1 Februari – 15 Maret 2021 dengan obyek penelitian yaitu siswa kelas XI TKJ sebanyak 30 siswa. Pada pra-siklus ketuntasan klasikal 50%, setelah tindakan penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 71%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, meskipun pembelajar aplikasi Cisco Packet Tracer pada siklus I belum mencapai ketuntasan klasikal pembelajaran Cisco Packet Tracer dilanjutkan pada siklus II. Hasil pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 86,66%, hal ini menunjukkan bahwa tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran yang digunakan guru sangat mempengaruhi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti bahwa dalam penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI TKJ di SMK Percis Halmahera menjadi skor ketuntasan sebesar 85% secara klasikal.
Sistem Informasi Manajemen Sarana dan Prasarana pada Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado Zefanya Natanael Watuseke; Daniel Riano Kaparang; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.081 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem informasi manajemen sarana-prasarana berbasis web yang dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi pada proses pengelolaan sarana-prasarana di jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik UNIMA, seperti pada proses pengelolaan data lebih banyak menggunakan microsoft excel, terbatasnya akses berkepentingan, sulitnya pengontrolan terhadap barang yang dipinjam , proses yang begitu panjang dalam pengelolaan sarana-prasarana hingga pengelolah kesulitan dalam pembuatan laporan. Sistem ini dirancang menggunakan model MVC (Model, View, Controller) dengan konsep OOP (Object Oriented Waterfall). Metodologi yang digunakan yaitu model waterfall. Bahasa pemrograman yang dipakai yaitu PHP dengan menggunakan Framework codeigniter dengan implementasi model MVC. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu pengelolah sarana dan prasarana PTIK UNIMA dalam memanajemen sarana-prasarana yang ada.
Sistem Informasi Kelurahan Tataaran 1 Kecamatan Tondano Selatan Michelle Lengkong; Rudy Harijadi Wibowo Pardanus; Mario Tulenan Parinsi
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.258 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3367

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuat system informasi di kelurahan Tataaran 1 Kecamatan Tondano Selatan yang dapat digunakan dengan mudah oleh perangkat kelurahan untuk mengolah data dan informasi kelurahan. Penelitian ini menggunakan metode Prototype Cyle yang memilliki lima tahapan, yaitu Quick Plan, Modeling Quick Design, Construction of Prototype, Deployment Delivery & Feedback, dan yang terakhir Communication. Hasil dari pengembangan system informasi ini sudah dibuat dan diuji penggunaannya. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa system informasi berbasis website di kelurahan Tataaran 1 kecamatan tondano Selatan, dapat digunakan sebagai wadah pengumpulan data dan informasi bagi perangkat kelurahan dan dapat membantu masyarakat dalam hal informasi terkait kegiatan dalam kelurahan dan mudah diakses semua kalangan masyarakat.
Pengembangan Aplikasi Validasi Pembayaran Universitas Negeri Manado Indra Rianto; Wensi Ronald Lesli Paat; Rudy Harijadi Wibowo Pardanus
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.279 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3370

Abstract

Validasi pembayaran merupakan salah satu syarat dalam pengurusan wisuda di Universitas Negeri Manado. Saat ini validasi pembayaran masih menggunakan sistem manual dan membuat pengurusan validasi pembayaran membutuhkan waktu yang lama. Diperlukan suatu sistem atau aplikasi untuk melakukan validasi pembayaran secara komputerisasi sehingga dapat mempercepat kinerja dalam pengurusan validasi pembayaran. Selain mempercepat proses validasi pembayaran mahasiswa, sistem tersebut juga dapat menyimpan data-data validasi pembayaran setiap mahasiswa Universitas Negeri Manado. Aplikasi Validasi pembayaran adalah aplikasi yang akan menggantikan proses manusia dalam hal verifikasi pembayaran. Pada penelitian ini dengan menggunakan metode rekayasa perangkat lunak Agile Development, maka data transaksi pembayaran yang masuk ke dalam rekening bank dapat diambil untuk mengotomatisasi pembayaran. Metode Agile Development adalah metode untuk proses pengambilan sebuah dokumen semi-terstruktur dari internet, umumnya berupa halaman-halaman web dalam bahasa markup seperti HTML atau XHTML. Metodologi untuk pengembangan perangkat lunak menggunakan Web Engineering yang terdiri dari penggunaan pendekatan sistematis dan terukur untuk mencapai spesifikasi, implementasi, operasi, dan pemeliharaan aplikasi web berkualitas tinggi. Hasil dari penelitian ini, berupa aplikasi verifikasi pembayaran yang dapat memberikan kemudahan pada proses pendaftaran mahasiswa baru karena dapat melayani pendaftaran sampai selesai secara otomatis tanpa bantuan panitia.
Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sarana dan Prasarana Berbasis Web di SMK Negeri 1 Ratahan Paat Wensi Ronald Lesli Paat; Indra Rianto; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.027 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem informasi manajemen sarana-prasarana berbasis web yang dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi pada proses pengelolaan sarana-prasarana di sekolah, seperti pada proses pengelolaan data lebih banyak menggunakan microsoft excel, terbatasnya akses berkepentingan, sulitnya pengontrolan terhadap barang yang dipinjam , proses yang bergitu panjang dalam pengelolaan sarana-prasarana hingga wakil kepala sarana-prasarana kesulitan dalam pembuatan laporan. Sistem ini dirancang menggunakan model MVC (Model, View, Controller) dengan konsep OOP (Object Oriented Programming). Metodologi yang digunakan yaitu model waterfall. Bahasa pemrograman yang dipakai yaitu PHP dengan menggunakan Framework codeigniter dengan implementasi model MVC. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam memanajemen sarana-prasarana yang ada.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Arje Cerullo Djamen; Parabelem Tinno Dolf Rompas; Marvil Ratumbanua
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.345 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3389

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan media konvensional dapat membuat siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga perlu mengembangkan media pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Game Edukasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki enam tahapan yaitu Concept, Desgin, Obtaining Content Material, Assembly dan Distribution, untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis multimedia. Hasil dari pengembangan media pembelajaran ini sudah dibuat dan diuji penggunaannya. Dan dari hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia ini, dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih informatif bagi guru dan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar juga akan meningkat.
Implementasi Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D di SMK Frendy Cleiff Kandouw; Daniel Riano Kaparang; Alfrina Mewengkang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3411

Abstract

Dilakukannya penelitian penerapan aplikasi media pembelajaran berbasis Android ini bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar terlebih khusus pada Mata Pelajaran “Animasi 2D dan 3D”. Dalam penelitian ini saya menggunakan metode pengembangan RAD (Rapid Application Development), metode ini memiliki 3(tiga) tahapan yaitu: (1) Perencanaan Syarat-syarat/Kebutuhan (Requiremet Planing), (2) Proses Desain (Workshop Design), (3) Implementasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yang baik lalu dari hasil tersebut Peneliti mengambil kesimpulan bahwa aplikasi Media Pembelajarn berbasis Android pada Mata pelajaran “Animasi 2D dan 3D “sudah sesuai dengan tujuan penelitian dan sudah layak digunakan atau di pakai dalam proses belajar mengajar.
Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar I Gusti Ayu Mirahyanti; Herry Sumual; Verry Ronny Palilingan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh dan minat terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey yang menggunakan angket sebagai alat untuk mengumpulakan data. Jumlah sampelnya adalah 63 siswa. Data diolah menggunakan SPSS Statistics 17.0 dengan hasilnya untuk H1 adalah thitung X1 = 3,721 > ttabel = 1,671 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima. Kemudian H2 untuk thitung X2 = 4,100 > ttabel = 1,671 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H2 diterima. Untuk H3 Fhitung sebesar 29.311 > Ftabel 3,15 dengan signifikansi 0,000 > 0,05 dengan pengaruh yang di hitung dengan Rsquare 49,4%, dengan demikian H3 diterima. Sehingga kesimpulannya adalah pembelajaran jarak jauh dan minat berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya.
Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Digital Berbasis Android di Prodi PTIK Unima Djafar Wonggo; Djami Olii; Audy Aldrin Kenap
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 1 (2022): EduTIK : Februari 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i1.3413

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah pertama; mendeskripsikan tahap pengembangkan pembelajaran Sistem digital berbasis media digital dan menghasilkan media interaktif pembelajaran Sistem Digital untuk mahasiswa PTIK Unima. Metode Pengembangan multimedia ini dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Hasil pengukuran pada aspek Kebergunaan (Usefulness) diperoleh nilai total skor siswa 88,3%, yang artinya aplikasi media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Sistem Digital sangat berguna, pada aspek Kemudahan Penggunaan (Ease of Use) hasil pengukuran yang diperoleh dari total skor siswa 99,7%, yang artinya aplikasi media pembelajaran berbasis android mata kuliah Sistem Digital mudah digunakan, pada aspek Kemudahan Belajar (Ease of Learning), hasil pengukuran yang diperoleh dari total skor siswa adalah 99,8%, yang artinya aplikasi media pembelajaran berbasis android mata kuliah Sistem Digital mudah dipelajari dan pada aspek kepuasan (Satisfaction), hasil pengukuran yang diperoleh dari total skor siswa adalah 91,4%, yang artinya aplikasi media pembelajaran berbasis android pada mata kuliah Sistem Digital sangat memuaskan. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, aplikasi media pembelajaran berbasis android mata pelajaran Sistem Digital di Prodi PTIK Unima telah berhasil dikembangkan dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 15