cover
Contact Name
Stralen Pratasik
Contact Email
stralente@unima.ac.id
Phone
+628114354343
Journal Mail Official
edutik@unima.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Sel., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 2798141X     EISSN : 2798141X     DOI : -
Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bidang Teknik Informatika dengan ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Jaringan dan Keamanan Komputer, Sistem Pendukung Keputusan, Pendidikan TIK, E-Learning, E-Government dan Aplikasi Mobile.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022" : 15 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK Daniel Riano Kaparang; Raynaldi Ilyas; Stralen Pratasik
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5923

Abstract

Perancangan sistem informasi adalah bentuk aktivitas dari sebuah perancangan sistem atau perangkat lunak (software) yang akan dibuat. Perancangan sistem harus dilakukan dengan sebuah perencanaan atau planning yang tepat. Tujuan yg ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dalam rangka merancang sebuah Sistem Informasi Akademik yang berbasis web di SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Agile Software Development dimana metode tersebut sangat menunjang fleksibilatas dalam pengembangan aplikasi. Extreme Programming adalah sebuah cabang metododologi pengembangan system berbasis Software Development Life Cycle (SDLC) yaitu Agile Software Development. Metode penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Extreme Programming Model yang terdiri dari perencanaan, desain, pengkodean dan pengujian. Hasil dari penelitian ini menunjukan sistem analisa sistem berjalan, planing dan data flow diagram dalam pemodelan aplikasi. Aplikasi Sistem Informasi Akademik pada SMK N 1 Bitung telah berhasil dibuat rancangan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan, akan tetapi di perlukan untuk melaksanakan pengembangan lebih lanjut dari aplikasi ini, agar dapat digunakan lebih baik lagi kedepan.
Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer di SMK Lianda Sondey; Rudy Harijadi Wibowo Pardanus; Peggy Veronica Togas
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5924

Abstract

Perkembangan teknologi lebih khususnya internet mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan seiring kebutuhannya. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis perbedaan jaringan internet yang baru dan yang lama dan merancangkan jaringan komputer yang tepat untuk sekolah menengah kejuruan. Perancangan penelitian iin menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC) dan serta mempunyai bebrapa tahapan, yaitu Analisis, Design, Simlation Prototyping, Implementatoin, Monitoring, dan Manajamen. Perancangan jaringan mengunakan topologi star dengan desain dan untuk simulasi prototyping menggunakan aplikasi cisco packet tracer serta perancangan jaringan menggunakan cable, switch, server, accesspoint, dan mikrotikrouter untuk memanegement bandwidth jaringan dan user. penelitian ini menunjukkan bahwa komputer-komputer yang ada di SMK Negeri 1 Tombariri telah terhubung, maka dengan demikian peneliti mengambil hasil dari kesimpulannya bahwa perancangan jaringan komputer ini dapat berjalan sesuai dengan perancangan dan dapat serta digunakan untuk mencari berbagi data serta informasi antara guru dan staf tata usaha sdapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Abinarti Paende; Alfrina Mewengkang; Johan Reimon Batmetan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5928

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk meneliti pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X (30 orang) yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan teknologi informasi. Berdasarkan hasil persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai Ŷ = x dimana penggunaan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X Smk Negeri 3 Tondano. Dari hasil korelasi menunjukkan nilai r = 0,621 membuktikan bahwa pengaruh antara penggunaan teknologi informasi (variabel X) dengan motivasi belajar siswa (variabel Y) memiliki pengaruh yang berarti. Hal ini menunjukkan bahwa 38% variabel penggunaan teknologi informasi (X) dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa (Y), berdasarkan signifikan Fhitung = 17,631 Ftabel = 4,20, hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Tondano. Pengaruh variabel X terhadap Y adalah sebesar 38% sedangkan 62% dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK Chynthia Febriany Maleke; Billy Morris Harold Kilis; Alfrina Mewengkang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5932

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pemberian pre-test, perlakuan dan post-test, sampel yang di ambil 2 kelas yaitu kelas X TKJ 1 terdiri 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 terdiri 28 siswa sebagai kelas ekperimen. Dalam pengolahan data uji normalitas dan homogentitas menggunakan SPSS Statics versi 26 dan uji hipotesis statistic dilakukan secara manual dengan hasil Thitung = 5,29 Ttabel = 1,675285 sehingga H1 diterima H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif dan berarti untuk meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado.
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Excel Natanael Pesik; Alfrina Mewengkang; Mario Tulenan Parinsi
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5933

Abstract

Pendidikan merupakan proses sistematis untuk meningkatkan mertabat manusia, yang memungkinkan ketika dimensi kemanusiaan paling elementer afektif, kognitif, dan psikomotorik dapat berkembang secara optimal. Dengan demikian, pendidikan menjadi wahana strategis bagi upaya mengembangkan segenap potensi individu sehingga cita-cita membangun Indonesia seutuhnya dapat tercapai Terlebih lagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipersiapkan untuk mendidik lulusan-lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Selain itu siswa lulusan SMK dianggap memiliki keterampilan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa lulusan sekolah menengah lainnya. Berdasarkan observasi yang dilakukan lebih tepatnya pada siswa kelas X sebagai objek penelitian, pemberian materi kepada siswa hanya bersifat konvensional (ceramah) dengan memanfaatkan buku cetak (modul) sebagai pegangan untuk siswa. Dengan hasil belajar yang rendah dan kurangnya fasilitas penunjang belajar, Untuk itu peneliti ingin menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Kristen 3 Tomohon. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMK Kristen 3 Tomohon selama Bulan Maret sampai Mei 2022, Metode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian. (Nonequivalent Control Grup Desain). Populasi siswa yaitu 48 orang kemudian menggunakan Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Dengan kelas ekperimen berjumlah 15 siswa dan kelas kontrol berjumlah 13 siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK Frandi Kinait; Jimmy Waworuntu; Alfrina Mewengkang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5965

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui Pengaruh Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Buko. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Buko, Sampel yang diambil yaitu Kelas X TKJ 1 yang menggunakan metode pembelajaran Demontrasi dan Kelas X TKJ 2 yang menggunakan model pembelajaran Demontrasil dengan jumlah 16 siswa di masing-masing kelas, Berdasarkan tabel di atas, skor rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 42,19 dengan nilai minimum 30 dan nilai maksimum 55. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 85.00 nilai minimum 70 dan nilai maksimum 100. Sedangkan pada pretest kelas kontrol sebesar 35.94 dengan nilai minimum 25 dan nilai maksimum 50. Setelah diberi perlakuan pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 74.38, nilai minimum 65 dan nilai maksimum 90. Data tersebut diperoleh dari nilai pretest dan posttest siswa, baik kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol.
Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Daring di Universitas Negeri Manado Fernando Seroy; Daniel Riano Kaparang; Alfrina Mewengkang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5982

Abstract

Monitoring perkuliahan adalah suatu kegiatan pengawasan yang dilaksanakan oleh suatu perguruan tinggi agar peningkatan mutu proses belajar mengajar beserta komponen pendukung proses belajar mengajar tersebut. Mulai dari proses awal kuliah hingga berakhirnya satu semester perkuliahan, tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu sistem monitoring perkuliahan daring berbasis website untuk pemantauan pembelajaran di Universitas Negeri Manado sehingga berlangsung lebih terstruktur dan efektif dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql. Waktu penelitian ini di laksanakan pada bulan November 2020 sampai dengan Desember 2020. Sedangkan tempat penelitian akan dilaksanakan di lingkungan Universitas Negeri Manado. Kebutuhan yang diperlukan dalam pembuatan Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Daring ini terdiri dari Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software). Tahapan kolaborasi dalam ASD adalah satu tahapan pola pengembangan suatu sistem. Pengembangan sistem di tahap ini menerapkan model JAD (Joint Application Development). Sistem informasi monitoring ini yang dibuat dapat mempermudah pengolahan data perkuliahan yang berada di luring maupun perkuliahan daring. Dengan adanya sistem ini dapat membantu pimpinan agar dapat mengontrol dan mengevaluasi penggunaan media daring dalam perkuliahan.
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Komunikasi Digital Siswa SMK Rizky Wahyudi Haminu; Trudi Komansilan; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5983

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ada tidaknya pengaruh hasil belajar siswa pada pembelajaran simulasi dan komunikasi digital pada kelas yang diajarkan dengan model Problem Based Learning di SMK Negeri Tumpaan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental. Rancangan penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi adalah semua siswa kelas X Multimedia yang berjumalah 110 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, sampel yang diambil berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa. Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrad, ternyata kedua kelas terdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F, ternyata diperoleh Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Dimana harga Fhitung = 1,019 dan Ftabel = 1,98. Jadi varians (ragam) dari kedua kelas dapat dianggap sama atau kedua kelas tersebut homogen. Kemudian pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t, diperoleh hasil perhitungan adalah: thitung = 2,6341 > ttabel = 2,013 dengan demikian H0 ditolak pada taraf nyata 0,05 dan menerima H1. Hal ini artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan cara belajar konvensional.
Pengaruh Model Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya untuk Siswa SMP Yunni Metiha Repi; Djafar Wonggo; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5984

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat atau perantara yang berguna untuk memperlancar proses belajar mengajar, serta memperlancar komunikasi antara guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran prakarya dan mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Metodologi yang dipakai dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle), pengujian media pembelajaran meliputi pengujian apla testing dan beta testing. Pengujian alpa testing dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi dan untuk pengujian beta testing dilakukan secara langsung yang meliputi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sonder. Hasil dari penelitian adalah telah dikembangkan media pembelajaran prakarya. Pengujian alpa testing yang melibatkan ahli media dan ahli materi, menyatakan bahwa media pembelajara ini baik dengan rata-rata skor 3.60 dari ahli media dan ahli materi menyatakan baik dengan rata-rata skor 3.21. sedangkan untuk pengujian beta testing yang melibatkan 25 siswa sebagai responden memberi skor dengan rata – rata 3.60 dengan kategri baik’. Sehinnga media pembelajaran ini layak digunakan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar.
Hubungan Antara Pengetahuan Manajemen dan Sikap Profesional Dosen Fakultas Teknik UNIMA Jimmy Waworuntu; Djafar Wonggo
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 2 No. 5 (2022): EduTIK : Oktober 2022
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v2i5.5987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan manajemen dan sikap profesional dosen Fatek Unima. Metode yang digunakan adalah studi korelasi dengan ukuran sampel 40 orang dosen. Dua intrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah instrumen penelitian sikap profesional yang berbentuk angket dan instrumen penelitian pengetahuan manajemen yang berbentuk tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengetahuan manajemen dan sikap profesional dosen Fatek Unima. Makin tinggi pengetahuan manajemen makin tinggi pula sikap profesional dosen.

Page 1 of 2 | Total Record : 15