cover
Contact Name
Ridwan Arifin
Contact Email
ridwan.arifin@mail.unnes.ac.id
Phone
+6281225294499
Journal Mail Official
jurnalpanjar@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM UNNES) Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran
ISSN : 26562405     EISSN : 28094778     DOI : https://doi.org/10.15294/panjar
Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan bulan Agustus berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang jurnal pengabdian bidang pendidikan, yaitu bidang sosial humaniora yang melingkupi berbagai bidang ilmu-ilmu sosial, psikologi, bimbingan konseling, pendidikan luar sekolah, bahasa, pendidikan seni, pendidikan sejarah, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan guru PAUD, Manajemen Pendidikan, Pengembang Kurikulum, Teknologi Pendidikan, dan bidang sosial lainnya yang mengakomodir ruang lingkup sosial dan manfaat bagi perubahan sosial.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Pengembangan Kualitas Guru dan Penyelenggaraan Pendidikan" : 5 Documents clear
Pengelolaan Kearsipan Sekolah Dasar di UPK Sumbang Kabupaten Banyumas Farida Nuryantiningsih; Daryanto Daryanto; Wiekandini Dyah Pandanwangi
Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Pengembangan Kualitas Guru dan Penyelenggaraan Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/panjar.v3i1.52950

Abstract

Pengelolaan kearsipan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam urusan administrasi di sekolah dasar. Pengelolaan administrasi dipandang sangat penting karena kegiatan administrasi atau surat-menyurat merupakan kegiatan yang tidak pernah lepas dari aktivitas pekerjaan kantor. Seiring dengan berjalannya waktu dan juga banyaknya kegiatan yang telah dilakukan pada suatu organisasi seperti sekolah dasar, maka makin banyak pula arsip yang tercipta. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena selain menyita tempat, informasi-informasi yang penting pun bisa hilang. Oleh karena itu, agar arsip-arsip dapat tersimpan dan tertata dengan baik, maka diperlukan pengelolaan yang baik pula. Pengelolaan kearsipan di sekolah dasar di wilayah UPK Sumbang, Kabupaten Banyumas selama ini belum tertata dengan baik. Penyimpanan informasi dalam bentuk arsip sering kurang diperhatikan dan menjadi pekerjaan yang kurang menarik bagi arsipatoris sekolah. Arsip-arsip yang ada disimpan secara acak bahkan sebagian diabaikan saja dan dianggap tidak perlu ada penanganan khusus. Akibatnya, banyak arsip yang rusak bahkan hilang. Oleh karena itu, tim ingin menjadi fasilitator pengelolaan kearsipan di sekolah dasar-sekolah dasar di wilayah UPK Sumbang. Dalam hal ini, tim akan memberikan penyuluhan dari narasumber yang kompeten dan pelatihan kepada para pegawai administrasi sekolah dasar-sekolah dasar di wilayah UPK Sumbang tentang pengelolaan kearsipan agar arsipatoris di sekolah mereka bertugas sesuai dengan sistem pengelolaan arsip, sehingga diharapkan dapat menunjang peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja para arsipatoris di sekolah dasar di wilayah UPK Sumbang, Kabupaten Banyumas.
Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Software 3D Pageflip Professional untuk Mengatasi Masalah Keterbatasan Bahan Ajar Sekolah Wawan Kurniawan; Astalini Astalini; Jufrida Jufrida; Febrika Rahmat Basuki; Dwi Agus Kurniawan
Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Pengembangan Kualitas Guru dan Penyelenggaraan Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/panjar.v3i1.52951

Abstract

Permasalahan yang menjadi prioritas UPPK di Kecamatan Sungai Bahar yaitu berkaitan dengan keterbatasan variasi bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Bahan ajar yang biasa digunakan guru yaitu buku cetak, buku dalam bentuk PDF, dan power point sehingga kurang menarik. Guru IPA dan Fisika di Kecamatan Sungai Bahar belum mengenal beberapa software yang dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan bahan ajar pada materi IPA-Fisika menggunakan software 3D pageflip professional. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berbentuk workshop. Tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dimulai dari observasi di beberapa sekolah di Kecamatan Sungai Bahar untuk mengetahui sejauh mana penggunaan bahan ajar dan media pembelajaran oleh guru IPA-Fisika serta koordinasi dengan UPPK Sungai Bahar. Tahap pelaksanaan workshop pengembangan media pembelajaran IPA-Fisika menggunakan 3D Pageflip Proffesional dibagi menjadi 2 sesi yaitu pemaparan materi dan pelatihan/praktek. Evaluasi dilakukan dengan memberikan angket kepada peserta pelatihan untuk mengetahui respon guru terhadap workshop yang telah dilakukan. Selain itu, peserta workshop juga diminta untuk mengumpulkan produk yang telah dihasilkan dari workshop. Hasilnya berupa media pembelajaran IPA-Fisika yang bentuk e book atau e modul.
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Higher Order Thinking Skill pada Jenjang Sekolah Dasar Muhammad Kharis; Masrukan Masrukan; Arief Agoestanto; Mulyono Mulyono; Mashuri Mashuri
Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Pengembangan Kualitas Guru dan Penyelenggaraan Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/panjar.v3i1.52952

Abstract

Salah satu masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah masalah-masalah yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi. Ciri utama kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Khalayak sasaran pengabdian ini adalah guru-guru di SDN Kandri 1 dan Cepoko karena sebagian besar guru-guru tersebut masih kesulitan menentukan model pembelajaran yang tepat dan cara melakukan evaluasi kaitannya dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi ini. Solusi yang diberikan untuk memecahkan kesulitan tersebut adalah melakukan workshop yang dimulai dengan pelatihan dan penyusunan perangkat pembelajaran matematika yang mendukung HOTS. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan guru-guru di SD Negeri Kandri 1 dan SD Negeri Cepoko terkait pembelajaran Matematika HOTS yang ditunjukkan dengan guru-guru dapat menyusun soal-soal matematika HOTS dan perangkat pembelajaran matematika HOTS beserta evaluasinya.
Pemantapan Materi Matematika Bagi Guru Matematika SMP/MTs Se-Kecamatan Kampar Kiri Provinsi Riau Armis Armis; Atma Murni; Elfis Suanto; Putri Yuanita; Syofni Syofni
Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Pengembangan Kualitas Guru dan Penyelenggaraan Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/panjar.v3i1.52954

Abstract

This service activity aims to (1) improve the ability of teachers about mathematical material that contains ability of mathematical understanding, mathematical problem solving, or mathematical connections; (2) Providing knowledge to teachers about strategies of mathematical problem solving; and (3) drill teachers to solve mathematical problems that contain ability of mathematical understanding, mathematical problem solving, or mathematical connections. Activities carried out with a pattern of 40 hours @ 45 minutes, consisting of 18 hours face to face (first day and last day), and 22 hours of independent activity (2 weeks). In the independent activities the teacher is given the task of working on the questions at home and discussed again at the second meeting. The results of the analysis of the initial test answers obtained an average of 49.58 with the highest value of 90 and the lowest value of 15. Strengthening the material at the time of the training was more emphasized on materials not yet mastered by the teacher. After the training, the average teacher mastery increased at the final test to 75.56. It can be concluded that this community service activity can empower the community in Kampar Kiri sub-district especially the mastery of mathematics teachers in solving mathematical problems.
Pelatihan Kewirausahaan bagi Pendidik PAUD melalui Pusat Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat Oktarina Dwi Handayani; Khusniyati Masyikuroh
Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Pengembangan Kualitas Guru dan Penyelenggaraan Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/panjar.v3i1.52955

Abstract

Kewirausahaan merupakan suatu perwujudan dari sikap mental untuk mampu berdiri sendiri, berdaulat, dan memacu seseorang untuk memunculkan kreatifitas. Pada masa sekarang ini dimana lapangan pekerjaan lebih kecil dibanding dengan angka pencari mengharuskan kita merubah mindset dari mencari kerja kepada menciptakan peluang kerja. Untuk itulah pelatihan kewirausahaan menjadi hal yang penting untuk diselenggarakan. Penanaman nilai nilai kewirausahaan haruslah dilaksanakan sejak usia dini agar anak memiliki pemahaman serta jiwa kewirausahaan dimasa mendatang. Untuk itulah diperlukan pendidik PAUD yang memahami tentang kegiatan kewirausahaan. Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini sebagai salah satu perwujudan dalam memberikan pemahaman mengenai kewirausahaan bagi pendidik PAUD melalui Pusat Kerja Gugus (PKG) dalam hal ini dilaksanakan di kecamatan Jatisampurna, Bekasi. Melalui kegiatan ini diharapkan pendidik PAUD mampu memahami manfaat, urgensi dan aplikasi kegiatan kewirausahaan yang besar harapan dapat membawa dampak bagi lemabaga pendidikan maupun bagi individu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5