cover
Contact Name
Yasinta Maria Fono
Contact Email
yasintamariafono@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcp@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 27751589     EISSN : 27751589     DOI : -
Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu pendidikan (pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan matematika, pendidikan musik dan pendidikan IPA). JCP menggunakan Turnitin untuk mengecek plagiasi naskah artikel. JCP diterbitkan 4 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022)" : 26 Documents clear
ANALISIS FUNGSI DAN BENTUK KOMPOSISI GONG-GENDANG SEBAGAI ALAT MUSIK PENGIRING TARIAN CACI DI WONGKO LEMA DESA GOLO LEBO KECAMATAN ELAR KABUPATEN MANGGARAI TIMUR Martinus Aristo; Dedy Setiawan; Ferdinandus Bate Dopo
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1025.42 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dan peran alat musik gong gendang dalam mengiringi tarian caci, serta mengidentifikasi bentuk komposisi gong gendang etnis Manggarai yang ada di Kampung Lema. Informan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah parah tokoh adat, dan tokoh masyarakat, semua informan yang ditentukan itu melalui sebuah tahap seleksi, sehingga semua informan yang ada dianggap mampu memberikan data secara valid dan akurat sesuai dengan fokus penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) mengenai fungsi dan peran alat musik gong gendang dalam tarian caci, 2) terdapat komposisi gong gendang dalam tarian caci. Data-data yang diperoleh akan di analisis, sehingga dapat menarik suatu kesimpulan bahwa alat musik gong gendang selain sebagai alat musik, gong gendang juga memilki makna dalam menyatukan masyarakat ke dalam adat.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKK NEGERI KISARAGHE KECAMATAN BAJAWA UTARA KABUPATEN NGADA Hermina Meo; Marsianus Meka; Karmelia Rosfinda Meo Maku
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.908 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hasil uji coba produk media kartu angka bergambar dalam mengenal lambang bilangan pada anak usia dini kelompok 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di TKK Negeri Kisaraghe, Desa Nabelena, Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah satu ahli materi pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, satu ahli desain pembelajaran dan lima orang anak usia dini 4-5 tahun TKK Negeri Kisaraghe. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: dihasilkannya media kartu angka bergambar dengan kelayakan berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh hasil dengan presentase 80% dengan kualifikasi “Valid”, penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 82% dengan kualifikasi “Sangat valid”, penilaian dari ahli media pembelajaran memperoleh presentase 85% dengan kualifikasi “Sangat valid”, penilaian pada uji coba perorangan memperoleh presentase 100% dengan kualifikasi “Sangat Valid”, dan penilaian pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 100% dengan kualifikasi “Sangat Valid”. Dari hasil diatas menunjukan bahwa media kartu angka bergambar layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan kognitif anak usia dini 4-5 tahun dalam mengenal lambang bilangan di TKK Negeri Kisaraghe.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU PADA SISWA KELAS IV SDI WAEIA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA Rufina Menge; Ermelinda Yosefa Awe; Maria Patrisia wau
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.81 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDI Waesia pada mata pelajaran tematik dengan menerapkan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggar yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi dan tahap refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDI Waesia yang dilaksanakan dalam kelompok belajar, hal ini karena situasi pandemi atau covid-19 yang melanda dunia saat ini, dengan subyek penelitian 8 orang siswa yang terdiri dari 5 orang perempuan dan 3 orang laki-laki, dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDI Waesia. Metodepengumpulan data menggunakanmetodetes.Tes yang digunakanadalahtes uraian yang dilakukanpadasetiapakhirsiklus.Analisis data menggunakananalisisdeskripsikuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I menunjukan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 47,37%, ketuntasan klasikal sebesar 12,5%, dan kriteria penggolongan berada pada kategori sangat rendah. Sedangkan hasil analisis data pada siklus II menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 80,5%, dan ketuntasan klasikalnya sebesar 100%, dan kriteria penggolongan berada pada kategori baik. Terjadi peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 33,2%, sedangkan peningkatan ketuntasan klasikalnya dari siklus I ke siklus II sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Projec Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada peseta didik SDI Waesia Kelas IV Tahun Ajaran 2019/2020.
ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKKN NASARET WERE Arsenia Owa; Marsianus Meka; Elisabeth Tantiana Ngura
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.142 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perkembangan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TKKN Nasareth Were Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukandi TKKN Nasaret Were, Kabupaten Ngada. Waktu yang dilaksanakan pada tanggal 27 januari 2020 sampai dengan 27 April 2020. Subjek yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas B. Objek dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuan bahasa.Penelitian menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan. Metode analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan huberman dengan komponen-komponennya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan kemampuan bahasa pada anak usia dini di TKKNegeri Nasareth Were sangat berbeda-beda atau bervariasi. Walaupun berbeda-beda tetapi secara keseluruhan perkembangan bahasa mereka itu baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil wawancara, observasi serta didukung dengan hasil dokumentasi.
PENGEMBANGAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK ASPEK KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TKK NEGERI WUE KECAMATAN WOLOMEZE KABUPATEN NGADA Aurelia Nau; Elisabeth Tantiana Ngura; Josep Marsianus Rewo
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (822.173 KB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hasil uji produk pengembangan media kartu angka bergambar pada anak usia dini di TKK Negeri Wue. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan dideskripsikan dalam langkah-langkah sistematis pengembangan media pembelajaran kartu bilangan yakni: 1) Analysis; (a) analisis kurikulum; (b) analisis kebutuhan peserta didik; (c) analisis kompetensi. 2) Design; (a) perancangan desain produk; (b) penyusunan materi; (c) penyusunan instrument. 3) Development; (a) pengembangan produk; (b) validasi ahli; (c) revisi ahli 4) Implementation; (a) uji kelayakan para ahli; (b) uji kelayakan pengguna media 5) Evaluation dari kriteria kelayakan seluruh ahli dan kelayakan dari uji perorangan serta kelompok kecil. Kelayakan media pembelajaran kartu angka bergambar adalah. 1) review ahli materi memperoleh nilai rata-rata 73% dengan kriteria (valid); 2) review ahli media memperoleh nilai rata-rata 73% dengan krteria (valid); 3) review ahli desain memperoleh nilai rata-rata 73% dengan kriteria (valid); 4) uji coba kelayakan perorangan memperoleh nilai rata-rata 100% dengan kriteria (sangat valid); 5) uji coba kelayakan kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 100% dengan kriteria (sangat valid).
ANALISIS BENTUK MUSIK PENGIRING TARIAN DERO PADA MASYARAKAT KAMPUNG NAGEMI DESA RIGI KECAMATAN BOAWAE KABUPATEN NAGEKEO Maria Claudia Deku; Ferdinandus Bate Dopo; Sena Radya Iswara Samino
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1222.017 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk musik pengiring pada tarian dero masyarakat kampungNagemi Desa Rigi Kecamatan Boawae KabupatenNagekeo. Penelitian ini dilakukan di kampung Nagemi Desa Rigi Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo dengan memanfaatkan enam orang warga Desa Rigi sebagai narasumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nyanyian dero merupakan bentuk lagu dengan dua bagian dimana setiap bagiannya memiliki pola AB. Bagian pertama terdiri atas enga dan tau pata bagian kedua terdiri atas sadhi. Nyanyian ini terdiri atas 131 birama, serta memiliki dua motif nyanyian dengan mengalami perubahan pada setiap motifnya. Penelitian ini juga ditemukan bahwa music pengiring Dero termasuk dalam kelompok musik tradisional yang memiliki kekhasan yaitu pada bahasa daerahnya, dinyanyikan secara berkelompok antara pria dan wanita tanpa iringan musik serta menggunakan progresi akor I dan IV dengan interval tangga nada mayor serta memiliki melodi yang teratur dengan menggunakan tangga nada mulai dari do re mi fa dan sol dengan frase konsekuen yang lebih dominan dibandingkan frase antaseden pada kalimat nyanyian dero tersebut.
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SUB TEMA I JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS IV SDN WATUWULA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA Maria Angela Marici Tanggo; Pelipus Wungo Kaka; Yosefina Uge Lawe
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.261 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar tematik siswa dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN Watuwula Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang didesain oleh Kemmis dan Mc Taggart dan terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Watuwula. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif yang dilakukan pada akhir siklus. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siklus I diperoleh 66,4 dan nilai rata-rata persentase sebesar 66,4%, sedangkan ketuntasan klasikalnya 20%, berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 92,8 dan nilai rata-rata persentase mencapai 92,8%, hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 100%. berada pada kategori sangat baik, persentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu 26,6%.
PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG STUNTING PADA ANAK USIA DINI DI KABUPATEN NGADA Yuvensia Wenifrida Tia; Efrida Ita; Elisabeth Tantiana Ngura
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.881 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi masyarakat tentang Stunting Anak Usia Dini di Kampung Maronggela Desa Wolomeze, Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada. Subjek dalam Penelitian ini adalah masyarakat (keluarga-keluarga yang memiliki anak stunting), Dinas Kesehatan, Kader Posyandu dan sumber informasi lainnya. Sedangkan Objek penelitian adalah informan yang menjadi sumber data. Persepsi Masyarakat tentang Stunting Anak Usia Dini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis data dan instrumen Wawancara. Jumlah subjek penelitian adalah 10 responden. Pengumpulan data persepsi masyarakat tentang stunting menggunakan kuesioner dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Dari hasil peneltian diperoleh data yaitu 3 poin dari 10 responden yakni asupan gizi anak dengan 7 responden yang mengatakan paham dan 3 responden tidak paham. Lebih lanjut lagi dari stunting anak usia dini 6 responden yang menyatakan paham dan 4 responden tidak paham. Untuk stunting di Kabupaten Ngada sebanyak 9 orang responden menyatakan tidak paham dan 1 orang responden yang merespon paham.
KAJIAN TEKNIK PUKULAN GONG DAN GENDANG DALAM RITUAL CONGKO LOKAP BUDAYA MANGGARAI Sergius Fabianus Igol; Wilfridus Muga; Sena Radya Iswara Samino
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.756 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik pukulan gong dan gendang dalam ritual adat congko lokap kedalam bentuk partitur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan dokumentasi(kamera,alat perekam), dan wawancara. Keabsahan data diperoleh melalui prosedur triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, teknik pukulan gendang yang mengiringi tarian dan nyanyian dalam ritual adat congko lokap menggunakan teknik open tone, muffled tone, dan slap tone. Sedangkan gong dimainkan tidak menggunakan teknik khusus dan hanya satu gong yang digunakan dalam ritual adat congko lokap ini. Posisi tubuh pemain gendang yaitu duduk bersila kemudian gendang dipangku diatas paha kiri dan gong dimainkan dengan posisi duduk kemudian gong dipegang dengan tangan kiri dan tangan kanan memukul gong atau gong disimpan pada tempat khusus untuk menyimpannya dan memudahkan pemain gong untuk membunyikannya.
PENYAJIAN MUSIK NDOTO DAN FUNGSINYA PADA UPACARA BHEI UWI DALAM RITUAL NGAGHA MERE DI KAMPUNG WAJO KECAMATAN KEO TENGAH KABUPATEN NAGEKEO Maria Clarista Agho; Florentianus Dopo; Kanzul Fikri
Jurnal Citra Pendidikan Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1384.178 KB)

Abstract

Abstrak Agho, Maria Clarista (2021), Penyajian Musik Ndoto dan Fungsinya dalam Upacara Bhei Uwi pada Ritual Ngagha mere di Kampung Wajo Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Musik CITRA BAKTI. Artikel ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Florentianus Dopo, S.S., MPd dan pembimbing II : Kanzul Fikri, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penyajian Musik Ndoto dan Fungsinya dalam Upacara Bhei Uwi Pada Ritual Ngagha mere di Kampung Wajo Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini, ketua adat, kepala desa Wajo, dan masyarakat setempat. Analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman dengan komponen-komponennya, yaitu: pengumpuilan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penyajian musik Ndoto dalam ritual Ngagha mere terdapat beberapa sub diantaranya: 1) Tahapan ritual Ngagha mere, 2) tahap bhei uwi, 3) unsur-unsur musik yang terdapat pada musik Ndoto pada tahap bhei uwi, 3) proses penyajian musik Ndoto, 4) jumlah penyaji musik Ndoto, 5) bentuk penyajian musik Ndoto, 6) bentuk penyajian musik Ndoto, 7) tata panggung dalam penyajian musik Ndoto, 8) formasi penyajian musik Ndoto, 9) durasi penyajian musik Ndoto. Hasil penelitian mengenai fungsi musik Ndoto terdiri dari 1) fungsi ritual, 2) senagai sarana komunikasi, 3) fungsi hiburan.

Page 1 of 3 | Total Record : 26