cover
Contact Name
Fahmi Ali Hudaefi
Contact Email
syariah.economicsiaid@gmail.com
Phone
+6281323444351
Journal Mail Official
syariah.economicsiaid@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kiai Ahmad Fadlil, No. 8, Ciamis Jawa Barat
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Syari'ah Economics
ISSN : -     EISSN : 28078942     DOI : https://doi.org/10.36667/se
Core Subject : Economy,
Syariah Economics (e-ISSN 2807-8942) is a scientific journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis, West Java, INDONESIA. Journal of Syariah Economics is an online journal to disseminate field research and conceptual ideas in the field of Sharia economics (Islamic economics, Islamic public finance, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic business ethics, Islamic banking, Islamic insurance, Islamic human resource management, Islamic microfinance, Islamic capital market, other relevant Islamic economic and financial studies)
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2018): Islamic Economic Studies" : 4 Documents clear
PENGARUH VOLUME PEMBIAYAAN DAN BAGI HASIL DPK TERHADAP MARGIN PEMBIAYAAN MURÂBAHAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP BANJAR PERIODE 2013-2015 Dede Husni Mubarok; Suci Shayafillah; Tsania Salsabila
Syari'ah Economics Vol 2 No 1 (2018): Islamic Economic Studies
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis, Jawa Barat, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.056 KB)

Abstract

Pembiayaan yang disalurkan bank syariah masih didominasi oleh pembiayaan non bagi hasil, yaitu akad yang berdasarkan jual beli (murâbahah). Dominannya jenis pembiayaan murâbahah dibandingkan jenis pembiayaan yang lain disebabkan beberapa faktor. Dari sisi penawaran bank syariah, pembiayaan murâbahah dinilai lebih minim risikonya dibandingkan dengan jenis pembiayaan bagi hasil. Selain itu, pengembalian yang telah ditentukan sejak awal juga memudahkan bank dalam memprediksi keuntungan yang akan diperoleh. Sementara dari sisi permintaan nasabah, pembiayaan murâbahah relatif lebih mudah operasinya dibandingkan dengan jenis pembiayaan bagi hasil. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh volume pembiayaan terhadap margin pembiayaan murâbahah pada Bank Syariah Mandiri KCP Banjar, (2) Pengaruh bagi hasil DPK (Dana Pihak Ketiga) terhadap margin pembiayaan murâbahah pada Bank Syariah Mandiri KCP Banjar, dan (3) Pengaruh volume pembiayaan dan bagi hasil DPK (Dana Pihak Ketiga) bersama-sama terhadap margin pembiayaan murâbahah pada Bank Syariah Mandiri KCP Banjar. Data penelitian diperoleh dari Bank Syariah Mandiri KCP Banjar periode Januari 2013 sampai dengan Agustus 2015. Analisis data dilakukan dengan menggunakan persamaan regresi dimana pengukuran parameter dilakukan dengan menggunakan Eviews versi 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Volume pembiayaan berpengaruh negative dan sangat signifikan terhadap margin pembiayaan murâbahah pada Bank Syariah Mandiri KCP Banjar, (2) Bagi hasil DPK (Dana Pihak Ketiga) berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap margin pembiayaan murâbahah pada Bank Syariah Mandiri KCP Banjar, dan (3) Volume pembiayaan dan bagi hasil DPK (Dana Pihak Ketiga) secara bersama-sama berpengaruh sangat signifikan terhadap margin pembiayaan murâbahah pada Bank Syariah Mandiri KCP Banjar.
PENGARUH PRODUK, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP PREFERENSI NASABAH ATAS PRODUK SIMPANAN WADI’AH DI BMT ALRAHMAH CIAMIS Diyah Wikan Rahmatika; Maya Purnamasari; Lis Rohmayatin Barokah
Syari'ah Economics Vol 2 No 1 (2018): Islamic Economic Studies
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis, Jawa Barat, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.061 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan di dunia bisnis khususnya di lembaga keuangan dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Dari hal tersebut upaya pengembangan kualitas layanan harus dilakukan dan berorientasi pada pasar atau masyarakat sebagai pengguna jasa, beberapa diantaranya dilihat dari produk, pelayanan, dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, pelayanan, dan lokasi terhadap preferensi nasabah atas produk simpanan wadi’ah di BMT Alrahmah Ciamis dan faktor yang mendominasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasional. Data penelitian ini diperoleh dari 35 responden nasabah BMT Alrahmah Ciamis dengan menyebar kuesiner. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, regersi linier berganda, uji hipotesis melalui uji T dan Uji F, dan koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji analisis regresi linier berganda di dapat hasil persamaan Y = 0,794 + (-0,085) X1+ 0,131 X2 + 0,538 X3 bahwa produk, pelayanan, dan lokasi searah dengan preferensi nasabah. Nilai R square merupakan nilai penentu yang dapat menjelaskan pengaruh yang terjadi pada variabel preferensi nasabah yang disebabakan oleh variabel produk, pelayanan, dan lokasi sebesar 71,1%. Sedangkan sisanya 35,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Dari uji statistik yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa produk secara parsial berpengaruh terhadap preferensi nasabah sebesar 0,115, pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap pereferensi nasabah sebesar 0,381, lokasi secara parsial berpengaruh terhadap pereferensi nasabah sebesar 0,647, dari hasil tersebut apabila produk, pelayanan dan lokasi meningkat maka akan meningkatkan preferensi nasabah. Adapun variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap preferensi nasabah atas produk simpanan wadi’ah di BMT Alrahmah Ciamis adalah variabel lokasi, karena mempunyai nilai koefisien determinasi parsialnya paling besar yaitu sebesar 64,7% dibandingkan variabel lainnya.
PENGARUH PENDAPATAN DAN SELERA TERHADAP PERMINTAAN IKAN LAUT DI KABUPATEN PANGANDARAN Fitanty Adirestuty Fitanty Adirestuty; Yussy Ariyanti Rahayu; Vina Erdiani
Syari'ah Economics Vol 2 No 1 (2018): Islamic Economic Studies
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis, Jawa Barat, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.104 KB)

Abstract

Mayarakat Kabupaten Pangandaran yang beraneka ragam menurut pekerjaan, tingkat pendidikan, dan usia diasumsikan memiliki pola konsumsi pangan yang berbeda, khususnya dalam mengkonsumsi sumber protein yaitu ikan laut. Di Kabupaten Pangandaran sendiri wilayahnya dekat dengan laut, hal ini menyebabkan peningkatan konsumsi ikan laut pada kalangan masyarakat. Ini diduga hasil dari pendapatan dan selera masyarakat terhadap ikan laut karena wilayah tempat tingalnya yang dekat dengan laut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh pendapatan konsumen terhadap permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran. (2) Untuk mengetahui pengaruh selera terhadap permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran. (3) Untuk mengetahui pengaruh pendapatan dan selera terhadap permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mtode expost facto. Metode expost facto adalah metode yang digunakan daam penelitian yang meneliti hubungan sebab akibat yang tidak dimanipulasi oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif, analisis kuantitatif dengan alat bantu SPSS 20, mencakup pembahasan mengenai bagaimana faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran melalui model persamaan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tidak terdapat pengaruh positif antara pendapatan masyarakat dengan jumlah permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran, kemudian persamaan regresinya adalah Y = 2,797+0,473. Artinya, jika tidak ada pendapatan masyarakat maka permintaan ikan laut sebesar 2,797 kg. (2) Terdapat pengaruh positif antara selera masyarakat dengan jumlah permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat dibuat persamaan regresi untuk pengaruh selera masyarakat terhadap permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran. Persamaan regresinya adalah Y = -0,095+1,819. Nilai konstanta untuk selera (X2) bernilai negatif sebesar 0,095. Artinya, jika selera masyarakat naik, maka permintaan terhadap ikan laut turun sebesar 0,095 kg. (3) Pendapatan dan selera mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran. Namun setelah data diolah ternayata hanya 12,9% perubahan dalam permintaan ikan laut bisa dijelaskan oleh seluruh variabel bebas yang diduga berpengaruh yaitu pendapatan dan selera. Sisanya sebesar 87,1% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Nilai tersebut menggambarkan bahwa variabel yang digunakan dalam penelitian ini belum sepenuhnya menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan ikan laut di Kabupaten Pangandaran. Hal ini disebabkan karena faktor lain yaitu, harga barang itu sendiri, barang substitusi, pertambahan penduduk, perkiraan di masa yang akan datang, dan banyaknya kebutuhan masyarakat pada hari tertentu tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGELOLA BMT TERHADAP NIAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH Isthi Tresna Aristhantia; Asri Awaliyah Ma’sumah; Sheliyana Sheliyana
Syari'ah Economics Vol 2 No 1 (2018): Islamic Economic Studies
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis, Jawa Barat, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.126 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan pengaruh kualitas pelayanan pengelola BMT terhadap niat nasabah dalam menggunakan pembiayaan mudharabah. Penelitian dilakukan di salah satu Bait al-maal wa al-tamwil atau yang lebih dikenal dengan sebutan BMT, yakni BMT eL-Taqwa yang terletak di Dusun Cidewa Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional (correlational research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu, sebagian sampel penelitian diikutsertakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi dengan menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, serta uji t. Pengaruh kualitas pelayanan pengelola BMT terhadap niat nasabah dalam menggunakan pembiayaan mudharabah di BMT eL-Taqwa Dusun Cidewa Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis dilihat dari nilai koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar 0,745 yang artinya nilai tersebut termasuk ke dalam tingkat hubungan yang kuat. Hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan pengelola BMT dan niat nasabah memiliki korelasi dengan tingkat hubungan yang kuat.

Page 1 of 1 | Total Record : 4