cover
Contact Name
Tri Juwono
Contact Email
trijuwono@mercubuana.ac.id
Phone
+628980875279
Journal Mail Official
visikom@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650. Tlp./Fax: +62215870341
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Visi Komunikasi
ISSN : 14123037     EISSN : 25812335     DOI : https://doi.org/10.22441/visikom
Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN: 1412-3037 | e-ISSN: 2581-2335] has been published since 2007 byFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi is a bi-annual journal issued on May and November. It consists of research-based articles and /or conceptual articles in communications (see Focus and Scope). The publisher only accepts an original work, which has not been published elsewhere. The article should be submitted through this site in accordance with our format (see Author Guidelines). Submitted article will be reviewed and edited for format uniformity, term, and other procedures.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 02 (2022): November 2022" : 10 Documents clear
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PODCAST MEDAN ORBIT MELALUI TEMA PODCAST 100 HARI KINERJA WALIKOTA MEDAN Niscaya Hia; Evi Enitari Napitupulu; Mercy Magdalena Daeli
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.17669

Abstract

Penelitian ini dilakukan dikantor media Orbit Digital Kota Medan yang bergerak dalam bidang media cetak. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana efektivitas komunikasi interpersonal dalam podcast Medan Orbit antara host dan narasumber melalui salah satu tema podcast 100 hari kinerja Walikota Medan yang di upload dalam platform youtube Medan Orbit sendiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Sumber data primer di dapatkan dari hasil wawancara mendalam dengan 7 (tujuh) orang informan, yang terdiri dari Pimpinan redaksi/ host, narasumber, editor, dan penonton podcast Medan Orbit sendiri dan data sekunder di dapatkan dari sumber jurnal, buku, internet. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan dengan terlebih dahulu mendatangi lokasi dan pengamatan terhadap fenomena. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dan menggunakan pedoman wawancara. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam podcast Medan Orbit pada konten video dengan tema 100 hari kinerja Walikota Medan dilakukan dengan efektif.
Twitter dan Proses Pencarian Partner ‘Enak-Enak’ (Studi Etnografi terhadap Akun Twitter @FWBESS dan @alterianbase) Nayla Andina Kamiliya; Fauzan Aufa Akbar; Mohammad Afwan; Bagas Suryo
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.15866

Abstract

Perkembangan internet dan media digital telah membawa dinamika baru dalam kajian mikro komunikasi: Komunikasi Interpersonal. Aplikasi berbasis digital dan platform media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan dan interaksi masyarakat modern sebagai fasiliyas pemenuhan kebutuhan tertentu. Sekarang ini, media Sosial Twitter pun juga digunakan sebagai wadah bagi kaum muda untuk mencari partner seks kasual melalui akun auto-menfess dengan intensi yang sejalan. Namun, di indonesia sendiri, pencarian partner seks kasual melalui akun auto-menfess membawa masalah yang berkenaan dengan kondisi sosio-kultural, di mana pandangan umum masyarakat tentang moralitas dan agama telah berbenturan dengan pengaruh modern yang dibawa oleh transnasionalisme dan globalisasi budaya. Pada titik ini, teori penetrasi sosial dan keintiman menjadi sangat signifikan dalam menentukan komunikasi interpersonal yang terjadi antar para pencari partner seks kasual melalui akun auto-menfess di Twitter. Oleh karena itu, penelitian ini betrtujuan untuk membedah lebih dalam lagi mengenai hubungan interpersonal yang terbangun di akun auto-menfess tersebut serta bagaimana pemaknaan informan terpilih perihal seks kasual yang mereka dapatkan di sana. Cakupan dari penelitian ini meliputi kajian komunikasi interpersonal khususnya dalam hubungannya antara psikologi media dengan pembentukan budaya digital di kalangan kaum muda urban. Metode data dan penelitian yang digunakan adalah etnografi virtual sebagai metode utama, serta etnografi baru sebagai metode pendukung untuk mendapatkan pengalaman dan pemaknaan pribadi yang mendalam dari para informan. Penelitian ini diharapkan mampu menjawab perihal peranan teori penetrasi sosial dalam pencarian pasangan seks kasual di tengah kondisi sosio-kultural yang ada di Indonesia. Signifikansi dari penelitian ini terletak pada pendekatan media dan isu komunikasi dalam era digital dengan menggunakan perspektif komunikasi interpersonal secar kultural dan kritis, khususnya pada aspek pembangunan suatu hubungan, konsep diri, dan keintiman.
OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL TWITTER PADA SOMASI YANG DILAKUKAN OLEH ES TEH INDONESIA Yogie Alontari; Leti Karmila; Asep Ahmad Siddiq; Neni Yulianita
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.18698

Abstract

In the current digital era, social media has become a new public space (public sphere) that is used by the public to communicate and interact, including being used to form a public opinion. On September 24, 2022, PT Esteh Indonesia Makmur, as the company that owns the Indonesian Es Tea brand, made a subpoena to the Twitter account owner who criticized one of its beverage products because it was considered a violation of the ITE Law. This became an issue and generated public opinion on social media Twitter. This study intends to find out and analyze the public opinion that is formed from the community of Twitter users towards subpoenas conducted by Es Teh Indonesia, using a qualitative approach, in the form of the Virtual Communication Ethnographic research method. The results of the study generally stated that a negative public opinion was formed from the public towards the summons made by Indonesian Es Teh. The public considered that what was done was inappropriate and unnecessary, this was reflected in the various insults and ridicule that arose as a result of the subpoena. Although on the other hand there is public opinion which states that the criticism made is considered not good because it uses harsh and impolite language or words.
AUDIENCE FRAMING PADA PEMBERITAAN POLISI VIRTUAL DI NARASI NEWSROOM Shulfi Ana Helmi; Sumardjijati Sumardjijati
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.16580

Abstract

Abstrak - Media berita turut mengalami pergeseran sejak berkembangnya teknologi yang begitu masif terutama setelah kemunculan internet. Tren terbaru menunjukkan media pemberitaan merambah pada platform media sosial. Narasi merupakan salah satu media yang menggunakan media sosial sebagai platform pendistribusian beritanya. Kanal berita narasi bernama Narasi Newsroom yang menggunakan media sosial instagram sebagai platform unggahan berita utamanya. Salah satu isu menarik yang diberitakan oleh Narasi Newsroom adalah Polivisi Virtual. Polisi Virtual sendiri merupakan Polisi yang bertugas di ranah virtual khususnya media sosial. Media sosial sebagai platform berita memberikan peluang bagi audiens untuk berkomentar. Hubungan keterlibatan audiens dalam dimensi normatif, yakni audiens dapat memberi makna dan nilai pada media berdasarkan pengalaman autobiographical, identitas, dan demografi terhadap teks atau topik media. Audiens memiliki otoritasnya sendiri untuk memaknai atau mengintepretasikan teks yang disampaikan oleh media. Kajian framing dapat dilakukan tidak hanya dari sisi media yang melakukan framing namun juga dapat dikaji dari sisi framing yang dilakukan oleh audiens. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui audience framing yang terbentuk oleh audiens pada pemberitaan Polisi Virtual di Narasi Newsroom dengan menggunakan metode penelitian audience framing. Hasil dari penelitian Audience Framing pada Pemberitaan Polisi Virtual di Narasi Newsroom menunjukkan terdapat lima framing yang terbentuk yaitu frame urgensi pembentukan Polisi Virtual, frame narasumber tidak seimbang, frame Narasi media kredibel dan kritis, frame kewaspadaan dalam bermedia sosial, dan frame citra buruk Polisi. Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya frame tersebut adalah literasi digital, kepercayaan audiens terhadap media yang dikonsumsinya, latar belakang pengalaman, dan kepercayaan masyarakat terhadap Polisi.
Stereo type dan Labelling Terhadap Perempuan Pada Berita “19 Detik Gisella Anastasia” di Portal Okezone.com dan Kompas.com Tiara Angelica; Reni Nuraeni
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.17242

Abstract

In November 2020, public attention was drawn to the immoral video issue involving the artist Gisella Anastasia. The case is synonymous with the term "19 Seconds," as the duration of the footage that has been distributed publicly is 19 Seconds. As a result, the media, notably okezone.com and kompas.com, turned their attention to this matter. The purpose of this study is to examine how the media outlets okezone.com and kompas.com covered the 19 Seconds immoral video case and framed the female figure in the 19 Seconds of Gisella Anastasia immoral video case in order to foster stereotypes and stigma against women. Pan and Kosicki framing analysis is used in this study to determine how the media outlets okezone.com and kompas.com construct immoral video reporting through the text and images that appear on the immoral video news 19 Seconds Gisella Anastasia. The study's findings indicate that the news portals okezone.com and kompas.com frequently discuss Gisella Anastasia
PENGARUH PENGGUNAAN KONTEN E-WOM (ELEKTRONIC WORD OF MOUTH) SOSIAL MEDIA VAPERSTUFF INDONESIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROKOK ELEKTRIK (VAPE) Reza Fajar Wijaya
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.16652

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh konten electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian rokok elektrik (vape), dengan variabel kualitas informasi (X1), keandalan informasi (X2) dan jumlah informasi (X3). ). . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, sebagian dan sekaligus, apakah variabel kualitas informasi, Kredibilitas, dan jumlah Kuantitas informasi mempengaruhi keputusan pembelian vape online. Dalam penelitian ini digunakan teknik random sampling dan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada 100 sampel partisipan melalui Google Forms. Analisis data menggunakan regresi linier berganda yaitu uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah variabel kualitas, keandalan dan kuantitas informasi mempengaruhi sikap penggunaan rokok elektrik (vape).
STRATEGI PROMOSI DIGITAL DALAM MEMPERTAHANKAN EKUITAS MERK DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS PADA PT. JAVA FESTIVAL PRODUCTION 2022) Tsar Syahputra Yatna; Yoyoh Hereyah
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.17377

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap bagaimana analisa SWOT strategi promosi digital PT. Java Festival Production, serta bagaimana strategi promosi digital PT. Java Festival Production dalam mempertahankan ekuitas merek. Akibat pandemi, kiblat komunikasi cukup berubah. Perkembangan strategi promosi digital menimbulkan persaingan agar merek dapat menempati posisi teratas. Analisis SWOT digunakan pada asumsi bahwa suatu strategi yang efektif akan meminimalkan kelemahan dan ancaman  Kemudian teori strategi komunikasi digital untuk mengetahui fokus segmen yang paling bernilai bagi perusahaan pada saat merancang strategi pemasaran produk dan cara penyampaian pesan yang paling relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dibantu dengan metode studi kasus.  PT. JFP menggunakan tiga tahapan utama dalam menjalankan  strategi promosi digital yakni;  Tahap strategy formulation, strategy implementation, strategy evaluation. Kata Kunci : SWOT, Strategi Promosi Digital, Ekuitas Merek, New Normal
Pengaruh Konten YouTube WOW (Wellspring Of Wellness) Hungary Terhadap Minat Berkunjung Mahasiswa Defanya Daniella Ester Sompie; Mariam Sondakh; Leviane Jackelin H. Lotulung
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.16929

Abstract

This research aims to know The Influence of WOW (Wellspring Of Wellness) Hungary’s YouTube Content Towards Visiting Interest of Students at Communication Science Faculty of Social and Political Science Sam Ratulangi University. The theory used in this research is stimulus-organism-response or s-o-r theory. Research method used in this research is quantitative with data retrieval technique of using questionnaires. The population of this research were 33 Students of Communication Science Faculty of Social and Political Science Sam Ratulangi University who also subscribed to channel Visit Hungary. The result showed that there are 42,1 percent influence between WOW Hungary’s YouTube content towards visiting interest. The most influential out of 5 indicators are Video, Audio and Title, in which many respondes answered with agree and strongly agree, whereas the least influential is Comment. In hypothesis testing, the significant value obtained was 0,000 so Ha was accepted and Ho rejected because the significant value is smaller than 0,05. In conclusion WOW Hungary’s YouTube content has an effect towards the visiting interest of Communication Science students Faculty of Social and Political Science Sam Ratulangi University Manado.
The Effectiveness of Instagram @folkative Social Media as a Means of Information for the Young Generation Nisa Aulia Maharani; Faja Faradila; Wahyunengsih Wahyunengsih
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.17624

Abstract

The internet, which is a new medium, is a sign of a new period, namely the existence of interactive technology and network communication, especially in cyberspace, which will change society (Littlejohn & Foss, 2014). With the internet, information is becoming easier to spread and get anytime and anywhere. One of the new mediums is Instagram. Instagram is a social media platform that is used to send information to the public quickly. One of the things uploaded on Instagram is information about the latest news on the @folkative account. This study aims to determine whether the @folkative Instagram account is effective as a means of information for the younger generation. The method used in this study is a qualitative one with data sources from questionnaires. The conclusion from the research results obtained is that the use of social media like Instagram as a means of information for the younger generation has been effective.
Pengaruh Media Pembalajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi SMA Cenderawasih 1 Jakarta Irlan Trisnawan; Andree Raymond
Jurnal Visi Komunikasi Vol 21, No 02 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/visikom.v21i02.16978

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang penting di masyarakat. Demi menjadi bangsa yang memiliki kecerdasan yang baik tentu harus mengikuti aturan kementrian pendidikan dan harus di dukung juga oleh aturan yang sistematis dari pemerintah itu sendiri.Pada saat sekarang, dunia sedang digemparkan dengan adanya Covid-19. Virus ini sendiri baru  ditemukan pertama di Cina, menurut media South China Morning Post kasus awal Covid-19 tersebut terdeteksi pada 17 November 2019 dan setiap harinya mengalami peningkatan

Page 1 of 1 | Total Record : 10