cover
Contact Name
Heronimus Maryono
Contact Email
heronimus.maryono@pmbs.ac.id
Phone
+6221-7511126
Journal Mail Official
penerbitan@pmbs.ac.id
Editorial Address
Prasetiya Mulya Publishing Universitas Prasetiya Mulya, Kampus BSD Gedung PMBS, Lt. 11, Edu Town Kavling Edu I No. 1, Serpong Jalan BSD Raya Utama, Pagedangan, Tangerang Banten 15339 - Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Kajian Branding Indonesia
ISSN : -     EISSN : 27212092     DOI : https://doi.org/10.21632/kbi
KBI focuses on the dissemination of studies in the areas of creation, development, sustainability of brands, and areas where consumers process various perceptions related to products or services brands: - Logo - Naming and packaging - Branding and technology - Brand research methods - Brand metrics and analytics - Qualitative and quantitative brand research - Brand architecture and portfolios - Brand extension and growth - Brand alliances and mergers - Corporate brand management - Brand co-creation - Integrated brand communication - Brand valuation - Brand equity - Brand heritage and history - Brand reputation - Identity and image - Brand credibility and trust - Brand ethics and corporate social responsibility - Brand crises - Brand and law - Brand counterfeits.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Kajian Branding Indonesia" : 6 Documents clear
Pengaruh Advertising Framing dan Character Type Konten Employer Branding terhadap Intention to Apply Nitolonia Fernando Lifao Waruwu; Natalie Amelia Lieputra; Christiana Yosevina; Krishnamurti Murniardi
Kajian Branding Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Kajian Branding Indonesia
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1343.46 KB) | DOI: 10.21632/kbi.2.1.103-131

Abstract

Employer branding adalah bagian dari manajemen merek yang lebih menekankan proposisi nilai kepada calon karyawan dibanding konsumen. Tujuan employer branding adalah menarik calon karyawan untuk mau melamar kerja pada perusahaan. Employer branding dapat dikomunikasikan melalui beberapa kanal, misalnya, website dan media sosial. Konten komunikasinya juga beragam mulai dari video, gambar, audio, tulisan, maupun kombinasi beberapa elemen. Riset eksperimental 2x2 ini fokus pada konten employer branding berbentuk gambar dan tulisan yang dikomunikasikan melalui Instagram. Riset ini menguji pengaruh framing iklan (factual dan storytelling) dan tipe karakter (manusia asli dan manusia kartun) terhadap keinginan untuk melamar kerja pada suatu perusahaan. Kemudian, peneliti ingin mencari tahu kombinasi framing iklan dan tipe karakter seperti apa yang dianjurkan untuk konten employer branding dalam bentuk gambar dan teks. Ada 2 (dua) skenario riset yang berbeda untuk setiap responden. Masing-masing skenario terdiri dari 2 (dua) konten employer branding berdasarkan kombinasi framing iklan dan tipe karakter. Kemudian, responden menjawab pertanyaan berdasarkan konten yang mereka dapatkan dalam suatu skenario. Penelitian dilakukan kepada 477 sampel yang merupakan mahasiswa/i Indonesia tahun terakhir, fresh graduate yang sudah lulus maksimal 1 tahun, dan fresh graduate yang sudah lulus maksimal 2 tahun dari berbagai jurusan dan universitas, baik dalam maupun luar negeri. Data riset kemudian diolah dengan structural equation modeling menggunakan SPSS AMOS. Konten employer branding dengan framing storytelling dan manusia kartun berpengaruh signifikan terhadap transportasi naratif, sikap terhadap iklan, dan akhirnya intensi melamar pekerjaan. Untuk konten gambar dan tulisan di Instagram, kombinasi framing storytelling dan manusia kartun lebih direkomendasikan bagi perusahaan yang ingin melakukan komunikasi employer branding. Sifat dan kepribadian karakter yang digunakan juga harus dibangun secara terus-menerus agar audiens dapat mengidentifikasi diri mereka terhadap karakter tersebut.
Consumer Culture Theory: Hubungan Timbal Balik antar Social Operant Resources dan Operand Resources dalam Studi Empiris McDonald’s Indonesia Ricky Reksoprawiro; Gabriella Scarlett; Alexander Joseph Ibnu Wibowo; Novi Amelia
Kajian Branding Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Kajian Branding Indonesia
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1052.092 KB) | DOI: 10.21632/kbi.2.1.132-161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris secara garis besar untuk mengetahui hubungan antara konsep social operant resources terhadap operand resources yang dilandasi oleh consumer culture theory. Secara spesifik, studi ini ingin menguji sebagai berikut: (i) pengaruh social operant resources terhadap economic operand resources; (ii) pengaruh social operant resources terhadap material operand resources; (iii) pengaruh economic operand resources terhadap social operant resources; dan (iv) pengaruh material operand resources terhadap social operant resources; (v) hubungan timbal balik antara social operant resources dan economic operand resources; (vi) hubungan timbal balik antara social operant resources dan material operand resources. Permasalahan dalam studi ini ditelaah dengan berbasis pada konsep consumer culture theory (CCT). Pengumpulan data primer dilakukan menggunakan kuesioner melalui survei online. Seluruh indikator diukur menggunakan skala Likert tujuh poin. Penelitian ini berhasil memperoleh data responden sebanyak 358 orang konsumen restoran McDonald’s. Teknik analisis faktor eksploratori exploratory factor analysis (EFA) diterapkan untuk melakukan uji validitas konstruk. Selanjutnya, keenam hipotesis diuji menggunakan teknik structural equation modeling (SEM). Hasil studi ini berhasil membuktikan bahwa keenam hipotesis yang diajukan tidak ditolak. Secara ringkas, social operant resources memengaruhi economic operand resources, social operant resources memengaruhi material operand resources, economic operand resources memengaruhi social operant resources, material operand resources memengaruhi social operant resources, ada hubungan timbal balik antara social operant resources dan economic material resources, dan ada hubungan timbal balik antara social operant resources dan material operand resources.
Hubungan Teknologi, Manfaat Strategis, dan Nilai dalam Konteks Berbasis Perspektif Ekosistem Layanan: Peran Kepribadian sebagai Variabel Moderator Alvina A. G. Ginting; Sabrina Lioe; Alexander Joseph Ibnu W.; Suherman Widjaja
Kajian Branding Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Kajian Branding Indonesia
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.127 KB) | DOI: 10.21632/kbi.2.1.1-34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknologi terhadap manfaat strategis dan nilai dalam konteks, serta pengaruh manfaat strategis terhadap nilai dalam konteks. Selain itu, studi ini juga ingin menguji pengaruh moderasi dari teknologi terhadap hubungan antara manfaat strategis dan nilai dalam konteks. Selanjutnya, studi ini bermaksud menguji pengaruh moderasi dari kepribadian terhadap hubungan antara teknologi dan nilai dalam konteks. Kelima sifat kepribadian tersebut mencakup agreeableness, conscientiousness, extraversion, emotional stablity, dan openness to experience. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara daring. Seluruh indikator diukur menggunakan skala Likert tujuh poin. Kami berhasil mengumpulkan sampel sebanyak 302 menggunakan metode non-probability sampling. Responden adalah konsumen yang pernah menggunakan sepatu Adidas dengan teknologi Boost. Selanjutnya, lima hipotesis utama diuji menggunakan regresi linear sedehana dan berganda. Hasil studi ini menunjukkan bahwa teknologi terbukti mempengaruhi manfaat strategis dan nilai dalam konteks. Demikian pula, manfaat strategis terbukti mempengaruhi nilai dalam konteks. Terkait efek moderasi, teknologi terbukti secara signifikan mempengaruhi hubungan antara manfaat strategis dan nilai dalam konteks. Namun, kepribadian tidak terbukti mempengaruhi hubungan antara teknologi dan nilai dalam konteks. Meskipun demikian, hasil analisis lebih lanjut memperlihatkan bahwa kepribadian extraversion terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap hubungan antara teknologi dan nilai dalam konteks, sedangkan keempat sifat kepribadian lain tidak terbukti signifikan. Ada sejumlah kebaruan (novelty) dari riset ini, yaitu: (i) merancang instrumen penelitian baru; (ii) merancang model penelitian baru; (iii) menganalisis konstruk (variabel) baru, seperti teknologi, manfaat strategis, dan nilai dalam konteks; (iv) menganalisis dari perspektif baru, yakni LDL atau ekosistem layanan; dan (v) menganalisis dalam konteks baru dan spesifik, yakni teknologi Boost Adidas. Kontribusi terpenting penelitian ini adalah berhasil membuktikan secara empiris perspektif LDL, yang semakin memperkuat eksistensi perspektif baru ini dalam ilmu pemasaran modern.
Hubungan Personalisasi Iklan, Keterlibatan Konsumen, dan Manfaat Strategis Terhadap Nilai dalam Konteks: Studi Empiris dari Perspektif Ekosistem Layanan Grace Ilona Subagio; Richarta Jawhar; Alexander Joseph Ibnu Wibowo; Bernardinus Realino Yudianto
Kajian Branding Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Kajian Branding Indonesia
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.302 KB) | DOI: 10.21632/kbi.2.1.35-68

Abstract

Dewasa ini personalisasi iklan di media sosial, seperti Instagram, telah banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis atau pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan di antara tiga variabel, yaitu personalisasi iklan, keterlibatan konsumen, manfaat strategis, terhadap nilai dalam konteks. Secara spesifik, peneliti ingin menguji: (i) hubungan personalisasi iklan terhadap nilai dalam konteks; (ii) hubungan keterlibatan konsumen terhadap nilai dalam konteks; (iii) hubungan manfaat strategis terhadap nilai dalam konteks. Permasalahan akan dibahas berbasis pada perspektif ekosistem layanan atau logika dominan layanan (LDL). Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Seluruh indikator setiap konstruk diukur menggunakan skala Likert tujuh poin. Peneliti berhasil mengumpulkan sampel sebanyak 300 menggunakan metode convenience sampling. Responden adalah generasi millennials yang berdomisi di Jakarta dan Tangerang Selatan, Indonesia. Selanjutnya, tiga hipotesis diuji menggunakan teknik analisis regresi linear. Hasil studi ini memperlihatkan bahwa manfaat strategis dan keterlibatan konsumen terbukti secara signifikan mempengaruhi nilai dalam konteks konsumen. Namun demikian, studi ini tidak menemukan bukti pengaruh personalisasi iklan terhadap nilai dalam konteks. Ada sejumlah kebaruan (novelty) dari penelitian ini, yaitu: (i) merancang instrumen penelitian baru; (ii) menganalisis variabel baru, seperti manfaat strategis dan nilai dalam konteks; (iii) menganalisis dari perspektif ekosistem layanan atau LDL; dan (iv) menganalisis dalam konteks baru dan spesifik yakni personalisasi iklan di media sosial Instagram.
Analisis Hubungan Antara Karakteristik Iklan Online, Sikap Konsumen, Flow, dan Minat Membeli Maria Jessica Christie; Amelia Regina Pamuji; Handyanto Widjojo; Krishnamurti Murniadi
Kajian Branding Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Kajian Branding Indonesia
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.762 KB) | DOI: 10.21632/kbi.2.1.69-86

Abstract

Perkembangan Internet di Indonesia yang pesat mendorong munculnya perilaku masyarakat yang instan dan serba digital. Fenomena ini menyebabkan semakin maraknya media periklanan digital di Indonesia serta banyaknya iklan digital yang terpapar kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara karakteristik iklan (informativeness, entertainment, dan credibility), sikap konsumen dan minat membeli terhadap iklan online yang muncul pada platform Youtube, dan mengetahui faktor yang paling mempengaruhi minat membeli antara attitudes toward online advertising, subjective norm dan flow. Structural Equation Modelling digunakan sebagai metode pengolahan data. Penelitian ini melibatkan 181 responden pria dan wanita pengguna Youtube usia 19 - 34 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan belum pernah melihat iklan Coca-Cola Brotherly Love. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entertainment, informativeness dan credibility mempengaruhi consumer attitude toward online advertising secara signifikan, demikian juga consumer attitude toward online advertising mempengaruhi purchase intention secara positif dan signifikan. Implikasi manajerial dari penelitian ini ialah untuk dapat meningkatkan purchase intention konsumen terhadap suatu produk melalui media iklan, maka penting untuk memastikan bahwa konsumen memiliki sikap yang positif terhadap iklan yang didapatkan melalui komponen karakter iklan online yaitu entertainment, informativeness dan credibility.
Peran Ruang Wadah Berbagi Pengetahuan Terhadap Komitmen Komunitas dan Loyalitas : Kasus Teater Katak Daniel Pranajaya; Josephine Gratia; Agus W. Soehadi; Novi Amelia
Kajian Branding Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Kajian Branding Indonesia
Publisher : Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.1 KB) | DOI: 10.21632/kbi.2.1.87-102

Abstract

Melalui sebuah wawancara dengan seorang sutradara sekaligus penggerak Teater Katak, sebuah teater yang berhasil mendapat sorotan publik dan membangun jaringan yang luas, kami dapati bahwa ada peluang untuk mengembalikan dunia perteateran di Indonesia ke masa jayanya, sebagaimana pada tahun 1960 maupun 1970. Melalui berbagai usahanya untuk memperluas pasar penikmat teater di Indonesia, guna memungkinkan para pecinta aliran seni tersebut dapat hidup hanya dengan berteater, ia mendapati bahwa sesama performing art enthusiast, mampu bertahan jika antar komunitas menopang satu sama lain. Pernyataan ini kemudian kami uji dengan model jurnal dengan judul Pengaruh Wadah Berbagi Pengetahuan Terhadap Komitmen dari Komunitas Merek, yang menjadi acuan penulisan laporan ini. Riset yang membahas tentang ruang-ruang yang dapat mempengaruhi komitmen komunitas merek ini menilik kasus dengan teori ruang berbagi pengetahuan, komitmen, serta act of loyalty dan menerapkan riset kuantitatif berupa non probability purposive sampling terhadap komunitas Teater Katak sebanyak 155 responden yang diolah menggunakan Structural Equation Model dengan tool AMO8 16. Hasil riset membuktikan bahwa sesuai dengan penelitian Sumarlin (2013), bahwa platform berbagi pengetahuan memiliki hubungan positif dengan komitmen komunitas, pula terhadap indikasi tindak loyalitas. Riset ini membuktikan kalau hal tersebut tak hanya terhadi pada komunitas merek namun juga komunitas seni. Platform berbagi pengetahuan berpengaruh terhadap komitmen komunitas yang selanjutnya berdampak terhadap intensi pembelian, penyebaran WOM positif, serta keluhan konstruktif yang merupakan indikasi loyalitas. .

Page 1 of 1 | Total Record : 6