cover
Contact Name
Intan Hartanti
Contact Email
intalab@fekon.uniga.ac.id
Phone
+6281220991876
Journal Mail Official
journal.jkp@pasca.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Published by Universitas Garut
ISSN : 14127083     EISSN : 25799266     DOI : https://doi.org/10.52434/jp.v15i2
Core Subject : Social,
Jurnal Publik merupakan publikasi ilmiah yang bertujuan untuk menyajikan hasil penelitian, analisis, dan refleksi mengenai peristiwa-peristiwa sosial, pembangunan, dan kebijakan publik yang mutakhir yang terjadi, serta menyuguhkan wawasan dan interpelasi berbagai fenomena yang terjadi berdasarkan pendekatan ilmu administrasi negara.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara" : 7 Documents clear
Pengaruh Kompetensi Dan Sistem Pengaturan Kerja Fleksibel Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Garut Pada Masa Pandemi Covid-19 Devi Irawati
Jurnal Publik Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.753 KB) | DOI: 10.52434/jp.v15i2.54

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada situasi pandemi Covid-19 yang berdampak luas pada berbagai aspek kehidupan termasuk halnya tatanan sistem kerja. Pemerintah harus menjamin pelayanan publik tetap berjalan dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pegawai sehingga diperlukan sistem kerja yang terorganisasi serta manajemen sumber daya manusia sebagai elemen utama yang berpotensi untuk meningkatkan kinerja organisasi. Permasalahan beberapa tugas kinerja saat ini berkaitan dengan rendahnya kompetensi dan penerapan sistem kerja fleksibel belum efektif. Hal ini menjadikan beberapa tugas tidak dapat diselesaikan secara optimal yang mengakibatkan rendahnya capaian kinerja pegawai. Tidak dapat dimungkiri bahwa kondisi tekanan dan dinamika perubahan lingkungan pada masa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap budaya kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan sistem pengaturan kerja fleksibel terhadap kinerja pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut pada masa pandemi Covid-19. Pengambilan sampel ditentukan melalui teknik sampling jenuh dari jumlah populasi sebanyak 55 pegawai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan tingkat eksplanasi asosiatif/hubungan. Teknik analisis statistik dilakukan melalui pendekatan structural equation model partial least squares (SEM PLS) dengan pemanfaatan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi dan sistem pengaturan kerja fleksibel terhadap kinerja pegawai.
Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Terhadap Akses Layanan Haji Dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan Haji Di Kabupaten Garut Helmi Ismail Fahmi
Jurnal Publik Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.765 KB) | DOI: 10.52434/jp.v15i2.55

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis tentang pengaruh penerapan sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (siskohat) terhadap akses layanan haji dalam mewujudkan kualitas pelayanan haji di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatory dengan teknik survei. Populasi penelitian adalah Pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), Pegawai Kemenag Kabupaten Garut, dan Pegawai Bank Mitra Pelayanan Haji, berjumlah 30 orang. Teknik sampling menggunakan sensus. Metode analisis data menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis utama menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (siskohat) berpengaruh nyata dan positif terhadap akses layanan haji dalam mewujudkan kualitas pelayanan haji sebesar 49,58 persen. Pengujian sub hipotesis menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (siskohat) berpengaruh nyata dan positif terhadap akses layanan haji sebesar 53,88 persen. Penerapan sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (siskohat) berpengaruh nyata dan positif terhadap kualitas pelayanan haji sebesar 35,02 persen. Akses layanan haji berpengaruh nyata dan positif terhadap kualitas pelayanan haji sebesar 14,56 persen. Temuan penting hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (siskohat) belum optimal karena masalah waktu layanan siskohat, jumlah pengguna yang mengakses siskohat, kemudahan mempelajari siskohat.
Identifikasi Faktor-Faktor Keberhasilan Sistem Informasi Pelayanan Keberatan Dalam Pengelolaan Pajak Bumi Dan Bangunan Sektor Perdesaan Dan Perkotaan (SIP PBB-P2) Di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Garut Wardi Sudrajat
Jurnal Publik Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.216 KB) | DOI: 10.52434/jp.v15i2.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang Faktor-Faktor Keberhasilan Sistem Informasi Pelayanan Keberatan dalam Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan ( SIP PBB-P2 ) Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian terdiri dari pegawai Sub Bidang Pelayanan Keberatan dan Wajib Pajak. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Analisis data menggunakan metode berpikir ilmiah dengan pendekatan teori dan pengetahuan ilmiah. Hasil penelitian pada faktor sumberdaya manusia menunjukkan pengetahuan pengelola masih kurang optimal, skill pengelola belum optimal, namun sikap dan jumlah sumberadaya pengelola relatif memadai. Pada faktor fasilitas dan alat teknologi menunjukkan fasilitas penunjang sistem informasi belum memadai dan alat teknologi kualitasnya juga belum memadai. Pada faktor media menunjukkan media input data sistem informasi tersedia dan kualitasnya memadai, namun untuk media output data tersedia sebagian dan kualitasnya belum optimal. Pada faktor prosedur menunjukkan prosedur sudah relatif jelas, namun untuk kemudahan bagi wajib pajak masih kurang mudah untuk dipelajari. Pada faktor pengendalian menunjukkan belum seluruhnya dilaksanakan. Pengendalian secara umum (general controls) sudah dilaksanakan sebagian dan pengendalian aplikasi juga sudah dilaksanakan sebagian.
Pengaruh Implementasi Kebijakan Pelaporan Pajak Secara Online Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Mewujudkan Efektivitas Pencapaian Target Pelaporan SPT Tahunan Di KPP Pratama Garut Mochamad Reza Suryawijaya
Jurnal Publik Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.511 KB) | DOI: 10.52434/jp.v15i2.58

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh implementasi kebijakan pelaporan pajak secara online terhadap kepatuhan wajib pajak dalam mewujudkan efektivitas pencapaian target pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif analisis, alat ukur penelitian yang digunakan menggunakan skala perbedaan semantik dengan tingkat pengukuran ordinal dengan 5 tingkatan kategori jawabannya, pengujian validitas dan reliabilitas alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan korelasi Product Moment dari Pearson, dengan rancangan sebanyak 75 responden dengan menggunakan tehnik sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data statistik dengan rumus analisis jalur (Path Analysis) serta data yang berskala ordinal terlebih dahulu ditranspormasikan menjadi data berskala interval melalui metode susesif interval (Method Of Successive Interval). Hasil dari pengujian hipotesis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan pelaporan pajak secara online secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan efektivitas pencapaian target pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Garut. Hal ini diperlihatkan oleh Koefisien Determinasi yang menunjukan bahwa besarnya pengaruh implementasi kebijakan pelaporan pajak secara online terhadap kepatuhan wajib pajak dan efektivitas pencapaian target pelaporan SPT Tahunan relatif besar. Dan hubungan antara variabel secara parsial menunjukkan pengaruh nyata.
Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Koordinasi Pemerintahan Kecamatan Terhadap Kinerja Koordinasi UPT Dalam Mewujudkan Efektivitas Pencapian Program Kerja Upt Di Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Muhamad Topan Parid
Jurnal Publik Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.078 KB) | DOI: 10.52434/jp.v15i2.59

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan UPT yang dihadapai diantaranya capaian program kerja UPT yang masih rendah. Belum optimalnya kinerja koordinasi UPT diduga sebagai akibat dari pelaksanaan kebijakan koordinasi pemerintahan kecamatan yang belum optimal sehingga menyebabkan efektivitas pencapaian program kerja UPT belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kebijakan koordinasi pemerintahan kecamatan terhadap kinerja koordinasi UPT dalam mewujudkan efektivitas pencapaian progam kerja UPT. Metodel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Populasi dan responden dalam penelitian ini adalah pegawai dari seluruh UPT yang berada di wilayah kecamatan samarang sebanyak 122 responden yang diambil berdasarkan teknik sampel jenuh (Sensus). Hasil pengujian hipotesis utama menunjukan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel 35,0542 > 1,9803. Dari nilai tersebut diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya variabel pelaksanaan kebijakan koordinasi pemerintahan kecamatan (X) berpengaruh terhadap variabel kenerja koordinasi UPT (Y) dan variabel efektivitas pencapaian program kerja UPT (Z). Adapun besaran pengaruh dari variabel bebas sebesar 89,10% sedangkan sisanya 10,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti (epsilon).
Analisis Usaha Unggulan Bumdes Dengan Pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) Di Desa Citangtu Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut Dodi Yudiardi; Pupung Pundenswari; Ega Novianti
Jurnal Publik Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.159

Abstract

Dalam rangka peningkatan perekonomian di Indonesia khususnya di desa dan sebagai wujud dari adanya otonomi daerah, pemerintah mengeluarkan kebijakan bagi setiap desa untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa Citangtu Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang mengimplementasikan kebijakan mengenai BUMDes pada tahun 2015 dan didirikan dengan nama “Surya Mekar Motekar”. Terdapat tiga bidang usaha yang dijalankan oleh BUMDes Surya Mekar Motekar, diantaranya yaitu bidang perdagangan dengan produk yang dihasilkan berupa barang yaitu sembako, bidang sosial (serving) dengan produk yang dihasilkan berupa jasa yaitu pengadaan program Desa Sehat dengan penyediaan pelayanan pengumpulan sampah daur ulang untuk masyarakat yang bernama “Bank Sampah”, dan yang terakhir bidang penyewaan (renting) dengan produk yang dihasilkan berupa jasa penyewaan gerobak. Pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam penelitian ini digunakan untuk menentukan bidang usaha unggulan yang berpotensi untuk dikembangkan. Berdasarkan hasil dari analisis AHP usaha unggulan BUMDes Surya Mekar Motekar penyewaan gerobak menjadi prioritas utama dengan nilai bobot sebesar 0,058, kemudian sembako menjadi prioritas kedua dengan nilai bobot sebesar 0,026 dan Bank Sampah menjadi prioritas terakhir dengan nilai bobot sebesar 0,024.
Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Wajib Pajak Berbasis Online Pada Hotel Dan Restoran Di Kabupaten Garut Hasbi Shiddiq Fauzan
Jurnal Publik Vol. 15 No. 2 (2021): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v15i2.172

Abstract

Perpajakan merupakan salah satu aspek penting dalam proses pendukung penyelenggaraan serta pembangunan secara berkelanjutan dan meningkatkan perekonomian bangsa. Pajak hotel serta restoran yang ada di Kabupaten Garut merupakan sumber pajak daerah, dan Pemerintah Kabupaten Garut menggunakan pajak untuk meningkatkan pelayanan. Hotel dan restoran menyumbangkan donasi yang besar terhadap keuangan daerah Kabupaten Garut, pada hal ini dibutuhkan suatu sistem menjadi alat monitoring bagi Pemerintah Daerah. Pada penelitian ini, menggunakan data kualitatif dan deskriptif yang didapat dari wawancara serta observasi. Tujuan penelitian ini ialah buat mengetahui penggunaan sistem informasi manajemen pelaporan wajib pajak berbasis online pada hotel dan restoran di Kabupaten Garut, apa kendalanya dan bagaimana mengatasinya. Hasil penelitian bahwa penggunaan sistem sudah dilaksanakan, namun hambatan dalam penggunaannya masih ada, sumber daya daya peralatan yang tidak mencukupi serta pengawasan yang tidak efektif oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Garut terhadap operator hotel serta restoran.

Page 1 of 1 | Total Record : 7