cover
Contact Name
Widia
Contact Email
widia.fiska09@gmail.com
Phone
+6285338122355
Journal Mail Official
lutfiaryanto@habi.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan STKIP Harapan Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 27748596     EISSN : 27748979     DOI : 10.36312
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 02 (2020): November 2020" : 6 Documents clear
Desain Percobaan IPA dengan Bahan Dari Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisiwa W. Widia; Fitria Sarnita
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.392 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.12

Abstract

Penelitan ini adalah penelitan penerapan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 7 Sila Kecamata Bolo Kabupaten Bima NTB.Peneliti mendesain percobaan sederhana menggunakan bahan yang ada disekitar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah one group pretest-posttest design, dengan menggunakan satu kelompok subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa meningkat setelah perlakukan, dengan hasil pretest sebesar 65% siswa yang tuntas, artinya hanya 13 orang dari 20 siswa tuntas mencapai standar KKM sekolah ≥ 75. Sedangkan hasil postes yang tuntas sebanyak 90% siswa, artinya 18 orang dari 20 siswa tuntas, hanya 2 orang yang tidak tuntas. Namun secara keseluruhan penelitian ini sudah sukses meningkatkan pemahaman konsep siswa sescara klasikal. Selain itu motivasi dan respon siswa berada pada kategori sangat baik. Karena siswa usia 8-12 tahun cenderung mudah memahami sesuatu yang familiar dengan siswa itu sediri, siswa lebih aktif dan senang jika didesai pembelajaran yang menyerupai lingkungan mereka sehari-hari. 
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Program Linear Kelas XI SMAN 1 Sape Rini Anggriani; Edi Mulyadin
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.565 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.25

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Cooperative tipe Script terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan program linear kelas XI SMA Negeri 1 Sape. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain yang dinggunakan adalah Posttest Only Control Design, dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Popolasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sape dengan jumlah keseluruhan 210 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 5 (eksperimen) dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas XI IPA 6 (kontrol) dengan jumlah siswa 36 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa posttest. Instrumennya berupa soal uraian yang terdiri dari 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung = 0,208163 dan nilai ttabel = 1,994437 pada taraf siginifikan 5% dan n = 72, uji satu pihak diperoleh dk = 72 – 2 = 70. Dk yang dekat dengan 70 dan 72 ditemukan dengan nilai ttabel sebesar 1,994437. karena harga thitung lebih kecil dari ttabel (0,208163 1,994437) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam materi program linear yang diajarkan dengan model pembelajaran cooperative tipe script tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan program linear kelas XI SMAN 1 Sape
Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Perubahan Iklim Eva Nursaban; Nurul Istiqomah; Dodo Susanto
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.055 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.13

Abstract

Penelitan ini adalah penelitan penerapan model kooperatif tipe TTW dengan tujuan untuk melatih keterampilan komunikasi  siswa kelas VI SDN 1 Nunggi Kecamata Wera Kabupaten Bima NTB. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah one group pretest-posttest design. Perangkat pembelajan yang digunakan pada penelitan ini terdiri atas; RPP, LKS, Buku Ajar dan Instrumen kemampuan komunikasi yang sudah di validasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas, tes penilaian keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP terlaksana dan berada pada interval 3,5., persentase aktivitas siswa sudah sesuai, siswa memberikan respon posistif serta sangat antusias untuk mengikutinya, sedangkan keterampilan berkomunikasi siswa meningkat setelah perlakuan  dengan hasil pretest sebesar 35,3 berada pada kategori kurang baik, postest 92,64 berada pada kategori sangat baik siswa, artinya pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW efektif digunakan untuk melatih keterampilan komunikasi siswa pada materi perubahan iklim.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa S. Sarfiah; Y. Yusuf
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.98 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.14

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) di kelas IV semester I pada MIS Rite Kecamatan Ambalawi Bima. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan dan dilakukan dalam tiga siklus. Data kegiatan belajar mengajar diperoleh dengan cara melakukan observasi kelas, hasil siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 52,63%, siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 68,42%, dan pada siklus III ketuntasannya sebesar 79,49%. Sedangkan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui penyebaran angket pada siswa. Data mengenai ketuntasan belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes pada setiap akhir siklus setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran yang digunakan. Dari data hasil pengamatan dan tes terhadap siswa terlihat adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa. Sedangkan dari angket yang sudah disebarkan, terlihat bahwa para siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada interval tinggi dan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa
Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD Diintegrasikan dengan Media Pasang Kartu pada Papan untuk Melatih Pemahaman Konsep Siswa Azra Fauzi; Lisda Ramdhani; H. Hermasyah
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.385 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.15

Abstract

Pasang kartu pada papan dalam setting pembelajaran kooperatif untuk melatih pemahaman konsep. Data hasil penelitian meliputi: (1) Validitas perangkat pembelajaran dengan hasil penilaian dari validator terdiri dari Silabus, RPP, BAS, LKS,  THB, dan  Media  dengan  kategori valid;  (2)  Kepraktisan  perangkat  pembelajaran  dengan  hasil pengamatan dari pengamat terdiri dari Keterlaksanaan RPP dengan kategori sangat baik dan kendala- kendala yang muncul selama pembelajaran di kelas. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran yaitu semua siswa tuntas dalam pemahaman konsep dan semua siswa tuntas dalam keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika yang mengintegrasikan media pasang kartu pada papan dalam setting pembelajaran kooperatif untuk melatih pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi layak digunakan.
Pengaruh Implementasi Permainan Mission Puzzle Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa F. Fathurrahmaniah; E. Ewisahrani; Rizcky Juliawan
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.022 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental yang menggunakan pre-test dan post-test group design. Dengan tujuan mengetahui pengaruh implementasi permainan mission puzzle terhadap prestasi  dan motivasi belajar siswa kelas IV SDN  02 Sila tahun ajaran 20017/2018. Populasi pada penelitian ini sebanyak 20 siswa, Instrumen pada penelitian ini validitas, veliabilitas, tingkat kesukaran, daya Beda, dan fungsi pengecoh. Untuk mengetahui prestasi belajar dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa menggunakan rumus product moment dan motivasi belajar siswa menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan Hasil uji-t diperoleh nilai t = 4,234 dan jika dikonsultasikan pada tabel dengan nilai t pada taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikansi 5% (db =41), didapat harga t=1,632. Jadi dapat dinyatakan bahwa t = 4,234 t = 1,632 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa permainan mission puzzle sebagai media pembelajaran berpengaruh dalam peningkatan prestasi (pengetahuan) sains (fisika) siswa kelas IV SDN 02 Sila tahun ajaran 2017/2018. Dari data angket diperoleh rata-rata 28,89% siswa berpendapat bahwa kemampuan mereka dalam mengingat dan memahami mata pelajaran IPA (butir 1 dan 2) sangat baik, 54,44% berpendapat baik, dan 15,56% berpendapat cukup, sehingga hal ini berpengaruh terhadap motivasi mereka dalam belajar IPA diperoleh 37,78% siswa berpendapat sangat baik, 35,56% baik, dan 24,44% cukup

Page 1 of 1 | Total Record : 6