cover
Contact Name
Ali Imaduddin Futuwwah
Contact Email
aliimadudin@fe.um-surabaya.ac.id
Phone
+6281217726540
Journal Mail Official
improvement@fe.um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Kejawan Putih Tambak BMA 36 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 28078470     EISSN : 28075846     DOI : http://dx.doi.org/10.30651/imp.v1i2
Core Subject : Economy,
Improvement adalah terbitan berkala di bidang Manajemen dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya berisi tulisan dan artikel ilmiah yang dibuat sebagai wujud realisasi tridharma perguruan tinggi. Tujuan dari publikasi ini adalah untuk berkontribusi secara aktif dalam meningkatkan kualitas dan aksesibilitas informasi ilmiah yang berkaitan dengan informasi ilmu manajemen di era global Jurnal ini diterbitkan setiap 6 bulan, pada akhir bulan Maret dan September setiap tahunnya dan terdiri dari sepuluh artikel dalam bentuk hasil penelitian, laporan kasus, review literatur. Setiap isi artikel berisi informasi terbaru dengan prioritas pada nilai kebaruan, orisinalitas, dan kegunaan. Ruang lingkup jurnal ini diataranya manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, Manajemen statejik dan manajemen operasi.
Articles 41 Documents
Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Shinta Bella; Fitrah Sari
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2021): Volume 1 No. 2 September 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.098 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i2.10619

Abstract

This study aims to analyze financial performance before and after mergers and acquisitions using financial ratio analysis in publicly listed companies on the Indonesia Stock Exchange. Financial performance in this study is measured using financial ratios, namely the liquidity ratio consisting of the Current Ratio (CR), the leverage ratio consisting of the Debt to Total Asset Ratio (DAR) and the Debt to Equity Ratio (DER), the profitability ratio consisting of Return On Investment (ROI) and Return On Equity (ROE), and the market ratio is Earning Per Share (EPS). The sample used is a publicly listed company on the Indonesia Stock Exchange that made an acquisition in 2014. The sample was determined using the purposive sampling method so that 11 companies were sampled. The data used is secondary data. To test the hypothesis, the paired sample statistic test and the paired sample T test were used. The results showed that there was no significant difference in financial performance before and after the acquisition. So it can be concluded that there is no difference in financial performance before and after mergers and acquisitions in go public companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi menggunakan analisis rasio keuangan pada perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kinerja keuangan pada penelitian ini diukur dengan menggunakan rasio keuangan yaitu rasio likuiditas yang terdiri dari Current Ratio (CR), rasio leverage yang terdiri dari Debt to total Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER), rasio profitabilitas yang terdiri dari Return On Investmen (ROI) dan Return On Equity (ROE), dan rasio pasar yaitu Earning Per Share (EPS). Sampel yang digunakan adalah perusahaan go public yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia yang melakukan akuisisi pada tahun 2014. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 11 perusahaan yang dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji paired sample statistic dan uji paired sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapatnya perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi pada perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Peran Firm Size, Current Ratio, Debt To Asset Ratio, dan Return On Equity Terhadap Price To Book Value Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2020 Fitri Melati Sukma
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Maret 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.13 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i1.9528

Abstract

Technological developments have made telecommunications companies listed on the Indonesian Stock Exchange experience very rapid growth, this makes investors interested in investing in telecommunications companies. But there are problems in the variables studied because the differences between theory and facts are not in line, this is what makes researchers interested in choosing the title for research. This research analysis model used multiple linier regression analysis with data processing using EVIEWS 9. Hypothesis test using t-test and f-test with a significance level of 0,05. The results showed that Firm Size, Current Ratio, Debt to Asset Ratio and Return on Equity had effect on Price to Book Value. The result of the t test show that the variables Firm Size have no effect on Price to Book Value, variable Current Ratio, Debt to Asset Ratio, and Return on Equity have effect on Price to Book Value. Coefficient determination is 69,85%.Perkembangan teknologi menjadikan perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, hal ini menjadikan para investor tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan telekomunikasi. Namun terdapat masalah pada variabel yang  diteliti karena terdapat perbedaan antara teori dengan fakta tidak sejalan, hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk memilih judul tersebut untuk diteliti. Model analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan EVIEWS 9. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f dengan tingkat signifikannya sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Firm Size, Current Ratio, Debt to Asset Ratio, dan Return on Equity berpengaruh terhadap Price to Book Value. Dengan dilakukan uji t menunjukkan bahwa variabel Firm Size tidak berpengaruh terhadap Price to Book Value, variabel Current Ratio, Debt to Asset Ratio, dan Return on Equity berpengaruh terhadap Price to Book Value, koefisien determinasinya sebesar 69,85%.Keywords: Firm Size, Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Return on Equity, Price to Book Value  
Modal Usaha, Tenaga Kerja, Produksi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan UKM Armionissyah Dewike Fortuna; Sugeng Widodo; Ermatry Hariani
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2022): Vol 2 No 1 Maret 2022
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.177 KB) | DOI: 10.30651/imp.v2i1.9801

Abstract

This study aims to determine the effect of business capital, labor, production, and education level on the income of Usaha Kecil Menengah (UKM) in the kerupuk village, Kedungrejo village, Sidoarjo. The population in this study was all UKM Centers in Kerupuk Village, Kedungrejo Village, Sidoarjo Regency, East Java, totaling 50 UKM. The sample collection in this study used a saturated sampling method / census, which means the sampling technique is when all members of the population are used as samples. In this study, researchers distributed questionnaires to UKM business owners in Kerupuk Village, Kedungrejo Village, Sidoarjo Regency. The analysis technique used in this research is multiple linear analysis techniques. The results of the regression analysis show that the variables of business capital (X1), labor (X2), production (X3), education level (X4) simultaneously have a significant influence and relationship to income (Y). Partially, after the analysis is carried out, the conclusion is that business capital (X1), labor (X2), production (X3), education level (X4) have a significant effect on income (Y).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, tenaga kerja, produksi, dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan usaha kecil menengah (UKM) pada kampung kerupuk desa Kedungrejo kabupaten Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini berupa seluruh Sentra UKM Kampung Kerupuk Desa Kedungrejo Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur yang berjumlah 50 UKM, pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode sampling jenuh / sensus yang artinya teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam penelitian ini peneliti menyebarkan kuesioner kepada pemilik usaha UKM kampung kerupuk desa Kedungrejo kabupaten Sidoarjo. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis linier berganda. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa variabel modal usaha (X1), tenaga kerja (X2), produksi (X3), tingkat pendidikan (X4) secara simultan mempunyai pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap pendapatan (Y). Secara parsial setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan bahwa modal usaha (X1), tenaga kerja (X2), produksi (X3), tingkat pendidikan (X4) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan (Y).Keywords: Business Capital, Labor, Production, Education Level, Income
Current Ratio, DER dan Earning Per Share Terhadap BETA Saham Perusahaan Property dan Real Estate Didin Fatihudin; Achmad Al Irfan
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2021): Volume 1 No. 2 September 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.332 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i2.9761

Abstract

This research is entitled The Effect of Debt to Equity Ratio, Current Ratio, and Earning Per-Share on Stock Beta (Case Study of Property and Real Estate Companies Listed on the IDX 2010-2019 Period). This research method uses multiple linear regression analysis with data processing using the tool Eviews 10 program. The sampling method of this research uses purposive sampling technique. The results showed that simultaneous Debt to Equity Ratio, Current Ratio, and Earning Per Share had no effect on share beta. The results of the t test show that the variables Debt to Equity Ratio, Current Ratio, and Earning Per Share partially have no effect on share beta with a significance level of 4%, 49%, and 50%.Penelitian ini berjudul Pengaruh Debt to Equity Ratio, Current Ratio, dan Earning Per-Share Terhadap Beta Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Properti dan Real Estat Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2019). Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan alat bantu program Eviews 10. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Debt to Equity Ratio, Current Ratio, dan Earning Per Share tidak berpengaruh terhadap beta saham. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio, Current Ratio, dan Earning Per Share secara parsial tidak berpengaruh terhadap beta saham dengan tingkat signifikansi 4%, 49%, dan 50%.Keywords: Debt to Equity Ratio, Currentu Ratio, Earning per Share, BETA Saham, Properti & Real Estate
Strategi Marketing Mix Koperasi Dalam Meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) Di Pukopal Kodiklatal Surabaya Juwariyah Juwariyah; Anita Rosmawarni
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Maret 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.437 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i1.9435

Abstract

This study aims to determine the impact of implemention of mix marketing strategy on cooperative in increasing residual income (SHU) at Puskopal Kodiklatal Surabaya. This research approach used is a qualitative descriptive approach and the data are collected through interviews, observation and documentation. The results show that the implementation of the mix marketing strategy implemented in Puskopal Kodiklatal Surabaya in recent years has been declared appropriate, superior, consistent, and feasible. However, during 2018 to the present period, the implementation of the mix marketing strategy has not been able to run well or optimally because of internal and external factors. So, there is a decrease in the sales of cooperative products which also had an impact on the acquisition of residual income (SHU) at Kodiklatal Cooperative, Surabaya during 2018 to 2019.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan strategi marketing mix koperasi dalam meningkatkan SHU di Puskopal Kodiklatal Surabaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi marketing mix yang dilakukan Puskopal Kodiklatal Surabaya beberapa tahun ini dinyatakan sesuai, unggul, konsisten, dan layak, namun hanya saja dalam periode tahun 2018 hingga saat ini, pelaksanaan strategi marketing mix tersebut belum dapat berjalan baik atau maksimal karena adanya faktor internal dan eskternal. Sehingga terjadi penurunan omset penjualan produk koperasi yang juga berdampak pada perolehan SHU di Puskopal Kodiklatal Surabaya mengalami penurunan di tahun 2018 hingga tahun 2019.  Kata kunci: Strategi, Marketing Mix, dan Sisa Hasil Usaha (SHU)
Penetapan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Swot Pada Wheels And Brakes Café Surabaya Wartalena Irene Halawa; Thyophoida W. S. Panjaitan
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2021): Volume 1 No. 2 September 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.21 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i2.10634

Abstract

Wheels and Brakes Café is one of the cafes in Surabaya in January 2017. The evaluation process will certainly help in achieving Cafe Owners' desire to increase Cafe's income. One of the tools that can be used to conduct the evaluation is SWOT Analysis (Strength, Weakness, Opportunities, Threats).Informants in this study were Cafe Managers, Cafe Employees, and Key Consumers. In this study also used other tools besides SWOT Matrix, namely SPACE Matrix, IFAS Matrix, EFAS Matrix, and IE Matrix. The SPACE matrix has x, y coordinates (1.5; -0.5) which indicate that the Cafe is in quadrant III with a Competitive Strategy. In IFAS Matrix, the total internal factor value is 2.77 while the EFAS Matrix has a total external factor value of 3.05. After combining the IFAS and EFAS values, in the IE Matrix it was found that Wheels and Brakes Café Surabaya was in position II which indicated that the position of the Cafe was in growing conditions and Horizontal Integration strategy suggestions.The results of this study indicate that the right strategy to use Wheels and Brakes Café Surabaya is the Horizontal Integration Strategy. This strategy takes into account market penetration, market development, and product renewal. This strategy is certainly right for Wheels and Brakes Café Surabaya to be more competitive in the restaurant and cafe business.Wheels and Brakes Café merupakan salah satu Kafe di Surabaya pada Januari 2017. Proses evaluasi yang dilakukan tentu akan membantu dalam mencapai keinginan Pemilik Kafe dalam meningkatkan pendapatan Kafe. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk melakukan evaluasi tersebut ialah Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats).Informan dalam penelitian ini ialah Manajer Kafe, Karyawan Kafe, dan Konsumen Kunci. Dalam penelitian ini juga digunakan alat bantu lain selain Matrik SWOT yaitu Matrik SPACE, Matrik IFAS, Matrik EFAS, dan Matrik IE. Matrik SPACE didapatkan koordinat x,y (1,5 ; -0,5) yang menunjukkan bahwa Kafe berada di kuadran III dengan Strategi Kompetitif. Pada Matrik IFAS didapatkan nilai total faktor internal sebesar 2,77 sedangkan pada Matrik EFAS total nilai faktor eksternal sebesar 3,05. Setelah menggabungkan antara nilai IFAS dan EFAS, pada Matrik IE didapatkan bahwa Wheels and Brakes Café Surabaya berada di posisi II yang menunjukkan bahwa posisi Kafe dalam kondisi bertumbuh dan saran strategi Integrasi Horizontal.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang tepat untuk digunakan Wheels and Brakes Café Surabaya ialah Strategi Integrasi Horizontal. Strategi ini memperhatikan Penetrasi pasar, Pengembangan Pasar, dan Pembaharuan Produk. Strategi ini tentunya tepat bagi Wheels and Brakes Café Surabaya untuk lebih kompetitif dalam bisnis Restoran dan Kafe.Keywords: SWOT, Entrepreneur, Cafe, Opportunity, Position, Strategy 
Peran Beban Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Jaringan PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro Nia Tufaila; Yuniawan Heru Santoso
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Maret 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.189 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i1.9538

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the effect of workload and job satisfaction simultaneously on the performance of employees of PT. PLN (Persero) Bojonegoro. Testing on the accuracy of respondents' reactions was carried out by distributing questionnaires at PT. PLN (Persero) Bojonegoro and is an employee with a total of 97 respondents. The test method uses Multiple Linear Regression Analysis with SPSS for Windows Version 24 Program. The conclusions obtained are that: (a) Workload has no significant positive effect on Employee Performance at PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro; (b) Job Satisfaction has a positive and significant effect on Employee Performance at PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro; and (c) Workload and Job Satisfaction have a simultaneous effect on Employee Performance at PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro. The value of the coefficient of determination obtained is 65.0% which indicates that the Employee Performance at PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro can be explained by 65.0% by the independent variables, namely Workload (X1) and Job Satisfaction (X2).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh beban kerja dan kepuasan kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Bojonegoro. Pengujian terhadap ketepatan reaksi responden dilakukan dengan membagikan kuesioner di PT. PLN (Persero) Bojonegoro dan merupakan karyawan dengan jumlah 97 responden. Metode pengujian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan Program SPSS for Windows Versi 24. Kesimpulan yang diperoleh bahwasannya: (a) Beban Kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro; (b) Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro; dan (c) Beban Kerja dan Kepuasan Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 65.0% yang menunjukkan bahwa Kinerja Karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro dapat dijelaskan sebesar 65.0% oleh variabel independen yaitu Beban Kerja (X1) dan Kepuasan Kerja (X2)Keywords: service quality, price, trust, intention to purchase
OCB dan QWL Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Phonny Aditiawan Mulyana; Mochamad Mockhlas; Rina Maretasari; Moch. Dwi Prasetyo
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2021): Volume 1 No. 2 September 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.82 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i2.10191

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the influence of Organizational Citizenship Behavior (OCB) and Quality of Work Life (QWL) on Employee Performance of PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama. The location of this research is located at PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama is located on Jl. Margomulyo Indah Blok H-11, Surabaya, Jawa Timur with research time from July 2020 to September 2020. Testing of the accuracy of respondent reactions was carried out by distributing questionnaires at PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama and is an employee with a total of 70 respondents.The test method uses Multiple Linear Regression Analysis with SPSS for Windows Version 24. The conclusions obtained are: (1) Organizational Citizenship Behavior (OCB) has an effect on Employee Performance at PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Surabaya, (2) Quality of Work Life (QWL) has an effect on Employee Performance at PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Surabaya, (3) Organizational Citizenship Behavior (OCB) and Quality of Work Life (QWL) have a simultaneous effect on Employee Performance at PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Surabaya, (4) From the results of the coefficient of determination, an adjusted R2 value of 59% is obtained which can be explained by 59% of Organizational Citizenship Behavior (OCB) and Quality of Work Life (QWL). While 41% of employee performance variables at PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Surabaya is explained by other variablesTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dan Quality Of Work Life (QWL) Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama. Lokasi penelitian ini bertempat di PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama berlokasi di Jl. Margomulyo Indah Blok H-11, Surabaya, Jawa Timur dengan waktu penelitian Juli 2020 sampai September 2020. Pengujian terhadap ketepatan reaksi responden dilakukan dengan membagikan kuesioner di PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama dan merupakan karyawan dengan jumlah 70 responden.Metode pengujian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan Program SPSS for Windows Versi 24. Kesimpulan yang diperoleh bahwasannya: (1) Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan di PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Surabaya, (2) Quality of Work Life (QWL) berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan di PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Surabaya, (3) Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Quality of Work Life (QWL) berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Karyawan di PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Surabaya, (4) Dari hasil koefisien determinasi, diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 59% yang dapat dijelaskan sebesar 59% Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Quality of Work Life (QWL). Sedangkan 41% variabel Kinerja Karyawan di PT. Sumber Nusantara Aditya Pratama Surabaya dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya.Keywords: Organizational Citizenship Behavior (OCB), Quality Of Work Life (QWL) and Employee Performance
Analisa Dampak Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Pada Kinerja Karyawan PT. LA NINA NIAGA NASIONAL Siti Fatimah; Samsul Hadi
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Maret 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.895 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i1.9469

Abstract

A development of business that was increasingly rapid had led to the competition, resulting in each company having to struggle to create new innovations in order to be able to compete in the market. The following research aimed to determine the impact of physical and non-physical work environments on the performance of employees of PT. La Nina Niaga National. The rmethod used a qualitative by collecting observation data, interviews and documentation with data analysis by using Miles and Huberman. The results showed that the physical work environment at PT. La Nina Niaga Nasional was still in poor condition. Non-physical work environment at PT. La Nina Niaga Nasional in the form of superior and voluntary relationships, relations between employees. The more conducive the physical and non-physical working conditions were the more employee performance that would be happened.Perkembangan bisnis semakin pesat telah menimbulkan persainga, sehingga setiap perusahaan harus berjuang untuk menciptakan inovasi baru agar dapat bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan PT. La Nina Niaga Nasional. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisisi data menggunakan Miles Hubermas. Hasil peneltiian menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik di PT La Lina masih kurang baik. Sedangkan lingkungan kerja non fisik di PT La Lina Niaga Nasional memiliki hubungan yang baik antar karaywan. Semakin kondusif lingkungan fisik dan non fisik dalam lingkungan kerja maka kinerja karyawana akan semakin meningkat.
Hubungan Antara Tanggung Jawab Sosial, Kualitas Pelayanan, dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah BSI Surabaya Fauzie Senoaji
Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2021): Volume 1 No. 2 September 2021
Publisher : UMSurabaya Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.651 KB) | DOI: 10.30651/imp.v1i2.11255

Abstract

This study aims to analyze the effect of corporate social responsibility, service quality, and corporate image on customer loyalty. The source of this research data is primary data from the sample, namely the customers of Bank Syariah Indonesia (BSI) Surabaya Branch. This research is a quantitative research with causality research technique. The independent variables of this research are corporate social responsibility (X1), service quality (X2), corporate image (X3) with the dependent variable is customer loyalty (Y). The population of this research is all consumers who transact at BSI. The sample used in this study was 50 respondents. The sampling technique used is non-probability sampling with ancillary sampling. The data collection tool used is a questionnaire. The analytical technique used is multiple linear regression analysis and hypothesis testing using SPSS for Windows software. The main results of this study are (1) corporate social responsibility has a positive and significant effect on customer loyalty, (2) service quality has a positive and significant effect on customer loyalty, has a significant effect on customer loyalty, (3) corporate image has a negative and negligible influence on customer loyalty. customer loyalty, (4) corporate social responsibility, service quality and corporate image together (at the same time) have a significant effect on customer loyalty.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan, kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan. Sumber data penelitian ini adalah data primer dari sampel yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Variabel bebas penelitian ini adalah tanggung jawab sosial perusahaan (X1), kualitas pelayanan (X2), citra perusahaan (X3) dengan variabel terikat loyalitas pelanggan (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang bertransaksi di BSI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan ancillary sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan software SPSS for Windows. Hasil utama penelitian ini adalah (1) corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (3) citra perusahaan memiliki pengaruh negatif dan dapat diabaikan terhadap loyalitas pelanggan, (4) Tanggung jawab sosial perusahaan, kualitas layanan dan citra perusahaan secara bersama-sama (sekaligus) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Corporate social responsibility, Quality Service, Corporate Image, Customer loyalty.