cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28083407     DOI : -
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan adalah jurnal dengan ISSN (2808-3407)Â yang dikelola oleh penerbit widina di bawah badan hukum CV. Widina Media Utama. Mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, Hukum, teknologi tepat guna, Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan dan UMKM.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan" : 12 Documents clear
MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENDUKUNG PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM KERIPIK KACA KAMPUNG TEGAL HEAS SECARA ONLINE Muhammad Malik Ibrohim Suhaemi; Usep Setiawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.460

Abstract

Media sosial memainkan peran penting dalam pemasaran dan penjualan digital saat ini. Strategi pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan dan mengarahkan pengunjung secara efektif dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk olahan melalui aplikasi e- commerce. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan penjualan produk olahan keripik kaca masyarakat kampung tegal heas yang saat ini dipasarkan secara brick-and-mortar. Permasalahan utama masyarakat tegal heas saat ini adalah pemasaran dan penjualan produk olahan yang dilakukan secara langsung ke konsumen dan konsinyasi pada toko oleh-oleh pada pasar lokal Kota Purwakarta. Setela terjadi pandemi Covid- 19 sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini telah menyebabkan produksi dan penjualan produk hasil olahan keripik kaca menurun secara drastis. Produksi, pemasaran dan penjualan adalah jantung dari kelangsungan industri usaha masyarakat kampung tegal heas Purwakarta. Untuk mengatasi keadaan tersebut point pemasaran dan penjualan menjadi prioritas utama yang akan dicarikan solusi oleh tim pengabdian masyarakat STAI. DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Adapun metode yang digunakan pada pengabdian ini meliputi persiapan, analisis situasi dan permasalahan mitra, solusi yang ditawarkan berupa rencana kegiatan dan implementasinya. Hasil pengabdian diharapkan dapat meningkatkan produksi olahan keripik kaca sebesar 20 - 30% dengan cara mengubah penjualan dari brick-and-mortar menjadi click-and-mortar melalui aplikasi e-commerce dengan dukungan strategi pemasaran tertarget melalui media sosial.
PEMBUATAN VIDEO MENGAJAR SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI Miftahul Khair; Ultrio Lipu Andica; Aruna Pradipta
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.467

Abstract

Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran video di tengah situasi pembelajaran Pandemi. Metode PKM adalah ceramah, demonstrasi dan lokakarya. Dalam sesi ceramah disampaikan realitas dan tantangan pembelajaran daring pandemi dan topik Media Pembelajaran Berbasis teknologi informasi. Pada metode demonstrasi dilatih keterampilan penggunaan software Camtasia dan aplikasi Kinemaster untuk pembuatan video pembelajaran. Para peserta melakukan workshop pembuatan media video pembelajaran berbasis PowerPoint. Program ini dapat meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar menggunakan perangkat lunak komputer untuk e-learning di masa pembatasan pandemi.
PEMERIKSAAN IBU HAMIL DI DESA KEDUNG METAWAR KECAMATAN NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR Sayuti say
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.313

Abstract

Pemeriksaan pada ibu hamil yang dilakukan di desa Kedung Metawar Kecamatan Ngimbang memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil yang ada di desa tersebut. Kegiatan pemeriksaan ini di lakukan dengan mengundang ibu hamil di balai desa Kedung Metawar yang di bantu oleh perangkat dalam sosialisasi dan di bantu oleh bidan dalam proses. Pemeriksaan yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini meliputi 10T, dalam T yang ke 8 yaitu tes laboratorium yang kita lakukan  dalam pemeriksaan ini adalah tes GDA dan Tes Hb untuk tes protein urin tidak di lakukan dikarenakan tidak ada indikasi. Kondisi kesehatan ibu hamil dalam pemeriksaan ini dalam kondisi baik tidak ada tanda tanda preeklamsi yan di tunjukkan dengan tekanan darah yang normal dan tidak ada oedema, kadar Hb Ibu  normal tidak ada tanda anemia di tunjukkan dengan nilai kadar Hb dalam posisi normal yaitu 15,9 g/dl hanya kadar GDA yang perlu perhatian karena nilainya rata-rata 73 mg/dl di bawah normal. Ibu hamil rata rata GDA di bawah normal di mungkinkan karena ibu hamil hamil saat periksa setelah bekerja dan ada yang sedang mengalami mual muntah.
DIGITALISASI PEMASARAN PADA KRIPIK KACA KAMPUNG TEGAL HEAS DESA CIHANJAWAR Siska Yulia Rohmah; Usep Setiawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.463

Abstract

Saat ini kondisi perekonomian kampung tegal heas yang jauh dari jalan raya dan pabrik pabrik besar untuk bekerja. Salah satu cara agar ekonomi tetap stabil yaitu dengan membuat UMKM kripik kaca. Agar usahanya bisa dikenal banyak orang kegitan KPM kali ini membantu mengembangkan usahanya melalui pemasaran digital yang saat ini lebih mendukung supaya produk yang dihasilkan masih bisa dipasarkan di rumah. Penyuluhan dan pendampingan perlu dilakukan bagi masyarakat sebagai pelaku usaha yang berada di kampung tegal heas desa cihanjawar  kecamatan bojong dalam menjalankan usahanya.KPM ini diawali dengan survey lapangan oleh mahasiswa ke salah satu rumah produksi kripik kaca. Lanjut dilaksanakan penyuluhan strategi pemasaran digital dan dilaksanakan pendampingan langsung untuk menerapkan konsep fotografi dan membuat akun Shopee. Hasil dari kegiatan KPM ini menurut pelaku usaha kripik kaca  terbantu dengan adanya kegiatan ini. Selain itu, pelaku usaha juga mendapatkan pencerahan untuk mengembangkan usahanya agar semakin banyak orang yang menjangkaunya dan paham akan pemasaran produk dengan media digital, serta transaksi yang telah sesuai dengan syariat Islam Kata Kunci: strategi pemasaran, pemasaran digital, UMKM
PELATIHAN TATA CARA SHALAT YANG BENAR PADA SISWA SISWI TPA & DTA DI KAMPUNG TEGAL HEAS PURWAKARTA Neng Penti Nurjanah; Usep Setiawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.461

Abstract

Penyelenggaraan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendedikasikan ilmu kepada masyarakat untuk membantu dan menyadarkan anak-anak dan masyarakat dalam ilmu dan peribadahan, dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan metode pelaksanaannya melalui penyuluhan dan demonstrasi; Penyuluhan menggunakan ceramah yaitu penyampaian materi tentang ibadah, sedangkan peragaan menggunakan metode demonstrasi yaitu mempraktekkan tata cara sholat baik dari membaca maupun isyarat dalam sholat. Bacaan dalam doa mereka juga bagus. Kemudian setelah itu mengadakan tanya jawab dengan metode tanya jawab, kemudian berikan apresiasi kepada anak yang telah bertanya dan semua anak juga diberikan apresiasi dengan cara mengajukan pertanyaan kepada mereka. Adapun hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat yang telah kami lakukan, anak- anak merasa sangat senang dan sangat antusias mengikuti materi dan peragaan ibadah sholat.
PEMERIKSAAN IBU HAMIL DI DESA SONGOWARENG KECAMATAN BLULUK KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR Rokhamah mah
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.315

Abstract

Pemeriksaan pada ibu hamil yang dilakukan di desa Songowareng  kecamatan Bluluk Kabupaten  memiliki tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil yang ada di desa Songowareng . Kegiatan pemeriksaan ini di lakukan dengan mengundang ibu hamil di pondok pesantren Bhumi shalawat  desa Songowareng  kecamatan Bluluk. Pemeriksaan yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini meliputi 10T, dalam T yang ke 8 yaitu tes laboratorium yang kita lakukan  dalam pemeriksaan ini adalah tes GDA dan Tes Hb untuk tes protein urin tidak di lakukan dikarenakan tidak ada indikasi. Kondisi kesehatan ibu hamil dalam pemeriksaan ini dalam kondisi baik tidak ada tanda tanda preeklamsi yan di tunjukkan dengan tekanan darah yang normal dan tidak ada oedema, kadar Hb Ibu  normal tidak ada tanda anemia di tunjukkan dengan nilai kadar Hb rata-rata dalam posisi normal yaitu 12,4 g/dl . Kadar GDA sesaat nilai rata-ratanya normal yaitu 94,4  mg/dl. Kata Kunci : Pemeriksaan ibu hamil
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN LAPORAN BUSINESS PLAN BAGI PELAKU UMKM DI DESA PANYOCOKAN CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG Fanni Husnul Hanifa; Widya Sastika; Donni Juni Priansa; Krishna Kusumahadi; Muhammad Muslih; Kurnia Kurnia
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.453

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian di Indonesia, karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Permasalahan UMKM di Indonesia antara lain berkaitan dengan aspek pemasaran, modal dan pendanaan, inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi, pemakaian bahan baku, peralatan produksi, penyerapan dan pemberdayaan tenaga kerja, rencana pengembangan usaha, dan kesiapan menghadapi tantangan lingkungan eksternal. Kendala-kendala tersebut di atas, terutama yang berkaitan dengan permodalan, pengembangan produk dan pemasaran, seharusnya dapat dikurangi jika pelaku bisnis memiliki perencanaan bisnis (business plan) yang dapat membantu mengarahkan bisnis sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dokumen perencanaan bisnis diperlukan oleh pihak-pihak investor perbankan yang potensial, konsultan, staf karyawan, pemasok barang dan bahkan konsumen.Desa Panyocokan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung Selatan, Provinsi Jawa Barat. Berada di Kecamatan Ciwidey yang dikenal sebagai daerah pariwisata, ternyata mata pencaharian masyarakat Desa Panyocokan bukan berasal dari sektor pariwisata. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak desa, sebagian besar masyarakat memiliki latar belakang Pendidikan SMA dengan sumber mata pencaharian utama pada sektor pertanian, sektor peternakan dan UMKM. Sektor UMKM yang ada di Desa Panyocokan diantaranya adalah kerajinan golok, kerajinan bambu, olahan kerupuk, olahan keripik singkong.Kegiatan abdimas ini berupaya untuk membantu pemilik bisnis dalam mengembangkan business plan pada usaha mereka. Kegiatan abdimas ini penting dilaksanakan untuk membantu UMKM untuk mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: pengumpulan data, Pelatihan dari berbagai bidang ilmu dan Pendampingan pembuatan business plan itu sendiri.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Panyocokan dilakukan pada hari Sabtu, 26 November 2022, pukul 09.00 – selesai, dilaksanakan di Aula Kantor Desa Panyocokan Kegiatan ini dihadiri 25 orang perwakilan dari UMKM. Pada kegiatan ini, narasumber memberikan terlebih dahulu mengenai materi dan penjelasan mengenai modul perencanaan bisnis (business plan), lalu dilakukan pendamping kepada setiap UMKM dalam mengisi modul perencanaan bisnis (business plan).
PEMBANGUNAN/RENOVASI MCK DAN TEMPAT WUDHU UNTUK KELANCARAN KEGIATAN IBADAH & PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM, DI MAJELIS AR-RAUDHOH KAMPUNG TEGAL HEAS DESA CIHANJAWAR Teguh Agus Wahyudi; Usep Setiawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Literasi data; Literasi teknologi dan Literasi manusia membangun desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) / Tujuan pembangunan berkelanjutan merenovasi MCK dan tempat wudhu untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan ibadah dan pendidikan agama Islam di Majelis Ar-Raudhoh, Desa Tegal Heas, dan Desa Cihanjawar, serta tantangan dan upaya yang dilakukan. Pada Majlis Ar-Raudhoh Desa Tegal Heas Desa Cihanjawar tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini adalah untuk mengetahui kebijakan renovasi MCK dan tempat wudhu untuk menjamin kelancaran kegiatan ibadah dan pembelajaran agama Islam. Riset dan pembahasan menunjukkan daftar biaya renovasi sudah maksimal dan berjalan lancar berkat kerjasama warga sekitar dan berbagai sumber bantuan.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERIZINAN PIRT DAN SERTIFIKASI HALAL PADA PELAKU UMKM MAKANAN KERIPIK KACA DI KAMPUNG TEGAL HEAS, CIHANJAWAR, BOJONG, PURWAKARTA Rijal Muhammad Fadilah; Usep Setiawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.462

Abstract

Pendampingan Pembuatan PIRT dan Sertifikasi Halal pada pelaku UMKM Keripik Kaca di Kampung Tegal Heas, Cihanjawar, bojong, Purwakarta ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman UMKM makanan Keripik Kaca di Kampung Tegal Heas. Tentang penting nya PIRT dan Sertifikasi Halal untuk meningkatkan nilai jual produk dan juga minat beli konsumen. Progam ini dilakukan dengan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Hasil dari program ini adalah (1) Pelaku UMKM Keripik Kaca memahami pentingnya PIRT dan Sertifikasi Halal, dan terdorong untuk melanjutkannya, (2) Pelaku UMKM Keripik Kaca memahami prosedur PIRT (3) Pelaku UMKM Keripik Kaca memahami Prosedur Sertifikasi Halal. Dengan demikian, minat beli konsumen dan kepercayaan konsumen diharapkan meningkat melalui adanya PIRT dan label Halal pada produk makanan Keripik Kaca. Selain itu, juga diharapkan meningkatkan penjualan produk dan kesejahteraan masyarakat di Kampung Tegal Heas Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.
MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI DAN ETOS KERJA BERWIRAUSAHA DALAM RANGKA PEMULIHAN EKONOMI PASCA PANDEMI COVID-19 MB Nani Ariani; Pusporini ,; Fitri Yetti; Anita Nopiyanti; Abdurrahim Salim
Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan Vol 3, No 2 (2023): JPM: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan
Publisher : Penerbit Widina, Widina Media Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/jpm.v3i2.425

Abstract

Mitra adalah Komunitas UMKM Naik Kelas merupakan wadah organisasi yang dibentuk dari rasa kebersamaan sebagai dampak Pandemi Covid 19, merupakan kumpulan pelaku UKM yang ber-anggotakan saat ini sebanyak 757 pelaku. Saat pandemic covid 19 ini UKM mengalami berbagai permasalahan antara lain menghadapi penurunan produktivitas yang berakibat pada penurunan profit secara signifikan, karena banyak aktivitas yang tidak bisa dilakukan sebelum masa pandemi, oleh karena itu pengabdi memberikan pelatihan dengan memotivasi dan dorongan kepada UKM untuk tetap percaya diri, disiplin serta memiliki etos kerja dalam berwirausaha agar usahanya dapat berkembang ,sehingga perekonomian dapat tumbuh.Tujuan dilaksanakannya pengabdian di komunitas UMKM Naik Kelas hal ini sejalan dengan visi dan misi komunitas yaitu menjadi wadah transformasi pembinaan, pengembangan dan pendampingan UMKM Indonesia yang terpercaya serta Profesional. Peserta Pelatihan merupakan masyarakat ekonomi produktif (memiliki usaha). Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi pelaku UKM agar dapat naik

Page 1 of 2 | Total Record : 12