cover
Contact Name
adi santoso
Contact Email
adisantoso@umpo.ac.id
Phone
+6282234441600
Journal Mail Official
edumediasolution@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sidomulyo, RT/ 03 RW/01 Desa Babadan, Kecamatan Babadan, Kab. Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia, 63491
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 2827878X     DOI : -
Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Edumedia Solution adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat meliputi hasil-hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit 6 (enam) kali setahun, setiap bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November. Artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebarluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022): Januari" : 8 Documents clear
Bakti Sosial Peduli Korban Kebakaran Sape Oleh Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima PUji Muniarty; Wulandari Wulandari; Mawar Hidayati
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Januari
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.062 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i1.1

Abstract

The Community Service Team of the Bima College of Economics (STIE) is a collection of the academic community consisting of leaders, lecturers, staff and campus security who care about the condition of the community. STIE Bima cares about the Sape Naru fire as a place to channel ideas and contributions, wants to contribute in the form of social service that is felt directly by the community. Social service is an alternative solution to the problems of today's society. The social service activity was carried out in the fire area in Naru Hamlet, Sape District, Bima Regency, NTB. The stages of service activities include preliminary studies, preparation, distribution, and activity reports. The purpose of social service, apart from being a community activity, is also to raise awareness for sharing which needs to be further improved so that care for the surrounding environment is maintained. All donations in the form of mats, proper clothes, medicines, basic necessities and cooking needs were recorded by type and amount. The distribution of aid is divided into three points, namely, the main post which is directly adjacent to the refugee camp, the post near the main road and the post in the Sape sub-district. In the distribution stage or distribution of basic food packages, lecturers and staff use a participatory approach. Based on community service in the form of distributing basic necessities at the fire site, Naru Hamlet, Sape District, Bima Regency, it showed a positive impact on fire victims.
Edukasi Cerdas Dalam Konsumsi Bagi Para Penggemar Anime Jepang Reski P; Rahmat Nur; Yuli Apriati; Sang Putri Sidik
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Januari
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.37 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i1.15

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan memberikan Edukasi Cerdas dalam konsumsi bagi para Penggemar Anime Jepang di Kelurahan Antasan Kecil Timur, Kota Banjarmasin. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan dua metode yaitu: 1. Metode Ceramah, digunakan untuk memaparkan materi yang telah disusun oleh tim pengabdian mengenai Cerdas dalam konsumsi bagi para Penggemar Anime Jepang. Metode Tanya Jawab, digunakan untuk merespon sejauh mana tingkat pemahaman peserta seputar materi yang telah disusun oleh tim pengabdian mengenai cara Cerdas dalam konsumsi bagi para Penggemar Anime Jepang. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini berhasil dilakukan oleh tim pengabdian dengan antusias peserta pengabdian dan juga dari angket yang diisi oleh peserta dengan mayoritas merasa sangat puas dengan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan oleh tim pengabdian. Diharapkan diharapkan edukasi mengenai cerdas dalam konsumsi ini tetap berlanjut dengan sasaran mitra yang lebih luas lagi mengingat dari dampak negatif perilaku konsumtif ini sehingga perlu cara-cara cerdas untuk bisa menghindari perilaku tersebut.
Pemberdayaan Pelaku Usaha Coffe Shop Melalui Edukasi Digital Marketing Mohamad Bastomi; Nadia Surya Safitri
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Januari
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.128 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i1.3

Abstract

Pelaksanaan KSM Tematik Edisi Covid-19 merupakan suatu program pengabdian untuk membentuk kepedulian dalam memberdayakan dan mengedukasi masyarakat dalam mencegah penyebaran covid-19. Pelaksanaan KSM-Tematik Edisi Covid-19 berlokasi di salah satu alamat mahasiswa KKN yaitu di Desa Wringinputih  Kec. Muncar, Kab Banyuwangi, Jawa Timur. Metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi beberapa persoalan serta kendala yang terdapat pada Desa Wringinputih  Kec. Muncar, Kab Banyuwangi, Jawa Timur adalah dengan menggunakan metode sosialisasi dengan pendekatan pelatihan dan pendampingan secara langsung. Kegiatan yang disusun Pembelajaran dan Edukasi Anak dalam Menggunakan App Online Dan Tugas Sekolah, Mengoptimalkan Kegiatan Pola Hidup Sehat dan Pemberian Vitamin dan Membantu Promosi Iklan Untuk UMKM Coffe Shop. Berdasarkan dari hasil dan pembahasan dari program yang dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa Desa Wringinputih  Kec. Muncar, Kab Banyuwangi, Jawa Timur tingkat perekonomian serta kesadaran akan pola hidup yang sehat di era pandemi Covid-19 seperti saat ini sudah berjalan dengan baik dan cukup efektif.
Optimization Of Community Income During The Covid-19 Pandemic From Cooking Oil Waste Into Soap In Sukaratu DENI Sunaryo
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Januari
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.826 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i1.18

Abstract

Sukaratu Village, Cikeusal has rapid population growth and culinary business development because there is the Serang Panimbang Section 1 toll gate which is an economic magnet. This has a positive impact on the community, but also has a negative impact on the environment. The negative impact of this culinary business is the high volume of used cooking oil (cooking) waste. This happens because people throw used cooking oil away. Waste cooking oil if not managed properly will make the environment dirty and can pollute water and soil. To overcome this problem, it is necessary to innovate in the management of used cooking oil by involving the community so that the waste can be used as a product of economic value. One of the potential waste cooking oil is the high content of fatty acids so that it can be used as an environmentally friendly dish soap. Therefore, community service activities were carried out to increase the added value of used cooking oil by processing it into dish soap. Skills training for processing used cooking oil into dish soap has been carried out for the community in Sukaratu Village, Cikeusal and provides benefits: 1) The community knows the negative impact of used cooking oil on health and the environment, 2) The community knows and is skilled at applying appropriate technology for processing used cooking oil into dish soap, 3) People know the economic potential of used cooking oil waste, 4) Encourage community empowerment.
PKM Pendampingan Kewirausahaan Melalui Pengembangan Usaha Dan Manajemen Pemasaran Petani Hidroponik Selada (Lactuca sativa L) Desa Tenggir Barat Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Khanifatul Khusna; Salma Fauziyyah; Abdul Muhsyi
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Januari
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.429 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i1.6

Abstract

The intended partners in this community service program are several young farmers who have the enthusiasm to change the mindset of farmers regarding traditional farming methods.Partners is located in Tenggir Barat, Jelbuk, Jember. Currently, partners have 3 shelves of hydroponic lettuce growing media and it is still possible to develop more shelves for the production process. There are several partner problems, including: 1) capital problems to develop a hydroponic farming business, and 2) online marketing problems. The solutions and methods offered by the implementation team include 1) providing working capital to young farmers to build new shelves; and 2) providing assistance to partners to conduct online marketing management. The results of the assistance related to the marketing of hydroponic lettuce products through whatsapp business and social media went smoothly. Consumer response to hydroponic lettuce is also very good. The business development process through the injection of working capital is also proceeding according to plan. 
Perhitungan harga pokok produk dan penerapan cost plus pricing method dalam rangka penerapan harga jual pempek dos Florenci Irena Saputri, dkk
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Januari
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.782 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i1.21

Abstract

Dalam menjalankan usaha serta untuk mampu bertahan dalam dunia persaingan bisnis yang ketat saat ini, setiap pemilik usaha harus dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat salah satunya dalam menentukan harga jual. Biaya adalah nilai kas atau setara kas yang dikeluarkan (dibebankan) untuk mendapatkan barang atau jasa, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi organisasi pada saat ini maupun di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan produk dari usaha yang dijalankan, serta untuk melakukan penerapan terhadap metode cost plus pricing dalam rangka menentukan harga jual. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan terhadap harga jual yang saat ini berlaku dengan harga jual yang dihitung dengan menggunakan metode cost plus pricing. Harga jual yang saat ini diberlakukan tidak dapat menutupi besarnya tingkat laba yang diharapkan. Dengan adanya pembukuan yang memadai pemilik dapat melakukan perhitungan yang akurat terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan sehingga dapat menekan jumlah biaya yang ada yang tujuannya untuk memperoleh laba sebagaimana yang diharapkan. Pemilik sebaiknya menggunakan cost plus pricing method dalam menentukan harga jual agar supaya semua klasifikasi biaya dapat teridentifikasi dan dapat dihitungkan sehingga harga jual yang ditetapkan dapat lebih akurat.
Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta Budi Setyanta
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Januari
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.12 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i1.7

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan terpuruknya perekonomian termasuk pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UMKM merupakan kelompok usaha yang menjadi tulang punggun perekonomian Indonesia, sehingga diharapkan dapat segera bangkit. Salah satu strategi yang dikembangkan untuk meningkatkan kinerja UMKM adlaah dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran efektif. Mayoritas pelaku UMKM yang berusia tua diidentiikasi belum menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana promosi, hal itu karena rendahnya pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran. Pelatihan pemasaran media sosial sebaiknya dilanjutkan dengan pendampingan karena untuk kelompok usia tua tidak semudah seperti remaja atau anak muda yang mudah menerima pengetahuan dan memiliki ketrampilan yang lebih baik dalam menggunakan media sosial. Program pengabdian selanjutnya dari program ini diharapkan dengan pola pendampingan dengan mengikutsertakan mahasiswa sebagai pendamping kegiatan
Optimalisasi Masyarakat Desa Sapen Dalam Menghadapi Tanggap Darurat Pandemi Covid-19 Siti Fadlilah Nur'aini
Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Januari
Publisher : Edumedia Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.687 KB) | DOI: 10.55824/jpm.v1i1.14

Abstract

Ini Program KKN ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan Covid-19, dengan mensosialisasikan cara cuci tangan yang baik dan benar serta pembagian dan tata cara penggunaan masker yang baik. Sosialisasi program kerja dilakukan melalui media sosial dan media cetak seperti pamflet, pemberian masker dan hand sanitizer, sosialisasi pentingnya gizi di masa pandemi, pembagian paket sembako kepada warga kurang mampu, menjaga kebersihan lingkungan dengan kerja bakti dan penyemprotan disinfektan, dan literasi keuangan di masa pandemi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Sapen dilaksanakan sesuai program yang direncanakan. Untuk program kerja pendampingan anak usia TK dan SD dilakukan secara bergiliran dan menyebar tim,

Page 1 of 1 | Total Record : 8