cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
tsaqilajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 28076273     DOI : https://doi.org/10.30596/tjpt
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk meningkatkan kemampuan dosen, peneliti dalam menulis dan meneliti dalam bidang pendidikan. dengan adanya jurnal ini, diharapkan menjadi wadah dalam mempublikasikan hasil karya baik penelitian maupun non penelitian. Jurnal ini pertama kali diterbitkan pada Juli 2021. Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] dengan akses terbuka dan peer-review. Rekomendasi oleh Editor tentang isu-isu Pendidikan tertentu yang akan dibahas dalam setiap volume dapat tersedia bagi calon kontributor untuk penerbitan volume pada bulan Juli dan Desember
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021)" : 5 Documents clear
Implementasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal Di SMA Negeri 1 Bandar Dewi Gustina
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.182 KB)

Abstract

Sehubungan dengan tuntutan kearah profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, maka semakin dirasakannya desakan untuk peningkatan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan yang telah menjadi komitmen pendidikan nasional. Isu klasik yang selalu muncul selama ini ialah : usaha apa yang paling tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan? Oleh karenanya penting untuk memahami terlebih dahulu bagaimana mengelola pendidik dan tenaga kependidikan tersebut.
Pengaruh Penerapan Penggunaan Model-Model Desain Pembelajaran Dalam Keefektifan Dan Keefisienan Proses Pembelajaraan Di MTsN Peanornor Fanny Avila
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.472 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apa saja model-model desain pembelajaran yang telah digunakan oleh para pendidik di MTsN Peanornor, untuk mengetahui apakah model-model desain pembelajaran yang telah diterapkan ataupun digunakan oleh pendidik tersebut efektif dan efisien, untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penerapan model-model desain pembelajaran tersebut. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan wawasan terhadap kita bahwa kita ataupun pendidik dan pembaca penelitian ini dapat memilih dan lebih mengembangkan penggunaan model-model desain pembelajaran agar lebih efektif dan efisien dan juga dengan membaca penelitian atau miniriset ini kita dapat mengetahui pengaruh dari penerapan model-model desain pembelajaran itu seperti apa terhadap keberlangsungan proses pembelajaran. Pada penelitian ini saya menggunakan pendekatan kualitatif. Yaitu pendekatan yang berusaha menangkap kenyataan sosial secara keseluruhan, utuh, dan tuntas sebagai suatu kesatuan kenyataan. Menurut pendekatan ini, objek penelitian dilihat sebagai kenyataan hidup yang dinamis. Sehingga dengan penelitian ini data yang diperoleh tidak berupa angka-angka, tetapi lebih banyak deskripsi, ungkapan, atau makna-makna tertentu yang ingin disampaikan.
Keterampilan Membimbing Diskusi Oleh Guru Al Islam Di Sekolah SMP Muhammadiyah 01 Medan Panji Ababil
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.46 KB)

Abstract

Ada tiga hal dalam sistem, pertama, sistem selalu memiliki tujuan, kedua, sistem selalu mengandung proses, ketiga, sistem selalu melibatkan komponen-komponen yang ada. Sehingga sistem bermanfaat dalam merancang dan merencanakan suatu proses pembelajaran. Perencanaan adalah proses dan cara berfikir yang dapat membantu dalam mencapai hasil yang diharapkan, misalnya mampu melihat proses pendidikan. Faktor yang berpengaruh dalam sistem pembelajaran, antara lain guru, siswa, saran dan prasarana, serta faktor lingkungan. Komponen sistem pembelajaran terdiri dari dimana proses memuat bebarapa hal diantaranya meliputi tujuan, isi,materi,metode, media, dan evaluasi.pembelajaran sebagai suatu sistem artinya suatu keseluruhan dari komponen-komponen yang berinteraksi dan berinterelasi antara satu sama lain dan dengan keseluruhan itu sendiri untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Negeri 2 Mandrehe Sesuaikan Sarumaha
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.506 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1). Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning, (2). Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok program linear melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Instrumen yang digunakan adalah (a) lembaran observasi untuk siswa dan guru/peneliti, (b) lembaran panduan wawancara, (c) angket, (d) dokumentasi, (e) tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI RPL SMK Negeri 2 Mandrehe Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Berdasarkan pelaksanaan siklus I (pertama) hasil observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran problem based learning mencapai nilai rata-rata 2,22 dan 2,38 dan angket kualitas proses pembelajaran tergolong cukup, sedangkan pada siklus II (dua) hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran problem based learning mencapai rata-rata 3,22 dan hasil angket tergolong baik sekali. Tes hasil belajar pada siklus I (pertama) diperoleh rata-rata hitung 58,44 dengan kategori kurang. Sedangkan pada siklus II (dua) pelaksanaan tes hasil belajar diperoleh rata-rata hitung 84,53 dengan kategori baik. Dari pengolahan tes hasil belajar siswa pada silkus II ternyata persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 81.44% melampauhi kriteria ketuntasan minimal ideal adalah 75%. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, maka penulis menyarankan sebagai berikut: (1). Hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran matematika. (2). Hendaknya guru lebih mengoptimalkan pemberian motivasi dan merancang proses pembelajaran dengan baik, (3). Hendaknya hasil penelitian ini menjadi bahan perbandingan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya ditingkat yang lebih luas.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Tipe-Stad Pada Pokok Bahasan Statistika Dikelas XII Sma Swasta Swadaya Tinggi Raja Tahun Ajaran 2020 / 2021 Sugianti S
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.656 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada pokok bahasan statistika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu terhitung mulai tanggal 21 Februari 2021 s.d 04 Maret 2021. Dengan subjek penelitian adalah siswa SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja kelas XII yang berjumlah 20 orang. objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini pelaksanaan tindakan pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus. Setelah dilakukan tindakan dengan kooperatif tipe STAD terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil tindakan diperoleh peningkatan rata- rata hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada pokok bahasan statistika sebesar 70,79 pada siklus pertama menjadi 80,83 pada siklus kedua. Dan ketuntasan klasikal sebesar 70 % pada siklus pertama menjadi 90% pada siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada pokok bahasan statistika. Dan pembelajaran kooperatif Tipe STAD layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah SMA Swasta Swadaya Tinggi Raja.

Page 1 of 1 | Total Record : 5