cover
Contact Name
Irma Lusi Nugraheni
Contact Email
irma.nugraheni@fkip.unila.ac.id
Phone
+6281279088877
Journal Mail Official
jurnalpenelitiangeografi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23020032     EISSN : 2746248X     DOI : -
Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun disertasi, serta hasil-hasil penelitian lain yang berhubungan dengan kajian pendidikan geografi dan geografi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)" : 10 Documents clear
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI BELAJAR Tri Permata Sari; Sumadi Sumadi; Irma Lusi Nugraheni
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.697 KB)

Abstract

This study aims to examine the relationship of students 'perceptions of teachers' professional competence and motivation to learn the geography of learning outcomes in SMA 1 Sukau Academic Year 2013/2014. The method used is a correlation study. The results of the research are: There was a significant positive relationship between, (1) students' perceptions about the professional competence of teachers to student outcomes. (2) learning motivation with students 'learning outcomes. (3) Students 'perceptions about the professional competence of teachers with students' motivation. (4) Students 'perceptions of teachers' professional competence and motivation of the student learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi di SMA Negeri 1 Sukau Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasi. Hasil penelitian: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara, (1) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan hasil siswa. (2) Motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. (3) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa. (4) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: hasil belajar, kompetensi profesional guru, motivasi.
PERBANDINGAN LEARNING JOURNAL DENGAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI Lamtiurma Ronasari Sinaga; Zulkarnain Zulkarnain; Rahma Kurnia Sri Utami
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.719 KB)

Abstract

This study was aimed to find out (1) the difference of students’ mean score in Pretest, (2) the difference of students’ mean score in Postest, (3) the difference of n-Gain learning result score which was taught by Learning Journal and Mind Map method. This study used quasi experiment research. The population was X grade students in which  the samples were X.4 and X.8. The results showed that (1) there is no significant difference between students’ mean score in Pretest, (2) there is significant difference between students’ mean score in Postest, where Mind Map is higher, (3) there is difference of n-Gain learning result were which was taught by Learning Journal and Mind Map, where n-Gain of Mind Map is higher and included into moderate criteria.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan nilai rerata Pretest siswa, (2) perbedaan nilai rerata Posttest siswa, (3) perbedaan n-Gain hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Learning Journal dengan Mind Map. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X dengan sampel kelas X.4 dan X.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan signifikan antara nilai rerata Pretest siswa, (2) ada perbedaan signifikan antara nilai rerata Posttest siswa, dimana rerata Mind Map lebih besar, (3) ada perbedaan n-Gain hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Learning Journal dengan Mind Map, dimana n-Gain Mind Map lebih besar dan termasuk dalam kriteria sedang.Kata kunci: hasil belajar, learning journal, mind map.
PENGGUNAAN MEDIA VCD ANIMASI DAN GAMBAR CETAK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS Parizawati Parizawati; Sumadi Sumadi; Irma Lusi Nugraheni
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.565 KB)

Abstract

This study aims to apply appropriate use of instructional media by using animation VCD media and print images and to improve the activity and student learning outcomes in geography subjects using animation VCD media and print images. The method in this study is action research that lasted for three cycles. Using test data collection and observation. Data were analyzed by looking at the classical mastery learning students ie 80% of students received a score of ≥ 70. Results showed that the use of animation VCD media and print pictures can enhance the activity and learning outcomes geography class X High School Semester Bina Mulya Dublin school year 2013-2014.Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan media pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan media VCD animasi dan gambar cetak dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi menggunakan media VCD animasi dan gambar cetak. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan melihat ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 80% siswa mendapat skor ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media VCD animasi dan gambar cetak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas X Semester Ganjil SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013-2014.Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media pembelajaran.
KEBERADAAN PT.BUMI MADU TERHADAP SERAPAN TENAGA KERJA DI KECAMATAN NEGERI BESAR Asrul Anas; Buchori Asyik; Zulkarnain Zulkarnain
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.692 KB)

Abstract

The aim of this research was to find out description of the existence of PT. Bumi Madu toward workforce absorption in Negeri Besar sub district of Way Kanan district in 2011. The research objects were the origin of workforce, employee recruitment system, workforce absorption, employee’s working hours, and waging system. This was a descriptive research. Data were collected using observation, documentation, and structured interview. Data were analyzed using percentage table analysis. PT. Bumi Madu Mandiri The results showed that: 1) 80% employees working in PT. Bumi Madu Mandiri came from Negeri Besar sub district; 2) workforce recruitment system was conducted by giving new occupational positions for internal employees in the company; 3) workforce absorption was 200 labors and only 1.4% workforce in Negeri Besar sub district was absorbed by this company; 4) each employee averagely had 40 working hours weekly; and 5) the labor salary was approximately Rp. 800,000 to Rp. 1,000,000 per month.   Penelitian ini bertujuan menggambarkan keberadaan PT. Bumi Madu Mandiri terhadap serapan tenaga kerja di Kecamatan Negeri Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang  digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara terstruktur serta teknik analisa data yang digunakan adalah analisis tabel persentase . Objek  penelitian ini adalah PT. Bumi Madu Mandiri. Hasil penelitian ini menunjukan: 1).  80 % karyawan yang bekerja berasal dari Kecamatan Negeri Besar, 2). Sistem penerimaan tenaga kerja dilakukan dengan cara memberikan posisi yang baru kepada karyawan dari dalam perusahaan, 3) Jumlah serapan tenaga kerja yang bekerja 200 orang karyawan dan 1,4 % dari jumlah usia angkatan kerja yang baru dapat diserap, 4). Rata-rata karyawan memiliki 40 jam/minggu curahan jam kerja, dan 5). Gaji atau upah karyawan yang diterima berkisar Rp. 800.000,- –  Rp. 1.000.000,- per bulan.Kata kunci: pt.bumi madu mandiri, serapan, tenaga kerja.
DESKRIPSI PETANI SINGKONG DESA LAMBU KIBANG Ria Andresta; Sumadi Sumadi; I Gede Sugiyanta
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.294 KB)

Abstract

The purpose of this study is to describe cassava farmers in the village of Lambu Kibang Kibang Budi Jaya west subdistrict Tulang Bawang Regency 2012. Research is using descriptive methods,with population of 251 families, a sample of 20% (50 families). Results of the study: 1). A total of 100% cassava farmers plant cassava poison. 2). The average land area of 2.82 ha respondents. 3). Total production average of 56,800 kg/farmers.4). Total production in the selling price of Rp. 780 and marketed to pabric.5). Rp.616.170.000 total production costs by an average of Rp. 12.323.400/farmers. 6). Total net revenues in the first planting time Rp.1.559.450.000 income of 26 respondents Rp.490.791.600 Rp.18.876.600/farmers average, net income of 24 respondents Rp.1.068.638.400 with an average of Rp 44.526.600/farmers. 7). All respondents 100% is able to meet the minimum basic.Tujuan penelitian mengkaji deskripsi petani singkong di Desa Lambu Kibang Kecamatan Kibang Budi Jaya Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2012. Penelitian menggunakan metode deskriptif, populasi sebanyak 251 KK, sampel sebanyak 20% (50 KK) .  Hasil penelitian : 1). Sebanyak 100% petani singkong menanam singkong racun. 2). Luas lahan rata-rata responden 2,82 ha.3).Produksi singkong rata-rata 56.800 kg/petani.4). Seluruh produksi singkong di jual dengan harga Rp. 780 dan dipasarkan ke pabrik.5).Total biaya produksi Rp.616.170.000 rata-rata Rp. 12.323.400/petani. 6). Total pendapatan bersih dalam 1 kali tanam Rp.1.559.450.000 dengan rata-rata pendapatan bersih 26 responden Rp.490.791.600 rata-rata Rp.18.876.600/petani, pendapatan bersih 24 responden Rp.1.068.638.400 rata-rata Rp 44.526.600/petani. 7). Seluruh responden 100% mampu memenuhi kebutuhan pokok minimum. Kata kunci : biaya produksi, kebutuhan pokok minimum, petani singkong
PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI Fuspa Dewi; Zulkarnain Zulkarnain; Rahma Kurnia Sri Utami
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.988 KB)

Abstract

The purpose of this research was to find out the positive and the significant effect of giving homework method to students' achievements of geography at the second grade of SMA Negeri 5 Bandar Lampung academic year 2013/2014. The method that the researcher used was Quasy Eksperiment Design. The population of this research was 139 students. The sample that had been taken was 70 students using Purposive Sampling Technique. The analysis result of this research showed that there is positive effect of giving homework method to students' achievements. It can be seen in Fo value which was about 21.607 F value table was about 4,139. Furthermore, it was significantly influenced because in t point was higher than t table which t point was 4,470 t table 2,034.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan metode pemberian tugas rumah terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen Design. Populasi berjumlah 139 siswa dengan sampel 70 siswa menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil analisis penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif metode pemberian tugas rumah terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai Fo hitung sebesar 21.607 nilai F tabel sebesar 4,139. Kemudian berpengaruh secara signifikan dilihat dari t hitung lebih besar dari t tabel yaitu t hitung 4,470 t tabel 2,034.Kata kunci: hasil belajar, metode pemberian tugas rumah, pembelajaran geografi.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (NUMBERED HEAD TOGETHER) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI Frastika Eryesma Anwar; Yarmaidi Yarmaidi; Rahma Kurnia Sri Utami
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.211 KB)

Abstract

The purpose of this research is to improve student activity and learning achievement by using cooperative learning method of NHT (Numbered Head Together). The method used in this research is Classroom Action Research. The subjects of the research are students of class XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. The results indicate that the cooperative learning method of NHT (Numbered Head Together) able to increase student activity and learning achievement of geography in class XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. The activity and learning achievement are increased because of given more reward and in the new atmosphere in the third cycle that is outdoor.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together).  Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas  XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Aktivitas dan prestasi belajar meningkat karena lebih banyak diberikan reword berupa penghargaan dan berada pada suasana baru yaitu outdoor pada siklus ketiga.Kata kunci: aktivitas belajar, metode NHT,  prestasi belajar.
KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI KEPALA KELUARGA YANG BERTEMPAT TINGGAL DI KELURAHAN KALIAWI Lingga Sari; Buchori Asyik; Dedy Miswar
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.294 KB)

Abstract

This study aimed to describe the socioeconomic characteristics of the head of the family who reside in the Village District of TanjungKarangKaliawi Centre Dublin in 2012. Tap point of this research study on age / age, occupation, number of children, and income level households. Descriptive research method with a population of 313 heads of household are then retrieved a sample of 32 heads of household. Data collection is using questionnaires.Analysis of data is using tables and percentages interpretation. The results showed that; 1) total (83.87%) heads of families included in the productive age group, 2) total (90.32%) household heads have a number of categories, including many children, 3) total (77.42%) level of education level of the head of household only bpendidikan base, 4) total (35.49%) heads of household have any kind of a job as a trader, 5) total (61.29%) low-income heads of householdPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik sosial ekonomi kepala keluarga yang bertempat tinggal di Kelurahan Kaliawi Kecamatan Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung pada tahun 2012. Titik tekan kajian penelitian ini  pada umur/usia, jenis pekerjaan, jumlah anak, dan tingkat pendapatan kepala keluarga. Metode penelitian deskriftif dengan populasi 313 Kepala Keluarga yang kemudian diambil sampel sebanyak 32 Kepala Keluarga. Pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan tabel persentase dan interpentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Sebanyak (83,87%) kepala keluarga termasuk dalam kelompok umur produktif, 2) Sebanyak  (90,32%) kepala keluarga termasuk kategori memiliki jumlah anak banyak, 3) Sebanyak  (77,42%) tingkat pendidikan kepala keluarga hanya jenjang bpendidikan dasar, 4) Sebanyak (35,49%) Kepala Keluarga memiliki jenis pekerjaan sebagai pedagang, 5) Sebanyak (61,29%) Kepala Keluarga berpendapatan rendah.Kata kunci: jenis pekerjaan, kepala keluarga, sosial ekonomi.
DESKRIPSI BAHAN BAKAR, BAHAN BAKU DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKSI TAHU Mochamad Rizwan; Yarmaidi Yarmaidi; Dedy Miswar
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.006 KB)

Abstract

This research assessed about the production of tofu industrial in Gunung Sulah, Sukarame district, Bandar Lampung city. This research emphasize some point, they are the stock of material, fuel and human resource for the production result. The method used is the descriptive into 35 sample with the purposive sampling method, while the data analysis based on tabulation and percentage. This research showed that : (1) The amount of basic material needs which are used to produce the tofu, partly used 26-45 Kg, (2) Generally the number of workers needed are 52 male (72,22%) and 20 female (27,78%). (3) The fuel amount used for 31-50 logs everyday. (4) The daily production touch 4000-6000 packs of tofu based on 35 respondent or about 62,85%. The production are distributed and marketed by agencies or direct sell to domestic markets.Penelitian ini mengkaji tentang hasil produksi industri tahu di Kelurahan Gunung Sulah Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Adapun titik tekan dalam penelitian ini adalah pada ketersediaan bahan baku, bahan bakar, dan tenaga kerja terhadap hasil produksinya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan 35 sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, sedangkan untuk analisis data menggunakan tabulasi dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kebutuhan jumlah bahan baku yang digunakan dalam memproduksi tahu, sebagian besar pengusaha menggunakan bahan baku perharinya sebanyak 26-45 kg, (2) Secara keseluruhan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan pada industri tahu adalah sebanyak 72 orang, terdiri dari tenaga kerja laki-laki sebanyak 52 orang (72,22 %) dan wanita sebanyak 20 orang (27,78 %). (3) Jumlah bahan bakar yang digunakan perharinya sebanyak 31-50 batang kayu bakar,. (4) Hasil produksi peharinya mencapai 4000-6000 potong tahu. Hasil produksi dipasarkan melalui agen maupun dijual langsung kepasar.Kata kunci : bahan baku, bahan bakar, tenaga kerja.
SUMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI Merliyana Merliyana; Pargito Pargito; Dedy Miswar
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is: to identify the average score of learning otuput of the student in geography focusing on population dynamics. Of the second grade of social science class in SMA N 08 Bandar Lampung, academic year 2013/2014 to identify the contribution between the contextual teaching learning towards the learning otuput ini subject of geography about populations dynamics of the second grade of social science class of SMA N 08 Bandar Lampung academic years 2013/2014.The samples of this research were go student. The data analysis method used in this research was T test, independent sample T test.The result of data analysis conclude that the use of contextual teaching learning model in giving the significant contribution towards the learning output of citizenship dynamics in geography subject of the students. The learning output of the student by applying the contectual teaching learning is bettter (higher) than the output without applying the contectual teaching learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi tentang dinamika kependudukan kelas XI IPS di SMA Negeri 08 Bandar Lampung TA: 2013/2014. Untuk mengetahui sumbangan antara model pembelajaran kontekstual (contextual teaching learning) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran geografi tentang dinamika kependudukan kelas XI IPS di SMA Negeri 08 Bandar Lampung TA: 2013/2014.Model yang digunakan pada penelitian ini adalah  model korelasi. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Analisis data yang digunakan adalah  uji tindependent samples t test.Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: Penggunaan model pembelajaran berbasis kontekstual memberikan sumbangan yang signifikan terhadap hasil belajar dinamika kependudukan oleh siswa.Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa model pembelajaran berbasis kontekstual.Kata kunci: hasil belajar, model, pembelajaran kontekstual

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 6 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 5 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 6 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 5 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 6 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 5 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 4 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 6 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 5 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 6 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 5 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 4 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 6 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 5 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) More Issue