cover
Contact Name
Saprizal Hadisaputra
Contact Email
rizal@unram.ac.id
Phone
+6287738066422
Journal Mail Official
pijarmipa@unram.ac.id
Editorial Address
Univesitas Mataram. Jalan Majapahit No 62 Mataram, Lombok, NTB. 83125. Indonesia
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pijar MIPA
Published by Universitas Mataram
ISSN : 19071744     EISSN : 24601500     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current issues and trends in mathematics-science-science education studies. In addition, this journal addresses issues concerning environmental education and environmental science. The journal scopes are: a. Physics and Physics Education b. Chemistry and Chemistry Education c. Biology and Biology Education d. Natural Science and Science Education e. Mathematics and Mathematics Education f. Environmental and Environmental Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2016): Maret" : 13 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF Nurul Fathonah; Suhadi Ibnu; Suharti Suharti
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.515 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.1

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan metakognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan pemecahan masalah berbantuan jurnal belajar dengan tanpa bantuan jurnal belajar. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan menggunakan rancangan the matching only-Postest only control group design . Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu offering I sebagai kelas eksperimen dan offering G sebagai kelas kontrol. Kelas kontrol dibelajarkan dengan model pemecahan masalah dan kelas ekperimen dibelajarkan dengan model pemecahan masalah disertai penulisan jurnal jurnal belajar. Data pada penelitian ini adalah skor jurnal belajar dan lembar inventori metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pemecahan masalah disertai jurnal belajar  lebih tinggi daripada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pemecahan masalah tanpa disertai jurnal belajar. Kata kunci :  pemecahan masalah, jurnal belajar,metakognitif. Abstract : The aim of this research is to find out whether the metacognitive ability of students involved in problem-solving based learning combined with learning journal is higher than that of the student in problem-solving without learning journal. This study employed a quasi-experimental by using the matching only-Postest only control group design. The population involved 2 (two) classes: offering I as an experiment group, and offering G as the control group. The control group was taught by problem-solving model, and the experiment group was taught by problem-solving augmented with learning journal. The measurements are learning journal scores and metacognitive awareness. The result shows metacognitive ability of students involved in problem-solving method combined with learning journal is higher than that of students involved in problem-solving without learning journal. Keyword: problem solving, learning journal, metacognitive
ELIMINASI GANGGUAN MATRIKS DALAM ANALISIS MERKURI HG SEBAGAI SENYAWA KOMPLEKS THIO MICHLER’S KETON SECARA SPEKTROFOTOMETRI Sukib Sukib; Mutiah Mutiah
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.041 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.2

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penyusunan metode analisis merkuri melalui pembentukan senyawa kompleks dengan 4,4'-Bis(dimethylamino)thio-benzophenone TMK. Senyawa kompleks tersebut berwarna biru kehijauan yang dapat dideteksi dengan  spektrofoto-meter pada kondisi: lmax 574 nm;  pH 3; konsentrasi TMK 0,0002 M, dan waktu tunggu selama 4–10 menit. perbandingan volume pereaksi: Hg(II), bufer pH 3, TMK 0,002 M, H2O bebas ion adalah 1:1:1:7. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini telah memenuhi validitas, yaitu: linieritas 0,05–2,0 mg/L, limit deteksi 0,008 mg/L, dan % recovery antara 98% – 102%. Gangguan matriks akibat adanya ion–ion Au(III), Ag(I), Pd(II), Cu(II), Co(II), dan Fe(II) dapat dieliminasi dengan metode ekstraksi pelarut dan adisi standar. Metode adisi standar terbukti mampu memberikan data hasil pengukuran yang dapat dipercaya pada a 5%, yaitu untuk sampel buatan sebesar (0,053 ± 0,001) mg/L, air sungai (0,034 ± 0,004) mg/L, dan sedimen sebesar (4,172 ± 0,050) mg/kg. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode ekstraksi pelarut dan adisi standar mampu mengeliminasi gangguan matriks pada analisis merkuri sebagai kompleks Hg-TMK secara spektrofotometriKata kunci: Metode analisis merkuri, Thio Michler’s keton, eliminasi, gangguan matriks  Abstract. A research  of analysis method for determination of mercury through formation of complex with 4,4'-bis(dimethylamino)thiobenzophenone TMK has been conducted. The green blue complex compound can be detected with spectrophoto-meter in conditions: lmax 574 nm, buffer acetate pH 3, concentration of TMK 0,0002 M, and the absorbance of complex remains stable for 4–10 minutes. The formula of reagents volume for: Hg(II): buffer acetate pH 3: TMK 0,002 M : de-ionized water is 1:1:1:7. This method is valid, with parameters such as linearity 0.05–2.00 mg/L, limit of detection 0.008 mg/L, and recovery in the range 98%-102%. Matrix interferences that are caused by Au(III), Ag(I), Pd(II), Cu(II), Co(II), and Fe(III) ions can be eliminated with solvent extraction and standard addition methods. Standard addition method is able to give data of trusty measurement result at a 5%, that is for synthesis sample as (0.053 ±  0.001) mg/L, river water (0.034 ± 0.004) mg/L, and for sediment (4.172 ± 0.050) mg/kg. From the result of this research, it can be concluded that solvent extraction and standard addition methods are able to eliminated matrix interferences in mercury analysis as Hg-TMK complex spectrophotometrically 
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPA Astuti Wijayanti
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.975 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.3

Abstract

Abstrak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di Prodi Pendidikan IPA UST untuk mengetahui peningkatan pemahaman  konsep Fisika Dasar dan partisipasi mahasiswa Pendidikan IPA dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Untuk mengamati proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT digunakan lembar observasi mahasiswa dan dosen. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar tim dan lembar tes (postest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika Dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi mahasiswa pendidikan IPA. Kata Kunci: pemahaman konsep, partisipasi mahasiswa, model pembelajaran kooperatif tipe TGT Abstract. Classroom Action Research held in Science Education UST to find an improved understanding of the concept of Basic Physics and Science Education student participation using TGT learning model. To observe the process of learning using TGT learning model used observation sheet of students and lecturers . Instruments used include observation sheet activities of faculty and students in learning activities team and a test sheet (posttest). The results showed that the learning Physics using cooperative learning model TGT can improve understanding of the concept and science education student participation. Keywords : conceptual understanding, student participation, cooperative learning model TGT
OPTIMASI SIFAT INHIBITOR KOROSI SENYAWA THIAAMIDA-PIRAZOLINDOL BERDASARKAN TEORI FUNGSIONAL KERAPATAN Saprini Hamdiani; Jannatin Arduha; Agus Abhi Purwoko; Saprizal Hadisaputra
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.94 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.4

Abstract

Abstrak. Sifat inhibitor korosi senyawa turunan thiaamida-pirazolindol (TP) telah dikaji menggunakan teori fungsional kerapatan pada tingkatan teori B3LYP/6-31G(d). Pengaruh gugus substitusi pendonor dan penarik elektron (NH2, SH, CHCH2, CH3, OH, CHO, COOH, F, NO2) terhadap efisiensi anti korosi senyawa thiaamida-pirazolindol juga dihitung. Parameter kuantum untuk senyawa anti korosi seperti energi orbital (EHOMO dan ELUMO), potensial ionisasi (I), afinitas elektron (A) dan elektronegativitas (χ) memiliki hubungan yang linier dengan efisiensi anti korosi (IE%) senyawa turunan thiaamida-pirazolindol. Gugus pendonor elektron meningkatkan nilai IE%. Urutan kenaikan IE% adalah NO2 < CHO < COOH < F < CHCH2 < OH < CH3 < NH2. Penambahan gugus pendonor elektron amina (NH2) meningkatkan IE% hingga 98,76 % dibandingkan IE% thiaamida-pirazolindol murni 90,80 %. Penambahan gugus penarik elektron menurunkan IE% hingga mencapai 82,82 %. Kajian teoritis ini akan berkontribusi besar dalam mendesain dan sintesis senyawa inhibitor organik dengan efisiensi inhibitor tinggi.Kata kunci: inhibitor korosi, teori fungsional kerapatan, thiaamida-pirazolindolAbstract. Corrosion inhibitor properties of thiamide pyrazolindole and its derivatives has been elucidated by means of density functional theory (DFT) at B3LYP/6-31G(d) level of theory. Effect of electron donating and withdrawing groups such as NH2, SH, CHCH2, CH3, OH, CHO, COOH, F and NO2 on the corrosion inhibitor of thiamide pyrazolindole derivatives also have been studied. The quantum chemical parameters such as the frontier orbital energies (EHOMO), ionization potential (I), electron affinity (A) and electronegativity (χ) are closely related to the corrosion inhibition efficiency (IE%) of thiamide pyrazolindole derivatives. The presence of electron donating groups increases IE% values meanwhile electron withdrawing groups reduce IE% values. The enhancement of IE% follows NO2 < CHO < COOH < SH < F < CH3 < CHCH2 < OH < NH2. Electron donating NH2 group gives 98,76 % of IE%, pure thiamide pyrazolindol IE% = 90,80 %. In contrast, electron withdrawing NO2 group gives IE% only 82,82 %. This theoretical study would have a significant contribution in designing high-efficiency organic corrosion inhibitors.Keywords: corrosion inhibitors, density functional theory, thiamide pyrazolindol
FERMENTASI GLUKOSA HASIL HIDROLISIS BUAH KUMBI UNTUK BAHAN BAKU BIOETANOL Sri Seno Handayani; Surya Hadi; Haryanti Patmala
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.299 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.5

Abstract

Abstrak. Kumbi atau Voacanga foetida (blume) rolfe merupakan tumbuhan dari family Apocynaceae. Pulau Lombok merupakan daerah utama tempat tumbuhnya ‘Kumbi’ ini. Kumbi memiliki kandungan selulosa yang cukup tinggi. Selulosa merupakan salah satu bahan baku dalam pembuatan bioetanol. Sebelumnya telah dilakukan penelitian mengenai pembuatan bioetanol dari buah Kumbi (Voacanga foetida (blume) rolfe) ini dengan kadar 14% dan % rendemen sebesar 14,793%. Hasil yang didapatkan ini sudah cukup tinggi namun belum memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai bahan baku campuran pada bahan bakar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh suhu fermentasi terhadap rendemen bioetanol dari buah kumbi menggunakan Saccharomyces cerevisiae dan Rhyzopus oryzae. Metode yang digunakan adalah hidrolisis dengan HCl dan fermentasi menggunakan Saccharomyces cerevisiae dan Rhyzopus oryzae. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bioetanol dari buah kumbi dapat diproduksi melalui proses hidrolisis dan fermentasi menggunakan Saccharomyces cerevisiae dan Rhyzopus oryzae dengan variasi suhu fermentasi 28°C, 30°C, 32°C, 34°C, 36°C, 38°C dan 40°C, dan destilasi pada suhu 78 oC, menghasilkan rendemen bioetanol kasar pada suhu optimum 36 °C sebesar 66,02% (w/w) menggunakan Saccharomyces cerevisiae sedangkan dengan rasio yang sama menggunakan Rhyzopus oryzae suhu optimum dicapai pada 32°C, menghasilkan rendemen bioetanol kasar sebesar 88,14% (w/w). Kata kunci: Bioetanol, Buah Kumbi, Hidrolisis, Fermentasi      Abstract.    Kumbi or Voacanga foetida (blume) Rolfe is a plant of the family Apocynaceae.  Lombok Island is the main area where the growth of Kumbi. Kumbi has a high cellulose content. Cellulose is a raw material in the manufacture of bioethanol. Research for bioethanol production from fruit Kumbi (Voacanga foetida (blume) Rolfe) generates yield of 14.793%. These results are not yet eligible to be used as raw material in the fuel mixture. This study aims to determine the effect of temperature on the yield of bioethanol fermentation of fruit Kumbi using Saccharomyces cerevisiae and Rhyzopus oryzae. The method used is by HCl hydrolysis and fermentation with Saccharomyces cerevisiae and Rhyzopus oryzae. The results showed that ethanol from Kumbi fruit can be produced by the hydrolysis and fermentation using Saccharomyces cerevisiae and Rhyzopus oryzae. Fermentation temperature variation used was 28 °C, 30 °C, 32 °C, 34 °C, 36 °C, 38 °C, 40 °C and distilled at a temperature of 78 C. The yield of bioethanol 66.02% (w/w ) obtained using Saccharomyces cerevisiae at a temperature of 36 °C while the same ratio used Rhyzopus oryzae produce bioethanol yield of 88.14% (w / w) at a temperature of 32 oC.Keywords: Bioethanol, Fruit Kumbi, hydrolysis, fermentation
IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH PADA OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPA Tias Ernawati
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.02 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.6

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa implementasi scientific approach pada outdoor learning dalam mata kuliah Ilmu Lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Semester Genap T.A. 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan menerapkan scientific approach yang meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring pada kegiatan outdoor learning. Peserta didik diarahkan untuk aktif mengamati, bertanya, memikirkan, bereksperimen atau mencoba, sampai dengan menyampaikan dan mengomunikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi scientific approach pada outdoor learning dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Motivasi belajar mahasiswa mengalami kenaikan sebesar 5,08% dari prasiklus sampai dengan siklus 2 dengan kategori kualifikasi motivasi tinggi. Motivasi belajar pada prasiklus sebesar 72,65%, pada siklus 1 sebesar 73,57% dan pada siklus 2 sebesar 77,73%.Kata kunci: scientific approach, outdoor learning, motivasi, penelitian tindakan kelas Abstract. This study aims to find out that the implementation of the scientific approach to the outdoor learning courses in Environmental Science can increase learning motivation of students in the academic year 2014/2015. This research is a classroom action research which has two cycles. Each cycle consists of action planning, execution and observation, and reflection. Implementation of the actions carried out by applying a scientific approach that includes observing, asking, reasoning, trying, forming networks in outdoor learning activities. Students are directed to actively observing, questioning, thinking, experimenting, up to convey and communicate. The results showed that the implementation of the scientific approach to the outdoor learning can increase student motivation to learn. The motivation of student learning has increased by 5.08% from pre-cycle to the second cycles with high motivation qualification category. Learning motivation is 72.65%, 73.57% and 77.73% for pre-cycle, the first cycle, and the second cycle, respectively. Keywords: scientific approach, outdoor learning, motivation, class action research
PENGEMBANGAN LKS DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA Nur Azizah
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.403 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.7

Abstract

Abstrak: Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengembangkan LKS dan menerapkannya dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan hasil belajar materi kesetimbangan kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batulayar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus 1 dengan sub materi kesetimbangan dinamis, jenis kesetimbangan, dan tetapan kesetimbangan sedangkan siklus 2 dengan sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data hasil observasi aktivitas belajar siswa dianalisis dengan menghitung rata-rata skor aktivitas siswa  sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata siswa dan ketuntasannya secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan: 1) skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 19,83 menjadi 22,82 dengan kategori aktif, 2) hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 45,45% menjadi 75 dengan ketuntasan klasikan 81,82%. Kata Kunci: LKS, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), AktivitasBelajar, Hasil Belajar. Abstract: Classroom action research has been conducted to develop worksheets and apply them in cooperative learning STAD (Student Teams Achievement Divisions) to improve learning outcomes topic of chemical equilibrium class XI IPA SMAN 1 Batulayar in the academic year 2015/2016. This study was conducted in two cycles. The first cycle with the topic of dynamic equilibrium, the type of equilibrium, and the equilibrium constant. The second cycle with the topic of the factors that influence the equilibrium shifts. This research data obtained through observation, achievement test, and documentation. Data from observation of student activity was analyzed by calculating the average score of student activity while learning outcomes data were analyzed by calculating the average student and classical completeness. The results showed: 1) the average score of student activity increased (19.83 into 22.82) categorized as active, 2) student learning outcomes increased from an average of 65 with classical completeness 45.45% to 75 with classical completeness 81.82 %.  Keywords: Worksheet, Cooperative Learning Model, STAD (Student Teams Achievement Divisions), Learning Activity, Learning Outcomes.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII-5 SMPN 4 MATARAM Mahyaeny Mahyaeny
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.104 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.60

Abstract

Abstrak: Telah dilakukan penelitian menggunakan strategi pembelajaran discovery pada mata pelajaran IPA Biologi Kelas VII-5 SMPN 4 Mataram untuk meningatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran dengan teman sejawat dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII-5 sebanyak 32 orang. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini tercapai apabila ketuntasan belajar klasikal ≥ 85% dan KKM ≥ 60. Selain itu indikator keberhasilan pelaksanaan strategy pembelajaran discovery jika hasil observasi memperoleh rata-rata skor ≥ 4,5 (sangat memuaskan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I adalah rata-rata kelas 71,8. Siswa yang memenuhi ketuntasan belajar individu sebanyak 21 siswa dari 32 siswa, sehingga presentase ketuntasannya mencapai 66%. Rata-rata skor pelaksanaan pembelajaran dengan strategi discovery 3,85 (memuaskan). Pelaksanaan evaluasi pada siklus II diperoleh data hasil belajar siswa dengan rata-rata 82,2. Presentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90%. Rata-rata skor pelaksanaan pembelajaran dengan strategi discovery 4,86 (sangat memuaskan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII-5 SMPN 4 Mataram.Kata-kata Kunci : Hasil belajar, Discovery, IPA BiologiAbstract: Research using discovery learning strategies on the subjects of biology in grade VII-5 SMPN 4 Mataram has been done to improve student learning outcomes. The research was conducted collaboratively between teachers and peers in the form of classroom action research. The study involved students of class VII-5 as many as 32 people. The study was conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, action, observation, evaluation, and reflection. This study was classical learning completeness succeed if ≥ 85%, and the minimum completeness criteria ≥ 60. In addition, the successful discovery learning is indicated resources by an average score of ≥ 4.5 (very satisfactory). The results showed that the learning outcomes in the first cycle is an average grade 71.8. Students who meet the individual learning completeness as many as 21 students from 32 students, so the completeness percentage reached 66%. The average score of the implementation of learning by discovery strategy 3.85 (satisfactory). In the second cycle learning outcomes of students obtained an average of 82.2 and the classical learning completeness percentage reached 90%. The average score of the implementation of learning by discovery strategy 4.86 (very satisfactory). The conclusion was that the application of discovery learning strategies can improve student learning outcomes in class VII-5 SMPN 4 Mataram. Key words:  Learning achievement, Discovery, Biology Science
STUDI PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN UPAYA PENANGANAN DISMENORE PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI Kusmiyati Kusmiyati; I Wayan Merta; Syamsul Bahri
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.345 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.61

Abstract

Abstrak. Dismenore merupakan keadaan nyeri pada waktu menstruasi yang dialami oleh perempuan. Nyeri ada yang berat tetapi ada juga yang ringan, pengetahuan tentang gangguan menstruasi akan menentukan penanganan dismenore yang di alaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang menstruasi dengan upaya penanganan dismenore. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi semester 6 yang sedang mengambil matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa perempuan yang mengalami dismenore. Data pengetahuan tentang menstruasi dikumpulkan dengan tes tertutup berupa tes pilihan ganda, sedangkan data upaya penanganan dismenore dikumpulkan menggunakan kuesioner. Selanjutnya hubungan pengetahuan menstruasi dengan upaya penanganan dismenore dianalisis dengan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan pengetahuan tentang menstruasi baik sebanyak 72,7 %, pengetahuan cukup sebanyak 27,3 % dan berpengetahuan kurang 0 %. Upaya penanganan dismenore yang dipilih mahasiswa bervariasi, mahasiswa yang memilih cara farmakologi dan non farmakologi sekaligus sebanyak 2 orang (6,06%), cara non farmakologi saja sebanyak 31 orang (93,94%) . Hasil uji korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,014 < r tabel 0,05:33= 0,344, berarti tidak ada hubungan pengetahuan mahasiswa tentang menstruasi dengan upaya penanganan dismenore. Kesimpulan  penelitian ini adalah: a) Pengetahuan mahasiswa Pendidikan Biologi tentang menstruasi sebagian besar dalam kategori baik, b) Upaya penanganan dismenore pada mahasiswa Pendidikan Biologi sebagian besar dengan cara non farmakologi; c). Pengetahuan mahasiswa Pendidikan Biologi tentang menstruasi tidak menentukan upaya penanganan dismenoreKata kunci: menstruasi, dismenore, mahasiswa, biologiAbstract. Dysmenorrhea is a condition of pain during menstruation experienced by women. There are heavy and light of menstruation pain, knowledge of menstruation disorder will determine of the dysmenorrhea holding efforts. The purpose of this study was to determine the relationship of knowledge about menstruation and dysmenorrhea holding efforts. The population of this study was all students of Biology Education 6th semester who are taking the course of Human Anatomy and Physiology, while samples were taken by purposive sampling, with the criteria of female students who experience dysmenorrhea. Data of knowledge about menstruation collected by a multiple choice test, whereas the holding of dysmenorrhea collected using questionnaires. Furthermore, the relationship of knowledge of menstruation and the holding of dysmenorrhea was analyzed by Product Moment. The results showed that the students with good knowledge of menstruation were 72.7%, insufficient knowledge were 27.3% and less knowledge were 0%. Dysmenorrhea treatment efforts are chosen by the students are varied, students who choose to pharmacological and non-pharmacological simultaneously is 2 ( 6.06% ) , non-pharmacological means only 31 people ( 93.94 % ) . Product moment correlation test results obtained rcount = 0.014 < rtable 0.05: 33 = 0.344, meaning there is no relationship between student knowledge about menstruation and preventing dysmenorrhea . The conclusion of this study are : a) the student's knowledge about menstruation mostly categorized as good , b ) The handling of dysmenorrhea by students mostly by way of non-pharmacological; c ). Student knowledge about menstruation does not specify the handling of dysmenorrhea Keywords: menstruation, dysmenorrhea, student, biology
LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SAINTIFIK PADA KONSEP HUKUM OHM UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Hikmawati Hikmawati
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 1 (2016): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.51 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i1.62

Abstract

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan lembar kerja siswa berbasis saintifik pada konsep Hukum Ohm untuk pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas. Lembar kerja siswa merupakan panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah sehingga mempermudah siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Lembar kerja siswa berbasis saintifik dapat membantu siswa memperoleh lima pengalaman belajar pokok dalam  proses pembelajaran yakni mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Komponen-komponen lembar kerja siswa berbasis saintifik pada konsep Hukum Ohm terdiri atas: judul eksperimen, tujuan eksperimen, alat dan bahan, rumusan masalah, hipotesis, variabel, definisi operasional variabel, langkah-langkah eksperimen, data pengamatan, analisis data, dan kesimpulan. Lembar kerja siswa berbasis saintifik diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif media untuk mempermudah siswa belajar konsep fisika sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diinginkan. Kata kunci : lembar kerja siswa, saintifik.Abstract: This paper aims to describe scientific-based student worksheets on the concept of Ohm's Law for learning physics in senior high school. A student worksheet is used to guide student conduct investigation or problem-solving activities that facilitate students in the implementation of learning activities. Scientific-based student worksheets can help students gain five basic learning experiences in the learning process to observe, ask, gather information, associates, and communicate. The components of scientific-based student worksheets on the concept of Ohm's Law consists of the title of the experiment, the experimental goals, tools and materials, formulation of the problem, hypothesis, variables, operational definitions of variables, steps experimentation, observation data, data analysis, and conclusions. Scientific-based student worksheets expected to be one of the alternative media to facilitate students learn the concepts of physics so that the learning objectives can be achieved as targeted.               Keywords: student worksheets, scientific

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2016 2016