cover
Contact Name
Hartini
Contact Email
hartini@uts.ac.id
Phone
+6287753170654
Journal Mail Official
jmb.@uts.ac.id
Editorial Address
Rektorat-Gedung Orange Universitas Teknologi Sumbawa Jln raya olat maras, Dusun Batu Alang, Kec. Moyo Hulu, Kab. Sumbawa, NTB
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26862484     DOI : https://doi.org/10.37673/jmb
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) merupakan sarana publikasi ilmiah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai pengembangan manajemen dan bisnis di Indonesia. JMB diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa setiap 6 bulan. Jurnal di publis bulan Juli dan Desember focus dan scope: Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Perbankan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, Manajemen Strategik, Bisnis dan Inovasi, Kewirausahaan
Articles 87 Documents
ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA SUMBAWA Ezi Julian; Nova Adhitya Ananda; Sri Andriani
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.653 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v1i2.15

Abstract

Literasi keuangan sangat erat hubungannya dengan manajemen keuangan. Literasi keuangan merupakan salah satu hal pentingbagi setiap individu, salah satunya bagi remaja. Literasi keuangan bagi remaja bertujuan agar remaja dapat terhindar dari suatumasalah keuangan terutama berkaitan dengan perilaku konsumtif, indikator dari manajemen keuangan yaitu (1) pengetahuanumum pengelolaan keuangan, (2) tabungan dan pinjaman, (3) asuransi, (4) investasi. Indikator dari perilaku konsumtif yaitu (1)iklan, (2) lingkungan, (3) pengaruh teman.Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif remaja Sumbawa. Penelitian inimerupakan penelitian Kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 100 responden yaituremaja Sumbawa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisisregresi Logistik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif signifikan antaraliterasikeuangan terhadap perilaku konsumtif. Dimana semakin tinggi literasi keuangan maka perilaku konsumtif akan menurun.Kata Kunci: literasi keuangan, perilaku konsumtif, dan remaja.
IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM Hamdan Hamdan; Yandri Sudodo; Putri Reno Kemalasari
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.066 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi e-commerce sebagai media promosi dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk UMKM (2) untuk mengetahui seberapa besar implementasi e-commerce sebagai media promosi dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk UMKM. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari UD Riski Desa Penyaring. Metode pengambilan sampel menggunakan kriteria yakni orang yang aktif menggunakan facebook, generasi milenials, dan orang (konsumen) yang melakukan pembelian produk permen susu UD Riski Desa penyaring. Jenis data yakni data primer yang didapat dari hasil pengisian kuesioner dengan penilaian skala likert 4 poin. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas serta teknik analisis yang digunakan yakni analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel e-commerce sebagai media promosi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: e-commerce, keputusan pembelian
TINGKAT PENGEMBALIAN INVESTASI PADA CV. INDUSTRI CAHAYA BARU Khaerul Iman
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.882 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v1i2.17

Abstract

Berdasarkan perhitungan Net Profit Margin, CV. Industri Cahaya Baru mampu menghasilkan penjualan dalam menghasilkan laba bersih yaitu 19% pada tahun 2015, tingkat laba terus meningkat ditahun 2016 sebesar 43% ini berarti setiap Rp. 1 penjualan menghasilkan laba bersih sebesar Rp. 0,43, kemudian pada tahun 2017 laba yang dihasilkan mengalami penurunan menjadi 31%. Berdasarkan perhitungan Total Asset Turnover, tingkat kemampuan perputaran aktiva CV. Industri Cahaya Baru terhadap penjualan ditahun 2015 sebesar 73% kemudian pada tahun 2016 sebesar 77% dan pada tahun 2017 mengalami penurunan 33%.Berdasarkan perhitungan Return on Investment (ROI), tingkat ROI yang dihasilkan perusahaan pada tahun 2015 sebesar 14% dan ditahun 2016 perusahaan mampu meningkatkan ROI nya menjadi 77% dan tahun 2017 perusahaan ROI yang dihasilkan perusahaan menurun menjadi 33%. Berdasarkan perhitungan Economic Value Added (EVA) pada tahun 2015 belum bisa memberikan nilai tambah untuk perusahaan sedangkan ditahun 2016 dan 2017 CV. Industri Cahaya Baru memiliki nilai tambah ekonomi yang negatif.
SIKAP GENERASI MILLENIALS TERHADAP IKLAN ONLINE DALAM E-COMMERCE DI SITUS YOUTUBE Wilyastuti Wilyastuti; Putri Reno Kemalasari; Yandri Sudodo
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.636 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v1i2.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklan terhadap sikap generasi millenials. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Asosiatif Kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 100 responden yaitu mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dan purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor informativeness dari iklan online dalam e-commerce terhadap sikap. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor entertainment dari iklan online dalam e-commerce terhadap sikap generasi millenials. Berbeda dengan faktor irritation dari iklan online dalam e-commerce yang tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap generasi millenials.Kunci: Informativeness, Entertainment, Irritation dan Sikap (Attitude)
PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Edwin Baskara; Yandri Sudodo; Muhammad Nur Fietroh
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.984 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v1i2.21

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah faktor harga (X1) dan pelayanan (X2) meiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) di Minimarket Indomaret, serta untuk mengetahui variabel harga dan variabel pelayanan mana yang paling berpengaruh. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Program and Services Solition) versi 23 menunjukan bahwa dari hasil koevisien regresi Y= 3,408 + 0,418 X1 + 0,421 X2 menunjukan variabel harga (X1=0.418), dan pelayanan (X2=0.421). Nilai R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 0,413. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel harga dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mini Market Indomaret di Sumbawa Besar. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa dari kedua variabel X yakni harga dan pelayanan yang paling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah pelayanan. Saran bagi pihak Indomaret cabang Sumbawa Besar adalah terus meningkatkan dan mempertahankan strategi harga dan pelayanan karena variabel ini mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian di Sumbawa Besar sebanyak 41.3 %.
ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN Sri Wayuni; Sri Andriani; Sudrajat Martadinata
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.043 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v1i2.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh current ratio (CR), debt to equity ratio (DER) dan total asset turnover (TATO) terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di BEI tahun 2013-2015. Metode analisis yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif dan untuk mengetahui pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap profitabilitas perusahaan menggunakan metode data panel dengan fixed effect (FE). Jumlah populasi adalah sebesar 143 perusahaan manufaktur, sedangkan sampel yang di dapatkan sesuai dengan kriteria pengambilan sampel (purposive sampling) adalah sebanyak 16 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel (current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap return on asset (ROA), sedangkan total asset turnover (TATO) berpengaruh positif terhadap return on asset (ROA). Secara bersama-sama CR, DER dan TATO berpengaruh terhadap ROA akan tetapi hanya 55.15% variabel ROA dapat dipengaruhi oleh variabel CR, DER dan TATO secara bersama-sama. Kata Kunci : CR, DER, TATO dan ROA.
ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Wisata Kuliner Pantai Jempol Labuhan Sumbawa) Haedir
Journal of Management and Business Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.947 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v2i1.264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh produk terhadap keputusan pembelian di wisata kuliner pantai Jempol, mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di wisata kuliner pantai Jempol, dan mengetahui pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian di wisata kuliner pantai Jempol. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah datang dan membeli di warungwarung yang ada di wisata kuliner Pantai Jempol. Sedangkan metode pengambilan sampelnya menggunakan kriteria yakni Warung dekat dari Jempolnya (jembatan polak), Memiliki pendapatan minimal Rp.500.000/hari, dan Konsumen yang berumur 17 tahun ke atas. Serta jenis datanya meliputi data primer yang didapatkan dari hasil pengisian kuesioner dengan penilaian rating scale 4 poin. Dengan tehnik analisis yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda. Maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
PENGARUH PANAMA PAPERS TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) Mariati; Putri Reno Kemala Sari; Abdul Salam
Journal of Management and Business Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.027 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v2i1.265

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Panama Papers terhadap IHSG metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana yang dioperasikan melalui program SPSS. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang didperoleh dari laporan keuangan. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 19 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa publikasi Panama Papers berpengaruh tidak signifikan terhadap IHSG pada periode 4 April sampai 4 Juli 2016. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yang telah dilakukan, diperoleh nilai sebesar 1,1% perubahan IHSG dijelaskan oleh variabel independen publikasi Panama Papers dan perubahan IHSG 98,9% dijelaskan oleh variabel independen lain.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KETEPATAN WAKTU, TARIF PENGIRIMAN, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN J&T EXPRESS Salma Hafizha; Abdurrahman; Hanifa Sri Nuryani
Journal of Management and Business Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (963.597 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v2i1.266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar. 2) Pengaruh Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar. 3) Pengaruh Tarif Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar. 4) Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar. 5) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, Fasilitas secara simultan Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar. Model yang digunakan dalam analisis data adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 16. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas untuk variabel Kualitas Pelayanan ialah sebesar 0.238 dimana nilai ini > 0.05. 2) Ketepatan Waktu berpengaruh positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas untuk variabel Ketepatan Waktu ialah sebesar 0,05 dimana nilai ini ? 0.05. 3) Tarif Pengiriman berpengaruh positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas untuk variabel Tarif Pengiriman ialah sebesar 0.000 dimana nilai ini < 0.05. 4) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas untuk variabel Fasilitas ialah sebesar 0.019 dimana nilai ini < 0.05. Secara simultan Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas mempengaruhi Kepuasan Pelanggan sebesar 45,4%.
PENGARUH SIKAP KEUANGAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP LITERASI KEUANGAN Wilda Rahmayanti; Hanifa Sri Nuryani; Abdul Salam
Journal of Management and Business Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1030.472 KB) | DOI: 10.37673/jmb.v2i1.267

Abstract

This study aims to examine the effect of financial attitude and financial behavior on financial literacy (case study on the housewives in the Lito Village, Moyo Hulu Subdistrict, Sumbawa District). This research is a quantitative research with a causal method. The method of data collection was done by distributing questionnaires to 125 respondents, namely the housewives in the Lito Village, Moyo Hulu Subdistrict, Sumbawa Regency. The sampling technique uses purposive sampling. Data analysis used is multiple linear regression analysis. Based on the results of the study it can be concluded that financial attitudes a significant positive effect on financial literacy with a value of 4.382> 1,657 and a significance level (?) 0,000 <0.05, financial behavior has a significant positive effect on financial literacy with a value of 5,060> 1,657 and a significance level (?) of 0,000 <0.05 and the level of financial literacy of housewives is very high 98.4% (>76%).