cover
Contact Name
Hartini
Contact Email
hartini@uts.ac.id
Phone
+6287753170654
Journal Mail Official
jmb.@uts.ac.id
Editorial Address
Rektorat-Gedung Orange Universitas Teknologi Sumbawa Jln raya olat maras, Dusun Batu Alang, Kec. Moyo Hulu, Kab. Sumbawa, NTB
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26862484     DOI : https://doi.org/10.37673/jmb
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) merupakan sarana publikasi ilmiah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai pengembangan manajemen dan bisnis di Indonesia. JMB diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa setiap 6 bulan. Jurnal di publis bulan Juli dan Desember focus dan scope: Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Perbankan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, Manajemen Strategik, Bisnis dan Inovasi, Kewirausahaan
Articles 77 Documents
PENGARUH KERAGAMAN MENU, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG ROTI LANGSUNG ENAK BAKERY SUMBAWA Mita Kartina; Reza Muhammad Rizqi; Nova Adhitya Ananda
Journal of Management and Business Vol 3 No 1 (2020): EDISI 4
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman menu, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian ulang roti Langsung Enak Bakery Sumbawa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa). Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keragaman menu, harga dan citra merek sebagai variabel independen, kemudian keputusan pembelian ulang sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Teknologi Sumbawa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling, pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada responden sebanyak 100 kuesioner. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keragaman menu berpengaruh signifikan yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,021<0,05, variabel harga berpengaruh signifikan yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,002<0,05 dan variabel citra merek berpengaruh signifikan yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05.
Manajemen Pengelolaan Wakaf Dalam Meningkatkan Kemanfaatan Harta Wakaf Dengan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Edi Irawan
Journal of Management and Business Vol 3 No 1 (2020): EDISI 4
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi menjelaskan tentang pengelolaan wakaf berdasarkan prinsip tata kelola yang baik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan seperti data sekunder dalam bentuk buku, artikel atau literatur lain berdasarkan topik yang sedang dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola yang baik diperlukan oleh pengelolaan wakaf untuk meningkatkan kinerja professional agar dapat memenuhi kepentingan para pemangku kepentingan. Implementasi prinsip Good Governance dalam pengelolaan wakaf adalah sebagai berikut: Transparansi, artinya wakaf harus menerapkan prinsip keterbukaan informasi kepada para pemangku kepentingan. Akuntabilitas, artinya wakaf harus memegang prinsip trust (akuntabel) dalam mengelola dana wakaf. Tanggung jawab, itu berarti bahwa wakaf bertanggung jawab untuk mendistribusikan dana wakaf hingga mustahiq. Kemandirian, artinya wakaf dikelola secara mandiri dan tidak tergantung pada orang atau institusi lain. Keadilan, itu berarti bahwa wakaf harus melakukan segala upaya untuk bersikap adil dalam mendistribusikan dana wakaf bagi mereka yang berhak atasnya. Kepatuhan Syariah, itu berarti bahwa pengumpulan dan distribusi dana wakaf yang dikelola oleh Nazhir harus sesuai dengan ccorridor Islami.
Sistem Pengendalian Intern Memoderasi Hubungan Partisipasi Penyusunan Anggaran Dan Kinerja Manajerial Pemerintah Desa Di Kabupaten Sumbawa Agus Wahyudi
Journal of Management and Business Vol 3 No 1 (2020): EDISI 4
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial pemerintah desa yang dimoderasikan oleh sistem pengendalian intern. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan menyebarkan kuesioner. Kuesiner diisi oleh kepala desa dan ketua badan permusyawaratan desa sehingga responden penelitian ini berjumlah 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 34,7% variabel kinerja manajerial pemerintah desa mampu dijelaskan oleh variabel partisipasi penyusunan anggaran dan sistem pengendalian intern. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial pemerintah desa dan sistem pengendalian intern mampu memoderasi partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial pemerintah desa.
MODEL PENGUKURAN KUALITAS SISTEM INFORMASI Hartini
Journal of Management and Business Vol 3 No 1 (2020): EDISI 4
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran beberapa model yang dapat digunakan di gunakan untuk mengukur kualitas dari system informasi dalam perusahaan maupun perguruan tinggi. Sistem informasi yang digunakan di perusahaan maupun perguruan tinggi harus di ukur apakah sesuai dengan operasional perusahaan atau perguruan tinggi tersebut sehingga perusahaan dapat mengetahui bahwa sistem yang digunakan berhasil ataukah kurang dalam membantu operasional perusahaan. Selain menerima sistem tersebut pengukuran sistem informasi harus di lihat pula dari kepuasan pengguna sistem tersebut. Dalam hal ini pengukuran kualitas maupun efektivenes pada sebuah sistem informasi dapat digolongkan menjadi goal centered view dan system resource view. Beberapa Model yang di jelaskan dalam artikel ini adalah HOT-Fit (Human Organization Technology), UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ), D&M IS Success Model, Technology Acceptance Model (TAM).Di setiap model sering dijadikan acuan dalam melakuka penelitian baik itu sistem informasi perusahaan maupun Akademik. Setiap model bisa di gabungkan atau di modifikasi berdasarkan sistem informasi yang akan di teliti.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MADU LESTARI SEMONGKAT Ramdatun Fitriani; Fendy Maradita, M.M; Serli Oktapiani
Journal of Management and Business Vol 3 No 1 (2020): EDISI 4
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan menyebarkan kuesioner. Kuesioner diisi oleh masayarakat sumbawa yang pernah membeli madu lestari semongkat sebanyak 100 responden. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
PENGARUH TIME INTEREST EARNED DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PRIODE 2018-2019 Agus Wahyudi
Journal of Management and Business Vol 3 No 1 (2020): EDISI 4
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.456 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh time interst earned dan debt to equity ratio terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2019. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Adapun dalam hal penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa time interest earnet berpengaruh terhadap profitabilitas dan debt to equty ratio berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek indonesia. sebanyak 76,7% variabel profitabilitas mampu dijelaskan oleh variabel time interest earnet dan debt to equity.
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INSTAGRAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Angkatan Tahun 2016 Sampai Dengan Tahun 2018) Citra Ardianti; Abdul Salam; Hanifa Sri Nuryani
Journal of Management and Business Vol 3 No 2 (2020): Inovasi dalam penelitian
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.069 KB)

Abstract

This study aims to examine the effects of: 1) The influence of celebrity endorsers on purchasing decisions. 2) The influence of brand image on purchasing decisions. 3) The influence of celebrity endorser and brand image on purchasing decisions. The model used in data analysis is instrument test, classic assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing. The analytical tool used in this study was SPSS 16. The data used were primary data with a purposive sampling technique. The results of this study indicate that: 1) Celebrity endorser has a significant effect on purchasing decisions with a tcount of 2.791 greater than ttable, namely 1.984 with a significance value of 0.003 less than 0.05. 2) Brand image has a significant effect on purchasing decisions with a t-count value of 10,800 greater than t-table, namely 1.984 with a significance value of 0.000, less than 0.05. 3) Celebrity endorser and brand image simultaneously have a significant effect on purchasing decisions with a value of Fcount of 89.950 greater than Ftable, which is 3.09 with a significance value of 0.000 less than 0.05.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PERUMDA AIR MINUM BATULANTEH CABANG SUMBAWA Hamsia; Fendy Maradita, M.M; Andi Rusni
Journal of Management and Business Vol 3 No 2 (2020): Inovasi dalam penelitian
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.331 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh : 1). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. 2). Pengaruh Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Model yang digunakan dalam analisis data adalah uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 16.Data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengambilan sampel yaitu mengunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kualitas Pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai thitung variabel Kualitas Pelayanan sebesar 0,118 lebih kecil dari ttabel yaitu 1.984 dengan nilai signifikansi sebesar 0,906 lebih besar dari 0,05. 2). Nilai Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai thitung variabel Nilai Pelanggan sebesar 5.295 lebih besar dari ttabel yaitu 1.984 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.
PENGARUH DIVERSITAS DEWAN TERHADAP KINERJA KORPORAT (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar Di Pada Pasar Modal Syariah di Indoneisa Tahun 2014-2016) Serli Oktapiani
Journal of Management and Business Vol 3 No 2 (2020): Inovasi dalam penelitian
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.174 KB)

Abstract

Krisis keuangan Asia adalah periode krisis keuangan yang menerpa hampir seluruh Asia Timur pada Juli 1997. Saat krisis ini menyebar, nilai mata uang di sebagian besar Asia Tenggara dan Jepang ikut turun, bursa saham dan nilahi aset lainnya jatuh, dan utang swastanya naik drastis. Selain faktor dari eksternal, salah satu penyebab terjadinya krisis di Indonesia pada tahun 1997 adalah adanya issue faktor internal yang berkaitan dengan tata kelola perusahaan atau corporate governance yaitu diabaikannya prinsip-prinsip GCG oleh para pelaku tatanan kehidupan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh diversitas dewan diantaranya dewan direksi, dewan komisaris, dewan asing, dewan perempuan terhadap kinerja korporat. Metode yangdigunakan dalam pemilihan sampel ini adalah purposive sampling yaitu sebanyak 50 perusahaan dan untuk alat uji analisisnya menggunakan SPSS dengan teknik analisis yaitu regresi linier berganda.
AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA LANGAM KECAMATAN LOPOK KABUPATEN SUMBAWA Eka Rizki Jumari; Agus Wahyudi; Ahmad jibrail
Journal of Management and Business Vol 3 No 2 (2020): Inovasi dalam penelitian
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.912 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas dan transparansi pada pengelolaan keuangan Desa LangamKecamatan Lopok Kabupaten Sumbawa dengan acuan Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 14 Tahun 2017 tentangPengelolaan Keuangan Desa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumberdata dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknikobservasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa dalam Pengelolaankeuangan desa secara garis besar sudah dikatakan akuntabel, karena sudah menyusun musrembang, adanyapelaksanaan, penatausahaan, pelaporan,dan adanya pertanggung jawaban. Namun, ada satu hal yang perludiluruskan bahwa disini pemerintah Desa Langam masih molor dalam hal penetapan APBDes itu dikarenakan paguanggaran dari Pemerintah Daerah yang terlambat. Transparansi di Desa Langam sudah berjalan dengan baik namunada hal yang masih kurang yaitu belum adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan belum adanyaform daftar informasi publik yang di sediakan oleh pemerintah Desa Langam guna mempermudah masyarakatmendapatkan informasi dan bisa mendapatkan data yang lengkap.