cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
TELAAH PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH TUPON- SEKARDALAM FILM “MARS” (MIMPI ANANDA RAIH SEMESTA) SUTRADARA SAHRUL GIBRANIMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA Julieta Leong; Uus Al Katuuk; Santje Iroth
KOMPETENSI Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikankarakter dalam film “MARS” Mimpi Ananda Raih semesta pada pembelajaran sastra. Orang tua mempunyai peran penting dalam keluarga, salah satu kewajibannya adalah untuk memberikan fasilitas pendidikan serta memberikan dukungan moral dan spiritual. Penelitian ini mengangkat objek penelitian film “MARS” (Mimpi Ananda Raih Semesta) yang menceritakan perjuangan dan karakter orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Selain itu, di era modern ini film tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis isi. Sumber data dalam penelitian adalah film “MARS” (Mimpi Ananda Raih Semesta) sutradara sahrul Gibran. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter yang terdapat pada film “MARS” (Mimpi Ananda Raih Semesta) sutradara Sahrul Gibran yaitu, (1) terdapat pendidikan karakter seperti pengorbanan, integritas, semangat, kerja keras, pantang menyerah, peduli dan jujur dalam lingkungan ditemukan dalam adegan-adegan film, (2) pembelajaran sastra saangat menarik dalam film ini ketika seorang Ibu (Tupon) dengan penuh perjuangan untuk menyekolahkan sekar sampai pada pendidikan yang tinggi.
ASPEK NASIONALISME DALAM FILM “TANAH SURGA…KATANYA” KARYA HERWIN NOVIANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH. Hafli L. Korah; Donal M. Ratu; Intama J. Polii
KOMPETENSI Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Aspek Nasionalisme Dalam “Film Tanah Surga, Katanya” Karya Herwin Novianto dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia Di Sekolah. Latar belakang penelitian ini beranjak dari ketertarikan terhadap karya sastra yang berlatar tentang nasionalisme masyarakat yang mengalami pergeseran di pelosok perbatasan Indonesia dan Malaysia. Rumusan masalah penelitian: bagaimanakah aspek nasionalisme dan implikasi terhadap pembelajaran sastra Indonesia di sekolah dalam film “Tanah Surga, Katanya” karya Herwin Novianto. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan masalah tersebut secara terperinci. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi sastra menurut Wellek dan Warren dan teori nasionalisme menurut Boyd C. Shafer. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah film Tanah Surga, Katanya yang berdurasi 90 menit. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa beberapa potongan kutipan dan adegan yang menunjukkan aspek nasionalisme dari tokoh Hasyim, Astuti, dan Anwar maupun tidak menunjukkan aspek nasionalisme dari tokoh Hasyim agar bisa mengajak para siswa mengapresiasi karya sastra dan mengamalkan aspek-aspek nasionalisme.
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII SMP Novia Rahmawati Muhaimin; Selviane E. Mumu; Ruth C. Paath
KOMPETENSI Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbicara merupakan aktivitas yang sulit karena berbicara tidak sekedar mengeluarkan kata dan bunyi-bunyi, melainkan penyusunan gagasan yang dikembangkan sesuai dengan pendengar atau penyimak. Kesulitan seseorang untuk berbicara di depan umum dipengaruhi oleh beberapa hal yang dapat menghambat kelancaran seseorang saat berbicara di depan umum. Kecemasan berkomunikasi yang dialami siswa berpengaruh terhadap kualitas pesan yang disampaikan. Rumusan masalah ini ialah Bagaimanakah tahapan pembelajaran berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga. Bagaimanakah kemampuan berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga. Tujuan penelitian ini ialah Mendeskripsikan tahapan pembelajaran berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga . Mendeskripsikan kemampuan berbicara di depan umum pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Metode yang bersifat mengamati secara langsung kejadian apa yang sebenarnya terjadi di lapangan yang kemudian ditarik kesimpulan mengenai hal apa yang telah diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, teknik tes dan wawancara. Instrumen penelitian, penelitian ini menggunakan teknik tes, adapun tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes dalam bentuk lisan(berbicara di depan umum)dimana peserta didik ditugaskan untuk berbicara mengenai pengalaman yang mengesankan sesuai dengan aspek pilihan kata, keefektifan kalimat dan kelancaran. Peneliti menggunakan dua teknik analisis data. Yang pertama untuk menganalisis data nilai siswa secara individu dengan rumus nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum(9) x skor ideal(100). Yang kedua Untuk menganalisis nilai rata-rata kelas(nilai siswa secara keseluruhan) dengan rumus % = n/N x 100. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 13 Dumoga yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan model Talking Stick telah terlaksana dengan baik dan nilai rata-rata siswa yaitu 83,24% masuk dalam kategori mampu.
ANALISIS PENGGUNAAN KANDOUSHI AISATSU PADA ANIME HYOUKA Jehezkiel J. P. M . Kandou; Sandra Rakian; Marly C. A. Masoko
KOMPETENSI Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Interjeksi dalam bahasa Jepang disebut kandoushi salah satu kelas kata yang termasuk pada jiritsugo (kata yang dapat berdiri sendiri dan memiliki makna) yang tidak dapat berubah bentuknya, tidak dapat menjadi subjek, tidak dapat menjadi keterangan, dan tidak dapat menjadi konjungsi. Dalam Kandôshi Aisatsu, persalaman (greeting) ialah kalimat minor berupa klausa atau bukan, bentuknya tetap, yang dipakai dalam pertemuan antara pembicara, memulai percakapan, minta diri dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan jenis kata atau kalimat kandoushi aisatsu apa saja yang terdapat dalam anime Hyouka. (2) Untuk mendeskripsikan fungsi kandoushi aisatsu yang terdapat dalam anime Hyouka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis bagian percakapan yang mengandung unsur Kandoushi Aisatsu dengan cara menyimak dan mengutip kalimat sapaan atau salam di dalamnya. Dari hasil pengumpulan data yang diambil dari episode 1, episode 3, dan episode 8 dari keseluruhan 22 episode, maka terdapat 3 jenis kata atau kalimat yang mengandung unsur kandoushi aisatsu, yaitu:「おはようございます」ohayô gozaimasu,「こんにちは」konnichiwa, dan「ありがとうございます」arigatô gozaimasu. 「おはようございます」ohayô gozaimasu, berfungsi sebagai ungkapan persalaman atau sapaan pada pagi hari.「こんにちは」konnichiwa, berfungsi sebagai ungkapan persalaman atau sapaan pada siang hari.「ありがとうございます」arigatô gozaimasu, berfungsi sebagai ungkapan yang diucapkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas suatu pemberian, perhatian, atau bantuan dari orang lain.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TONDANO Nikita M. Diu; Wimsje R. Palar; Nontje J. Pangemanan
KOMPETENSI Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah : (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming: (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode Brainstorming dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase.Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tondano dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming tergolong mampu dengan rincian nilai rata-rata 86%. Terdapat satu siswa berada pada kategori sangat mampu pada rentang nilai 90%-100%, tujuh siswa berada pada kategori mampu pada rentang nilai 80%-89% dan satu siswa berada pada kategori cukup mampu pada rentan nilai 70%-79%.
MUSIK IRINGAN TARI AMPA WAYER DI KELURAHAN KOLONGAN AKEMBAWI KECAMATAN TAHUNA BARAT KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE Okni Viktor Daluwu; Sri Sunarmi; Luccylle M. Takalumang
KOMPETENSI Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan musik iringan tari Ampa Wayer di Kelurahan Kolongan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat Kabupaten Sangihe. Teori yang digunakan adalah teori etnomusikologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui beberapa tahap, diantaranya: wawancara, observasi, studi kepustakaan, dokumentasi, dan pemeriksaan data. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara klasifikasi data dan analisis data, setelah itu melakukan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah musik iringan tari Ampa Wayer di Kolongan Akembawi. Hasil penelitian menunjukan bahwa musik iringan tari Ampa Wayer bukan hanya berperan sebagai pengiring, tetapi musik iringan adalah partner tari yang tidak dapat dipisahkan. Jumlah pemain musik iringan tari ampa wayer biasanya 10-12 orang, dan biasanya yang memainkan musik iringan tari Ampa Wayer adalah anak-anak dan orang dewasa yang sudah diatih sebelumnya.
NYANYIAN BAODE YANG ADA DI DESA LANDONAN-BEBEAU KECAMATAN BUKO SELATAN KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN Alfendi Gloria Kondoiyo; Sri Sunarmi; Glenie Latuni
KOMPETENSI Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang struktur secara umum baik itu bentuk dan bagaimana proses pelaksanaan nyayian Baode dalam kehidupan masyarakat Banggai Kepulauan secara khusus di Desa Landonan-Bebeau Kecamatan Buko Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan. Permasalahan yang menjadi perhatian utama adalah bagaimana fungsi nyanyian Baode di Desa Landonan-Bebeau Kecamatan Buko Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan dan bagaimana keberadaan nyanyian Baode pada masyarakat yang ada di Desa Landonan-Bebeau Kecamatan Buko Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Kesenian tradisional yang ada di desa Landonan-Bebeau diantaranya, Balatindak, Salendeng, Batong, Ridan, dan juga Baode. Kesenian tersebut biasanya ditampilkan pada acara-acara tertentu, seperti acara adat ataupun penyambutan tamu daerah yang datang berkunjung di Desa Landonan-Bebeau. Salah satu kesenian yang paling sering di tampilkan pada acara atau kegiatan-kegiatan tersebut adalah nyanyian Baode. Baode merupakan syair lagu yang sederhana yang mengungkapkan pesan Moral, Nasihat, kebahagiaan, atau kesedihan, yang dituturkan dengan nada serta tempo yang berbeda. Kesenian ini tergolong sangat unik dan tentunya patut dijaga dan dilestarikan secara turun-temurun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nyayian Baode warisan budaya suku Banggai yang memegang peranan penting dalam tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Banggai Kepulauan khususnya di Desa Landonan-Bebeau. Fungsi dari nyayian Baode pada zaman dulu antara lain: sebagai mengundang roh leluhur, pelengkap upacara adat dan keagamaan, penyambutan raja atau tamu agung, sebagai sarana hiburan, sebagai sarana pertunjukan dan kebudayaan daerah. Oleh karena itu, tokoh adat, tokoh masyarakat bahkan semua pihak yang terkait diharapkan untuk dapat mengambil bagian dalam upaya melestarikan budaya nyayian Baode ini agar dapat diwariskan pada generasi berikutnya

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue