cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
MAKNA SOSIAL BUDAYA TUTURAN DALAM ADAT PERKAWINAN MONGONDOW Santia Koagow; Donald Rattu; Theresye Wantania
KOMPETENSI Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) mendeskripsikan bentuk tuturan sebagai pencerminan nilai sosial budaya perkawinan masyarakat Mongondow. (2) mendeskripsikan implikasinya bagi pembelajaran karakter di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah pemangku adat yang berperan dalam prosesi perkawinan masyarakat Mongondow. Untuk mengumpulkan data, teknik yang digunakan ialah observasi, rekam dan dokumen. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yakni teknik kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Nilai sosial budaya yang terkandung dalam tuturan upacara adat perkawinan Bolaang Mongondow dapat diklasifikasi atas (1) Tindak bahasa, yang meliputi, (a) tindak perfomatif implisit mengucapkan (kata mengucapkan tidak disebutkan) dengan mengatasnamakan Tuhan, (b)Tindak performatif implisit mengucapkan (kata mengucapkan tidak disebutkan) salam dan (c) Memerintahkan dengan modus memintakan dengan kata ‘ kalau boleh’. (2) Penggunaan diksi eufimistis adat dalam konteks ini mencakup ‘uang dan benda lainnya’. (3) Bentuk penyambung bahasa digunakan secara metaforis untuk makna penyampai bahasa atau maksud. (4) Penggunaan bentuk kaki tangan yang berkonotasi pengganti orang tua pengantin. 2) Melalui adat perkawinan Bolaang Mongondow, nilai-nilai tradisional dapat dipahami, cara bertutur yang santun, cara memilih kata yang halus, menggunakan gaya bahasa, dan sebagainya yang tercermin melalui adat perkawinan tersebut merupakan salah satu nilai yang dapat diberikan atau diajarkan pada peserta didik dalam rangka pembentuk karakter siswa.
PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI YANG DIPRESENTASIKAN SECARA LISAN DAN TULISAN DENGAN TEKNIK IDENTITAS KORPORAT PADA SISWA KELAS X SMK ANUGERAH TONDANO Yuwenda Tabuni; Intama J Polii; Oldie S Meruntu
KOMPETENSI Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims at 1) Describing the learning process of identifying written observation report text by using corporate identity technique to the 10th Grade Students at SMK Anugerah Tondano, and 2) Describing 10th Grade students’ ability to identify written observation report text using corporate identity technique at SMK Anugerah Tondano. The research method used in this study is descriptive analytic method. 17 10th grade students at SMK Anugerah Tondano are the source of the data. Observation and test are used to collect the data for this study. The study finds that the use of indentity corporate technique improves learning process quality and students’ learning outcome. This technique also helps the teacher to foster students’ motivation and engagement in learning activity. Students’ ability to identify written observation report text is reflected in the following aspects: 1) Identifying general questions on the text (86,75%), 2) Writing down 5 important information on the text (87,63%), 3) Writing down the description of parts on the text (87,23%), and 4) Writing down the description of benefits on the text (82,05%). The average score of the students’ ability in identifying written observation report text is 85,94%, which means they are categorized as competent.
KAJIAN UNSUR INTRINSIK NOVEL I AM SARAHZA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH Serina Mokoginta; Wimsje Palar; Thelma I M Wengkang
KOMPETENSI Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji unsur intrinsik pada Novel I Am Sarahza yaitu tema, tokoh, alur, latar, gaya bahasa, sudut pandang dan amanat serta implikasinya dalam pembelajaran sastra di sekolah. Objek kajian yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah novel, dengan judul dan pengarang seperti yang tercantum di judul. Setiap novel tentunya memiliki unsur-unsur pembentuk salah satunya yaitu unsur intrinsik. Unsur dasar dari sebuah karya sastra yaitu unsur intrinsik, dan berasal dari karya itu sendiri. Tema, plot, tokoh, penokohan, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat adalah bagian dari unsur intrinsik. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan teori struktural untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik. Bagian akhir skripsi atau kesimpulan merupakan hasil analisis dari unsur-unsur intrinsik yang diperoleh pada Novel I Am Sarahza. Tema yang diperoleh pada novel ini yaitu religius. Tokoh yang diproleh pada novel ini adalah Hanum, Rangga, Sarahza (roh), Amin Rais, Ibu Amin Rais, Ummy. Alur yang dipakai menggunakan alur campuran maju-mundur. Latar yang digunakan yaitu latar tempat dan social yang bertema luar negeri dan perkotaan sedangkan sudut pandang yang diperoleh adalah menggunakan tiga sudut pandang dari tiga tokoh yang berbeda.
EKSISTENSI DAN NILAI ESTETIS PATUNG PARUNTU DAN LUMEMPOW DIDESA PAKUWERU KABUPATEN MINAHASA SELATAN Owen Patrick Pangaila; Arie Tulus; Ruly Rantung
KOMPETENSI Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengidentifikasi keberadaan patung Paruntu dan Lumempow di Desa Pakuweru; 2) Mengidentifikasi bentuk dan karakteristik pada patung Paruntu dan Lumempow di Desa Pakuweru berdasarkan tinjauan estetis; 3) Memperoleh pengetahuan tentang ekspresi estetis patung Paruntu dan Lumempow di Desa Pakuweru. Oleh karena masalah yang diajukan merupakan pengungkapan proses, implikasi serta penafsiran, maka paradigma pendekatan dan strategi penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun, lokasi penelitian ini berada di desa Pakuweru, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data terdiri atas tahap Reduksi Data; Sajian Data dan tahap Penarikan simpulan serta verifikasi. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, yaitu 1) Keberadaan Patung Paruntu dan Lumempow; 2) Bentuk pada patung Paruntu dan Lumempow di tinjau dari pandangan estetis 3) Karakteristik patung Paruntu dan Lumempow
WAJAH PETANI KECAMATAN MODOINDING DALAM KANVAS Vebrylano Tamboto; Arie Tulus; Ferdinand Pangkey
KOMPETENSI Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tema Proyek Studi ini adalah tentang Petani, yang secara khusus menggambarkan proses awal hingga akhir petani bekerja. Wajah Petani Kecamatan Modoinding dalam kanvas lukisan sebagai ide dalam penciptaan karya seni lukis realis menjadi tema yang menarik perhatian penulis untuk memvisualisasikan perjuangan para petani di atas kanvas. Tahapan-tahapan yang ditempuh untuk membuat karya lukis yakni mencari para petani yang sedang bekerja kemudian mengambil dokumentasi dari apa yang sedang mereka kerjakan sesuai dengan ide dan konsep yang telah dibuat. Karya seni lukis ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang petani melalui karya seni lukis sehingga apresian dapat mengerti maksud yang ingin disampaikan oleh penulis. Melalui karya seni lukis, dapat disimpulkan bahwa petani adalah pekerjaan yang sangat penting bagi kehidupan banyak orang. Para petani perlu mendapat apresiasi yang besar dari apa yang mereka kerjakan.
PEMBELAJARAN SENI MUSIK BAGI SISWA DI SMP ADVENT RATAHAN Artika Gara; Meyny Kaunang; Luccylle Takalumang
KOMPETENSI Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana siswa di SMP Advent Ratahan mempelajari musik sebagai bentuk seni. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Langkah pertama dalam proses analisis data adalah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik pada siswa SMP Advent Ratahan tidak berjalan dengan baik karena pengajar seni musik di SMP kurang efektif. Advent dari Ratahan tidak memiliki latar belakang pendidikan seni musik, tetapi instruktur dengan latar belakang pendidikan bahasa Inggris menjadi guru seni musik di sekolah. Advent SMP dari Ratahan juga direktur paduan suara di sekolah dan gereja. Journamel Poneke adalah salah satu instruktur Sekolah Menengah Advent Ratahan yang melayani sebagai guru bahasa Inggris. Karena tidak ada guru di Ratahan Adventist Middle School yang mengajar musik sebagai seni, kepala sekolah mengizinkan Journamell Poneke menjadi guru di bidang musik. Karena kemampuan Journamell, kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke, sehingga tidak bisa lagi ditolak, Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena kemampuan Journamell, kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke, sehingga tidak bisa lagi ditolak, Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena kemampuan Journamell, kepala sekolah mempercayakannya untuk menjadi guru seni musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan. Karena belajar Seni Musik bukan bidang akademik bagi Journamell Poneke, sehingga tidak bisa lagi ditolak, Journamell Poneke menghadapi beberapa masalah dan tantangan saat mengajar Seni Musik di Sekolah Menengah Advent Ratahan.
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MASA PANDEMI DI SMA KATOLIK KARITAS Vijay Liwe; Meyny Kaunang; Glenie Latuni
KOMPETENSI Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana SMA Katolik Caritas Tomohon meningkatkan pembelajaran seni budaya selama masa pandemi. Teknik yang digunakan bersifat kualitatif dan deskriptif. Observasi dan wawancara digunakan untuk pengumpulan data. Temuan penelitian ini menyiratkan bahwa proses pembelajaran harus terus berlanjut sepanjang epidemi. Dalam konteks Covid-19, penerapan pembelajaran daring dengan kurikulum mandiri menjadi jalan tengah untuk mengamankan hak-hak masyarakat Indonesia. Selama wabah di SMA Katolik Caritas Tomohon, kualitas pembelajaran memburuk ketika kurikulum dipelajari sendiri dan bukan di kelas. Hal ini disebabkan mahasiswa dan instruktur seni budaya belum terbiasa dengan pembelajaran daring sehingga memerlukan pelatihan tambahan dan adaptasi. Dimana kurikulum mandiri dirancang dengan memperhatikan kondisi peserta didik dan lembaga pendidikan di daerahnya masing-masing karena keterbatasan waktu dan fasilitas yang tersedia, guru seni budaya harus melakukan upaya penyederhanaan KI/KD, memodifikasi RPP, dan mendorong fleksibilitas belajar. . Pembelajaran online, seperti buku teks PDF, modul, pembelajaran video dan audio, harus disiapkan dan dikirimkan kepada siswa sebelum sesi video conference agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efisien. Pendidik seni budaya juga menggunakan metodologi Blended learning. dan mendorong fleksibilitas belajar. Pembelajaran online, seperti buku teks PDF, modul, pembelajaran video dan audio, harus disiapkan dan dikirimkan kepada siswa sebelum sesi video conference agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efisien. Pendidik seni budaya juga menggunakan metodologi Blended learning. dan mendorong fleksibilitas belajar. Pembelajaran online, seperti buku teks PDF, modul, pembelajaran video dan audio, harus disiapkan dan dikirimkan kepada siswa sebelum sesi video conference agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efisien. Pendidik seni budaya juga menggunakan metodologi Blended learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue