cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
FUNGSI MUSIK BATONG DALAM TARI BALATINDAK DESA BANGUNEMO Tommy Jordi Noosi; Perry Rumengan; Sri Sunarmi
KOMPETENSI Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v3i8.6381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan fungsi musik Batong dalam Tari Balatindak di Desa Bangunemo. Penelitian ini disusun dengan menggunakan kerangka penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakaukan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah tokoh-tokoh seni di desa Bangunemo. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa musik Batong memiliki fungsi yang sangat penting dalam tari Balatindak, yaitu sebagai pengiring, pemberi irama, pemberi gambaran suasana, mempertegas ekspresi gerak, pengatur tempo, rangsangan bagi penari. Musik Batong juga memiliki fungsi penghubung dengan dengan arwah-arwah leluhur. Lebih lanjut, musik Batong juga memiliki fungsi tersendiri pada setiap gerakan tari Balatindak, yang di dalamnya ada gerakan Basomba, Kuntau dan Batabas. Selain itu musik Batong juga memiliki fungsi sebagai sarana yang mempererat persaudaraan di antar masyarakat melalui kesenian.
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA DALAM TEKS BERITA Inriane Kaes Moningka; Donal Matheos Ratu; Ruth C. Paath
KOMPETENSI Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v3i8.6384

Abstract

Teks berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang terjadi, disajikan dalam bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ke tiga atau orang banyak. Kesalahan penulisan merupakan bentuk kesalahan penulisan yang umum terjadi dan tidak bisa dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan kata dalam teks berita siswa kelas VIII. Kesalahan yang dimaksud adalah kesalahan pemakaian huruf, penggunaan tanda baca, penulisan kata.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano dan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi (mengamati), teknik baca dan tulis dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data, identifikasi kesalahan, kesalahan dijelaskan, klarifikasi kesalahan, mengevaluasi kesalahan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti Siswa SMP Negeri 2 Tondano dikategorikan “Cukup” dalam memahami penulisan kata Bahasa Indonesia yang meliputi : Pemakaian huruf, penggunaan tanda baca, dan penggunaan kata.
SAPAAN BAHASA BATAK SIMALUNGUN PADA MAHASISWA BATAK SIMALUNGUN Brema Sanjay Barus; Victory N. J. Rotty; Susan Monoarfa
KOMPETENSI Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v3i8.6393

Abstract

Dalam praktik penggunaannya, bahasa Batak Simalungun memiliki bentuk sapaan yang digunakan untuk menyapa gelar atau nama seseorang. Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan bentuk sapaan dalam bahasa Batak Simalungun sebagai alat komunikasi mahasiswa UNIMA (Unvierstas Negeri Manado) yang berasal dari Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Sumber data penelitian adalah mahasiswa Batak di UNIMA yang tergabung dalam HIMAPSI (Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan sapaan. Sebagai contoh, faktor umur untuk kakak laki-laki disapa “abang” untuk kakak perempuan disapa “botou” untuk adik disapa “anggi”. Ditemukan bahwa sapaan bahasa Batak Simalungun tidak hanya digunakan di kalangan masyarakat Batak secara umum dimanapun berada, tanpa melihat segi kekeluargaan atau hubungan darah bisa saling terhubung atau jadi berkeluarga dengan menggunakan sapaan saat bertemu dengan seseorang yang bukan saudara atau keluarga.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK Sheren Riany Pakekong; Oldie Stevie Meruntu; Selfvi Suroni Dorkas Torar
KOMPETENSI Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v3i8.6394

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menggambarkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII dengan menggunakan model investigasi kelompok; dan (2) menggambarkan penggunaan model investigasi kelompok dalam proses pembelajaran teks berita pada siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano dengan siswa kelas VIII A sebagai objek penelitiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini memberi informasi dan menambah pengetahuan kepada khalayak ramai mengenai peristiwa yang baru saja berlangsung atau yang dapat menarik perhatian orang banyak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Penilaian terhadap karya siswa didasarkan pada kriteria kelengkapan unsur berita: keruntutan pemaparan, penggunaan kalimat, penggunaan kosakata, pemilihan judul, dan ketetapan penggunaan ejaan dalam teks. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tondano  tergolong mampu, dengan rincian nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 83,25%. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan metode investigasi kelompok dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII dapat meningkatkan kualitas pembelajaran teks berita. Meski demikian, pengujian pada sampel yang beragam disarankan agar dapat memperdalam pembahasan di kemudian hari.
ANALISIS PENGGUNAAN GAIRAIGO PADA LAGU-LAGU DALAM ALBUM TSUGI NO ASHIATO (TYPE-B) OLEH AKB48 Vicki Rexi Bolung; Orestis Soidi; Fince Sambeka
KOMPETENSI Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v3i8.6432

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan kata asing atau serapan (gairaigo) pada lirik lagu-lagu dalam album Tsugi no Ashiato AKB48. Secara khusus, kata asing yang dimaksud adalah kata-kata dalam Bahasa Inggris yang ditemukan pada lirik lagu-lagu dalam album Tsugi no Ashiato AKB48. Penelitian ini juga mencoba untuk mendeskripsikan perubahan makna gairaigo dalam kalimat pada lirik lagu-lagu tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lirik lagu-lagu dalam album Tsugi no Ashiato AKB48 adalah sumber data utama dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik menyimak, mencatat dan observasi, Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam album Tsugi no Ashiato AKB48 terdapat sebanyak 31 kata serapan (gairaigo) yang asalnya dari bahasa Inggris. Dari 31 data yang ditemukan, 27 data tidak mengalami perubahan makna. Beberapa data yang memiliki konotasi yang berbeda dan 4 Gairaigo mengalami perubahan makna. Berdasarkan data yang ditemukan hanya 4 Gairaigo saja yang mengalami perubahan makna.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING Natalia Anjela Rarung; Donal Matheos Ratu; Nontje Jultje Pangemanan
KOMPETENSI Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v3i8.6459

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kapasitas menghasilkan teks naratif dengan memanfaatkan model pembelajaran quantum pada siswa kelas IX SMP. Penelitian deskriptif analitik ini dilaksanakan di SMP Kristen Getsemani Sario Kotabaru Manado. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari 16 murid kelas IX di SMP Kristen Getsemani, Sario Kotabaru, Manado. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Menurut temuan penelitian, kompetensi siswa kelas dalam menyusun teks naratif dengan memanfaatkan model pembelajaran quantum termasuk dalam kelompok kompeten, dengan skor rata-rata 86,59 %. Skor ini didapat dari 4 kriteria penilaian: 1) Aspek Oientasi mendapat skor 93,75 %; 2) Aspek komplikasi mendapat 96,87 %.; 3) Aspek Resolusi mendapat skor 72,91 %; dan 4) Aspek koda mendapat skor 79,68 %. Berdasarkan hasil karya siswa, diketahui bahwa 7 siswa mendapatkan nilai di antara 90 %-100 %, 7 siswa mendapat nilai di atnara 80%-89 %, dan 1 siswa pada rentang nilai 70-79 %. Selain itu, didapati juga bahwa 1 siswa berada pada rentang nilai 0% - 69%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks naratif siswa kelas XI di SMP Kristen Getsemani Sario Kotabaru Manado berada pada kategori kompeten.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR GOI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG Nooke J. Hosang; Sandra Rakian
KOMPETENSI Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v3i8.7499

Abstract

Penelitian ini disusun dengant tujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang dalam menghafal goi (kosakata) bahasa Jepang. Selain itu penelitian ini disusun untuk melihat efektivitas teknik menghafal dalam penguasaan kosa kata bahasa Jepang mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Negeri Manado (UNIMA). Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode eksperimen kelompok tunggal. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara kepada sumber data dalam penelitian ini, mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Bahasa Jepang tahun pelajaran 2022-2023 yang berjumlah 18 orang. Analisi data dilakukan melalui analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa teknik menghafal dengan menggunakan rekaman dapat meningkatkan penguasaan kosakata (goi) mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang. Hal ini terlihat dari nilai post-test (86,72) yang lebih tinggi dari pre-test (51,5). Hal ini mengimplikasikan bahwa penguasaan kosakata bahasa jepang mahasiswa dapat dibantu dengan menggunakan teknik menghafal dengan cara merekam kosa kata untuk didengarkan kembali.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue