cover
Contact Name
Agus Darmawan
Contact Email
agusdkv@nusaputra.ac.id
Phone
+62266-210594
Journal Mail Official
dasarupa@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Gedung B lantai 4 jln raya Cibatu Cisaat No 21, Kec Cisaat, Sukabumi Jawa Barat 43155
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Dasarrupa : Desain dan Seni Rupa
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 27148718     EISSN : 27146618     DOI : -
This Journal of Visual Communication Design and Fine Arts is published by the Visual Communication Design Study Program, University of Nusa Putra, as a journal published every four months that focuses on presenting writings on Design and Fine Arts. This journal contains research articles or concept development related to the field of Design and Fine Arts, such as: publishing original papers, review papers, conceptual frameworks, analytical and simulation models, case studies, and empirical research. DASARUPA journal aims to develop and communicate widely the development of visual and multimedia communication design both theoretically and empirically. DASARUPA seeks to represent and play an active role in the development of scientific,interdisciplinary discourse, research, and scientific publications of Visual Communication Design, Product Design and Visual Arts in general, both in academic and practical circles. Visual Photography, Videography (Film and Television), Animation, Motion Graphic, Creative Media, Advertising
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2021): Jurnal DasaRupa Vol 3 No 3 Desember 2021" : 5 Documents clear
Totemisme dalam Iklan Netflix-nya asix: Analisis semiotika iklan perspektif judith williamson Kukuh giaji
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 3 No 3 (2021): Jurnal DasaRupa Vol 3 No 3 Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v3i3.82

Abstract

ABSTRAK Esai ini berusaha menjelaskan totemisme dalam iklan Netflix-nya Asix dengan meminjam kerangka teoretis semiotika Iklan Judith Williamson (1978). Esai ini akan menunjukkan bagaimana Netflix sebagai petanda diberikan makna oleh penanda-penanda di dalam iklan itu dan selanjutnya dianalisis nilai tukar seperti apa yang tercipta antara konsumen dan iklan, yang dalam konteks ini berwujud totemisme. Iklan Netflix-nya Asix membangun mitos tentang Netflix sebagai produk yang menyehatkan, membugarkan dan juga turut mengkonstruksikan pandangan atas platform yang eksklusif untuk para penggunanya. Aktor atau figur di dalam iklan ini berfungsi sebagai penanda untuk produk dan juga subjek, pelanggan Netflix. Subjek dalam hal ini mengimajinasikan dirinya sebagai individu yang “anti arus utama”, “independen”, dan “alternatif” sebagaimana citra yang dimiliki oleh para figur dalam iklan ini, yaitu Kunto Aji, Ramengvr, dan Barakatak. Kata Kunci: Semiotika, Judith Williamson, Iklan, Netflix, Asix,
Analisis semiotika pada iklan cetak tiket.com “book anytime, go anywhere” rinta arina
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 3 No 3 (2021): Jurnal DasaRupa Vol 3 No 3 Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v3i3.84

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini berusaha mencoba mengetahui ideologi di balik iklan cetak tiket.com “Book Anytime, Go Anywhere”. Beberapa konsep teoretis semiotika iklan Judith Williamson (1979) menjadi pisau bedah untuk mengetahui ideologi yang bekerja pasa iklan cetak tiket.com “Book Anytime, Go Anywhere”. Tulisan ini menunjukkan bahwa visualisasi iklan ini menunjukkan adanya ideologi patriarki dan sexist yang masih terus beredar di masyarakat, di satu sisi memperlihatkan bahwa perempuan masih tetap diidentikkan pada pekerjaan domestik seperti membersihkan rumah dan mengurus rumah tangga. Namun, di sisi lain menawarkan suatu ‘angin segar’ dalam kehidupan perempuan dengan pekerjaan yang menumpuk dan tak terselesaikan, bahwa mereka memiliki hak untuk melakukan ‘escape’ dan melupakan pekerjaan tersebut selama beberapa saat dengan melakukan booking tiket perjalanan ke mana saja dan kapan saja. Kata Kunci: Semiotika; Judith Williamson; Iklan; Cetak; tiket.com;
Pelabelan Kemasan Produk Rempeyek Di Cisaat Sukabumi Sebagai Sarana Promosi Dan Peningkatan Nilai Jual Tulus Rega Wahyuni E; Muhammad Fauzi Fauzi
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 3 No 3 (2021): Jurnal DasaRupa Vol 3 No 3 Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v3i3.85

Abstract

ABSTRAK Usaha rempeyek merupakan salah satu UMKM pangan yang banyak dilakukan oleh pelaku usaha karena permintaan yang laris karena banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan, dengan begitu usaha rempeyek merupakan ide bisnis yang berpotensi menguntungkan dengan didukung oleh produksi yang sederhana dan modal yang kecil. Salah satu usaha rempeyek di kawasan Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi adalah “Rempeyek Ibu Guru” yang mempunyai kelebihan menonjol dari usaha lain yang sejenis. Persaingan yang semakin ketat mendorong setiap rempeyek untuk memiliki ciri khas tertentu atau sebuah keunggulan agar berhasil menarik minat konsumen. Usaha “Rempeyek Ibu Guru” memiliki keunggulan karena memiliki jenis rempeyek yang berbeda dari yang lain seperti rempeyek kacang hijau, dan bayam. Namun, dibalik keunggulannya tersebut, usaha ini belum memiliki label dalam pengemasan produknya, sehingga sulit diingat oleh konsumen. Adapun kegiatan ini dilakukan untuk membantu pengelola usaha dalam rangka pelabelan kemasan untuk meningkatkan citra dan nilai jual. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif sehingga dapat menghasilkan data yang kredibel untuk membantu menentukan konsep desain yang mampu mempengaruhi keminatan konsumen dan membuat produk lebih mudah diingat Katakunci: Desain, Label, UMKM, Rempeyek
Pengembangan Skema (Alternatif) Perancangan Promosi Bagi Desain Komunikasi Visual M Ficky aulia M Ficky aulia; agus darmawan agus darmawan
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 3 No 3 (2021): Jurnal DasaRupa Vol 3 No 3 Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarrupa.v3i3.173

Abstract

Seperti yang kita tahu bahwa program studi DKV terus bermunculan di banyak institusi pendidikan di Indonesia. Di mana peran para peserta didik diharap mampu untuk melakoni suatu persaingan yang nyata dalam dunia industri dan masyarakat. Persaingan semacam ini sering kita temui pada dunia kerja, di mana persaingan bukan hanya terjadi antara sarjana DKV saja, melainkan para praktisi dari luar keilmuan pun memeroleh status yang sama sebagai ‘desainer’. Setidaknya ini bisa menjadi otokritik bagi keilmuan DKV untuk mencari sebuah posisi dalam proses penanganan proyeksi, di mana dasar-dasar solusi yang terurai menjadi pondasi dalam strategi pembentukan media.‘Probem Solver’ tampaknya menjadi istilah yang dituntut untuk menata sebuah kerangka berpikir melalui serangkaian materi secara metodologis. Seperti pada kasus periklanan di mana wacana ini terlayang pada salah satu studi pokok dalam Desain Komunikasi Visual, yang membutuhkan tinjauan secara kompleks terkait keprodukan/jasa. Ini dimaksud agar bagaimana citra yang terbangun dapat mengena pada konteks kebutuhan. Untuk itu, skema perancangan ini merupakan sebuah alternatif dari apa yang bisa dijadikan panduan untuk proses perancangan dalam berbagai skala. Menjadi alternatif, berarti pilihan lain yang ideal terletak pada bagaimana metode itu berjalan dalam area tertentu – seperti industri. Yang mana menjadi pembeda adalah ketika desainer diposisikan sebagai penerjemah hasil proses briefing dari keinginan perusahaan (klien). Maka, cara pembacaan dalam skema yang ditawarkan ini merupakan tahapan awal dari itu semua, sebagai bentuk latihan dan sebagai pemandu para peserta didik dalam mengkaji sebuah permasalahan produk yang dipilih.
PERANCANGAN MOTION GRAPHIC IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA MENGHEMAT LISTRIK Nabila Fauzia Antadipura; agus darmawan agus darmawan
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 3 No 3 (2021): Jurnal DasaRupa Vol 3 No 3 Desember 2021
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarrupa.v3i3.174

Abstract

Perancangan video iklan layanan masyarakat ini sebagai edukasi kepada masyarakat pengguna listrik di Indonesia khususnya Sukabumi untuk dapat menghemat listrik, karena jika tidak berhemat akan menimbulkan hal negatif seperti pembengkakan biaya pembayaran listrik dan pemanasan global, karena listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar yang mencemari lingkungan, Seperti diketahui bahwa, efek dari pemanasan global ini mengakibatkan sinar ultraviolet (UV) yang mudah menembus bumi akibat lapisan ozon yang semakin menipis dan berlubang banyak sehingga kulit manusia mudah mengalami iritasi dan kanker kulit, Dengan begitu solusi yang akan diberikan adalah suatu informasi yang berisikan tentang cara cara menghemat listrik, Konsep pada perancangan ini berasal dari key communication message yaitu “essense”, deskripsi kata “essense” adalah intisari dari suatu hal yang sangat penting, dengan konsep essense maka hemat listrik adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh siapapun tanpa membatasi umur. Konsep essense diimplementasikan kedalam Motion Graphic iklan layanan masyarakat berbasis infografis yang akan berisikan tentang tata cara penting untuk menghemat listrk. Beserta implementasi media yang mendukung media utama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5