cover
Contact Name
Debi Setiawan
Contact Email
jurnaljdistira@gmail.com
Phone
+6281297409136
Journal Mail Official
jurnaljdistira@gmail.com
Editorial Address
Jl. Datuk Tunggul, Kel Teluk Kenidai, Kec Tambang, Kab Kampar, Prov Riau, Indonesia.
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
ISSN : 28091485     EISSN : 28091485     DOI : -
Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat - JDISTIRA adalah sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil pengabdian yang berkualitas. Diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil pengabdiannya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 75 Documents
Pelayanan Sosial Berbasis Masjid Di Masa New Normal: “Karitas, Edukasi, Dan Pembinaan Da’i Cilik di Masjid Raya Al-Khairat Lembah Damai, Rumbai-Pekanbaru Muhammad Irham; Muhari Saputra; Juita Martina Gress Nadapda
JDISTIRA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.74 KB)

Abstract

Di masa pandemi, kegiatan sosial-keagamaan tidak berjalan aktif seperti biasanya, dan pelayanan sosial berbasis masjid pun belum dijalankan secara optimal. Maka perlu adanya pelaksaan program pengabdian melalui kegiatan Kukerta ini dengan focus program pada Pelayanan Sosial Berbasis Masjid di Masa New Normal. Di samping itu, masjid ini memiliki Wadah pembinaan dan pendampingan bagi anak-anak yaitu Rumah Mengaji dengan fokus kegiatan pada bimbingan belajar al-Qur’an. Belum ada pembinaan di bidang Da’i, padahal anak-anak di Rumah Mengaji Masjid al-Khairat ini juga memiliki potensi di bidang dakwah. Maka perlu adanya pembinaan da’i cilik dalam rangka mewujdukan da’i/da’iah kompeten sejak dini.
Model Pembelajaran Fun dimasa Pandemi Covid 19 Pada Siswa SMK Taruna Debi Setiawan
JDISTIRA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.828 KB)

Abstract

Masa sekarang smartphone atau gadget bukanlah barang dalam kategori tersier. Dibuktikan dengan hampir semua orang mulai dari usia SD, SMP, SMA dan mahasiswa memilikinya. Mulai dari anak kecil hingga orang tua mahir dalam penggunaanya. Berdasakan hal tersebut sangatlah mungkin smartphone atau gadget dapat diefektifkan pemanfaatannya sebagai media atau sarana pembelajaran jarak jauh di tengah masa pandemic Covid -19. Pemanfaatan smartphone atau gadget memerlukan aplikasi tambahan. Aplikasi ini tidak terdaftar sebagai aplikasi bawaan yang bias diunduh di laman play store bagi pengguna android atau app store bagi pengguna IOS (iphone). Sekedar alternatif, aplikasi yang dapat dipergunakan antara lain Whatsapp, google form, quizizz, edmodo, dan microsoft office. Di tengah pandemi Covid 19, proses pembelajaran dan penilaian tetap bisa dilaksankan dengan efekftif dan efisien. Penilaian pun tetap bisa dilaksanakan dari jarak jauh. Mengingat ada banyak aplikasi yang bisa dipilih oleh masing-masing guru. Salah satunya yang bagus untuk dimanfaatkan adalah aplikasi Quizizz. Quizizz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri baik bagi siswa maupun bagi guru itu sendiri. Quizizz dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran setiap hari dari rumah. Bisa juga dimanfaatkan untuk media pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) dari rumah. Serta dapat pula dimanfaatkan untuk melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) dari Rumah.
Penerapan Exambro Sebagai Pendukung CBT (Computer Base Test) Debi Setiawan
JDISTIRA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.679 KB)

Abstract

Perkembangan kecanggihan dari teknologi sangat pesat dirasakan. Hal ini dibuktikan bahwa segala macam yang dibutuhkan berada dalam satu gemgaman.Berdasakan hal tersebut sangatlah mungkin smartphone atau gadget dapat diefektifkan pemanfaatannya sebagai sarana dalam penerapan ujian online berbasis CBT (Computer Based Test), dimana tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan komputer saja tapi bisa juga diakses melalui aplikasi exambro for mobile. Hal ini tentu memudahkan guru atau siswa dalam melakukan ujian, terutama di masa pandemic covid 19. Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda. Maka dari itu dengan diadakannya penerapan exambro sebagai pendukung CBT di masa pandemic diharapkan mampu memberikan kontribusi terutama dalam melakukan proses penilaian secara online.
Implementasi Aplikasi PosyanduQ Berbasis Mobile Pada Kader dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Ramalia Noratama Putri; Debi Setiawan; Deinike Marwan
JDISTIRA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.458 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini di lakukan pada posyandu Sri Mersing di kelurahan Sialang Munggu Saat ini posyandu Sri Mersing memiliki 5 kader kesehatan. Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Berdasarkan observasi di lapangan di temukan bahwa posyandu Sri Mersing belum memiliki iptek dalam memantau perkembangan kesehatan masyarakat terutama perkembangan kesehatan balita dan batita. Solusi dari permasalahan tersebut adalah implementasi aplikasi berbasis mobile pada kader kesehatan dan masyarakat di RW 18 Kelurahan Sialang Munggu. Aplikasi berbasis mobile dipilih karena menjadi pilihan yang efektif dan inovatif mengingat hampir semua masyarakat lebih tertarik dengan sesuatu yang disebarkan dengan media digital.
Implementasi E-Commerce Untuk Memperluas Pangsa Pasar Hasil Kerajinan UMKM Komunitas Hobi Kayu Padang Febri Hadi; Yuhandri Yuhandri; Liga Mayola
JDISTIRA Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.177 KB)

Abstract

Setiap UMKM sebenarnya sudah mempunyai ciri khas dari masing-masing produknya, terlebih lagi cara pengolahan kerajinan kayu. Tetapi yang perlu dilakukan disini adalah bagaimana produk milik UMKM tersebut dapat dipasarkan secara nasional maupun internasional dengan memanfaatkan E-Commerce. Selain itu dengan sosialisasi strategi pemasaran produk ini, tentunya juga bisa membantu meningkatkan penjualan UMKM tersebut. Terlebih Kota Padang merupakan Ibukota Sumatera Barat yang mana banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.
Penerapan Sistem Informasi Pengeluaran Kas Terhadap Biaya Produksi Dan Biaya Bahan Baku Pada Resto Martabak Mesir H.Wan Mondra Neldi; Gushelmi Gushelmi; Selvi Zola Fenia
JDISTIRA Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.108 KB)

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk sosialisasi bagaimana pentingnya penerapan sistem informasi akuntansi dan manfaat penggunaan sistem informasi akuntansi didalam Usaha Resto Martabak Mesir H.Wan. Resto Martabak Mesir H.Wan sebelumnya masih menggunakan pencatatan manual  akuntansi kas keluar sehingga proses akuntansinya membutuhkan waktu yang lama dan juga sering terjadi kesalahan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah sistem akuntansi Kas keluar menggunakan MYOB dengan mempertimbangkan biaya produksi dan biaya bahan baku agar dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak serta dapat menerapkan sistem pencatatan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Dalam Pengabdian Masyarakat kali ini, ada 4 tahapan untuk metode yang telah dilalui yang terdiri dari persiapan, implementasi kegiatan, evaluasi dan laporan. Hasil dari PKM ini menunjukkan lebih kurang 75 % meningkatnya pemahaman karyawan tentang penerapan Sistem Informasi Akuntansi di Resto Martabak H.Wan ,mengetahui manfaat, tujuan, dan keuntungan dalam menambah pengetahuan tentang penerapan Sistem Informasi Akuntansi dalam pencatatan pengeluaran kas.
Pelatihan Pembuatan Design Web E-Commerce Siswa SMA N 1 Tambang Kab. Kampar Ahmad Zamsuri; Elvira Asril; Muhamad Sadar
JDISTIRA Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1353.97 KB)

Abstract

E–Commerce merupakan jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet. Dengan menggunakan e-commerce konsumen bebas bertransaksi dan menentukan produk yang akan dibeli dari sejumlah vendor. Sebuah website e-commerce dapat didesain dengan 2 (dua) metode yaitu Hosted e-commerce platforms, atau Content Management System (CMS). Dan salah satu contoh penggunaan CMS pada e-commerce yaitu CMS WordPress. CMS WordPress adalah salah satu platform yang bisa digunakan untuk membangun sebuah online shop yang profesional, yang diperlukan untuk disiapkan adalah nama domain untuk website, hosting, dan juga template untuk online shop tersebut. Wordpress merupakan platform untuk blog yang sangat populer dan mudah digunakan. Para siswa sangat membutuhkan pengetahuan dalam membuat design website e-Commerce dengan tujuan memberikan bekal dalam pembuatan design website e-Commerce. Oleh sebab itu, program Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan solusi berupa Pelatihan Pembuatan Design Website E-Commerce Untuk Siswa SMA Negeri 1 Tambang Kab. Kampar. Capaian dari kegiatan ini adalah web e-commerce siswa SMA N 1 Tambang, Kabupaten Kampar.
Rintisan Pariwisata Pedesaan di Kelurahan Buraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang Nursalam Nursalam; Hendrik Toda; William Djani; Melkisedek N.B.C. Neolaka
JDISTIRA Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1233.135 KB)

Abstract

Sektor Pariwisata adalah salah satu sektor  ekonomi yang penting dan paling cepat berkembang dewasa ini. Sektor ini menjadi  sumber pendapatan, pekerjaan, dan kekayaan yang semakin signifikan di berbagai negara. Kegiatan kepariwisataan menjadi roda penggerak ekonomi masyarakat mengingat multiplier efek dan trickle down efek yang dihasilkan dari kegiatan kepariwisataan.  Lokus kegiatan pariwisata (wisata minat khusus) memang banyak jenisnya, diantaranya; wisata budaya dan sejarah; wisata olahraga dan rekreasi; wisata kuliner dan belanja; wisata alam dan ekowisata; dan lain sebagainya, namun wisata pedesaan juga tidak kalah penting dan menarik dari wisata-wisata yang yang lain.  Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat Program Studi Administrasi Negara Fisip Undana dilakukan kepada perwakilan masyarakat di kelurahan Buraen Kecamatan Amarasi Selatan kabupaten Kupang, bertujuan mensosialisasikan konsep pariwisata pedesaan dan permasalahannya.  Berdasarkan analisis situasi, maka terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan rintisan wisata pedesaan di kelurahan Buraen, yaitu; (a) kurangnya partisipasi masyarakat dalam upaya rintisan pariwisata pedesaan; (b) sarana dan prasarana pendukung pariwisata yang minim; (c) investasi pariwisata pedesaan yang masih rendah. Hasil pengabdian yang dilakukan tim dari Prodi administrasi Negara Fisip Undana, berhasil memberikan penjelasan secara mendetail tentang bermasalahan tersebut dan keterlibatan peserta menunjukkan hasil yang memuaskan yaitu; sebanyak 75 persen peserta aktif dalam mengikuti kegiatan pengabdian dan dapat memahami  konsep dan permasalahan pariwisata pedesaaan.
Pembuatan Sistem Informasi E-Office KUD Sawit Jaya Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter 3 Andri Nofiar.Am; Fenty Kurnia Oktorina; Fitri Fitri; Muhammad Ridwan
JDISTIRA Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.277 KB)

Abstract

Proses kegiatan dalam pengelolaan dokumen surat serta aktifitas perkantoran lain yang ada di KUD Sawit Jaya masih dilakukan secara manual. Dimana sekretaris akan mencatat setiap dokumen masuk maupun keluar kedalam buku agenda, kemudian sekretaris akan menggandakan dokumen tersebut untuk diserahkan kepada kepala dan dijadikan arsip. Mengingat sekretaris akan mendatangi ruangan kepala untuk menyerahkan dukumen dan meminta tanggapan yang kemungkinan kepala tidak berada ditempat sehingga surat masuk atau dokumen lainnya tidak mendapatkan respon dengan cepat. Solusi yang dilakukan untuk permasalahan ini yaitu dengan membuat sebuah sistem informasi e-office yang berbasis website yang dapat membantu proses penyimpanan dokumen dalam bentuk database dan setiap surat yang masuk akan lebih cepat mendapatkan tanggapan dari kepala sehingga tidak ada surat yang tidak mendapatkan respon. Dalam proses implementasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP, phpMyAdmin untuk mengelola database di MySQL dan Framework Codeigniter 3
A Capacity Building (Komunikasi Efektif dan Pengembangan Diri) Bagi Mahasiswa STEI Iqra Annisa Nurul Mustaqimmah
JDISTIRA Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : JDISTIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.645 KB)

Abstract

Capacity building merupakan suatu rangkaian kegiatan dan proses untuk membangun atau memperbaiki kemampuan seseorang untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Kegaitan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan skill yang dimiliki individu khususnya calon alumni yang akan menghadapi dunia kerja. Beberapa skill yang coba diberikan pada kegiatan ini antara lain Komunikasi efektif, personal branding, self acceptance, pengembangan diri, grooming,  dan pengambilan photo formal. Berdasarkan analisis situasi terhadap audiens pengabdian ini, calon alumni STEI Iqra Annisa masih belum mampu berkomunikasi secara efektif dan mengemas personal branding yang baik. Sebagai solusinya tim pengabdi meyakini bahwa calon alumni perlu dibekali skill ini untuk dapat segera bergabung dalam dunia kerja. kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dan audiens begitu antusias. Anggota yang terlibat dalam pengabdian ini adalah seluruh dosen Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab. Kemampuan komunikasi efektif, kemampuan mengemas personal branding dan hasil pas photo formal yang akan dipergunakan dalam pembuatan surat lamaran kerja nantinya adalah capaian dalam kegiatan capacity building (Komunikasi Efektif dan pengembangan diri) bagi mahasiswa STEI Iqra Annisa.