cover
Contact Name
Afif Sugi Hendrianto
Contact Email
afif_sugi@polije.ac.id
Phone
+62331-333532
Journal Mail Official
jmaa@polije.ac.id
Editorial Address
Jl. Mastrip Po. Box 164, Kec. Sumbersari, Kab. Jember 68121. Politeknik Negeri Jember, Gedung Jurusan Manajemen Agribisnis
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri
ISSN : 28074130     EISSN : 28073789     DOI : https://doi.org/10.25047/jmaa
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri is the Agribusiness Management Journal, which was founded in 2021, is the official journal of the Jember State Polytechnic Agribusiness Management Department. The name of the JMAA journal reflects the broad scope of Agribusiness Management such as agribusiness / agro-industry competitiveness, agribusiness / agro-industry value chains, agribusiness / agro-industry supply chains, and agribusiness / agro-industry strategic issues including agro-industry, agribusiness and management sciences.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): December" : 10 Documents clear
Analisis Loyalitas Konsumen Pada J.CO Donuts & Coffee Jember Zenik Eka Cahyani; Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi; Ariesia Ayuning Gemaputri; Naning Retnowati; Wenny Dhamayanthi
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.25

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya perusahaan franchise dengan produk utama yang sejenis yaitu donut dan kopi yang berdiri di Jember, salah satunya ialah J.CO Donuts & Coffee Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen J.CO Donuts & Coffee Jember dengan pengambilan sampel sebanyak 40 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 23.00. Hasil dari penelitian ini ialah secara serempak variabel citra merek (X1), harga (X2), dan kualitas produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. Secara parsial variabel harga (X2) dan kualitas produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember sedagkan variabel citra merek (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember yaitu variabel kualitas produk (X3).
Penerapan Metode Location Quetiont (LQ) dalam Penentuan Komoditas Unggulan Tanaman Pangan di Kabupaten Sigi Rahmat Dhandy; Septine Brillyantina; Asmunir; Mohammad Edwinsyah Yanuan Putra; Taufik Hidayat
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.38

Abstract

Sektor pertanian, kehutanan dan perikanan yang menjadi penggerak utama dalam bidang agribisnis di Kabupaten Sigi merupakan sektor terpenting yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Kenyataan ini bisa dilihat dari besarnya kontribusi yang diberikan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan masih sangat dominan terhadap pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berdasarkan harga konstan Tahun 2015 di Kabupaten Sigi yaitu sebesar 41,68% pada tahun 2019. Perolehan PDRB tersebut belum diketahui dari komoditas apa dan dari kecamatan mana, oleh karena itu guna meningkatkan PDRB saat ini diperlukan informasi yang lebih rinci, yaitu informasi tentang komoditas pangan yang memiliki potensi daya saing kompetitif dan komparatif serta sektor basis dalam pengembangan produksi tanaman pangan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis macam-macam komoditas tanaman pangan unggulan dan mengkaji struktur pertumbuhan komoditas tanaman pangan di Kabupaten Sigi. Metode yang digunakan adalah Location Quotient (LQ) dengan pengambilan data produksi komoditas tanaman pangan selama 2015 s/d 2019. Metode LQ menghasilkan komoditas yang tergolong unggulan secara keseluruhan yaitu komoditas Ubi Jalar (13,55), Kacang Kedelai (13,05), Kacang Hijau (12,59) dan Ubi Kayu (11,69).
Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) pada Cafe Mom Akar Pesanggaran Banyuwangi Mika Masarina Putri; Eko Budi Satoto; Pawestri Winahyu
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.39

Abstract

Pada era globalisasi ini persaingan bisnis sangat berkembang tajam baik itu mencakup pasar domestik maupun mancanegara.  Perusahaan membutuhkan strategi yang jitu untuk memenangkan persaingan dengan kompetitornya.  Salah satu dari strategi tersebut perusahaan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan baik itu dari pembenahan kualitas produk, perbaikan layanan kepada pelanggan hingga pemberian harga yang sesuai dengan pelanggan. Dengan begitu loyalitas pelanggan kepada perusahaan dapat terjaga. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan service pada Café Mom Akar Pesanggaran Banyuwangi dan menentukan kriteria-kriteria yang menjadi prioritas perbaikan pelayanan dengan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI). Dengan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI), dapat diketahui prioritas pelayanan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai index CSI 86,09%, yang menunjukan bahwa sebagian besar konsumen telah merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan, namun perusahaan harus lebih meningkatkan pelayanan.
Analisis Koefisien Korelasi Faktor Kinerja Karyawan : Studi Kasus Pada PDP Kahyangan Kebun Sumbertenggulun Jember Novalia Hysadha; Bayu Wijayantini; Jekti Rahayu
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.40

Abstract

Kinerja karyawan adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok orang dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing. Untuk meningkatkan kinerja pada karyawan perusahaan harus melakukan beberapa faktor diantaranya yaitu memberikan insentif yang layak, menjaga keselamatan kerja pada karyawan dan menjalin komunikasi yang baik antar karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif, keselamatan kerja dan komunikasi terhadap kinerja karyawan bagian sadapan PDP Kahyangan Sumbertenggulun Jember. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer yaitu data kuesioner yang di peroleh secara langsung dari karyawan bagian sadapan PDP Kahyangan Sumbertenggulun Jember. Jumlah sampel yang digunakan adalah 82 orang sama dengan total populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa insentif, keselamatan kerja, dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan bagian sadapan PDP Kahyangan Sumbertenggulun Jember, sehingga dapat dikatakan bahwa dengan meningkatkan insentif, keselamatan kerja dan komunikasi dapat meningkatkan kinerja karyawan.
Model Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) : Studi Kasus UD. Jumari Muhammad Adam Rivaldi; Muhammad Jamil; Supristiwendi; Thursina Mahyuddin
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.43

Abstract

Tujuan dalam penelitian yaitu untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran dan strategi apakah yang paling tepat untuk meningkatkan penjualan ekspor udang vaname (Litopenaeus Vannamei) Pada UD. Jumari Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara studi kasus. Desain penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikuantitatifkan. Pendekatan deskriptif kualitatif ini mengunakan bauran pemasaran (product, price, place, promotion). Analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan nilai skor IFAS sebesar 2,93 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS sebesar 2,64 menunjukkan bahwa perusahaan merespon peluang dan menghindari ancaman-ancaman yang ada. Pada diagram Cartesius diketahui UD. Jumari berada pada kuadran I dan berada pada jalur yang tepat dengan melakukan strategi agresif. Strategi yang harus diterapkan oleh UD. Jumari adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).  Pada matriks IE, UD. Jumari terletak pada sel 5, hasilnya perusahaan masuk kedalam fase growth yang berkonsentrasi melalui integrasi horizontal dan stability yaitu tidak ada perubahan profit strategi. Matriks SWOT, perusahaan berada pada kotak SO. Prioritas strategi pemasaran yang diperoleh dari hasil analisis dengan menggunakan matriks QSPM adalah Memanfaatkan kualitas udang dan sertifikasi dari kementerian kelautan dan perikanan Indonesia yang dimiliki oleh UD. Jumari agar dapat memperluas pasar dan menjaga citra yang baik dikalangan konsumen untuk meningkatkan penjualan. Peneliti menyarankan UD. Jumari agar dapat tetap mempertahankan serta meningkatkan kualitas daripada udang UD. Jumari dan memperluas dan mengembangkan akses di pasar internasional maupun lokal agar dapat meningkatkan tingkat penjualan.
Implementasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Perusahaan Sohun di Kota Madiun Anggi Surya Andini; Ardhitya Alam Wiguna; R. Abdoel Djamali; Fredy Eka Ardhi Pratama
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan banyaknya jumlah pembelian bahan baku tepung sagu yang optimal pada setiap kali pemesanan, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan kembali (reorder point) bahan baku tepung sagu, dan berapa total biaya persediaan (total inventory cost) yang optimal untuk pengadaan bahan baku tepung sagu di Perusahaan Sohun Cap Mawar dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) jumlah kuantitas pembelian bahan baku tepung sagu yang  optimal adalah sebanyak 24.649 kg pada setiap kali pesan dengan frekuensi pembelian bahan baku sebanyak 4 kali dalam satu tahun. Persediaan pengaman yang dihasilkan dengan metode EOQ yaitu sebesar 1.008 kg, dengan pemesanan ulang bahan baku tepung sagu ketika persediaan mencapai sebesar 1.658 kg. Total biaya persediaan bahan baku tepung sagu dengan menggunakan metode EOQ yaitu sebesar Rp 29.578.808.
Identifikasi Potensi Bahaya pada Proses Produksi di Pabrik Gula Pradjekan Kabupaten Bondowoso Nidya Shara Mahardika; Yuli Wibowo; Nindia Furqidatul Hasanah
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.58

Abstract

PG. Pradjekan merupakan perusahaan manufaktur yang memiliki andil dalam pasokan gula dalam negeri. Gula yang dihasilkan berasal dari tebu yang melewati 5 stasiun proses produksi yakni stasiun gilingan, pemurnian, penguapan, masakan, dan putaran. Pada setiap stasiun proses produksi banyak melibatkan mesin – mesin berukuran besar dan alat-alat yang memiliki potensi risiko operasional cukup tinggi dan dapat menimbulkan potensi bahaya hingga mengakibatkan kecelakaan kerja pada pekerja. Sejak tahun 2016 PG. Pradjekan telah menjalankan SMK3, namun ternyata kecelakaan kerja masih saja terjadi disetiap tahunnya. Ada 4 kasus kecelakaan kerja yang tercatat dari tahun 2017 hingga 2021 dengan kategori kecelakaan berat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi potensi bahaya dan penilaian risiko pada setiap staisun proses produksi gula kemudian dilakukan  pengendalian risiko apa yang harus diterapkan, sehingga dapat dilakukan tindakan pengendalian yang tepat.Teknik analisa bahaya yang cukup tepat menganalisis dan mengidentifikasi adalah dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Hasil FMEA merupakan urutan prioritas dari failure mode yang memiliki nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi. Hasil penelitian dapat diketahui ada 49 potensi bahaya yang teridentifikasi dari seluruh stasiun proses produksi  gula. Hasil penilaian risiko yang memiliki nilai RPN tertinggi (kritis) yakni masuk kedalam mesin cane leaveller (extreme risk), kebocoran tangki (high risk), terjatuh dari tangga evaporator (high risk), terkena cairan gula panas (high risk) dan ledakan panel (high risk). Rekomendasi pengendalian yang diberikan berdasarkan hirarki pengendalian yaitu, engineering control, administrative control dan alat pelindung diri.
Analisis Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Crispy Alwan Abdurahman; Amalia Rachmawati; Dewi Kurniawati; Bagus Putu Yudhia Kurniawan; Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi; Amar Subagiyo
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.59

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Rumah makan Ayam Goreng Nelongso di jalan Kalimantan, Krajan Timur Sumbersari, Kec. Sumber Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur yang merupakan cabang kedua di kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen ayam crispy di Ayam Goreng Nelongso, Kabupaten Jember, secara serempak dan parsial. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu konsumen yang membeli produk Ayam Crispy di Ayam Goreng Nelongso. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu insidental sampling dengan responden sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, Regresi Linear Berganda, koefisien Determian R2, Uji F dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji F variabel produk, harga, lokasi dan promosi bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ayam Goreng Nelongso, Kabupaten Jember. Sedangkan untuk uji t variabel produk dan lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ayam Goreng Nelongso, Kabupaten Jember.
Analisis Aspek Pengembangan Usaha Bunga Telang Celup : Studi Kasus di SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Ahmad Bahrul Munir; Sri Sundari; Nanang Dwi Wahyono
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.64

Abstract

Tanaman bunga telang (Clitoria ternatea L) merupakan salah satu komoditas pertanian yang berpotensi untuk dikembangkan. SMK Negeri 1 PP Kabupaten Bondowoso merupakan lembaga pendidikan yang saat ini sedang mengembangkan potensi tanaman bunga telang menjadi produk bunga telang celup. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan model bisnis produk bunga celup telang. Sampel dalam penelitian ini adalah responden ahli yang memiliki kemampuan dan kapabilitas dalam memberikan penilaian terhadap aspek pengembangan produk. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan menganalisis Business Model Canvas dan menghitung expert judgment dengan menghitung perbandingan multiparticipant (geomean). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 6 aspek pengembangan bisnis pada blok mitra kunci, 3 aspek pengembangan bisnis pada blok aktivitas utama, 5 aspek pengembangan bisnis pada blok sumber daya utama, 4 aspek pengembangan bisnis pada nilai. blok proposisi, 4 aspek pengembangan bisnis pada blok hubungan pelanggan, 5 aspek pengembangan bisnis pada blok saluran, 5 aspek pengembangan bisnis pada blok segmen pelanggan, 3 aspek pengembangan bisnis pada blok struktur biaya, dan 4 aspek pengembangan bisnis di blok aliran pendapatan
Analisis Pencatatan Persediaan Barang Dagang Metode FIFO Berdasarkan PSAK No.14 pada PT. Sentrum Bangkit Sentosa Ahmad Faizal; Rendy Mirwan Aspirandi; Achmad Syahfrudin Zulkarnnaeni
Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri Vol 2 No 2 (2022): December
Publisher : Politeknik Negeri Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25047/jmaa.v2i2.65

Abstract

Persediaan adalah aset yang dimiliki oleh perusahaan yang tersedia untuk dijual atau barang yang akandigunakan dalam produksi produk perusahaan. Dengan persediaan, perusahaan dapat mempertahankan keberlanjutan. Perusahaan sering mengalami masalah dalam pencatatan dan penilaian persediaan diri. Tujuan dilakukannya observasi pada PT. SENTRUM BANGKIT SENTOSA untuk menganalisis apakah penilaian pencatatan metode sistem persediaan PT. SENTRUM BANGKIT SENTOSA sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 14 tentang persediaan. Jenis penelitian adalah riset deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa catatan persediaan perusahaan menggunakan sistem penilaian dan pencatatan menggunakan metode FIFO (First-in first out). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pencatatan akuntansi persediaan barang dagangan telah sesuai dengan PSAK 14 tentang persediaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10