cover
Contact Name
Muhammad Malthuf
Contact Email
m_malthuf@uinmataram.ac.id
Phone
+6281805771373
Journal Mail Official
jurnalsociety@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Islam Negeri Mataram, Jl. Gajah Mada no. 100 Mataram, Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
ISSN : 20870493     EISSN : 27155994     DOI : https://doi.org/10.20414/society.v12i2
Core Subject : Social,
Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram menjadi UIN Mataram berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Mataram (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 67). Jurnal Society menjadi salah satu jurnal alternatif untuk mempublikasikan artikel ilmiah hasil kajian, hasil laporan penelitian, seminar dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi dan sosial.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2021): Juni 2021" : 6 Documents clear
PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN DAN KEMATANGAN INDIVIDU Amat Amat
SOCIETY Vol. 12 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.771 KB) | DOI: 10.20414/society.v12i1.2751

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua hal yang harus bergerak secara baik dan optimal. Dia harus berjalan sejajar agar individu menjadi hebat. Hebat dengan makna pertumbuhan dan perkembangan individu seimbang yang memunculkan prestasi. Baik intelektualitas, emosional, dan spiritual ( IQ, EQ, SQ ). Mampu menghadapi hidupnya sesuai dengan tuntunan kondisi lingkungannya. Pertumbuhan dan perkembangan dapat dipengaruhi oleh masa prenatal, fase bayi, fase kanak-kanak awal, tengah dan akhir, fase dewasa, fase pertengahan dewasa, akhir dewasa. Pertumbuhan yang berkaitan dengan perubahan kuantitatif menyangkut ukuran dan struktur biologis sedangkan perkembangan berprinsip ortho genetis berlangsung dari kondisi global dan kurang diferensiasi sampai tahap full diferensiasi, artikulasi, dan integrasi secara bertahap.
NILAI-NILAI SOSIAL DALAM BUDAYA MAULIDAN SUKU SASAK BAYAN DESA KARANG BAJO KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA Suhartini Suhartini; Baharudin Baharudin
SOCIETY Vol. 12 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.03 KB) | DOI: 10.20414/society.v12i1.3396

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Nilai-nilai Sosial Dalam Budaya Maulidan Suku Sasak Bayan Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan kabupaten Lombok Utara Tahun 2017 dimana yang menjadi tujuan penelitian ini adalah menemukan Nilai-nilai Sosial yang terdapat dalam Budaya Maulidan Suku Sasak Bayan. penelitin ini merupakan penelitian Kulaitatif jenis analisis Deskriftif. Subjek penenlitian ini adalah Tokoh-tokoh Adat, Aparat Desa, masyarakat dan Budaya-budayawan yang merupakan orang-orang yang ikut berperan dalam perayaan Maulid dan mengetahui sejarah dan prosesi Budaya Maulidan Suku Sasak Bayan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara, Dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Verifikasi). Pengecekan keabsahan data dengan peningkatan ketekunan dan menggunkan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menujukkan Nilai-nilai sosial yang terdapat dalam Budaya Maulidan Suku Sasak bayan yaitu: (a) Nilai keindahan yang terdapat dalam Musik Gong Gamelan, Menutu, (b) Nilai Religius atau Nilai Kepercayaan terdapat pada prosesi membelonyo, (c) Nilai Moral atau Kebaikan terlihat pada prosesi Mentambeq, Bernazar, (d) Nilai Vital atau Kegunaan terlihat pada bambu, Rantok, dan Gong Gamelan yang mempunyai kegunaan dalam melakukan segala aktivitas pada saat ritual Maulid Adat, (e) Nilai hiburan terlihat pada permainan Peresean sebagai hiburan malam didepan halaman Masjid Kuno Bayan dan juga nilai hiburan terdapat pada prosesi Praja Mulud, (f) Nilai Kerja sama atau Gontong royong terlihat pada saat masyarakat bekerja sama untuk membuat Balen Unggun, Menutu, Menaganggek dan lain sebagainnya, (g) Nilai Kekeluargaan terlihat pada berkumpulnya masyarakat disatu tempat yang disebut dengan Kampu Karang Bajo, (h) Nilai Kedisplinan terlihat bagaimana masyarakat mematuhi segala peraturan-pertauran adat yang sudah di tetapkan oleh peranta adat seperti berpakian sesuai adat dan mengikuti ritual Bisoq Meniq yang memperlihatkan displin masyarakat bayan. Adapun fungsi perayaan Maulid Suku Sasak Bayan yaitu kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW serta rasa syukur kepada Allah SWT dan menghormati warisan budaya yang telah ada.
DAMPAK SOSIAL EKONOMI PT AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA (AMNT) DI DESA BELO KECAMATAN JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT Tri Widyastuti; Mawardi Saleh; Rahmat Akbar Kurniawan
SOCIETY Vol. 12 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.604 KB) | DOI: 10.20414/society.v12i1.3397

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak adanya PT AMNT terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Belo Kecamatan jereweh Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif .Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan melakukan observasi secara langsung dengan mewawancarai beberapa masyarakat di Desa Belo dan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) membawa dampak terhadap kehidupan sekitar baik itu bersifat positif maaupun bersifat negatif. Dampak positif yaitu terbukanya kesempatan kerja, pendapatan masyarakat meningkat sehingga mampu membiayai pendidikan anaknya, pendidikan anak membaik, keadaan rumah masyarakat bagus, kondisi jalan raya juga bagus sehingga memudahkan transportasi, pembangunan di bidang sosial seperti sudah adanya puskesdes, memudahkan masyarakat untuk berobat ketika sakit sedangkan dampak negatif antara lain sebagian masyarak yang pernah kerja di PT Newmont di PHK setelah diganti menjadi PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), sehingga menyebabkan pengangguran terjadi dan terjadinya konflik yang disebabkan oleh perusahaan karena tidak menepati janji seperti membedah rumah
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KERUAK Jamiluddin Jamiluddin; Purnawati Purnawati
SOCIETY Vol. 12 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.141 KB) | DOI: 10.20414/society.v12i1.3400

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar Mata Pelajaran IPS pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Keruak Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan strategi “Bermain Peran”. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 1 kali pertemuan dengan jumlah siswa 40 orang. Data dalam penelitian ini berupa kegiatan guru, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi/pengamatan, angket, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan secara analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat dirumuskan sebagai berikut : Perencanaan pembelajaran, ada peningkatan dari 70% pada siklus I menjadi 80 % pada siklus II. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga mengalami peningkatan dari 80 % pada siklus I menjadi 95 % pada siklus II. Aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 67%, menjadi 83 %, dalam siklus II. Sedangkan respon siswa terhadap kegiatan belajar mengajar dapat diuraikan sebagai berikut : kualifikasi yang menyatakan tidak senang sudah tidak ada, baik pada siklus I maupun pada siklus II. Sedangkan yang menyatakan kualifikasi kurang senang menunjukkan penurunan dari 6 siswa (15 %) pada siklus I, menjadi 2 siswa ( 5%) pada siklus II. Kualifikasi yang menyatakan senang tidak mengalami kenaikan dari 25 siswa (62,5 %) pada siklus I, menjadi 25 siswa (62,5 %) pada siklus II. Kualifikasi yang menyatakan senang sekali mengalami kenaikan dari 9 siswa (22,5%) pada siklus I, menjadi 13 siswa (32,5%) pada siklus II. Hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “jika strategi ‘Bermain Peran’ digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Mata Pelajaran IPS, maka aktifitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keruak, Kabupaten Lombok Timur akan meningkat”, dapat diterima.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PRILAKU GURU DI RA AL MADINATUL ISLAMIYAH Sunandar Azma'ul Hadi
SOCIETY Vol. 12 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.039 KB) | DOI: 10.20414/society.v12i1.3501

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui prilaku guru di RA Al-Madinatul Islamiyah. Peneliti merancang penelitian ini dengan menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kelompok B RA Al-Madinatul Islamiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis berdasarkan hasil dari proses pengumpulan data dan dicek keabsahannya menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa meningkat melalui upaya perilaku guru di RA Al-Madinatul Islamiyah. Hal ini dapat diliahat dari upaya-upaya yang dilakukan guru yaitu menunjukkan keperibadian yang positif terhadap anak, menanamkan keterampilan-keterampilan yang bersumber dari nilai-nilai agama, menghadirkan model-model pembelajaran yang menantang yaitu belajar sambil bermain, peduli terhadap siswa dalam pembelajaran, dan guru dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi anak didiknya.
PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP HARGA, MODEL, DAN KUALITAS HELM MEREK INK DENGAN HELM MEREK KYT (STUDI PADA MAHASISWA PRODI TADRIS IPS FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN MATARAM) Muhammad Helmy Reza; Fatana Suastrini
SOCIETY Vol. 12 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.6 KB) | DOI: 10.20414/society.v12i1.3505

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai perbedaan persepsi mahasiswa Prodi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram terhadap harga, model, dan kualitas antara konsumen helm merek INK dengan helm merek KYT dan berapa besarnya perbedaan persepsi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan termasuk dalam penelitian komparatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentatif dan perhitungan skala Likert, diketahui bahwa keunggulan helm merek INK yaitu pada indikator harga dan kualitas sedangkan keunggulan helm merek KYT pada indikator model. Kemudian, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan antara persepsi konsumen helm merek INK dengan persepsi konsumen helm merek KYT diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 6