cover
Contact Name
Muhammad Malthuf
Contact Email
m_malthuf@uinmataram.ac.id
Phone
+6281805771373
Journal Mail Official
jurnalsociety@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Islam Negeri Mataram, Jl. Gajah Mada no. 100 Mataram, Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
ISSN : 20870493     EISSN : 27155994     DOI : https://doi.org/10.20414/society.v12i2
Core Subject : Social,
Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram menjadi UIN Mataram berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Mataram (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 67). Jurnal Society menjadi salah satu jurnal alternatif untuk mempublikasikan artikel ilmiah hasil kajian, hasil laporan penelitian, seminar dan lain-lain yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi dan sosial.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2023): Juni 2023" : 6 Documents clear
PENDIDIKAN INKLUSIF: ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN supardi supardi
SOCIETY Vol. 14 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v14i1.7499

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripiskan tentang harapan dan kenyataan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Negeri 20 Mataram. Pendidikan inklusif merupakan pendidikan untuk semua anak tanpa bullying dan diskriminasi. Setiap individu memiliki hak yang sama dalam memperoleh layanan pendidikan terbaik bagi dirinya, termasuk bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), untuk bisa bersama-sama individu lainnya yang normal untuk duduk di sekolah yang sama dalam upaya mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Metode kualitatif menjadi bagian dalam penelitian ini untuk mengekplorasi setiap kejadian dan pristiwa penyelenggaran pembelajaran di sekolah inklusif. Hasilnya menunjukkan penyelenggara pendidikan inklusif di Nusa Tenggara Barat, khusus di SD Negeri 20 Mataram telah berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari aksesibilitas, kompetensi sumber daya, dan kemampuan dalam membangun networking dengn pihak lain.
PENGARUH INTENSITAS MELAKSANAKAN SHALAT ZUHUR DAN DHUHA SECARA BERJAMA’AH TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI MA RAHMATULLAH AL-HASAN KEKAIT NW KEKAIT Sopian Ansori
SOCIETY Vol. 14 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v12i2.4040

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas melaksanakan shalat zuhur dan dhuha secara berjamaah terhadap perilaku sosial siswa di MA Rahmatullah Al-Hasan NW Kekait. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post facto. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-F dengan rumus regresi linier ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas yang dianalisis dengan menggunakan manual dan aplikasi SPPS. Hasil perhitungan uji-F regresi linier ganda menggunakan SPSS dengan analisis data didapatkan Fhitung sebesar 4,141 dengan taraf signifikan 0,029 dan Ftabel sebesar 3,40 dengan taraf signifikan 0,05. Karena nilai Fhitung > Ftabel, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh intensitas melaksanakan shalat zuhur dan dhuha secara berjamaah terhadap perilaku sosial siswa.
STRATEGI KOMUNIKASI PONDOK PESANTREN AS-SUNNAH DALAM MENGEMBALIKAN CITRANYA PASCA KONFLIK IDENTITAS DI BAGIK NYAKE Siti Rahmatullah; Fahrurrozi; Abdul Malik
SOCIETY Vol. 14 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v14i1.6755

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk dapat menjelaskan situasi pondok pesantren As-Sunnah pasca konflik identitas di Bagik Nyake. (2) Untuk dapat menganalisis strategi komunikasi pondok pesantren As-Sunnah pasca konflik di Bagik Nyake. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat jenis studi kasus. Penggalian data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses penelitian intensif berlangsung selama hampir satu tahun dengan melibatkan berbagai informan yang terdiri dari Pimpinan pondok pesantren, Ustadz, serta santri pondok pesantren As-Sunnah Bagik Nyake, dan Masyarakat. Penelitian ini dianalisis dengan analisis domain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa situasi pondok pesantren As-Sunnah Bagik Nyake melakukan kegiatan seperti biasa yakni langsung sekolah, dan berbagai kegiatan kepondokan juga berlangsung walaupun pasca konflik dengan masyarakat yang mengakibatkan pembakaran tengah malam oleh massa yang tidak dikenal. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh pondok pesantren As-Sunnah dalam mengembalikan citranya pasca konflik identitas di Bagik Nyake adalah dengan (1) fungsi hubungan, yakni berdiskusi dengan masyarakat dengan cara saling menghadiri kegiatan satu sama lain akan tetapi tetap tanpa meninggalkan sunnah Rasulullah SAW. (2) Fungsi pendidikan, yakni menggabungkan kurikulum umum dan kurikulum kepondokan. (3) fungsi persuasi, yakni melakukan kajian setiap malam rabu, kegiatan tablig akbar dengan narasumber dari Timur Tengah, serta mempublish berbagai kegiatan pondok disosial media seperti Facebook, sehingga ini dapat memperbaiki atau meningkatkan citra yang baik bagi pondok pesantren As-Sunnah. (4) problem solving, yakni dengan meyakinkan para wali murid dan masyarakat bahwa pondok pesantren adalah pondok yang tepat bagi anak-anak mereka dari segi pembelajaran agama yang sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
URGENSI MORAL DALAM DISKURSUS AL-QUR’AN DAN HADITH ahmad nabil amir; Tasnim Abdul Rahman
SOCIETY Vol. 14 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v14i1.7167

Abstract

Artikel ini meninjau tentang diskursus moral-historis al-Qur’an dan hadith dan pengaruhnya dalam sejarah intelektual Islam. Ini dilihat dalam terang sosio-politik dan kesan sejarahnya yang membentuk dinamika dari ajaran-ajaran moral dan spiritualnya yang pada gilirannya telah memaknai pemandangannya tentang nilai-nilai moraliti dan aspek sosio-historis Islam, dan sumbangannya terhadap perkembangan sejarah peradaban, pembentukan hukum, dan manifestasi akliahnya yang terumus dalam tradisi akliahnya seperti kitab tafsir Risalah al-Nur oleh Said Nursi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menerapkan metode kajian historis bersifat dokumentasi dan analisis kandungan. Dapatan kajian menunjukkan keutamaan fungsi al-Qur’an dan hadith dalam membentuk pemahaman sejarah yang mendasar tentang akhlak dan nilai moral dan pengaruhnya dalam memperkuat keyakinan tauhid dan psikologi keagamaan umat. Dalam konteks penafsiran dan signifikasi sejarahnya, diskursus ini dibawakan dalam kitab Risalah al-Nur karangan Said Nursi yang mendiskusikan pandangan hidup al-Qur’an dan hadith dan kesannya dalam mencorakkan pemahaman wahyu dan sejarahnya dalam konteks pemikiran falsafah dan hukum-hakam sains.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X IPS 2 MAN 2 SLEMAN SEMESTER GASAL TAHUN 2022 Yeni Susanti
SOCIETY Vol. 14 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v14i1.7311

Abstract

Penelitian ini berkenaan penerapan pembelajaran dengan model STAD di MAN 2 Sleman, Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan model STAD, (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Subyek penelitian ini adalah 33 siswa kelas X IPS 2. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan model STAD adalah sebagai berikut: (a) merencanakan, (b) melakukan tindakan, (c) mengamati (observasi), dan (d) merefleksi, (2) Aktivitas hasil belajar siswa mapel Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) mengalami peningkatan dari kondisi awal, siklus kesatu dan siklus kedua. Peningkatan tersebut adalah sebagai berikut: Pada kategori rendah terus mengalami penurunan, yakni pada kondisi awal adalah 30%, pada siklus 1 adalah 6%, dan pada siklus 2 adalah 3%. Kategori sedang telah mengalami peningkatan yaitu 58% pada kondisi awal, 61,5% pada siklus 1, dan 62% pada siklus 2. Kategori tinggi telah mengalami peningkatan yaitu 12% pada kondisi awal, 32,5,5% pada siklus 1, dan 35% pada siklus 2. (3) Persentase rata-rata hasil belajar peserta didik yang belum tuntas mengalami penurunan dari kondisi awal ke siklus 1 dan ke siklus 2 (dari 65% menjadi 35% dan menjadi 15%). Persentase peserta didik yang sudah tuntas mengalami kenaikan dari kondisi awal ke siklus 1 dan ke siklus 2 (dari 35%, menjadi 65% dan 85%). Simpulannya adalah bahwa penerapan media STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa MAN 2 Sleman.
PENERAPAN PENDEKATAN CIPPO PADA PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SMKN 3 SUMBAWA BESAR handi fifin; Muhammad Zainurrahman; Rita Desiasni
SOCIETY Vol. 14 No. 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/society.v14i1.7357

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang untuk menerapkan metode CIPPO (Context,Input,Prosess, Product dan Outcome) Pada pelaksanaan Praktik Kerja Industri di SMKN 3 Sumbawa Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif Kuantitatif dengan Instrumen Angket, Wawancara dan Observasi juga dilakukan dengan melihat dan mengumpulkan Bukti Fisik yang akan memperkuat Penelitian Praktik Kerja Industri Ini. Hasil uji validitas dengan Korelasi Pearson terhadap angket CIPPO diperoleh hasil valid dengan ketentuan nilai (r hit > r tabel) sehingga seluruh item tersebut dapat digunakan di penelitian. sedangkan untuk Hasil uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha terhadap angket CIPPO diperoleh hasil reliabel dengan ketentuan nilai Cronbach Alpha lebih dari 0,600 sehingga seluruh item tersebut dapat digunakan di penelitian. Pada hasil penelitian menunjukkan Komponen context diperoleh angka 78.84% dengan nilai baik, Input 75.03% dengan nilai baik. Untuk komponen Prosess 82.24% dengan nilai baik sekali, komponen Product memperoleh angka 76.48% dengan kategori baik dan Outcome pada angka 67.19% juga dengan nilai baik. Sehingga dari hasil pengolahan data bisa diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan Praktik Kerja Industri di SMKN 3 Sumbawa Besar bernilai baik namun perlu ada peningkatan kinerja pada beberapa aspek dan untuk peningkatan dan perbaikan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri di masa yang akan datang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6