cover
Contact Name
Dyah Palupiningtyas
Contact Email
dyahwork39@gmail.com
Phone
+6281392202747
Journal Mail Official
jempper.journal@gmail.com
Editorial Address
http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jempper/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JEMPPER
ISSN : 28095901     EISSN : 28096037     DOI : https://doi.org/10.55606/jempper.v1i1
JEMPPER : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (p-ISSN : 2809-5901 (print), e-ISSN : 2809-6037 (online) adalah merupakan merupakan journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam studi Ilmu Ekonomi Manajemen yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen strategik bahkan manajemen yang terkait dibidang Pariwisata dan Perhotelan. Redaksi menerima artikel untuk diterbitkan tiga kali dalam setahun yaitu edisi Januari, Mei dan September.
Articles 30 Documents
PENGARUH ASPEK KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG Dwi Ayu Puspitasari; Retno Mulatsih
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.482 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.177

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan pegawai terhadap kepuasan penumpang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelola maupun kepuasan penumpang. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reabilitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang dimana hasil tersebut mempunyai nilai korelasi determinasi R2 square sebesar 0,633. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya peningkatan tangible dan responsiveness untuk meningatkan kepuasan penumpang.
KOMPETENSI, DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA KERJA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI Bima Prahar Adilase; Ganda Subrata
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.371 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.178

Abstract

This research was conducted in the sub-district office in Demak Regency which aims to determine the effect of competence, work discipline and work culture on employee performance in the sub-district of Demak Regency. The research data was obtained through questionnaires and interviews. The sample used in this study was 60 respondents. The results of the study are expected to provide useful information for leaders and employees. The data obtained were processed using descriptive analysis and quantitative statistical analysis. Quantitative analysis uses regression analysis to determine the effect of the independent variable on the dependent variable, but before the test is carried out, the validity and reliability tests are carried out first and the requirements test. The results of the regression analysis show that competence, work discipline and work culture have a positive and significant impact on employee performance at sub-districts in Demak Regency.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT BANK MANDIRI TBK KABUPATEN BREBES Hani Krisnawati; Suwarti Suwarti
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.445 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.179

Abstract

Penelitian ini diambil dengan judul “Analisis Kinerja Keuangan PT Bank Mandiri Tbk Kabupaten Brebes”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja keuangan Bank Mandiri Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Diskriptif Kualitatif, berusaha mendeskripsikan gambaran yang senyatanya dari fenomena yang terjadi pada kinerja keuangan di Bank Mandiri Kabupaten Brebes. Current ratio pada Bank Mandiri selalu mengalami penigkatan, namun kinerja perusahaan kurang baik karena angka rasio kurang dari ketentuan. Cash ratio selalu mengalami peningkatan dan penurunan, sehingga kinerja perusahaan juga kurang baik karena perusahaan belum mampu memaksimalkan aktiva lancar berupa kas bank dan deposito. Quick ratio selalu mengalami penurunan dan peningkatan. Dalam hal ini kinerja keuangan dari perusahaan bisa disimpulkan kurang baik karena aktiva lancar perusahaan berupa kas bank dan piutang belum menjamin hutang lancar perusahaan. Debt to total Aset ratio di nilai sudah baik karena jumlah kekayaan bersih lebih besar dari jumlah kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan. Total Debt to Equity Ratio dinilai kurang baik karena jumlah kekayaan bersih jauh lebih kecil dari jumlah kewajiban yang di miliki perusahaan.
PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU Pitaloka Dharma Ayu; Bambang Kristianto Wibowo
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.58 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.180

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kendal yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kopentensi kerja terhadap kinerja guru yang mengalami penurunan dalam mengajar. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana Motivasi dan kedisiplinan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 58 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pimpinan maupun guru. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas. Regresi menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi , motivasi dan kedisiplinan akan diikuti peningkatan kinerja guru , begitu pula sebaliknya. Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan, dengan nilai korelasi determinasi adjusted R2 sebesar 0,625. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi , motovasi dan kedisiplinan mempengaruhi secara nyata terhadap kinerja guru secara bersama-sama dengan keeratan hubungan sebesar 62,5%. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru perlu adanya peningkatan kompetensi, serta motivasi guru dan kedisipilan guru yang bagus agar kinerja guru meningkat.
PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA ALAM DAN BUATAN BERBASIS COMMUNITY BASED TOURISM SEBAGAI DESTINASI UNGGULUAN DI KALIBENING KABUPATEN JEPARA Riyan Supatmana; Suwarti
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.218 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.181

Abstract

Salah satu pemanfaatan sumber daya alam yang bernilai ekonomi yaitu dengan cara pengembangan sektor pariwisata. Mengembangkan pariwisata dibutuhkan merencanaan serta strategi yang baik agar tercapainya daya wisata yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi daya tarik wisata alam dan buatan berbasis community bases tourism sebagai destinasi unggulan di Kalibening Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan destinasi Kalibening masih belum optimal. Adapun beberapa strategi yang dapat dilakukan yaitu: memperhatikan alam lingkungan sekitar, memperbanyak amenitas, membangun akses yang memadai, serta memberdayakan masyarakat sekitar.
ANALISIS PROSESI TRADISI KIRAB PUSAKA SATU SURA ISTANA MANGKUNEGARAN SURAKARTA Made Prasta Pradipta
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.432 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.191

Abstract

The purpose of this study was to find out the procession of Kirab Pusaka Satu Sura at Mangkunegaran Palace Surakarta, and the constrains of the Satu Sura Mangkunegaran Palace Surakarta procession. The object of this research is Mangkunegaran Palace Surakarta. The type of research used in this research is qualitative. The data in this study were collect using observation, interviews, and documentatiton. The population in this study were the organizers of the kirab and the courtiers of the Mangkunegaran Palace Surakarta with a total of five person. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, and conclusing drawing. The results of the study it can be concluded that tradition of the heirloom carnival of Satu Sura Mangkunegaran Palace Surakarta is a sacred procession and gets blessings, because in the month of Satu Sura there are many activities of contemplain, tafakur, and self instropection to the God. The conclusion of this study is that the participation of people from various regions who follow the procession of Satu Sura Heritage Carnival at the Mangkunegaran Palace in Surakarta ignores the rules or regulations of the Mangkunegaran Palace, Surakarta. The conclusion of this research is the philosophy that we can take from this procession is to introspect, and this Kirab procession was followed by many people who were enthusiastic to see the procession. The obstacles faced during the procession moreover were the people who enthusiastic to see to make the perpetrators not concentrate.
ANALISIS RISIKO OPERASIONAL PADA KAWASAN PANTAI JUMIANG PAMEKASAN Farid Ardyansyah
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.918 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.197

Abstract

Pariwisata telah menjadi penyumbang ekonomi utama sejak 2014. Banyak orang mulai mendapatkan pengalaman dan jelajahi dunia. Berdasarkan prediksi WTO, ada sekitar 1,6 miliar turis di seluruh dunia, dan kebanyakan dari mereka berada di Asia dan Pasifik. Pada tahun 2020 ini orang bisa menghasilkan sekitar 2 triliun USD pendapatan di sektor pariwisata. Indonesia dikenal sebagai salah satu pulau kepulauan terbesar di dunia dan memiliki banyak tempat wisata di pulau mereka. Salah satu spot menarik di kabupaten Pamekasan yaitu pantai Jumiang, tempat ini sudah lama dikenal sebagai tempat agrowisata. Sayangnya untuk meningkatkan daya saing tempat wisata ini, mereka harus menerapkan risiko manajemen dalam operasionalnya sehari-hari. Kami menemukan bahwa manajemen belum menerapkan apapun manajemen risiko dalam operasional sehari-hari. Jadi kami ingin melakukan observasi dan berharap dapat memetakan potensi resiko tempat ini Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan risiko dan melakukan analisis kuadran untuk mencapai pengelolaan risiko pantai yang baik di kabupaten Pamekasan Yaitu pantai JumiangDan tempat wisata ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang unik yang dapat mendukung Pariwisata Indonesia pada tahun 2022.
PENGARUH KEMUDAHAN PERBANKAN ELEKTRONIK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT BCA KANTOR CABANG HASYIM ASHARI Boma Jonaldy Tanjung; Irwansyah Catur Nugraha
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.986 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.199

Abstract

Electronic banking facilities are provided by PT BCA Tbk in order to provide convenience for customer in transacting. This will support customer satisfaction in transactions using BCA electronic banking products. Therefore, author want to know the extent of relationship between the ease of BCA electronic banking transactions on BCA customer satisfaction. By using the questionnaire research method, the variables used are independent variables which indicate the ease of electronic banking transactions and the dependent variable which indicates customer satisfaction. The results of data analysis with correlation test obtained correlation value of electronic banking convenience to customer satisfaction is 0.62. Meanwhile, customer satisfaction will increase positively and is influenced by the ease of electronic banking transactions of 0.40.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BANK CENTRAL ASIA TBK. KCP TEBET TIMUR Imhar Imhar; Kurnaesih
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.391 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.200

Abstract

The implementation of this research aims to analyze and see how the handling of complaints of PT BANK CENTRAL ASIA TBK KCP Tebet Timur against customer satisfaction. The nature of the implementation of this research is in the form of qualitative research, in addition to the use of its own type of research is to deepen the research subject in the form of employee service both teller and customer service and also an overview of Bank Central Asia customer satisfaction. The sample number is calculated based on the average number of customers of PT Bank BCA Tbk Kcp Tebet Timur and the number of tellers and the number of customer service divided by the number of working days during the month. The data was obtained from questionnaire answers that have been shared with customers and employees of PT BANK CENTRAL ASIA TBK KCP Tebet Timur as respondents in this study. The results of the study were presented in the form of descriptive to describe the results of observations made from the data obtained and then came to the conclusion that the handling of complaints made by customer service to customers of PT Bank Central Asia Tbk had a significant influence on customer satisfaction after they expressed their complaints so that 14.9% results were obtained as customer satisfaction in which there is an Emphaty dimension and 12.18% of the Responsiveness dimension to the attitude given by BCA Kcp Tebet Timur employees . Therefore, the attitude of employees of PT Bank Central Asia Tbk is also an indicator in responding to customer complaints. Employees who have a positive attitude in handling complaints will make customers feel more comfortable.
PENGARUH KEMUDAHAN INTERNET BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT BANK CENTRAL ASIA KANTOR CABANG UTAMA SURYOPRANOTO Darmeinis Darmeinis; Yenny Yenny
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.72 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i1.212

Abstract

The activity of saving money today is the main thing for planning the future. Banks as one of the most trusted financial institutions have information technology innovations so that financial transactions become more effective and efficient. Banking technology, called internet banking, has features that provide convenience for customers in transactions that have an impact on customer satisfaction in their use. This paper will analyze the convenience of internet banking on customer satisfaction an PT Bank Central Asia’s main branch office Suryopranoto using a simple regression method, as many as 30 respondents were surveyed through a questionnaire to test the research model. The results of the study indicate that there is a weak and positive relationship between the convenience of internet banking and customer satisfactions because most of the customer satisfaction is influenced by other factors.

Page 1 of 3 | Total Record : 30