cover
Contact Name
Victor Pattiasina
Contact Email
journal.joer@gmail.com
Phone
+6281233130605
Journal Mail Official
journal.joer@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dr. Samratulangi No.11 Dok V Atas Jayapura, Papua, Indonesia
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Journal of Economics Review (JOER)
ISSN : -     EISSN : 2809378X     DOI : https://doi.org/10.55098/joer.1.1.2021
Core Subject : Economy,
Journal of Economics Review (JOER), Is a journal published by the Pascsarjana, Universitas Yapis Papua, which aims to be a medium for exchanging information and disseminating scientific works among academics, alumni, students, practitioners, policy regulators and society in general. This journal, published twice a year in May and November, contains articles based on the results of research and scientific studies in economics. Editors receive manuscripts that other media have never published. The format of the manuscript must be following the guidelines for writing that have economic ideals.
Articles 22 Documents
ABNORMAL RETURN SAHAM DAN TRADING VOLUME ACTIVITY SEBELUMDAN SESUDAH KEBIJAKAN COUNTERCYCLICAL PADA PERUSAHAAN KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Marcellino Willyan Lasano; Iqbal M Aris Ali; Muhamad Yamin Noch; Victor Pattiasina; Eduard Yohanis Tamaela
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.059 KB) | DOI: 10.55098/joer.1.1.1-10

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk membedah korelasi antara Abnormal Return dan Aktivitas Volume Perdagangan sebelumnya, kemudian setelah fakta POJK nomor 11 tahun 2020 dan POJK nomor 14 tahun 2020. Strategi pengujian menggunakan Puposive Sampling. Uji eksplorasi mutlak adalah 51 organisasi di bidang moneter yang tercatat di BEI. Pengujian teori yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test dengan menggunakan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penting dalam pengembalian yang tidak biasa sebelumnya, kemudian setelah fakta strategi kontra-siklus, sementara pertukaran tindakan volume tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan
CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABLE YANG MEMEDIASI SERVICE PERFORMANCE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA BIMBINGAN BELAJAR CRYSTAL LEARNING CENTER DI KOTA JAYAPURA Khusnul Khotimah; Imran S M Nur; Muhamad Aldrin Akbar; Badriah
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.994 KB) | DOI: 10.55098/joer.1.1.11-22

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeteksi apakah terdapat hubungan antara service performance mempengaruhi customer loyalty dengan customer satidfaction adalah variable yang memediasi. Metode penelitian adalah kuantitaif dan kualitatif, jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian merupakan seluruh pelanggan bimbingan belajar chrystal learning center yang berjumlah 144 orang. Sampel berjumlah 106 orang yang di ambil dengan rumus slovin, dengan teknik sampel purposive sampling jenis judgment sampling. Tools dalam penelitian ini menggunakan Amos 25 dan di dukung dengan sobel test. Hasil menunjukkan hubungan indirect 0,125 > direct 0,027, dan hasil sobel test nilai Z = 2,0103 > dari 1,983. Artinya terdapat hubungan antara service performance berpengaruh customer loyalty dengan customer satisfactionan yang dimediasi oleh customer satisfaction
DAMPAK BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PELAYANAN INDUSTRI, PERDAGANGAN, KOPERASI, USAHA KECIL, MENENGAH DAN TENAGA KERJA (PERINDAKOP) PROVINSI PAPUA Abiya Pigai; Abdul Rasyid; Saling
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.454 KB) | DOI: 10.55098/joer.1.1.23-33

Abstract

Tinjauan ini mengkaji dampak budaya hierarkis, tanggung jawab berwibawa dan disiplin kerja terhadap presentasi perwakilan di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (Perindakop) Provinsi Papua. pengujian dilakukan pada sampel 82 responden. Teknik contoh yang digunakan adalah contoh mutlak/contoh terendam. bermacam-macam informasi diselesaikan dengan tinjauan langsung. Pengujian teori dicoba secara eksperimental dengan memanfaatkan berbagai kekambuhan langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya hierarkis mempengaruhi pelaksanaan perwakilan, tanggung jawab otoritatif tidak mempengaruhi pelaksanaan pekerja, disiplin kerja mempengaruhi pelaksanaan pekerja dan budaya hierarkis, tanggung jawab otoritatif dan disiplin kerja secara keseluruhan mempengaruhi pelaksanaan perwakilan di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Kecil. Usaha, Menengah dan Tenaga Kerja (PERINDAKOP) Provinsi Papua
CLIENT EXPERIENCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN CUSTOMER VALUE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PT. KARTU NUSANTARA SEMESTA JAYAPURA Zakaria; Yendra; Abdul Rasyid; Halija Tara
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.835 KB) | DOI: 10.55098/joer.1.1.34-42

Abstract

This review plans to decide the impact of Customer Experience on Customer Loyalty through Customer Value at PT. Nusantara Card Semesta Jayapura. The populace in this review were 110 clients of PT. Nusantara Card Semesta Jayapura. Examining in this review utilizing purposive testing technique, with the models of clients situated in Jayapura City and its environmental factors, clients who have utilized the conveyance administration of PT. Nusantara Card Semesta somewhere twice, clients who send bundles through PT. Nusantara Card Semesta over the most recent 3 years. The examination information was acquired by dispersing polls straightforwardly to respondents which contained 11 explanations estimated utilizing a Likert scale. The information examination strategy in this review utilizes underlying condition demonstrating with the assistance of the Amos SEM application. The outcomes show that Customer Experience has a huge beneficial outcome on Customer Value, Customer Experience has a huge beneficial outcome on Customer Loyalty, Customer Value has a critical constructive outcome on Customer Loyalty, Customer Value intervenes the impact of Customer Experience on Customer Loyalty
DETERMINANT OF THE QUALITY OF REGIONAL FINANCIAL REPORTS Zaelika Fatmawati M; Entar Sutisman; Sumartono; Suratini; La Ode Marihi
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.299 KB) | DOI: 10.55098/joer.1.1.43-55

Abstract

This review was directed to look at and investigate the impact of inside control frameworks, bookkeeping data frameworks, monetary management and the utilization of data innovation on the nature of the budget summaries of the Jayapura City Government OPD. The number of inhabitants in this exploration is all Regional Apparatus Organizations in Jayapura City, adding up to 34 offices. In light of the purposive testing procedure, an example of 102 individuals was acquired from each territorial association. The investigation procedure utilized is various straight relapse. Then, at that point, the consequences of the review show that: (1) The Internal Control System has a positive and critical impact on the Quality of Financial Reports. (2) The Regional Financial Accounting System has a positive and critical impact on the Quality of Financial Reports. (3) Financial Supervision doesn't influence the Quality of Financial Reports. (4) Utilization of Information Technology doesn't influence the Quality of Financial Reports. (5) Internal Control System, Regional Financial Accounting System, Financial Supervision, and Utilization of Information Technology have a critical concurrent impact on the Quality of Financial Reports
STRATEGI POLA KEMITRAAN PELAKU USAHA KREATIF UMKM MELALUI KREDIT KUR PERBANKAN DI KABUPATEN JAYAPURA Melkias Monim; Silvans Tande Bura
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.097 KB) | DOI: 10.55098/joer.2.1.23-30

Abstract

Strategi model Kemitraan diintegrasikan dalam bekerja sama dalam usaha, untuk langsung atau tidak langsung, berdasarkan prinsip, untuk kebutuhan integritas, percaya bersama, menguatkan bersama, dan bersama-sama mendapatkan keuntungan karena bergabung dengan UMKM usaha kecil dengan perusahaan lain bisnis, dalam kemitraan yang terintegrasi untuk mengembangkan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan memahami model kemitraan strategi UMKM pengguna kecil, pada perbankan untuk usaha kredit kecil di Kabupaten Jayapura. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif fenomenologi, yaitu fenomena yang saling mempengaruhi dari masyarakat manusia dan dunia sosial dalam situasi khusus, mencoba memahami pengalaman para informan, yang terkait dengan fenomenal model kemitraan strategi untuk UMKM pengguna kecil, di bagi usaha kredit kecil untuk perbankan di Kabupaten Jayapura. Hasil penelitian yang dihasilkan menggambarkan, bahwa semua UMKM pengguna kredit kecil, telah mengetahui untuk mendapatkan jalur usaha kredit kecil untuk perbankan, telah mengetahui cara untuk usaha kredit kecil dan cara untuk menyetor untuk usaha kredit kecil
PERBEDAAN PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN KOPERASI SERBA USAHA TUNAS MANDIRI SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI LAPORAN KEUANGAN DI KOTA KUPANG Amram Rohi Bire
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.774 KB) | DOI: 10.55098/joer.2.1.1-8

Abstract

Penelitian ini menekankan mengenai “Perbedaan Produktifitas Kerja Karyawan Koperasi Serba Usaha Tunas Mandiri Sebelum dan Sesudah Menggunakan Sistem Informasi Laporan Keuangan Di Kota Kupang. Rumusan Masalah Pokok Penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan produktifitas kerja karyawan Koperasi Serba Usaha Tunas Mandiri Kupang sebelum dan sesudah penerapan sistem informasi keuangan? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan produktifitas kerja karyawan Koperasi Serba Usaha Tunas Mandiri Kupang sebelum dan sesudah penerapan sistem informasi keuangan. Metode Teknik Analisa Data yang digunankan terlebih dahulu menguji instrumen penelitian (Validitas) dan Uji Normalitas kemudian Uji statistik parametrik t test (dependen sample test) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji istrumen validitas menunjukan semua instrumen dinyatakan valid karena lebih besar dari 0,30 dan juga uji normalitas menunjukan semua data terdistribusi normal (uji normalitas Sapiro-Wilk). Berdasarkan uji dependent sample test (t-test), menunjukan bahwa ada Perbedaan Produktifitas Kerja Karyawan Koperasi Serba Usaha Tunas Mandiri Sebelum dan Sesudah Menggunakan Sistem Informasi Laporan Keuangan. Hal ini ditunjukan dengan uji Paired Sample Test menunjukan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,751> 0,05 hal ini menunjukan terdapat perbedaan produktifitas kerja karyawan sebelum dan sesudah menggunakan Sistem Informasi Keuangan pada KSU. Tunas Mandiri Kupang.
ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING THE MANAGEMENT OF VILLAGE FUNDS IN THE ANGKAISERA DISTRICT OF YAPEN ISLANDS REGENCY Andarias Patiran; Melyanus Bonsapia; Milcha Handayani Tammubua; Muhamad Yamin Noch; Victor Pattiasina
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.052 KB) | DOI: 10.55098/joer.2.1.9-22

Abstract

This research investigates the factors influencing village fund management in the Angkaisera District of Yapen Islands Regency. The examination was administered to a sample of 73 participants. Purposive sampling was used as the sampling method. Live surveys were used to collect data. Multiple regression was used to empirically test hypotheses. The results indicated that planning has no positive or significant impact on the allocation of village funds. It indicates that the planning of sub-district and village development has not met the village's objectives, so the village's finances have not been optimally managed. In addition, the implementation has no significant positive impact on the management of village fund allocation. It indicates that there are still irregularities in the implementation, and based on the realization of village funds, the community is not receiving them properly. Furthermore, accountability has a positive and significant impact on the administration of village fund allocation. This indicates that accountability has become a crucial aspect that can be executed effectively so that there are no issues with managing village funds. In addition, human resource competence has a positive and substantial impact on the management of village fund allocation. If the village apparatus has knowledge and experience in managing village finances, accountability for village fund management will increase. The allocation of village funds is unaffected by supervision; consequently, a lack of oversight will not diminish the accountability of village fund management.
CUSTOMER INTEREST DALAM MENGGUNAKAN E-WALLET OVO YANG DI PENGARUHI OLEH TRUST, BENEFIT AND RISK DI MALL JAYAPURA PAPUA Khusnul Khotimah; Ros Lina; Yendra; Megawati Yunus
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.559 KB) | DOI: 10.55098/joer.2.1.40-50

Abstract

Tujuan research untuk mendeteksi seberapa besar customer interest dalam menggunakan E-Wallet OVO sebagai alat pembayaran yang dipengaruhi oleh trust, risk and benefit. Metode penelitian menggunakan kuantitatif , kualitatif, dan asosiatif sebagai jenis penelitian. Populasi merupakan seluruh masyarakat di Jayapura yang membayar menggunakan E-Wallet OVO, sehingga tidak diketahui jumlahnya. Sampel berjumlah 96 orang yang diambil dengan rumus slovin, dengan teknik purposive proportional random sampling. Tools memakai SPSS versi 26 dengan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan hubungan direct kepercayaan 32,9%, Manfaat 66,6% dan Resiko – 18,8% terhadap Minat menggunakan E-Wallet OVO. Sementara secara bersama 34,5%. Artinya terdapat korelasi antara kepercayaan, manfaat dan resiko terhadap minat orang menggunakan E-Wallet OVO
PENGARUH NILAI TUKAR TERHADAP VOLUME EKSPOR IKAN SEGAR DARI INDONESIA KE SINGAPURA Anita Latuheru
Journal of Economics Review (JOER) Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Economics Review (JOER)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.93 KB) | DOI: 10.55098/joer.2.1.31-39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh nilai Tukarterhadap volume Ekspor Ikan Segar/Dingin Indonesia ke Negara Singapur. Data yang di teliti adalah lima tahun, dari 2016 hingga 2020 menggunakan data sekunder yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik. Masalah yang di hadapi pada saat Pandemi Covid-19 diklaim sebagai penyebab utama disrupsi perdagangan dunia saat ini, tidak terkecuali perdagangan produk perikanan dimana total nilai ekspor produk perikanan global mencapai USD152 miliar atau turun 7% dibanding 2019. Namun, di saat seluruh eksportir utama produk perikanan juga mengalami penurunan nilai ekspor, kabar baiknya ekspor produk perikanan Indonesia justru mengalami peningkatan dan Indonesia naik 2 peringkat berada di posisi 8 sebagai eksportir utama produk perikanan dunia tahun 2020. Hasil perikanan di Indonesia yang diekspor merupakan salah satu prioritas komoditas laut yang diunggulkan di Asia. Nilai ikan segar di Indonesia mengalami kondisi yang tidak stabil dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh jumlah nilai antara satunegara dengan negara lain berbeda. Hasil penelitian menunjukan bawha ekspor ikan pun demikian mengalami perihal yang sama dari tahun ketahun mengalami penurunan volume ikan yang di ekspor mengalami penurunan diakibatkan karena cuaca dan jumlah produksi yang menurun, dan selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan pengaruh nilai kurs US $ terhadap ekspor ikan segar di indonesia menunjukan bahwa apabila nilai  kurs US $ berubah terhadap rupiah, maka volume ekspor ikan segar pun akan berubah, dan yang terakhir Masih terlalu banyak kekurangan dalam proses pembangunan yan tidak mendorong aktifitas ekspor Ikan segar di Indonesia, baik menyakgkut sara prasarana seperti industri dan golongan kapal, pendidikan dan pelatihan maupun kebijakan

Page 1 of 3 | Total Record : 22