cover
Contact Name
Leny Heliawati
Contact Email
leny_heliawati@unpak.ac.id
Phone
+6285216150330
Journal Mail Official
jsep@unpak.ac.id
Editorial Address
Program Pascasarjana - Universitas Pakuan Gedung Mashudi, Lantai Dua, Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 2548950X     EISSN : 25497170     DOI : Prefix 10.33751
Core Subject : Science, Education,
JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education practices and theories. This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The journal includes, but is not limited to the following fields: - Education Method Innovation - Education Technology Innovation - Cultural History - Cultural Studies Innovation - Learning Innovation - Training Innovation - Teaching Innovation
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): June 2019" : 6 Documents clear
PEMANFAATAN E-BOOK KONSEP ASAM BASA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA SMA KELAS XI Rd. Nia Elisa Yulianti; Anna Permanasari; Leny Heliawati
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 3, No 1 (2019): June 2019
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.736 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v3i1.1378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pemanfaatan e-book dalam meningkatkan literasi kimia siswa pada materi asam basa. Dalam penelitian ini digunakan metode pre-eksperimen dengan pre-post test design, disertai dengan analisis deskriptif tentang literasi sains siswa dikaitkan dengan penggunaan e-book sebagai bahan ajar. Subyek penelitian terdiri dari 38 siswa kelas XI dari satu SMA di daerah Bogor, Jawa Barat, dan 3 guru kimia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes literasi dan angket respon siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book asam basa dapat meningkatkan minat siswa yang dibuktikan dari hasil tanggapan siswa. Hampir semua siswa menyatakan sangat menyenangi e-book, dan merasakan manfaatnya dalam belajar asam-basa, Guru juga memberikan respon yang sangat baik, 87% guru menyatakan bahwa e-book asam-basa sangat memudahkan guru dalam pembelajaran sebagai sumber belajar alternatif. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa pemanfaatan e-book dapat meingkatkan literasi sains siswa, dengan peningkatan (Ngain) sebesar 40,2% (kategori sedang).
PENERAPAN MODEL LEVELS OF INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI TATA SURYA SMP Annisa Nurjanah; Taufik Ramlan Ramalis; Dadi Rusdiana
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 3, No 1 (2019): June 2019
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.443 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v3i1.1392

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep Tata Surya setelah penerapan model Levels of Inquiry. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasy experiment dengan one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di salah satu SMP di Lembang, Jawa Barat.  Instrumen penguasaan konsep menggunakan soal tes uraian yang terdiri dari aspek kognitif memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisis (C4) yang saling berkesinambungan pada setiap butir soal. Berdasarkan analisis data uji hipotesis disimpulkan bahwa penerapan model Levels of Inquiry dapat meningkatkan penguasaan konsep pada materi Tata Surya dengan skor N-gain 0.48 yakni dalam kategori sedang. 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA Ika Kartika; Surti Kurniasih; Indarini Dwi Pursitasari
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 3, No 1 (2019): June 2019
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (980.899 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v3i1.1375

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi bioteknologi yang dapat meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian RD dengan desain ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 5 Cianjur pada siswa kelas IX. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, kuesioner, dan tes literasi sains. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil validasi terhadap aspek materi dan aspek kegrafisan oleh dosen ahli diperoleh hasil persentase rata-rata 100% dan validasi dari guru IPA dengan CVR dan CVI menunjukkan nilai rata-rata CVI 0,94 untuk aspek materi dan 0,98 untuk aspek kegrafisan, hal ini menunjukkan bahan ajar IPA berbasis SSI memiliki kriteria valid dan sangat sesuai untuk digunakan baik berdasar dosen ahli maupun guru IPA. Hasil respon guru dan siswa menunjukkan persentase rata-rata 85,31% dan 85,67, artinya baik guru dan siswa sangat setuju untuk menggunakan bahan ajar dalam proses pembelajaran bioteknologi kelas IX SMP/MTs. Hasil N-Gain tes literasi sains sebesar 0,60 artinya bahwa bahan ajar SSI cukup efektif untuk meningkatkan literasi sains pada siswa.
EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI GAYA SENTRAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA Tri Isti Hartini; Liliasari Liliasari; Agus Setiawan; Taufik Ramlan Ramalis
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 3, No 1 (2019): June 2019
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.267 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v3i1.1376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dan efektivitas penerapan pembelajaran berbasis multipel representasi terhadap penguasaan konsep materi gaya sentral pada mahasiswa pendidikan fisika. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 yang berjumlah 32 orang. Rancangan penelitian yang dilakukan yaitu pre experimental dalam bentuk one shot case study. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar penguasaan konsep gaya sentral mahasiswa yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep menggunakan Anderson and Krathwohl Bloom’s Taxonomy Revised. Data dianalisis melalui teknik analisis deksriptif tentang penguasaan konsep gaya sentral mahasiswa dengan menggunakan kriteria penguasaan konsep dan efektivitas pembelajaran menggunakan multipel representasi (MR). Hasil penelitian ini didapatkan nilai rata-rata untuk penguasaan konsep gaya sentral, dari seluruh indikator yaitu menjelaskan dan mencontohkan, mengklasifikasi, menganalisis, membandingkan serta mengevaluasi, diperoleh bahwa indikator dengan penguasaan konsep tertinggi terdapat pada indikator mengklasifikasikan dengan kategori sangat baik, sedangkan penguasaan konsep terendah terletak pada indikator membandingkan, dengan kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran mekanika berbasis multipel representasi efektif diterapkan pada materi gaya sentral mahasiswa pendidikan fisika.
DESAIN MODEL STEM-FC PADA PERKULIAHAN GEOSAINS Didit Ardianto; Anna Permanasari; Harry Firman; Taufik Ramlan Ramalis
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 3, No 1 (2019): June 2019
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.826 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v3i1.2738

Abstract

Artikel ini membahas tentang desian STEM-FC yang dikembangkan pada perkuliahan geosains bagi mahasiswa calon guru. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode developmental research. Namun, pada artikel ini tidak membahas secara keseluruhan tahapan pengembangan. Pembahasan difokuskan pada tahap developing yang menitik beratkan pada uji coba model. Partisipan yang terlibat yaitu 25 mahasiswa calon guru SD yang sedang mengikuti perkuliahan ilmu bumi dan antariksa. Desain STEM-FC yang dikembangkan mampu memfasilitasi mahasiswa untuk belajar secara aktif. Selain itu desain perkuliahan yang dikembangkan juga membuat mahasiswa menjai antusias dalam belajar geosains.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TATA NAMA SENYAWA KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PIRINGAN KATION ANION Herlina Herlina; Leny Heliawati; Irvan Permana
JSEP (Journal of Science Education and Practice) Vol 3, No 1 (2019): June 2019
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.4 KB) | DOI: 10.33751/jsep.v3i1.1377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media piringan kation anion dapat membangun keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran tata nama senyawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah preeksperimen dengan pre-postest design. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal keterampilan berpikir kritis, penilaian observasi keterampilan berpikir kreatif, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dikemas dengan model inquiri sesuai dengan tahapan pembelajaran yang direkomendasikan berdasarkan kurikulum 2013, ternyata mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara keterampilan berpikir kritis dengan keterampilan berpikir kreatif dengan korelasi 0,478 (cukup). Siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6