cover
Contact Name
Fauzan Zikri
Contact Email
fauzanzikri@unsur.ac.id
Phone
+6285693183381
Journal Mail Official
jurnal.agrita@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur Kab. Cianjur, Jawa Barat 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): June" : 5 Documents clear
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA EKSTRAK SARI PALA KELOMPOK PKH DESA SUKAWANGI Annisa Dwi Rayagina; Asep Saepul Alam; Yola Nurkamil Nurkamil
AGRITA (AGri) Vol 4, No 1 (2022): June
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.88 KB) | DOI: 10.35194/agri.v4i1.2333

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi Usaha Ekstrak Sari Pala Kelompok PKH Desa Sukawangi. (2) strategi apa yang tepat untuk pengembangan Usaha Ekstrak Sari Pala Kelompok PKH Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, Analisis Matriks IFE dan EFE, Analisis matriks SWOT, dan QSPM. Hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan total bobot skor rata-rata IFE sebesar 2,48 yang artinya perusahan mempunyai faktor internal yang sedang dan total skor rata rata EFE sebesar 2,46. Berdasarkan hasil analisis SWOT : (1)  Memperluas jejaring pemasaran. (2) Melakukan promosi guna meningkatkan penjualan. (3) Meningkatkan inovasi dalam pembuatan ekstarak sari pala dengan mengikuti pelatihan PLEK dan PLUT. (4) Memperluas pemasaran dengan memanfaatkan digital seperti Aplikasi SIMPUL, media sosial maupun market place. (5) Melakukan pengenalan produk. (6) Melakukan pengembangan produk. (7) Meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas untuk melakukan inovasi produkekstrak sari pala agar mampu bersaing dengan produk subsitusi. (8) Memperbanyak mitra supaya produksi trus berkelanjutan.
PENGARUH KEMUDAHAN, IKLAN DAN CARA TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA AKEH SAMBAL DI TOKOPEDIA Dea Irvania; Endah Lisarini; Rosda Malia
AGRITA (AGri) Vol 4, No 1 (2022): June
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (737.792 KB) | DOI: 10.35194/agri.v4i1.2340

Abstract

Digital Marketing merupakan salah satu media yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat serta sebagai pendukung dalam kegiatan sehari hari. Beberapa pelaku usaha menggunakan digital marketing untuk menjual produknya. Hal ini dianggap efektif dimasa pandemi covid-19 ini.  AKEH SAMBEL menggunakan Tokopedia sebagai Marketplacenya. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengkaji pengaruh variabel bebas kemudahan secara parsial terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 2) Untuk mengkaji pengaruh variabel bebas iklan secara parsial terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 3) Untuk mengkaji pengaruh variabel bebas cara transaksi secara parsial terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 4) Untuk mengkaji pengaruh variabel bebas kemudahan, iklan dan cara transaksi secara simultan terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 5) Untuk memahami dan mendeskripsikan kekurangan dan kelebihan penerapan digital marketing pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. Data diperoleh dari 52 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability yaitu purposive sampling dan diolah dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Secara parsial variabel bebas kemudahan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 2) Secara parsial variabel bebas iklan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL 3) Secara parsial variabel bebas cara transaksi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 4) Secara simultan variabel bebas kemudahan, iklan dan cara transaksi berpengauh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
MARGIN PEMASARAN KENTANG GRANOLA L (Sollanum tuberosum L) Ida Marina -; Dinar - -; Dety Sukmawati Sukmawati -; EKA FAISAL PUJIANTARA
AGRITA (AGri) Vol 4, No 1 (2022): June
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.639 KB) | DOI: 10.35194/agri.v4i1.2348

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar marjin pemasaran kentang dan farmer,s share. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, teknik penarikan responden yang digunakan snowball sampling. Besar margin pada saluran pemasaran I Rp. 3.500 dan share 68,18%, margin pada saluran pemasaran II Rp. 3.500 dan share 68,18%, margin pada saluan pemasaran III Rp. 2.000 dan share 84,61%. Efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I dengan nilai 12,72%, saluran pemasaran II dengan nilai efisiensi sebesar 13,18%, saluran pemasaran III dengan nilai efisiensi sebesar 11,53%.
ANALISA USAHA PEMBESARAN IKAN NILA MERAH (Oreochromis niloticus) PADA KERAMBA JARING APUNG DI KECAMATAN MANDE KABUPATEN CIANJUR Ismi Ajeng; Rahmat Taufiq Dwi Jatmika; Raden Vina Nur Aprilia
AGRITA (AGri) Vol 4, No 1 (2022): June
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.696 KB) | DOI: 10.35194/agri.v4i1.2362

Abstract

Budidaya ikan pada Karamba Jaring Apung (KJA) merupakan salah satu  teknologi budidaya  yang  handal dalam  rangka  optimasi pemanfaatan perairan danau dan waduk. Kegiatan yang dilakukan di KJA adalah sistem budidaya ikan secara intensif yang terdiri atas kegiatan memelihara, membesarkan dan memanen hasilnya. Usaha budidaya ikan nila merah (Oreochromis niloticus) pada Karamba Jaring Apung (KJA) telah berkembang pesat sampai saat ini, termasuk yang di lakukan di kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Untuk itu perlu dilakukan analisa usaha guna mengetahui keuntungan dan perkembangan usaha pembesaran ikan nila merah pada keramba jaring apung di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya produksi, keuntungan dan profitabilitas dari pembesaran ikan nila merah (Oreochromis niloticus) pada Keramba Jaring Apung (KJA) di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat efisiensi ekonomi dari pembesaran ikan nila merah pada (Oreochromis niloticus) Keramba Jaring Apung (KJA) di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah besarnya biaya usaha pembesaran ikan nila merah pada karamba jaring apung di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur adalah Rp. 144.746.333, biaya implisit sebesar Rp 3.612.000,00  dan biaya eksplisit sebesar Rp 141.134.333,00. Penerimaan sebesar Rp. 439.691.795,00, pendapatan sebesar Rp. 143.718.581,00 per UT. Keuntungan sebesar Rp. 298.557.462, nilai profitabilitas 203,77 %, berarti bahwa usaha pembesaran ikan nila merah yang diusahakan menguntungkan dengan tingkat efisiensi 3,04, yang berarti usaha pembesaran ikan nila merah pada karamba jaring apung di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur sudah efisien.
STUDI KELAYAKAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) LOGAM ALAT PERTANIAN TRADISIONAL (CANGKUL) CV RHODAS DI DESA CIBATU KECAMATAN CISAAT KABUPATEN SUKABUMI Anny Salawaty; Rosda Malia; Nurjaya Nurjaya
AGRITA (AGri) Vol 4, No 1 (2022): June
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.954 KB) | DOI: 10.35194/agri.v4i1.2400

Abstract

Peningkatan infrastruktur dan sarana pertanian merupakan strategi yang disusun Pemerintah dalam upaya pencapaian kedaulatan pangan. Alat pertanian merupakan salah satu pendukung yang sangat penting terhadap peningkatan sarana pertanian, dan kelangsungan sektor lainnya, salah satunya Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pengrajin alat pertanian tradisional. Minimnya pengetahuan dan pemahaman tentang aspek teknis, aspek pasar dan tindakan yang harus diambil ketika terjadi perubahan menjadi salah satu permasalahan yang dialami Pelaku Usaha. Penelitian ini dilakukan di CV Rhodas yang berlokasi di Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. CV Rhodas merupakan salah satu Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Sukabumi yang memproduksi produk berupa alat pertanian tradisional.  Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan aspek teknis, aspek pasar dan aspek keuangan di CV Rhodas. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yaitu menggunakan analisis sensitivitas dengan menghitung IRR, NPV, B/C Ratio dan Pay Back Period. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari kelayakan aspek teknis usaha cangkul CV Rhodas dinyatakan layak untuk dijalankan karena berada di lokasi yang tepat, layout yang sesuai dengan proses produksi dan memberikan efisiensi, pemilihan teknologi mesin yang digunakan  telah  mempertimbangkan efisiensi yang tinggi sekaligus produktivitas, berusaha menjalankan produksi sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) serta adanya pengontrolan kualitas produk. Aspek pasar usaha cangkul CV Rhodas dinyatakan layak untuk dijalankan, karena memiliki segmentasi pasar (jenis industry dan lokasi perusahaan cukup strategis), memiliki pasar sasaran (market targeting), memiliki strategi bauran  pemasaran  (produk mutu produk lebih tinggi dan harga yang ditawarkan tidak melebihi harga pesaing), memperbesar market share (jumlah pelanggan diharapkan meningkat) serta strategi promosi secara online. Analisis sensitivitas usaha alat pertanian tradisional (cangkul) layak diusahakan karena berdasarkan Net Present Value (NPV), B/C Ratio dan Payback Period (PP), usaha cangkul CV Rhodas dinyatakan layak untuk dijalankan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5