cover
Contact Name
Nurjaya
Contact Email
nurjaya58023@gmail.com
Phone
+62816616825
Journal Mail Official
jubis@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis
ISSN : 27989275     EISSN : 27989348     DOI : https://doi.org/10.35194/jubis.v2i1
Core Subject : Economy, Science,
jurnal hasil penelitian yang berkaitang dnegan ilmu pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Adapun ruang lingkup jurnal sebagai berikut : Administration, Business Ethics, Consumer behavior, Digital Marketing, Entrepreneurship, Management, Leadership, Service marketing, Technology Business
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023): June" : 5 Documents clear
PENINGKATAN BRAND TRUST MELALUI STRATEGI IKLAN Sampir Andrean Sukoco; Eva Lutviana
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 1 (2023): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i1.3147

Abstract

Kecepatan bisnis perumahan sekarang berkembang dimana didorong oleh tuntutan yang mendesak akan kebutuhan perumahan sebagai tempat tinggal. Grand Puri Bunga Nirwana Jember merupakan sebuah perusahaan properti yang dikembangkan oleh PT. Cipta Adi Perkasa dan menjual perumahan yang memiliki new design tipe subsidi minimalis kekinian berkonsep Eropa dengan harga subsidi serta juga menawarkan jenis perumahan komersil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi iklan pada perumahan Grand Puri Bunga Nirwana Jember untuk meningkatkan brand trust konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripif (naturalistic). Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive dimana informan tersebut yang benar-benar memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidangnya yakni Heriyanto Cahyo Saputra, S.T(Manager Marketing), Rudianto(Staff Marketing), dan Dzulkifli(Konsumen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan yang dilakukan oleh perusahaan perumahan Grand Puri Bunga Nirwana Jember melalui iklan cetak berupa koran, iklan online (Google Adds, Instagram Adds,  Facebook Adds), serta iklan media luar (banner, spanduk, brosur) dapat membuat masyarakat timbul brand trust terhadap produk yang ditawarkan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya unit rumah yang sudah dibangun(dijual) oleh perusahaan perumahan Grand Puri Bunga Nirwana Jember  baik subsidi maupun komersil.
ANALISIS KEPENTINGAN DAN KEPUASAN ANGGOTA KELOMPOK TANI (POKTAN) TERHADAP PELAYANAN SUB TERMINAL AGRIBISNIS (STA) CIGOMBONG KABUPATEN CIANJUR Ghaida Aghnia Zahirah; Rosda Malia; Junialdi Dwijaputra
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 1 (2023): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i1.3084

Abstract

Dunia pertanian  menjadi hal yang selalu diperhatikan oleh pemerintah ataupun masyarakat umum  hal-hal yang diperhatikan meliputi: proses budidaya, panen, dan pasca panen. Dalam hal pasca panen sering kali petani kebingungan untuk memasarkan hasil panennya, karena harga jual yang relatif  rendah dan relasi yang tidak cukup luas. Untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah melalui dinas pertanian membentuk Sub Terminal Agribisnis (STA) yang bertujuan untuk menampung dan mendistribusikan hasil panen petani secara tepat dan wajar serta untuk mempermudah proses birokrasi. Penelitian ini dilakukan di Sub Terminal Agribisnis (STA) Cigombong pada bulan Maret 2022. Secara umum bertujuan untuk (1) mengetahui pelayanan apa saja yang ada di Sub Terminal Agribisnis (STA) Cigombong (2) untuk mengetahui nilai kepentingan dan kepuasan anggota kelompok tani terhadap pelayanan Sub Terminal Agribisnis (STA) Cigombong. Menganalisis sikap dan kepuasan anggota kelompok tani terhadap pelayanan Sub Terminal Agribisnis (STA) Cigombong menggunakan data primer dan data skunder. Data diolah dan dianalisis secara kualitatif (deskriptif) dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk mengetahui karakteristik petani. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan alat analisis Important Performance Analysis (IPA) dan Customers Satisfacions Index (CSI) digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen. Nilai Customers Satisfacions Index (CSI) pada penelitian ini sebesar 77,45 berada pada rentang 66,99-80,99 yang berarti, secara umum indeks kepuasan anggota kelompok tani berada pada kriteria “Puas”.
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI DUREN STORY CIANJUR Noerlita Nugraheni; Rahmat Taufiq Dwi Jatmika; Junialdi Dwijaputra
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 1 (2023): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i1.3296

Abstract

Duren Story Cianjur merupakan salah satu cafe yang berada di Kabupaten Cianjur. Cafe ini diminati berbagai kalangan, baik kalangan yang muda hingga yang tua. Upaya dalam memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan selalu diusahakan oleh Duren Story Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1) Seberapa besar pengaruh strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen, 2) Seberapa besar pengaruh saluran distribusi terhadap minat beli konsumen, 3) Seberapa besar pengaruh strategi pemasaran dan saluran distribusi terhadap minat beli konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel penelitian adalah konsumen Duren Story Cianjur sebanyak 97 responden dengan menggunakan teknik sampel probability sampling. Adapun pengolahan datanya menggunakan uji instrumental, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis Dari hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Strategi pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen nilai thitung>ttabel 4,040>1,985. 2) Saluran distribusi memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap minat beli konsumen nilai thitung>ttabel 4,804>1,985. 3) Strategi pemasaran dan saluran distribusi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifika terhadap minat beli konsumen nilai f hitung yaitu 0,436 3,94. Sehingga pengaruh variabel X1 dan X2 berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel minat beli Y adalah sebesar 49,3% sedangkan sisanya 50,7% yang dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
STRATEGI PEMASARAN SEBELUM DAN SESUDAH GEMPA CIANJUR 2022 (STUDI KASUS UMKM MEFITA CIANJUR) Gita Nofieka Dwijayati; Nurul Ramadina
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 1 (2023): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i1.3304

Abstract

Fenomena gempa bumi berkekuatan 5,6 SR pada bulan November 2022 di Kabupaten Cianjurberdampak pada UMKM Cianjur, salah satunya UMKM Mefita yang bergerak di bidang usaha sayuran segar dengan proses penjualan yang dilakukan secara online. UMKM Mefita mengalami penurunan jumlah konsumen pasca gempa bumi tersebut. Maka dari itu, diperlukannya strategi pemasaran yang baik untuk memastikan keberlangsungan sebuah usaha pasca bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan UMKM Mefita sebelum dan sesudah gempa bumi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Mefita menggunakan strategi pemasaran dengan konsep 4P (Product, Price, Promotion, Place)baik itu sebelum ataupun sesudah gempa. Strategi product UMKM Mefita sebelum dan sesudah gempa yaitu menjual sayuran dan berinovasi pada produk olahan sehat. Strategi price sebelum gempa bumi yaitu menjual harga dengan standar pasar, sedangkan setelah gempa UMKM Mefita berfokus pada reseller dan memberikan harga khusus reseller.  UMKM Mefita memaksimalkan penggunaan digital marketing platform pada strategi promosinya baik itu sebelum maupun sesudah gempa. Strategi place yaitu menyalurkan produknya secara offline (melalui retail, supermarket, konsumen individu, dan reseller) dan online (melalui e-commerce). Strategi place tersebut tidak mengalami perubahan yang berarti baik itu sebelum maupun sesudah gempa. Penggunaan konsep bauran pemasaran yang tepat terbukti dapat memaksimalkan potensi UMKM Mefita dan meningkatkan volume penjualan pasca gempa bumi.
PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM PENGUJI SUKABUMI Nu Ainiyah Dini Rizky; Muhamad Saddam; Ridwan Fahrozi
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 1 (2023): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i1.3323

Abstract

Sekolah menengah kejuruan (SMK) Islam Penguji Kota Sukabumi  merupakan satuan pendidikan tingkat menengah dibawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan berada dibawah naungan Yayasan Islam Penguji berdiri sejak tahun 1995. Periklanan merupakan salah satu variabel yang mempengaruhi keputusan siswa, karena dengan periklanan yang jelas akan dapat meningkatkan keputusan siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Penguji Kota Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui periklanan, untuk mengetahui keputusan dan untuk mengetahui pengaruh periklanan terhadap keputusan. Fenomena yang terjadi pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Penguji adalah turun naiknya jumlah penerimaan siswa yang masuk ke SMK Islam Penguji Kota Sukabumi. Permasalahan tersebut diduga rendahnya penerimaan jumlah siswa baru dari target yang di tetapkan di SMK Penguji Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan asosiatif. Pada penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan observasi serta penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik pengambilan sampling menggunakan probability sampling dengan rumus slovin. Jumlah populasi yang berjumlah 148 orang, dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus slovin tersebut dapat hasil sejumlah 55,9 dibulatkan menjadi 60. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa adanya pengaruh yang signifikan variabel (X) Periklanan terhadap variabel (Y) Keputusan. oleh karena itu sekolah harus terus meningkatkan periklanan dengan cara meningkatkan frekuensi iklan pada anggaran iklan dan penayangan iklan dan meningkatkan hubungan dengan masyarakat sekitar lingkungan sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5